Alasan Kenapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan

Saya yakin Anda pasti pernah mengalami mata terasa ngantuk berat setelah makan. Saya pun juga pernah merasakannya. Nah, kenapa setelah makan kita bisa merasa ngantuk ya?. Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di pikiran Anda juga?. Ternyata ini ada penjelasan biologisnya lho.

Ingin tahu alasannya kenapa? Ini penjelasannya.

Kenapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan?

Kantuk yang timbul setelah makan terjadi karena suatu atau beberapa alasan. Untuk mengetahui apa yang menyebabkannya berikut ini selengkapnya :

Fungsi Alami Tubuh

Beberapa ahli kesehatan mengaitkan beberapa jenis makanan yang dimakan dapat menimbulkan efek tertentu pada tingkat energi. Namun rasa ngantuk setelah makan sebenarnya lebih berkaitan dengan meningkatnya kecenderungan untuk tidur secara alami.

Ada dua faktor penting yang terkena pengaruh langsung dari kecenderungan ini yaitu drive tidur dan ritme sirkadian.

Akumulasi kimia dalam otak yang mengontrol drive tidur menentukan waktu seseorang untuk tetap terjaga atau tidur setelah makan. Semakin banyak waktu seseorang tetap terjaga maka ini akan membangun adenosin yang pada akhirnya seseorang akan memilki keinginan yang luar biasa untuk segera tidur. Ini lebih sering terjadi pada waktu siang hari daripada pagi hari.

Ritme sirkadian adalah suatu sinyal yang menjaga tubuh dan sistem saraf waspada Anda. Ini yang membatasi kita dari tertidur sepanjang hari dan bereaksi terhadap tingkat adenosin. Pada siang hari terjadi kesalahan sistem dan menimbulkan rasa kantuk, ini yang menjadi alasan mengapa kita merasa ngantuk setelah makan.

Faktor Makanan

Beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan kecenderungan untuk mengantuk. Terutama makanan yang mengandung jumlah tinggi karbohidrat dan gula. Secara umum makanan dapat mempengaruhi kantuk setelah makan karena terjadinya perubahan dalam aspek berikut :

1. Gula darah

Sel-sel dalam tubuh kita memperoleh energi dari molekul glukosa yang dihasilkan oleh karbohidrat pati dan gula. Gula memetabolisme dalam tubuh lebih cepat dari pati karbohidrat dan merubahnya menjadi glukosa saja.

Glukosa menaikkan tingkat gula darah dalam tubuh dengan cepat yang menyebabkan pelepasan insulin dalam jumlah besar. Pelepasan insulin ini bertujuan untuk mengambil dan memanfaatkan glukosa ekstra. Kemudian gula darah akan turun dengan cepat sehingga menguras energi tubuh Anda dan membuat Anda merasa lelah.

2. Karbohidrat

Setiap jenis karbohidrat membutuhkan enzim tertentu untuk menurunkan molekul panjang menjadi unit yang lebih kecil glukosa. Jika ada defisiensi relatif atau absolut dari enzim tertentu dalam tubuh Anda maka proses degradasi karbohidrat menjadi lambat.

Selain itu Anda mungkin juga akan mengalami masalah pencernaan lain tidak hanya rasa kantuk. Jadi Anda harus selalu memperhatikan dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan masalah tersebut.

3. Triptofan

Triptofan adalah asam amino yang bertanggung jawab untuk menguras tingkat energi tubuh Anda. Karbohidrat dapat mengurangi pemanfaatan triptofan untuk otak. Oleh karena itu tingkat triptofan yang tinggi dapat menyebabkan kemungkinan untuk mengantuk setelah makan. Karena inilah makan makanan berprotein dan karbohidrat dikenal sebagai cemilan paling baik sebelum tidur.

Faktor Medis

Jika Anda memiliki keinginan untuk tidur setelah makan yang semakin buruk tak terkendali maka ini menandakan Anda harus segera pergi ke dokter. Karena ini bisa jadi penyebabnya adalah masalah medis tertentu.

Masalah medis seperti anemia, penderita diabetes, masalah ginjal, hipotiroidisme atau infeksi. Selain itu meningkatnya keinginan untuk tertidur setelah makan juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit, reaksi alergi tertentu atau kurang waktu tidur pada malam hari.

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat maka ini juga menjadi alasan untuk meningkatkan keinginan untuk tidur setelah makan bahkan dapat menyebabkan gangguan tidur parah. Jadi yang terbaik adalah segera menemui dokter agar Anda mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Kebiasaan Tidur Yang Tidak Teratur

Kebiasaan tidur malam hari yang tidak teratur juga dapat menyebabkan Anda mengantuk setelah makan. Karena setelah makan malam tubuh merasa kenyang dan rileks, sehingga tubuh merasa sedang beristirahat dan menimbulkan perasaan mengantuk. Apalagi jika Anda tidak tidur dengan cukup pada malam sebelumnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda memperbaiki pola tidur dan menghindari stres. Juga ditambah dengan melakukan olahraga teratur yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam dengan lebih baik. Sebaiknya Anda menghindari tidur siang jika Anda memiliki kesulitan tidur di malam hari.

Bisakah Menghentikan Kebiasaan Mengantuk Setelah Makan?

Sulit untuk bisa menghentikan kebiasaan mengantuk setelah makan, tapi ada beberapa cara yang bisa mengurangi rasa kantuk ketika setelah makan yaitu berikut ini.

  • Mengubah kebiasaan makan Anda dan beralih ke makanan sehat yang banyak mengandung serat seperti kacang-kacangan, buahan segar dan biji-bijian utuh.
  • Mengkonsumsi kafein atau teh untuk melawan rasa kantuk setelah makan siang.
  • Tidur siang sekitar 10 sampai 20 menit setelah makan siang.
  • Mengubah waktu makan malam Anda dengan makan di sore hari dapat membantu.
  • Berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan setelah makan malam dapat juga membantu mengatasi rasa kantuk setelah makan. Kegiatan ini tidak hanya mengurangi kantuk tapi juga memberi manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan berat badan dan pengelihatan yang lebih baik.
  • Pastikan untuk tidur tepat waktu di malam hari dan menghindari tidur sampai larut malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *