Ambil Cara Ini Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur hampir dialami oleh sebagian besar orang dewasa. Sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka tidur sambil mendengkur, namun beberapa orang yang lain sering mengalami tidur tidak nyenyak karena mendengkur.

Nah apakah Anda termasuk kedalam salah satu orang yang memiliki masalah mendengkur?. Jika iya Anda pasti ingin menghentikan kebiasaan mendengkur Anda bukan?. Disini Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk berhenti dari kebiasaan yang mengganggu ini dan apa yang menjadi penyebabnya.

Cara Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Mendengkur

Suara dengkuran pasti sangat mengganggu pasangan Anda atau anggota keluarga Anda. Mendengkur tidak hanya mengganggu tapi juga menimbulkan lebih banyak kerugian buat Anda.

Ada dua jenis tipe pendengkur yaitu, yang pertama mereka tidak menyadari bahwa mereka mendengkur dan mengetahuinya dari pasangan atau anggota keluarga. Tipe kedua adalah orang-orang yang sering tidak dapat tidur nyenyak karena mendengkur.

Bagaimanapun, mendengkur selain dapat mengganggu orang disebelah Anda tidur juga tidak baik untuk kesehatan Anda secara umum. Reaksi tubuh yang mendengkur dapat menyebabkan tidur terganggu dan akan merasa kelelahan ketika bangun tidur serta masalah kesehatan lain. Baiklah mari kita cari tahu apa yang menyebabkan mendengkur dan cara untuk menghentikannya.

Penyebab Mendengkur

Dalam bahasa sederhana, mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur ketika saluran udara di mulut dan hidung menjadi dikompresi atau lebih kecil dalam ukurannya. Dokter Douglas Kirsch, seorang Direktur Atrium’s Health Carolinas pusat kesehatan tidur di Charlotte mengatakan bahwa seseorang dapat mendengkur dipengaruhi oleh cara anatomi tubuh yang terstruktur.

Ini terjadi ketika ada sesuatu yang tidak lazim di saluran napas mereka. Bisa berarti dagu seseorang terdorong, memiliki amandel besar atau saluran udara di hidung mereka tidak normal.

Kemacetan hidung akibat tersumbat atau memiliki septum yang menyimpang juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa tidur mendengkur. Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan hidung Anda segeralah bicarakan ke Dokter telinga hidung dan tenggorokan (THT), Kirsch mengatakan.

Faktor lain yang dapat menjadi penyebabnya adalah berat badan berlebih. Ketika massa tubuh bertambah naik ini mempengaruhi jalan napas mereka yang mulai sedikit lebih menutup. Sebagai jaringan lemak tubuh, ukuran saluran pernapasan seseorang menjadi menyusut sehingga menyebabkan getaran pada jaringan.

Alkohol juga dapat membuat seseorang tidur mendengkur. Ini karena alkohol dapat melemaskan otot-otot tenggorokan sehingga mengurangi kemampuan tenggorokan untuk menjaga pintu udara masuk tetap terbuka. Anda akan merasakan efek yang sama bila Anda kurang tidur.

Apa yang Menyebabkan Suara

Mendengkur disebabkan oleh resistensi saluran napas dan getaran jaringan di belakang tenggorokan. Bagian dari saluran napas yang terlibat adalah lidah, uvula (bagian menggantung di belakang tenggorokan) dan langit-langit lunak yang terhubung ke uvula serta dinding lateral faring, berdasarkan penjelasan Dr. Neil Kline, seorang dokter dan CEO American Sleep Association yang bertempat di Philadelphia.

Beliau juga menambahkan, “turbulensi” dan getaran disekitar dan didalam saluran napas seseorang akan menghasilkan suara mendengkur itu sendiri.

Cara Menghentikannya

Salah satu cara yang paling cepat untuk menghentikan dengkuran Anda adalah dengan mengubah posisi tidur Anda yaitu membalikkan badan atau tidur miring. Ini untuk mencegah gravitasi dari kompresi lebih lanjut di saluran udara Anda.

Jika Anda merasa benar-benar terganggu dan menganggap hal ini sebagai masalah yang terjadi terus-menerus maka Anda sebaiknya segera pergi ke Dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Terkadang mendengkur merupakan akibat dari apnea tidur. Anda membutuhkan bantuan profesional medis untuk mengetahui apakah dengkuran Anda hanya sekedar mendengkur atau akibat tidur apnea. Untuk mengetahui hal ini profesional medis akan melakukan tes tidur.

Mengurangi atau menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol, berhenti merokok, mengurangi berat badan secara signifikan dapat membantu pernapasan malam Anda menjadi lebih baik sehingga mendengkur akan lebih berkurang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghentikan kebiasaan tidur mendengkur :

1. Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.
2. Tidur menyamping.
3. Meninggikan posisi kepala dari tempat tidur Anda.
4. Menggunakan strip hidung atau dilator hidung eksternal.
5. Mengobati Alergi kronis, jika Anda memiliki alergi.
6. Memperbaiki masalah struktural di hidung Anda.
7. Membatasi atau bahkan menghindari alkohol sebelum tidur.
8. Hindari menggunakan obat penenang sebelum tidur.
9. Berhenti Merokok.
10. Waktu tidur yang cukup.

Kesehatan tidur sangat penting dan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan dan kehidupan sehari-hari Anda termasuk juga membantu mengurangi mendengkur ketika tidur. Kualitas tidur yang baik akan mengurangi berbagai resiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit lainnya.

Kapan Harus Ke Dokter

Dr. Daniel Barone, seorang neurolog di Weill Cornell Kedokteran dan New York-Presbyterian mengatakan Anda mungkin membutuhkan pemeriksaan medis jika Anda mengalami mendengkur yang menunjukkan gelala apnea tidur yang lebih serius dan memerlukan bantuan profesional medis yang tepat.

Anda mungkin bertanya apa itu apnea tidur?. Apnea tidur adalah ketika saluran udara bagian atas menjadi tersumbat berulang kali selama tidur. Ini dapat mengurangi atau bahkan dapat menghentikan aliran udara, menurut National Heart Lung and Blood Institute.

Apnea tidur berkaitan dengan masalah berat badan yaitu kegemukan, gagal jantung, gagal ginjal, gangguan endokrin dan gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Tidak mendapatkan tidur dengan baik akan membuat Anda merasa kelelahan ketika bangun pagi yang dapat mengganggu konsentrasi dan produktifitas Anda seharian. Mendengkur juga mengganggu ketenangan tidur Anda yang mungkin Anda tidak menyadarinya.

Ini akan menjadi masalah yang penting jika Anda tidur sendiri atau tidak memiliki seseorang yang dapat memberi tahu Anda ketika Anda mendengkur. Berbicara dengan Dokter itu perlu karena kemungkinan ada faktor lain yang menunjukkan masalah pada kesehatan Anda.