Bumbu Masakan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kita

Keanekaragaman kuliner sekarang ini semakin berkembang dengan munculnya kreasi-kreasi baru dalam masakan yang tentunya semakin memperkaya kuliner kita dan semakin menambah daftar makan favorit kita.

Dulunya makanan favorit saya itu adalah lontong sayur, memang sih kedengarannya tradisional banget ya tapi siapa sih yang gak suka lontong sayur? hehe. Nah sekarang sejak semakin banyaknya kuliner-kuliner baru yang sudah saya coba maka makanan favorit saya pun jadi bertambah deh.

Nah masakan yang paling kita sukai itu pasti masakan yang kaya bumbu seperti makanan khas Asia dan masakan yang berlemak seperti makanan khas barat, benar kan?. Tapi bumbu-bumbu masakan yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk masakan kita ternyata dapat berbahaya bagi tubuh kita lho.

Kenapa bisa berbahaya? nah simak terus ya.

Bumbu Masakan Yang Bisa Berbahaya

Gula

Bumbu dapur ini merupakan salah satu bumbu inti dari setiap jenis masakan, dimana saja di belahan dunia ini pasti kenal dengan bumbu satu ini. Kita sering menambahkan gula ke dalam masakan kita untuk meningkatkan rasa manis. dan tak sedikit orang-orang di dunia ini yang sangat menyukai makanan manis.

Gula menjadi berbahaya bagi tubuh bila digunakan dalam jumlah yang banyak untuk satu porsi makanan atau minuman. Gula yang berlebihan berdampak jelas pada gigi, yaitu gigi yang rapuh. Jika mengkonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan gula dalam darah ini mendorong pankreas melepaskan produksi insulin yang berlebihan. Kelebihan insulin berpotensi besar membawa resiko diabetes, obesitas, masalah jantung dan masalah lain.

Semakin banyak kamu mengkonsumsi gula maka reaksi yang terjadi pada tubuh kamu membuat kamu makin merasa menginginkan lebih banyak gula lagi.

Garam

Garam juga sudah tidak asing lagi bagi kita, sebagai salah satu bumbu dapur inti selain gula. Garam berfungsi menambah cita rasa masakan, menambah masakan menjadi lebih menggugah selera dan dapat digunakan untuk menekan rasa pahit.

Tapi kita perlu membatasi penggunaan garam agar tidak menjadi racun di tubuh. Garam yang tinggi pada suatu makanan menyebabkan ginjal harus mengurangi jumlah air dan cairan lain yang dikeluarkan untuk menjaga garam tetap encer. Tambahan cairan berarti menambah ekstra volume yang menyebabkan tekanan yang lebih tinggi dari jantung hingga ginjal dan arteri.

Tekanan ekstra inilah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, gagal ginjal, pengerasan dan penyempitan arteri, meningkatkan tekanan darah, serangan jantung dan stroke.

Saus Tomat

Nah saus tomat ini sering kita jumpai pada masakan khas barat yang berbau makanan cepat saji, seperti burger, spageti, hotdog dan lainnya. Tomat memiliki kandungan tinggi vitamin A dan C, namun menambahkan ekstra saus tomat pada kentang goreng kamu misalnya ini berarti kamu menambah jumlah kalori lebih dari 200 kalori. Belum lagi kandungan natrium tinggi yang terdapat pada kentang goreng sebesar 2500 miligram natrium.

Itu berarti melebihi batas normal konsumsi garam yang dibutuhkan tubuh harian kamu. Membatasi jumlah saus dalam makanan cepat saji kamu itu penting agar tubuh kamu tidak mengalami kelebihan natrium dan tinggi kalori.

Mayones

Mayones ini adalah bumbu yang paling digemari di Amerika dalam setiap jenis masakannya. Bagaimana dengan kita? saya rasa sebagian dari kita pasti menggemari mayones ini sebagai bumbu tambahan yang lebih cocok digunakan sebagai pasangan makanan cepat saji.

Mayones menjadi berbahaya karena memiliki kandungan gula dan garam serta kandungan kuning telur mentah yang dapat meningkatkan kolesterol. Juga resiko terkontaminasi bakteri salmonella jika kuning telur tidak di pasteurisasi terlebih dahulu.

Mayones mengandung banyak minyak, satu sendok makan mayones saja mengandung 8 persen dari kebutuhan harian lemak yang dibutuhkan tubuh. Bayangkan hanya dengan beberapa sendok makan mayones saja berapa kali lipat lemak yang kita makan?.

Sirup Pancake

Sering kita kenal dengan sebutan sirup maple. Sirup ini biasanya terbuat dari jagung dengan fruktosa tinggi dan kalori. Sirup ini dapat beresiko pada diabetes, obesitas, serangan jantung dan stroke jika dikonsumsi lebih sering. Empat sendok sirup ini mengandung 210 kalori, ini mungkin sedikit tetapi sering kali kita merasa tidak cukup dan kita menambahkannya lagi ke dalam pancake kita.

Saus Barbekyu

Saus ini seperti saus tomat hanya saja saus ini sering digunakan sebagai bumbu untuk masakan berdaging. Daging panggang barbekyu dibuat dengan beberapa kali olesan supaya bumbu ini lebih meresap dan lebih nikmat. Tapi disinilah bahayanya, saus barbekyu yang dioles berulang kali berarti meningkatkan kandungan garam dan gula.

Saus barbekyu didalamnya terdapat sesendok besar saus tomat dan sirup jagung. Kesemuanya ini mengandung gula yang berlipat-lipat jumlahnya.

Kecap Ikan

Proses pembuatan kecap ikan ini diketahui memiliki kandungan garam yang tinggi. Ikan diasinkan dan dijemur sebelum kemudian diproses untuk dijadikan kecap. Kandungan garam yang tinggi ini sangat berbahaya bagi tubuh seperti yang kita tahu jika garam yang berlebih beresiko menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya darah tinggi.

Satu sendok makan kecap ikan berisi 50 persen lebih besar batas natrium harian kita.

Sriracha

Sriracha sebenarnya bukanlah jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh. Namun yang menjadi masalah adalah, jika sriracha ini menjadi kebutuhan yang selalu kita gunakan disetiap makanan yang kita makan. Maka ini meningkatkan jumlah garam yang masuk ke tubuh. Terdapat 100 miligram garam dalam satu sendok teh sriracha, atau 4 persen lebih besar dari tunjangan harian yang dianjurkan.

Nah apa yang bisa kita ambil kesimpulannya adalah makanan-makanan yang mengandung tinggi jumlah garam dan tinggi jumlah gula berpotensi besar terhadap resiko berbagai macam penyakit.

Apalagi semua bumbu yang saya sebutkan tadi sebagian besar termasuk ke dalam bumbu yang diolah dalam kemasan. Makanan dalam kemasan seperti yang kita tahu juga mengandung pengawet. Meskipun pengawet makanan aman dikonsumsi namun jika berlebihan tetap saja menjadi berbahaya untuk tubuh kita.

 

Yuk Kenali Beberapa Teh Terapi

Kamu suka teh? saya juga. Saya yakin kamu semua pasti pernah mendengar begitu banyak manfaat teh bukan?. Nah, pernah dengar dengan teh terapi belum?. Tapi jangan salah ya meskipun disebut sebagai teh terapi ini bukan berarti teh ini digunakan sebagai alat terapi lho.

Di luar negeri teh terapi sudah dikenal dan telah ada beberapa produk untuk teh terapi. Walaupun mungkin belum bisa ditemukan di negara kita, namun tidak ada salahnya saya perkenalkan teh terapi ini. Penasaran apa sih teh terapi ini? mari simak berikut ini.

Teh terapi

Teh terapi ini awalnya berasal dari pengobatan tradisional Cina, dengan tujuan untuk membantu menjaga tubuh tetap sehat dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Bagi orang Cina tradisional, mereka mengangap teh adalah obat dari sepuluh ribu penyakit. Teh terapi adalah kombinasi sempurna dari enam jenis teh dengan Traditional Chinese Medicine (TCM).

Mempertahankan rasa dan fungsi asli dari setiap teh memberikan pengobatan TCM yang efektif. Ini adalah cara yang baik untuk meringankan gejala berbagai penyakit.

Beberapa teh organik menawarkan manfaat kesehatan untuk kita. Terutama saat musim dingin, adalah favorit orang-orang untuk menikmati teh hangat. Memilih teh organik adalah hal yang penting untuk kesehatan kita.

Kita perlu mengetahui darimana teh yang biasa kita konsumsi, ini sangat penting. Seorang pengarang The Diet Detox bernama Brooke Alpert mengatakan orang-orang harus memastikan bahwa teh mereka bersumber secara lestari dan tumbuh secara etis. Beberapa ramuan teh hanya berkembang dan tumbuh subur menghasilkan senyawa aktif ketika tumbuh di daerah tertentu, sehingga masuk akal untuk mencari ramuan tersebut dari daerah-daerah tertentu.

Berikut ini beberapa teh herbal organik

Teh organik Numi (Numi Organic Tea)

Kunyit, merupakan akar kuno dari keluarga jahe. Teh numi Turmeric Chai Golden Latte dengan jahe dan kapulaga adalah pilihan populer untuk pelari karena sifat anti-inflamasinya. Rasa pedas dan bahan aktif dalam lada hitam membantu meningkatkan manfaat kurkumin (bahan aktif dalam kunyit) pada tubuh sehingga lebih efektif untuk kesehatan.

Pada tahun 2017 Choice Organic Tea menambahkan teh jamur untuk produk teh kesehatan. Reishi adalah jamur obat yang digunakan oleh biksu Shaolin untuk meningkatkan konsentrasi yang dikenal sebagai “jamur keabadian” dan mendukung untuk kesehatan jantung.

Campuran Reishi Matcha dengan ekstrak teh hijau sebagai antioksidan dan ekstrak jamur cordyceps yang bekerja dengan reishi untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Akar dandelion

Dandelion tampak seperti bunga kuning yang sederhana tetapi akarnya memiliki banyak manfaat. Sejak abad ke 10 dokter telah menggunakan akar dandelion sebagai sifat pembersihan dan membantu masalah pencernaan. Teh organik Alvita Lestari bersumber pada kualitas tinggi organik tanpa adanya tambahan zat berracun, sehingga memiliki kualitas murni.

Gaia herbal organik membersihkan hati

Teh herbal ini dapat membantu membersihkan hati dan detoksifikasi alami untuk pencernaan. Dandelion dan artichoke adalah ramuan tradisional murni, sementara itu skullcap China bermanfaat untuk meningkatkan respon inflamasi yang sehat. Schisandra memberikan manfaat antioksidan.

Matcha

Master Herbsmith dan salah seorang pendiri Sebastian Pole menciptakan campuran teh dengan ramuan herbal organik lebih dari 20 negara di seluruh dunia. Matcha hijau jernih menggabungkan akar dandelion, adas, kunyit dan buah lemon dengan bubuk matcha hijau zamrud yang berasal dari pertanian organik di jeju-Do Korea Selatan.

Teh ini bermanfaat untuk meningkatkan proses detoksifikasi tubuh serta memberi nutrisi penting yang membantu fungsi sel dan pembaharuan sel.

Teh Catspring (CatSpring Tea)

Teh CatSpring didirikan oleh dua saudara yang sangat menyukai yaupon, evergreen holly asli dari Amerika Serikat bagian tenggara. Yaupon, tanaman yang tumbuh liar di Amerika Utara yang memiliki kafein alami. Oleh penduduk asli Amerika diyakini dapat memurnikan tubuh dan pikiran.

Penelitian menunjukkan Yaupon memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan polifenol dengan tingkat yang tinggi.

Yaupon secara lestari tumbuh liar dan dipanen di Cat Spring, Texas. Tanaman ini terlindung dari manusia dan hanya mendapatkan sinar matahari dan hujan.

Teh ASI dengan campuran Eldeberry dan Kembang Sepatu

Teh ini termasuk didalamnya mengandung campuran tanaman tulsi (ruku-ruku) yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari stres, peradangan dan pilek.

Jadi, bisa disimpulkan teh terapi ini sama seperti teh herbal organik, yaitu teh yang dicampurkan dengan berbagai ramuan dari akar-akaran, rempah-rempah dan campuran herbal lainnya. Yang semua bermanfaat untuk kesehatan. Pada awalnya teh terapi ini digunakan oleh orang-orang Cina lalu kemudian dikembangkan di berbagai negara terutama Amerika dengan berbagai variasi.

Yuk Kenali Apa Itu Indigo, Mungkin Kamu Juga Indigo

Hai semua, saya mau tanya nih kamu suka lihat film horor gak sih?. Trus kan ada tuh acara di televisi yang suka menayangkan acara supernatural gitu. Kamu tertarik gak menontonnya?, kalau kamu tanya saya sudah pasti jawaban saya.. sangat tertarik!. Kalau kamu juga sering menonton acara supernatural pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah indigo bukan?.

Nah kali ini saya mau membahas tentang indigo. Kenali tanda-tandanya bisa jadi sebenarnya kamu ternyata adalah anak indigo.

Awal Mula Konsep Anak Indigo

Awal mula tercetusnya istilah anak indigo ini pada tahun 1950-an. Seorang guru dan konselor yang mempelajari bidang aura manusia atau yang juga dikenal sebagai bidang elektromagnetik yang bernama Nancy Ann Tappe. Dia menulis buku “Memahami kehidupan anda melalui warna”. Melalui metode menggunakan aura ia mengungkapkan profil psikologis seseorang secara akurat.

Ia mengatakan bahwa 80 persen anak-anak yang lahir setelah tahun 1980 memiliki bidang aura berwarna biru tua yang baru. Ia menyebut warna baru ini dengan sebutan “indigo”.

Lalu apa sajakah tanda-tanda anak indigo? apakah kamu salah satunya? atau mungkin anak kamu?.

Tanda-tanda

Anak indigo membawa kita lebih dekat dengan esensi sejati kita sebagai manusia. mereka melihat dunia dengan cara yang berbeda. Pikiran dan perasaan mereka terhubung satu sama lain, anak indigo memiliki ingatan dan pengetahuan batin yang jauh melebihi kemampuan psikis orang-orang biasa pada umumnya.

Secara singkatnya dapat dikatakan mereka adalah anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural. Namun tidak semua anak-anak yang lahir tahun 1980 dan setelahnya adalah anak indigo.

Ciri-ciri anak indigo

-Lahir pada tahun 1980 dan setelahnya
-Memiliki kehendak yang kuat
-Memiliki spiritualitas di alam bawah sadar yang kuat sejak kecil
-Kreatif dengan bakat artistik untuk musik, membuat perhiasan, puisi, dan   lainnya.
-Rentan terhadap kecanduan
-Independen
-Intuitif
-Berjiwa tua
-Memiliki ikatan kuat tehadap hewan dan tanaman
-Mudah bosan
-Mencari persahabatan yang nyata, dalam dan abadi
-Rentan terhadap insomnia, atau kesulitan tidur, gelisah dan mimpi buruk
-Kemungkinan didiagnosis sebagai Attention Deficit Disorder (ADD) atau   Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) khususnya pada anak-anak
-Mudah depresi
-Dapat merasakan ketidakjujuran
-Memberontak tetapi juga memiliki batas-batas yang jelas akan hal pribadi dan   nilai-nilai yang mereka yakini
-Keras kepala

Apakah kesemua ciri-ciri ini ada pada kamu?. Konon katanya jika kamu memiliki semua ciri-ciri ini kamu adalah anak indigo. Jika hanya sekitar 11 atau 13 point saja kamu mungkin seorang indigo yang masih dalam proses latihan, belum sepenuhnya indigo. Tapi jika kamu adalah seorang dewasa yang memiliki semua ciri-ciri ini kamu dikatakan sebagai “lightworker” (pekerja cahaya).

Dikatakan bahwa salah satu alasan anak indigo mengalami kesulitan tidur karena mereka dapat melihat dan merasakan roh-roh yang ada disekeliling mereka. Dan roh-roh tersebut tertarik kepada mereka sehingga anak indigo ini merasa terganggu dan mudah gelisah.

Terapi warna

Untuk anak indigo, warna yang dipilih untuk digunakan atau dipakai sehari-hari berpengaruh dalam kehidupan indigo. Untuk anak indigo yang memiliki energi yang berlebihan perlu memakai warna kuning atau emas dalam kehidupan sehari-hari. Warna kuning atau emas ini terhubung ke fisik dan membantu keseimbangan indigo.

Warna kuning adalah warna yang indah untuk kejernihan mental dan membersihkan pikiran yang berkabut yang terkadang dialami oleh orang-orang yang memiliki kelebihan mengenai hubungan spiritual.

Untuk seorang indigo yang memiliki energi lemah warna kuning juga dapat mengimbangi setiap depresi dan membantu menjaga pikiran tetap terhubung dengan tubuh.

Kontradiksi

Namun menurut seorang psikolog yang bernama Russell Barkley mengatakan belum ada menghasilkan satu buktipun mengenai keberadaan anak indigo. Dia mengatakan sifat-sifat yang dikaitkan dengan anak indigo itu merupakan efek Forer atau dengan kata lain ‘terlalu umum’ sehingga dapat dikatakan hampir semua orang memiliki sifat-sifat tersebut.

Konsep indigo dikritik terdiri dari sifat-sifat yang terlalu umum dan dianggap sebagai diagnosis palsu yang sama sekali tidak didukung oleh sains. Kurangnya konsep indigo ini juga diakui oleh beberapa tokoh pendukung indigo seperti Doreen Virtue pengarang buku The Care and Feeding of Indigos dan James Twyman yang pernah membuat dua film mengenai indigo.

Ahli kesehatan kejiwaan juga khawatir akibat pelabelan indigo ini karena dapat menghambat diagnosis dan penanganan yang tepat untuk membantu sang anak. Ahli lain juga menyatakan bahwa sifat-sifat anak indigo dapat diinterpretasikan sebagai pembangkangan dan kewaspadaan belaka.

Nick Colangelo, profesor di Universitas Iowa menyatakan bahwa buku indigo pertama seharusnya tidak diterbitkan dan bahwa indigo itu bukan mengenai anak-anak dan juga bukan mengenai warna indigo tapi mengenai orang dewasa yang menyebut diri mereka sebagai ahli dan mendapatkan keuntungan dari buku, presentasi dan video.

Wah kalau dipikir-pikir menurut saya memang sih hal-hal supernatural itu masih sulit untuk dijelaskan secara ilmiah, mungkin karena hal inilah masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Jadi kembali ke diri kita masing-masing, mau percaya silahkan kalau tidak percaya juga tidak ada masalah bukan?.

Yuk Ketahui Sejarah Warna Biru

Hai semua, siapa yang tidak menyukai warna biru? saya yakin pasti sebagian besar orang menyukai warna ini. Saya sendiri juga termasuk penyuka warna biru lho. Warna biru identik dengan warna yang menghiasi langit dan lautan luas. Bagi saya memandang langit yang luas dan berwarna biru membuat hati saya tenang dan damai, ada yang sama dengan saya?.

Nah kali ini saya mau membahas mengenai sejarah warna favorit saya -dan warna favorit sebagian orang- yaitu warna biru. Mau tahukan sejarah warna biru? simak terus ya.

Sejarah Warna Biru

Orang-orang zaman dahulu dipercaya oleh para ilmuwan belum mengenal dengan warna biru atau belum menemukan kata-kata yang dapat menggambarkan warna itu. Dahulu orang-orang hanya mengenal warna hitam, putih, merah, kuning dan hijau. Karena mereka belum menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan warna biru, orang-orang zaman dahulu menggambarkan laut sebagai laut merah angur.

Warna Biru Mesir

Mesir kuno adalah yang pertama kali mengetahui cara membuat pigmen permanen berwarna biru, mereka menggunakan warna biru untuk seni dekoratif. Warna biru terus berkembang selama 6000 tahun berikutnya.

Warna biru Mesir ini diciptakan sekitar 2.200 SM, dibuat dari batu kapur tanah yang dicampur pasir dan mineral yang mengandung tembaga seperti azurite atau perunggu. Kemudian dipanaskan dengan suhu antara 1470 dan 1650 F. Hasilnya adalah kaca biru buram yang kemudian dihancurkan dan digabungkan dengan agen penebalan seperti putih telur untuk membuat cat tahan lama atau glasir.

Orang Mesir memandang tinggi warna biru. Mereka menggunakannya untuk melukis keramik, patung dan bahkan untuk menghias makam firaun. Warna biru ini populer dan tetap digunakan sampai periode akhir Yunani-Romawi ketika metode produksi warna mulai berkembang.

Ultramarine

Sejarah terciptanya warna biru laut atau ultramarine dimulai sekitar 6.000 tahun yang lalu ketika batu permata semi mulia lapis lazuli mulai di impor oleh orang Mesir dari pegunungan Afghanistan. Orang-orang Mesir tidak berhasil mengubah warna lapis lazuli ini menjadi cat lukisan. Lalu mereka menggunakan lapis lazuli untuk perhiasan dan sebagai hiasan kepala.

Lapis lazuli juga dikenal sebagai “true blue”. Mulai digunakan sebagai pigmen pada abad ke-6. Digunakan pada lukisan budha di Bamiyan, Afganistan. Biru laut atau ultramarine dalam bahasa latinnya ultramarinus berarti “di luar laut”.

Sejak pigmen warna biru ini diimpor ke Eropa melalui pedagang Italia pada abad ke 14 dan 15, warna biru bangsawan memiliki kualitas mendalam yang sangat dicari oleh para seniman pada abad pertengahan di Eropa. Untuk mendapatkannya haruslah orang yang benar-benar kaya karena pada zaman itu pigmen warna biru sama berharganya seperti emas.

Biru laut hanya disediakan untuk pelaksanaan atau komisi yang paling penting saja, dan tetap sangat mahal sampai akhirnya biru laut sintetis diciptakan pada tahun 1826 oleh seorang kimiawan berkebangsaan Perancis, yang diberi nama “Perancis Ultramarine”.

Biru Kobalt

Kembali ke abad ke-8 dan 9, biru kobalt digunakan untuk warna keramik dan perhiasan. Terutama di China menggunakan motif porselen berwarna khas biru dan putih. Biru kobalt yang lebih murni berbasis alumina ditemukan oleh ahli kimia Perancis Louis Jacques Thénard tahun 1802. Pada tahun 1807 dimulai produksi secara komersial di Perancis.

Pelukis seperti J.M.W Turner, Pierre Auguste Renoir dan Vincent Van Gogh mulai menggunakan pigmen baru ini sebagai alternatif pengganti ultramarine yang mahal.

Cerulean

Cerulean pada dasarnya terdiri dari kobalt magnesium stannate, yang kemudian warna biru cerulean disempurnakan oleh Andreas Höpfner di Jerman pada tahun 1805 dengan memangang kobalt dan timah oksida.

Namun, warna ini tidak tersedia sebagai pigmen artistik sampai dijual oleh Rowney dan Company atas nama coeruleum pada tahun 1860.

Indigo

Meskipun warna biru sangat mahal untuk digunakan dalam lukisan namun bisa menjadi lebih murah jika digunakan untuk tekstil yang hampir rusak. Tidak seperti lapis lazuli yang langka pewarna baru yang disebut dengan indigo ini berasal dari tanaman yang banyak tumbuh disebut tanaman Tarum.

Pewarna indigo digunakan dalam tekstil sangat populer di Inggris, digunakan untuk pewarna pakaian yang dikenakan oleh pria dan wanita dari semua latar belakang sosial. Hingga tahun 1880 pewarna indigo sintetis dikembangkan dan pigmen ini masih digunakan sampai saat ini untuk mewarnai celana jeans biru.

Navy

Navy blue atau bisa juga dikenal sebagai warna biru laut. Warna biru yang paling gelap ini diadopsi dari warna seragam angkatan laut Kerajaan Inggris yang dipakai oleh petugas dan pelaut dari tahun 1748. Warna seragam mereka diciptakan menjadi lebih gelap sampai hampir mendekati warna hitam bertujuan untuk menghindari warnanya agar tidak cepat memudar.

Pewarna nila adalah dasar untuk warna biru tua yang berasal dari abad ke-18

Prusia

Biru prusia dikenal sebagai Berliner Blau, ditemukan secara tidak sengaja oleh pembuat pewarna rambut Jerman bernama Johann Jacob Diesbach. Diesbach bekerja membuat warna merah baru, salah satu bahan pembuatnya yaitu kalium, tanpa sengaja bersentuhan dengan darah binatang. Bukannya menghasilkan warna merah yang baru ternyata darah binatang menciptakan reaksi kimia yang mengejutkan dengan menghasilkan warna biru yang cerah.

Pigmen biru prusia ini tidak hanya digunakan dalam lukisan tapi setelah warna ini ditemukan memiliki kepekaan unik terhadap cahaya, oleh astronom Sir John Herschel, warna ini juga merupakan warna yang sempurna untuk membuat salinan dari gambar.

Penemuan ini memberi manfaat yang berharga bagi arsitek yang bisa membuat salinan rencana dan desain mereka. Sekarang ini dikenal dengan “cetak biru”.

Biru Klein Internasional

Seniman Perancis Yves Klein telah mengembangkan warna biru laut versi matte yang ia anggap sebagai warna biru terbaik dari semua. Warna ini terdaftar sebagai Biru Klein Internasional (International Klein Blue) sebagai merk dagang dan warna antara tahun 1947 dan 1957.

Penemuan Baru YInMn


Tahun 2009 telah ditemukan warna biru yang baru oleh Profesor Mas Subramanian dan mahasiswa pasca sarjananya Andrew E. Smith di Universitas Negeri Oregon. Dinamai YInMn biru dengan komposisi kimia Itrium, indium dan mangan, mereka merilis pigmen ini untuk penggunaan secara komersial pada Juni 2016.

Nah berikut ini fakta mengejutkan tentang warna biru yang kamu perlu tahu nih. Tetap simak terus ya.

– Biru adalah warna simbolis revolusi Perancis. Perancis pernah mengalami kesulitan mempertahankan pasokan yang cukup banyak untuk pewarna indigo agar penjaga militer berpakaian warna biru. Pada tahun 1829 pasukan militer diperintahkan untuk memakai celana merah sebagai gantinya. Namun mereka kembali beralih ke biru pada tahun 1915 setelah celana merah cerah mereka menyebabkan korban massal pada tahun pertama dari peperangan besar mereka.

– Orang Romawi dan Yunani Kuno sangat langka menggunakan warna biru, sehingga para peneliti pada tahun 1800-an mengira apakah bangsa Yunani dan Romawi bisa melihat warna biru.

– Warna biru pernah dianggap sebagai warna yang melambangkan kejujuran, sama seperti warna putih, hitam, abu-abu dan coklat.

– Penulis novel The Sorrows of Young Werther yang bernama Goethe mempopulerkan karakter pria muda dengan memakai mantel biru dengan rompi dan celana kuning. Goethe melihat warna kuning dan biru dengan makna yang berlawanan seperti yang kita kenal. Baginya warna biru melambangkan sikap positif yaitu hangat, aktif dan cerah. Sementara warna kuning melambangkan sikap negatif seperti pasif, lemah dan dingin.

– Di Amerika lebih dari setengah jumlah orang dewasa disana mengatakan warna biru adalah warna favorit mereka.

Nah, bagaimana guys sudah tahukan sejarah warna biru?.

 

Apa Saja Manfaat Lemon Untuk Kita?

Vitamin C sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh saat musim pancaroba. Apa sih yang biasanya kamu lakukan untuk mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuhmu?. Apakah kamu minum suplemen vitamin C? atau kamu perbanyak makan buah?.

Saya rasa tidak ada yang dapat menggantikan kebaikan alami dari buah, setuju?. Meskipun suplemen vitamin C itu sudah melingkupi semua kebutuhan vitamin C kita dan lebih efisien. Namun vitamin C alami yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan segar itu jauh lebih sehat dan bermanfaat tentunya.

Bicara soal buah, ada banyak buah yang tinggi kandungan vitamin C nya. Terutama buah-buahan citrus . Nah kali ini saya mau membahas buah lemon. Buah lemon tinggi kandungan vitamin C dan kaya antioksidan. Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah lemon ini. Apa saja itu? simak terus ya.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan

Vitamin C untuk meremajakan kulit

Vitamin C yang tinggi dalam lemon berfungsi meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit elastis dan mencegah keriput. Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik di wajah.

Menghilangkan jerawat

Lemon memiliki kandungan zat alami yang disebut asam askorbat yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan vitamin C nya membantu mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang menyamarkan bekas jerawat.

Sebagai zat Astringent alami

Astringent ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan kotoran sampai ke dalam pori-pori. Pembersih wajah untuk menghapus riasan make-up tidak selalu membersihkan wajah dengan sempurna, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai pembersih riasan make-up kamu.

Caranya, kamu bisa mencampur air perasan lemon dengan sedikit air lalu celupkan kapas ke dalam air lemon dan usapkan merata ke wajah kamu. Jangan lupa untuk membasuh wajah kamu dengan air hangat ya.

Mengurangi stretch mark

Senyawa asam dalam air lemon membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Ini membantu untuk mengurangi munculnya stretch mark.

Melembutkan tumit retak dan kasar

Kamu bisa menggunakan air lemon untuk melembutkan tumit kamu. Dengan merendam kaki kamu dalam larutan air lemon dicampur air hangat. Caranya menambahkan setengah gelas air lemon ke dalam air di panci ukuran sedang. Rendam kaki kamu selama 10 menit kemudian menggosok kaki kamu dengan sikat kaki untuk mengangkat sel kulit mati. Setelahnya bilas lah kaki kamu dengan air bersih.

Menghilangkan ketombe

Air lemon dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala kamu dan mengurangi produksi minyak serta menghentikan jamur penyebab timbulnya ketombe. Jika kamu menggunakan air lemon untuk membasuh rambut kamu sebaiknya kamu menghindari aktivitas di bawah sinar matahari setelahnya jika tidak ingin rambut kamu jadi pirang.

Menguatkan kuku

Lemon juga bermanfaat untuk menguatkan kuku kamu lho. kamu bisa lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur. Rendamlah kuku kamu dalam air lemon selama sekitar 5 menit lalu kemudian bilaslah dengan air hangat, jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering. Untuk hasil yang lebih optimal kamu bisa oleskan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa ke kuku kamu.

Hindarilah pemakaian cat kuku jika kamu menerapkan cara ini, agar hasilnya kuku kamu lebih kuat.

Mencerahkan ketiak dan siku yang gelap

Untuk mencerahkan kulit gelap pada siku caranya usapkan irisan lemon segar pada siku kamu dengan gerakan memutar pada kedua siku kamu. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan pada ketiak kamu. Kamu bisa usapkan selama sekitar 1 menit saja, lalu bilas dengan air hangat.

Kamu harus melakukannya cukup sehari sekali saja, bila kamu lakukan secara rutin kamu bisa melihat hasilnya sekitar 6 minggu.

Memutihkan gigi

Lemon memiliki senyawa atau agen pemutih yang kuat dapat membuat gigi kamu lebih putih dalam waktu singkat. Gosoklah irisan lemon segar ke gigi kamu dan diamkan sekitar 2 menit. Kemudian berkumurlah dengan air bersih. Lihatlah hasilnya selama 10 sampai 12 hari.

Manfaat Lemon Untuk Lingkungan Rumah

Lemon tidak hanya memberi manfaat untuk kecantikan kita saja tapi dapat bermanfaat untuk lingkungan rumah kita juga lho terutama bagian kulitnya. Nih berikut ini apa saja kegunaan lemon untuk lingkungan rumah kita.

Pembersih alami ramah lingkungan

Selain cuka, lemon juga dapat berfungsi untuk membersihkan peralatan rumah tangga terutama alat-alat dapur. Membersihkan peralatan dapur kamu sehingga bebas dari minyak. Untuk membuatnya kamu perlu mencampurkan kulit lemon dengan cuka kedalam sebuah wadah kaca atau toples besar. Biarkan selama dua minggu.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama tapi hasilnya kamu bisa menggunakan campuran cuka dengan kulit lemon ini untuk membersihkan peralatan apa pun yang berminyak. Tinggal kamu tuangkan ke dalam botol lalu semprotkan ke peralatan kamu yang ingin dibersihkan.

Membersihkan lubang pembuangan sampah wastafel dapur

Lubang pembuangan sampah di wastafel dapur sering kali mudah kotor dan meninggalkan bau yang tidak sedap. Untuk membersihkan wastafel kamu sekaligus menghilangkan baunya kamu bisa menggunakan kulit lemon untuk membersihkannya dan membuatnya berbau segar.

Membersihkan sisa noda kopi pada teko

Kamu bisa menambahkan kulit lemon atau irisan lemon segar yang dicampur dengan es dan garam kasar ke dalam teko kopi kamu dan menggosoknya dengan lembut, atau jika kamu punya teko khusus untuk proses pembuatan kopi yang bisa berputar maka kamu bisa membiarkannya berputar untuk membersihkannya.

Lemon ini membantu menghilangkan setiap bintik-bintik noda kopi yang tidak dapat dibersihkan oleh sabun pembersih.

Menjauhkan hewan peliharaan dari tanaman

Hewan peliharaan terutama kucing sering kali bermain-main dengan tanaman kita sehingga dapat merusak tanaman kita. Untuk mengantisipasi hal ini kamu bisa menggunakan lemon. Kamu bisa meletakkan beberapa irisan kulit lemon di dalam pot tanaman kamu.

Dijamin kucing kamu pasti tidak akan dekat-dekat dengan tanaman kamu karena lemon beracun bagi kucing dan baunya pun tidak disukai oleh kucing.

Menyalakan api

Untuk kamu yang suka petualangan di alam mungkin sudah pernah tahu ini, atau mungkin kamu belum tahu bahwa kulit lemon dapat digunakan sebagai alat untuk menyalakan api.

Keringkan kulit lemon ke dalam oven sampai kering dan berwarna keemasan. Setelah kering baru deh bisa kamu gunakan untuk menyalakan api.

Menyegarkan Rumah

Kulit lemon yang tidak terpakai dapat digunakan untuk menyegarkan aroma disekeliling rumah lho. Kamu hanya meletakkan kulit lemon dalam wadah terbuka dan membiarkan aromanya mengisi rumah kamu dengan kesegaran lemon.

Kamu juga bisa menambah sensasi aromanya dengan menambahkan kayu manis atau herbal lain untuk memberi aroma kesegaran yang kamu suka.

Penangkal hama

Untuk menghindari tanaman kamu dari gangguan semut atau serangga lain gunakanlah lemon sebagai penangkal hama secara alami. Aman digunakan bagi lingkungan. Caranya rebuslah kulit lemon selama beberapa menit, setelah dingin tambahkan sedikit cairan sabun cuci piring lalu tuanglah air rebusan kulit lemon ini kedalam botol semprot. Semprotkan di tanaman yang kamu inginkan untuk mengusir hama.

Lemon Untuk Memperkaya Masakan Kamu

Manisan kulit lemon

Setelah kamu memakan buah lemon jangan buang kulitnya. Karena kamu bisa menjadikan kulit lemon ini menjadi permen kulit lemon atau manisan kulit lemon. Bisa untuk disantap begitu saja dan bisa juga dijadikan hiasan dekorasi kue kamu atau fruit cake buatan kamu atau sebagai campuran untuk memperkaya rasa dan aroma kue kamu.

Menambah citarasa masakan

Jika kamu memanggang ayam atau daging masukkanlah irisan lemon ke dalam masakan panggangan ayam kamu. Kamu akan mendapatkan rasa yang lebih lezat dan daging masakan kamu juga lebih lembut dan lembab.

Selai jeruk lemon

Buah dan kulit lemon bisa kamu jadikan selai yang manis dan enak dengan aroma khas lemon yang menggugah selera. Mengenai resepnya saya tidak sampaikan disini tapi bisa kamu cari di internet ya.

Lemon bermanfaat sekali buat kita bukan?. Nah, jika kamu beli buah lemon jangan buang kulitnya ya. Kamu bisa gunakan untuk beberapa hal yang saya sebutkan di atas.

Mari Tingkatkan Kesadaran Menjaga Kesehatan Usus Kita

Kita pasti tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk terutama bagi kaum perempuan benar gak nih. Biasanya kita lebih memikirkan untuk diet agar mendapatkan berat badan ideal.

Kita sering kali fokus pada pengaturan pola makan saja, tapi ada hal yang selama ini selalu kita lupa bahwa kita juga perlu menjaga kesehatan usus kita.

Usus yang sehat sudah pasti pencernaan pun juga sehat. Pencernaan yang sehat berarti pembuangan yang lancar sehingga berat badan tetap ideal. Berarti sangat penting sekali untuk memperhatikan kesehatan usus. Selain berdampak pada kesehatan pencernaan juga mempengaruhi kerja sistem tubuh kita.

Untuk itu mari kita menjaga kesehatan usus kita yuk, berikut dibawah ini penjelasannya.

Fungsi Sistem Pencernaan

Proses penceranan sudah dimulai bahkan sebelum makanan masuk ke dalam mulut lho. Ketika kita mengharapkan makanan, otak melepaskan sinyal hormon ke saluran cerna untuk menyiapkan pencernaan agar memproduksi enzim pencernaan.

Saluran pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, perut, hati, pankreas, kantung empedu, usus besar dan usus kecil yang kesemuanya itu terhubung seperti tabung panjang yang panjangnya sekitar 24 kaki.

Makanan yang masuk ke dalam mulut mulai dicerna oleh mulut, kemudian melewati kerongkongan lalu sampai ke perut untuk diproses lebih lanjut. Setelah itu dalam usus kecil makanan diproses dan melewati sampai ke usus besar yang akhirnya menjadi limbah. Tahukah kamu seluruh proses ini membutuhkan waktu hingga 40 jam lho.

Menjaga Usus Dan Pencernaan Sehat

Beberapa hal berikut ini untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan kamu.

Otak Kedua

Penelitan terbaru mengatakan bahwa flora usus begitu kompleks dan banyak mengatur fungsi tubuh yang sekarang ini disebut sebagai otak kedua. Otak kedua ini terdiri dari sistem saraf yang sangat kompleks yang membentuk saluran cerna. Kenyataannya usus sebenarnya memiliki lebih banyak neurotransmitter daripada otak.

Otak kedua atau sistem saraf enterik yang mengirim pesan terus-menerus ke otak pertama melalui saraf vagus. Karena hal ini flora usus yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan yang optimal.

Jika terlalu banyak bakteri buruk dalam usus yang berbentuk parasit, jamur dan bakteri jahat, maka dapat mempengaruhi berat badan dan kesehatan yang buruk.

Depresi Dan Kesehatan Usus

Sebagian besar neurotransmitter serotonin diproduksi di usus bukan di otak. Kesehatan usus sangat berpengaruh besar pada kesehatan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mikrobiota usus memiliki dampak penting pada suasana hati dan kesehatan emosional kita. Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Nah jika akhir-akhir ini kamu sering tidak dapat mengontrol emosi atau bahkan sering merasa depresi dan cemas, mungkin ada yang tidak beres pada usus kamu.

Kesehatan Usus dan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh ternyata bersumber pada usus kita. Usus kita bertindak sebagai pertahanan di garis depan melawan bakteri patogen yang bersinggungan dengannya. Lapisan pelindung usus adalah satu sel tebal yang jika penghalang ini rusak dan partikel mulai mengalir di dalam darah maka hal ini bisa menyebabkan tubuh mengalami penyakit.

Kesehatan Usus dan Tidur

Melatonin penting untuk tidur kita. Melatonin ini dihasilkan sebagian besar dalam usus kita bukan hanya berasal dari kelenjar pineal di dalam otak saja. Jadi ini adalah salah satu alasan mengapa kesehatan usus erat kaitannya dengan kualitas tidur.

Bagaimana Menjaga Usus Tetap Sehat

Sebelum beralih ke bagaimana menjaga usus kita agar tetap sehat, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana mengetahui sistem pencernaan kita telah bekerja dengan baik. Satu cara cepat dan mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat melalui kotoran kita.

Kotoran yang baik dapat dilihat dari :

– Buang air terjadi 1 sampai 3 kali sehari.
– Kotoran dapat keluar dengan mudah, yang artinya tidak keras namun juga        tidak terlalu cair.
– Penuh hanya dalam sekali keluaran, tidak setengah-setengah.
– Cukup substansial.
– Warna kotoran yang sehat adalah tidak terlalu gelap tapi juga tidak terlalu          terang, yang terbaik adalah berwarna coklat.

Cara terbaik untuk mendapatkan usus yang sehat dan pencernaan yang baik adalah melalui cara hidup kita dan makanan yang kita makan sehari-hari. Nah berikut ini beberapa tips dan kebiasaan yang bisa kamu perhatikan untuk menjaga usus kita tetap sehat.

Mengunyah Makanan Dengan Benar

Ketika kita makan kunyahlah makanan yang masuk ke dalam mulut kita secara perlahan dan lebih lama sampai makanan yang kita makan menjadi lunak atau benar-benar hancur. Makanan yang dikunyah dengan benar mengurangi stres pada esopagus, membantu perut mengeluarkan air liur yang mengandung enzim pencernaan untuk memetabolisme makanan.

Mengunyah dengan baik memudahkan pencernaan untuk memproses makanan dan mengurangi resiko gas atau perut kembung. Hal ini juga membuat usus lebih mudah untuk menyerap nutrisi dari makanan. Perhatikan juga bahwa kamu sebaiknya duduk ketika makan, makan sambil berdiri itu tidak baik.

Makan Dengan Tenang

Ketika kamu sedang stres, kadar kortisol dalam tubuh meningkat. Hal ini berakibat buruk bagi pencernaan. Cobalah untuk makan dengan tenang dengan menikmati makanan yang ada dihadapanmu. Makan dengan tenang membantu meningkatkan enzim pencernaan, memperlambat denyut jantung dan membuat otot lebih santai. Yang kesemua ini berdampak pada sistem pencernaan kamu.

Hindari Stres

Stres sangat berpengaruh pada kesehatan usus. Usus kita sangat rentan terhadap stres kronis dan bahkan akut. Perubahan biokimia yang terjadi di bawah tekanan memiliki dampak langsung yang signifikan pada fungsi pencernaan, dan stres kronis dapat menyebabkan perkembangan penyakit pencernaan.

Hidrasi

Salah satu penyebab utama yang dapat memperlambat pencernaan dan sembelit kronis adalah kekurangan air atau dehidrasi. Usus membutuhkan air untuk mengeluarkan limbah dari tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menahan cairan yang bisa menyebabkan perut kembung.

Membawa botol air minum kemanapun kamu pergi adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi.

Kafein

Jika kamu mempunyai masalah pada pencernaan maka kamu harus menghindari kafein. Kafein merupakan asam yang dapat meningkatkan keasaman dan sekresi pada lambung. Hal ini yang dapat mengiritasi lapisan usus dan menyebabkan sakit perut. Jumlah kafein yang berlebihan dapat menyebabkan ulkus dan gastritis.

Makan Dengan Variasi

Makan dengan berbagai macam variasi makanan membantu meningkatkan keragaman microbiome pada usus. Usus yang kaya dan beragam microbiome membuat kita menjadi sehat dan kuat. Makanan yang kita makan memberikan nutrisi untuk membantu menumbuhkan bakteri baik. Ketika kita konsumsi makanan yang bervariasi maka kita juga mendapatkan nutrisi yang bervariasi.

Ketika nutrisi yang kita konsumsi bervariasi, strain yang berbeda dari berbagai bakteri yang dihasilkan dari makanan bermanfaat menghasilkan flora usus lebih beragam. Kamu bisa dapatkan ini dengan makan beragam macam jenis sayuran.

Makanan Kaya Probiotik

Makanan kaya probiotik adalah makanan berfermentasi seperti asinan kubis, tempe, yogurt, miso, kecap, kimchi dan masih banyak lagi. Ini sangat baik untuk kesehatan usus.

Makanan lain yang bermanfaat baik untuk kesehatan usus :

  • Makanan Kaya Prebiotik
  • Makanan Kaya Polifenol
  • Makanan dengan Lemak Sehat
  • Makanan kaya Serat

Usus memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, tidak hanya untuk kesehatan pencernaan tapi juga menjaga kesehatan usus penting untuk keseimbangan kesehatan kita.

Makanan Berfermentasi Baik Untuk Kesehatan Terutama Pencernaan

Tempe, makanan sehari-hari kita ini sangat bagus untuk kesehatan kita lho. Jadi bagi kamu yang favorit banget makan tempe saya acungin jempol deh hehee. Kita sudah tahu kalau tempe ini adalah termasuk ke dalam jenis makanan yang pembuatannya melalui proses fermentasi atau disebut juga makanan berfermentasi.

Nah makanan berfermentasi ini ada banyak banget manfaatnya lho, dan terutama sekali bermanfaat untuk pencernaan kamu. Berikut penjelasannya.

Makanan Berfermentasi Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Terutama Kesehatan Usus

Makanan berfermentasi sangat baik bagi kesehatan kita terutama untuk bagian sistem pencernaan kita. Selama fermentasi makanan pati dan gula menjadi asam laktat dan asam asetat oleh bakteri konversi. Proses ini menjaga makanan secara alami dengan menghasilkan fitonutrien berlimpah dari enzim untuk omega 3 serta berbagai strain probiotik. Ini dikenal dengan sebutan bakteri baik.

Makanan berfermentasi memiliki bakteri sehat di dalamnya yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan dan untuk usus yang sehat. Memiliki usus yang sehat lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Nah, ladies nih perlu diperhatikan kesehatan usus kamu supaya berat badan kamu tetap seimbang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan pencernaan terutama kesehatan usus, makanan berfermentasi juga bermanfaat untuk kulit sehat tampak bersinar dan meningkatkan kesehatan mental. Dengan bakteri baik dalam tubuh maka tubuh lebih baik dalam menyerap makanan sehingga tubuh kita bekerja lebih baik untuk menyingkirkan limbah serta racun melalui usus.

Usus yang sehat berarti pencernaan juga sehat, pencernaan yang sehat berarti tubuh yang sehat pula. Tapi tahukah kamu ada beberapa makanan berfermentasi dari seluruh dunia yang menawarkan keuntungan luar biasa untuk kesehatan kamu terutama kesehatan saluran pencernaan atau usus kamu. Mau tahu makanan berfermentasi apa saja dari seluruh dunia?. Berikut penjelasannya.

Makanan Berfermentasi Dari Seluruh Dunia Serta Manfaatnya

Tempe

Nah tempe ini sudah tidak asing lagi bagi kita rakyat Indonesia tercinta bukan?. Tempe kita kenal sebagai makanan berprotein tinggi bebas lemak yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe ini mengalami fermentasi secara organik. Biasanya kita gunakan dalam masakan sebagai pengganti daging.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, manfaat tempe ternyata ada banyak lho, apa saja itu? ini dia :

Tempe dapat mencegah beberapa penyakit degeneratif

Tempe dapat meningkatkan kadar HDL atau Kadar kolesterol baik dalam darah sehingga menjaga jantung tetap sehat

Mampu mencegah naiknya kadar gula dalam darah dan baik untuk penderita diabetes

Dapat mencegah anemia dengan menambah darah

Menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan mencegah osteoporosis

Antioksidan yang terdapat dalam tempe mampu menangkal radikal bebas

Mampu mengatasi gejala keracunan seperti keracunan logam berat

Tempe memiliki kandungan serat yang mampu mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker

Memiliki zat antibakteri untuk mencegah diare dan kolera

Menurunkan lemak dalam darah

Asinan kubis atau Sauerkraut

Asinan kubis ini bisa dijadikan lauk dan bisa juga lho ditambah dengan sayuran lain seperti wortel, lobak atau sawi putih. Membuat asinan ini tidak memerlukan banyak bahan kok, hanya perlu menyiapkan kubis, air dan garam.

Sauerkraut bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu untuk menurunkan berat badan, membantu mengurangi stres, menjaga kesehatan otak, meningkatkan kesehatan jantung, berkontribusi untuk tulang yang kuat dan mengurangi resiko terhadap kanker tertentu.

Yoghurt

Makanan berfermentasi ini dapat digunakan berbagai kudapan seperti salad dressing, toping eskrim, smoothie atau dimakan langsung juga tak kalah nikmatnya. Yoghurt juga sangat mudah kita jumpai di toko-toko atau supermarket terdekat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kamu, yoghurt juga bermanfaat bagi kecantikan kamu juga lho.

Yoghurt ini dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit kusam serta          membantu menghilangkan bekas jerawat.

Bagus untuk kulit, melawan radikal bebas, memperlambat proses penuaan dan mengencangkan kulit. Scrub yogurt berguna untuk menghilangkan kulit mati di permukaan kulit.

Memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan dapat memperbaiki rambut rusak.

Melembutkan tangan dan kuku.

Memutihkan gigi, dengan menggosok sedikit yogurt ke gigi kamu sekali sehari, jika kamu rutin melakukannya selama beberapa minggu gigi kamu akan terlihat lebih putih lho.

Kombucha

Kombucha adalah berupa teh jamur yang difermentasikan dan sering diberi bumbu berupa rempah-rempah atau buah-buahan yang sarat dengan bakteri sehat. Biasanya kombucha dibuat dengan teh hitam atau teh hijau. Kombinasi dari jamur dan bakteri ini menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat kombucha yang bisa kita dapatkan selain untuk membantu kesehatan pencernaan, juga bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung, mempertahankan kesehatan hati, mengatasi diabetes dan melindungi tubuh dari bahaya penyakit kanker.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang terbuat dari susu, penggunaannya sama seperti pada penggunaan yogurt.

Manfaat kefir selain baik untuk pencernaan adalah :

Meningkatkan kesehatan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh

Anti Candida atau jamur candida yang dapat menginfeksi kulit atau selaput lendir pada manusia.

Anti Kanker

Anti alergi

Kimchi

Kimchi adalah salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Pada dasarnya kimchi seperti Sauerkraut tapi versi Korea, dibuat dengan sayuran lebih banyak tidak hanya sekedar kubis dan dengan rasa yang lebih pedas.

Manfaat kimchi :

Mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh dan menjaganya agar tidak tinggi

Menurunkan berat badan

Anti penuaan dini

Mempertajam penglihatan

Membuat kulit lebih bercahaya

Membuat rambut sehat berkilau

Mencegah kanker perut

Mencegah terjadinya tukak lambung

meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dengan sifat antioksidannya

Tidak ada salahnya kamu juga mencoba beberapa jenis makanan berfermentasi ini kedalam menu makanan harian kamu. Selain itu makanan berfermentasi juga dikenal mempunyai daya tahan yang lebih lama. Jadi bisa kamu manfaatkan dalam waktu yang lebih lama.

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Hanya Dengan Satu Batang Rokok

Orang-orang yang merokok selalu saja dapat kita jumpai dimana saja. Apakah kamu salah satunya? saya harap tidak ya. Tapi jika kamu adalah salah satu orang yang merokok saya sarankan sebaiknya mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk kamu ini.

Selain merugikan kesehatan orang lain yang tidak merokok, juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kamu.

Apa yang terjadi pada tubuh kamu jika kamu merokok walaupun hanya menghisap satu batang rokok saja?. Nih saya beritahu penjelasan selengkapnya.

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Dengan Menghisap Satu Batang Rokok?

Kepulan asap dapat menyebabkan asma

 

Merokok pada dasarnya dapat mensimulasikan asma. Gejala utama asma adalah bronkospasme, terjadi ketika otot-otot yang melapisi saluran pernapasan tiba-tiba mempersempit. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas dan terengah-engah dalam penderita asma bahkan jika yang pertama kali merokok.

Asap rokok yang terhisap masuk lebih dalam ke paru-paru yang dapat berbahaya bagi paru-paru. Lendir di paru-paru bekerja untuk menahan apapun yang masuk ke paru-paru termasuk asap dan racun. Tetapi terlalu banyak cairan dapat mempertebal paru-paru sehingga bernafas terasa lebih sulit akibat lapisan lendir yang menutupi saluran kecil dalam paru-paru.

Rokok membuat jantung bekerja lebih keras secara langsung

Begitu seseorang mulai merokok, asap mulai mengganggu cara lemak tumbuh dan dipecah dalam tubuh. Sehingga pada saat yang sama jantung mulai bekerja lebih keras.

Nikotin yang terdapat pada rokok dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memecah low-density lipoprotein (LDLs) dengan benar, jadi lemak buruk ini leluasa berada di dalam aliran darah dimana mereka dapat berkumpul dan menyebabkan plak dalam pembuluh darah.

Memacu asam lambung

Sedikit saja nikotin langsung dapat memacu asam lambung yang mengganggu perut. Rokok dapat menginduksi asam reflux dengan seketika. Keberadaan nikotin mampu mengurangi lapisan pelindung dari perut sementara perut menghasilkan peningkatan jumlah asam.

Saat nikotin masuk ke perut, perut menjadi kurang mampu menyerap mikronutrien seperti vitamin C dan E dan asam folat akibat peningkatan proses asam. Kekurangan vitamin C dan E serta asam folat dapat berakibat seseorang merasa cepat lemah dan bahkan depresi.

Asap rokok beserta kandungan nikotin di dalamnya dapat menaikkan tekanan di hidung dan telinga. Sinus dilapisi rambut-rambut kecil untuk menjaga paru-paru bersih dari dahak. Asap rokok setelah masuk ke hidung melalui rambut-rambut kecil aktif ini memungkinkan akan menghasilkan lendir di sinus, hal ini juga membuat kamu rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Akhirnya kamu dengan cepat mengalami pilek yang kemudian berkembang menjadi sakit kepala dan hidung tersumbat.

Bagi remaja, merokok beresiko tinggi terhadap penyakit psikosis.

Psikosis adalah masalah kesehatan mental yang ditandai dengan gangguan hubungan dengan realitas. Gejalanya mungkin termasuk halusinasi, delusi atau perasaan paranoia.

Remaja yang menghisap rokok atau ganja berada pada risiko lebih tinggi mengembangkan gejala penyakit psikosis berdasarkan penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA psikiatri.

Para peneliti dari University of Bristol telah mensurvei mengenai penggunaan Rokok pada remaja dan menemukan bahwa orang-orang yang merokok pada usia muda lebih mungkin mengalami gejala psikotik bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Beresiko penyakit jantung dan stroke

Hanya dengan sebatang rokok sehari bisa berdampak pada risiko penyakit jantung dan stroke. Laki-laki yang merokok satu batang rokok sehari 74 persen lebih mungkin memiliki penyakit jantung dan kemungkinan lebih dari 30 persen terkena stroke daripada laki-laki yang tidak pernah merokok sama sekali.

Perempuan yang merokok sebatang setiap hari beresiko dua kali lebih besar menderita penyakit jantung dan 46 persen lebih besar untuk penyakit stroke dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok.

Resiko ini untuk perokok berat tentu lebih besar dari perokok yang lebih sedikit. Mengurangi jumlah konsumsi rokok lebih baik daripada merokok dengan jumlah yang banyak. Meskipun akan jauh lebih baik untuk menghentikan konsumsi rokok.

Sebagai contoh, orang yang merokok satu bungkus sehari memiliki resiko dua kali resiko penyakit jantung. Resiko 58% lebih tinggi untuk perokok laki-laki yang merokok selama 5 batang sehari dan 48% lebih tinggi bagi laki-laki yang merokok hanya satu batang sehari.

Demikian juga bagi perokok perempuan yang merokok selama 5 hari berturut-turut memiliki 43% resiko terkena penyakit jantung, sedangkan perempuan yang merokok satu batang sehari saja memiliki 31% resiko penyakit jantung.

Laki-laki yang merokok selama 20 hari beresiko 64% lebih mungkin menderita stroke dan untuk perempuan dua kali lipat lebih beresiko daripada laki-laki untuk terkena stroke.

Tidak ada batas aman untuk perokok, baik sedikit atau banyak tetap saja tidak bisa menghindari resiko terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit jantung dan stroke. Mengurangi jumlah rokok hanya bisa berpengaruh pada mengurangi jumlah resikonya saja.

Itu karena rokok dapat menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur, penggumpalan darah, penebalan dan pengerasan dinding arteri dan meningkatkan tekanan darah.

Merokok juga dapat menyebabkan banyak jenis kanker, yaitu kanker tenggorokan, kanker mulut, rongga hidung, esofagus, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim serta leukemia myeloid akut.
Penderita kanker prostat lebih memungkinkan untuk meninggal akibat merokok daripada penderita yang tidak merokok.

 

Perhatikan Hal Kecil Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menambah Berat Badan

Jika ditanya apa yang terbaik menurut kamu, memiliki tubuh yang kurus atau memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal?. Kalau saya pribadi sih memilih tubuh dengan berat badan yang ideal, karena kurus belum tentu sehat lho kawan. Tapi apapun pilihan kamu yang jelas kita semua pasti tidak ingin bertambah gemuk bukan?.

Nah tahu tidak hal-hal kecil kebiasaan kita sehari-hari juga mempengaruhi berat badan kita lho?. Percuma saja diet sehat jika kebiasaan sehari-hari kita malah berpotensi menambah berat badan kita, iya gak sih?.

Nih saya kasih tahu beberapa hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan sehari-hari kita ternyata bisa membuat kita bertambah gemuk. Apa saja itu?

Hal-hal Kecil Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Menambah Berat Badan

Makan dengan cepat

Penelitian menunjukkan, orang yang memakan makanannya dengan cepat lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Ini terjadi karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberi sinyal ke otak bahwa telah kenyang. Jadi makan dengan cepat cenderung membuat seseorang makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh karena tubuh belum sempat memberikan sinyal bahwa telah kenyang.

Cobalah untuk mengunyah makanan kamu dengan perlahan dengan mengambil porsi kecil di setiap suapannya.

Makan dengan piring besar

Ukuran piring juga mempengaruhi berat badan kamu, secara sadar atau tidak piring yang lebih besar membuat kamu mengambil makanan dengan porsi yang lebih besar pula. Porsi makan yang kebanyakan membuat kamu makan berlebihan bahkan ketika perut sudah terasa kenyang namun kamu tidak menyadarinya.

Sebaiknya mulailah untuk makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil dari yang biasanya kamu pakai. Jika sudah terbiasa tanpa kamu sadari kamu sudah menurunkan berat badan sendiri.

Kurang minum air putih

Penelitian menunjukkan bahwa 16-28% orang dewasa sering mengalami dehidrasi dan dengan resiko yang lebih tinggi pada orang tua.

Dehidrasi membuat kamu merasa haus, namun kamu bisa saja keliru menganggap rasa haus itu sebagai rasa lapar atau mengidamkan makanan. Dalam satu penelitian menemukan bahwa orang-orang yang minum dua gelas air sebelum sarapan dapat makan lebih sedikit kalori dari makanan daripada orang-orang yang tidak minum air.

Sebaiknya kita lebih baik minum air putih saja daripada minuman manis yang mengandung gula setelah makan agar mengurangi asupan kalori tambahan setelah kalori yang kita dapatkan dari makanan.

Tidak makan cukup serat

Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu bahwa serat yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Serat juga membantu mengendalikan nafsu makan.

Makan tambahan serat sebanyak 14 gram perhari dapat menurunkan asupan kalori hingga 10%. Ini berarti kamu bisa menurunkan berat badan kamu hingga 1,9 kg selama empat bulan. Perbanyak makan sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan ya.

Bersikap terlalu sosial

Yang dimaksud bersifat terlalu sosial disini adalah situasi sosial dimana kamu harus makan makanan bersama orang-orang tertentu. Misalnya berkumpul bersama rekan-rekan, kolega, atau teman-teman biasanya selalu ada acara makan bersama, nah disinilah yang sering menjadi masalahnya pasti kamu cenderung mengikuti makan seperti mereka.

Jika teman-teman kamu makan dengan porsi besar atau dengan makanan yang tidak sehat maka kemungkinan kamu juga mengikutinya.

Terlalu lama duduk

Orang dewasa biasanya telah banyak menghabiskan waktu dengan duduk selama 9 sampai 11 jam per hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak duduk lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Selain itu juga beresiko tinggi terhadap penyakit kronis dan kematian dini. Sebuah analisis dari 6 penelitian di Amerika menyebutkan hampir 600.000 orang dewasa yang duduk selama lebih dari 10 jam sehari seperti pada pekerja kantor memiliki resiko lebih tinggi sebesar 34% terhadap kematian dini.

Jika pekerjaan kamu menuntut kamu untuk duduk lebih lama sebaiknya kamu melakukan sedikit latihan olahraga ringan sebelum bekerja, waktu istirahat makan siang atau setelah pulang kerja dalam beberapa kali seminggu.

Kurang makan buah

Buah-buahan memiliki nutrisi yang bermanfaat dan rendah kalori yang baik bagi kesehatan tubuh dan baik menjaga berat badan kamu.

Ada beberapa tips yang bisa jadi pilihan kamu dalam mengkonsumsi buah-buahan, berikut tipsnya.

  • Kamu bisa menambahkan beberapa macam buah segar ke dalam            sarapan pagi oatmeal kamu, seperti buah pisang, kiwi, strawbery,          anggur atau buah favorit kamu.
  • Kamu bisa membuat salad buah dengan campuran sayuran segar          dengan toping minyak zaitun atau toping favorit kamu.

Kurang tidur

Nah ini bagi kamu-kamu yang sering begadang hati-hati ya jangan sampai waktu tidur kamu tidak kamu cukupi karena jika kurang tidur bisa menaikkan berat badan kamu lho. Kurang tidur berkaitan dengan berat badan, hal ini disebabkan banyak faktor seperti perubahan hormon, kurangnya olahraga atau latihan serta sering ngemil tengah malam akibat bergadang.

Satu penelitian menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68.000 perempuan di atas umur 16 tahun. Mereka menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam memiliki resiko lebih tinggi dari kenaikan berat badan daripada orang-orang yang tidur selama 7 jam atau lebih.

Lebih buruknya lagi kurang tidur menyebabkan timbunan lemak terutama di perut. Kelebihan lemak dapat beresiko penyalit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Makan di depan televisi

Kalau yang satu ini saya rasa hampir semua orang pernah melakukannya, benar tidak?. Saya sendiripun pernah melakukannya juga hehe. Makan sambil menonton televisi mengganggu fokus pada makanan kamu. Kamu jadi tidak menyadari berapa banyak makanan yang telah kamu makan selama menonton tv. Belum lagi kamu pasti memakannya dengan cepat makin menambah resiko bertambahnya berat badan kamu nih.

Jadi makan dengan fokus itu penting, sebaiknya sebelum menonton tv makanlah terlebih dahulu atau setelah menonton televisi.

 

Makan makanan yang tidak sehat di akhir pekan

 

Biasanya orang-orang mungkin bisa mengatur makan sehat selama seminggu karena rutinitas sehari-hari dengan komitmen pekerjaan mereka. Namun begitu di akhir pekan sering kali orang-orang menghabiskan waktu untuk makan di luar dan tergoda untuk makanan yang tidak sehat dengan porsi yang lebih banyak.

Sudah tentu hal ini mengakibatkan mereka mendapatkan kenaikan berat badan pada akhir pekan. Tapi kamu bisa memanfaatkan waktu luang di akhir pekan kamu untuk olahraga setelah bersenang-senang dengan makanan pilihan kamu.

Setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan ini ternyata membuat berat badan kita menjadi naik, kita bisa menghindarinya agar diet kita tidak menjadi gagal karena kebiasaan yang tidak baik ini.

Sayuran Akar Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Kamu suka makan sayuran tidak?. Jika kamu kurang menyukai sayuran ada baiknya kamu mulai belajar untuk makan sayuran terutama sayur-sayuran akar. Karena sayuran akar sama seperti sayur-sayuran pada umumnya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu lho.

Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Sayuran Akar

sayuran akar telah memiliki manfaat penting dalam obat-obatan yang dikenal dalam masyarakat. Selain itu sayuran akar serba guna karena dapat diolah dengan berbagai cara, bisa dikukus, di jus, dipanggang atau bahkan bisa juga dimakan mentah. Sayuran akar ini juga mudah ditemukan dimana saja bahkan di seluruh dunia.

Banyak manfaat kesehatan dari sayuran akar yaitu,

Kaya serat

Sayuran akar memiliki jumlah serat yang tinggi dan dianggap sebagai makanan dengan indeks glisemik rendah meskipun mereka memiliki kandungan gula.

Serat sayuran akar juga mengandung polisakarida, yang menunjukkan beberapa kegiatan biologis yaitu termasuk antikarsinogenik, antikoagulan, merangsang kekebalan tubuh dan antioksidan.

kandungan tinggi serat dalam sayuran akar juga membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Manfaat lainnya adalah karbohidrat  sayuran ini lambat terbakar oleh tubuh yang berarti mereka tidak akan menaikkan gula darah. Bahkan dapat menurunkan resiko diabetes.

Sumber Vitamin A dan C

Vitamin A dan C bermanfaat melawan peradangan karena kandungan antioksidan karotenoid dalam sayuran ini. Beta karoten dalam vitamin A yang tinggi dapat ditemukan pada ubi jalar, wortel, bit dan akar sayuran lainnya.

Karbohidrat Kompleks dan Pati

Manfaat yang paling umum dari akar sayuran adalah memiliki karbohidrat kompleks dan pati. Mengkonsumsi jumlah karbohidrat yang tepat akan membantu kamu untuk merasa lebih baik. Sayuran akar dapat memberikan rasa manis tanpa membuat tubuh kamu mengandung banyak gula.

Antioksidan sebagai antikanker

Hampir semua akar sayuran mengandung antioksidan. Ubi jalar ungu mengandung anthocyanin, yang dapat menghentikan kerusakan dan degenerasi otak.

kesehatan kulit dan mata

Beta karoten dan vitamin C dapat membantu tubuh membangun sel-sel kulit, membantu melawan keriput, akibat sinar UV, bahkan kanker kulit. Ini juga membantu menangkal radikal bebas yang berakibat pada gangguan mata terutama karena usia seperti misalnya katarak.

Melawan kanker dan gangguan kognitif

Anti inflamasi yang terdapat pada sayuran ini seperti vitamin A dan C dapat bertindak sebagai pengobatan alami anti kanker. Selain itu juga dapat melawan gangguan kognitif karena mampu menurunkan resiko penyakit alzheimer, demensia dan penyakit Parkinson.

Menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Makanan tinggi serat mengandung serat yang mudah larut dan tak larut air yang penting untuk kesehatan jantung. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan membantu melindungi tubuh kamu dari penumpukan penyakit yang menyebabkan masalah jantung, serangan jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan hati dengan sejumlah tinggi kalium yang bermanfaat untuk tekanan darah yang sehat dan memperlancar sinyal saraf serta keseimbangan cairan.

Berikut beberapa sayuran akar yang bermanfaat besar bagi kesehatan kamu :

Ubi dan ubi jalar

Ubi jalar dan ubi merupakan pilihan yang paling populer karena mereka memiliki rasa yang enak dan mudah digunakan dalam berbagai menu makanan. Ubi jalar tinggi vitamin A dan sebagai salah satu sumber terbaik vitamin A di dunia. Juga tinggi kalium, vitamin B5 dan vitamin C.

Ubi mengandung lebih banyak kalium dari ubi jalar, tetapi ubi jalar rendah kalori dan mengandung lebih banyak antioksidan.

Wortel

Wortel selain mudah ditemukan juga mudah digunakan dalam berbagai menu makanan, bisa di masak, di jus atau bahkan bisa juga dimakan mentah. Antioksidan yang disebut karotenoid yang memberikan warna oranye pada wortel bermanfaat melindungi dan menjaga kesehatan mata dan kulit.

Nutrisi lainnya yang terdapat pada wortel adalah lutein, zeaxanthin, vitamin A, D, E, vitamin K, magnesium, kalium dan kalsium.

Lobak

Sayuran lobak mampu melawan kanker sama seperti brokoli, kubis, dan seperti sayuran lain, lobak mengandung fitonutrien disebut indole yang dapat mengurangi risiko kanker serta tinggi kalsium, magnesium, dan potasium, yang menjadi pilihan terbaik bagi kesehatan jantung.

 

Bit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu memulihkan otot dari latihan yang efektif. Hal ini karena bit mengandung nitrat, yang digunakan tubuh untuk pemulihan otot, meningkatkan sirkulasi darah dan untuk menurunkan peradangan.

Rutabaga

Rutabaga mirip dengan kubis dan lobak yang menawarkan beberapa manfaat yang sama seperti keduanya. Tinggi serat dan vitamin C kira-kira 47 persen dari asupan harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu mereka tinggi zat seng yang mempromosikan kesehatan dan kekebalan tubuh, fungsi otak, metabolisme dan perubahan suasana hati.

Kentang Yukon Putih

Kentang yukon putih baik untuk kesehatan. Kentang ini mengandung antioksidan dan nutrisi termasuk kalium yang penting bagi kesehatan tulang dan jantung. Selain itu, kentang dapat membantu mengurangi risiko rendah kalium yang lebih baik daripada pisang dan ubi jalar.

Kentang yukon putih merupakan sumber mangan yang juga penting untuk kesehatan tulang dan saraf.

Tidak ada salahnya kamu menambahkan sayur-sayuran akar ke dalam menu harian masakan kamu kan? selain banyak manfaatnya dijamin deh rasanya juga enak kok.

 

1 2 3 6