Apa Saja Manfaat Dari Minum Jus Bayam?

Minum jus bayam ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita lho. Kita tahu bahwa sayuran hijau adalah salah satu sumber serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Bayam tidak hanya memiliki kandungan serat tapi juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral didalamnya.

Nah biasanya bayam ini selalu kita olah menjadi sayuran yang dimasak, lalu bagaimana dengan bayam yang dijus? apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan minum jus bayam?.

Manfaat Minum Jus Bayam

Minum jus bayam sebenarnya adalah salah satu cara untuk mempermudah Anda mendapatkan manfaat nutrisi dan vitamin yang terdapat pada bayam. Sehingga Anda tidak perlu repot harus memasaknya terlebih dahulu.

Selain itu keuntungan tambahannya adalah Anda dapat mencampur bayam dengan bahan lain seperti sayuran atau buahan lain sehingga minum jus bayam terasa lebih enak dan Anda pun mendapatkan manfaat ganda.

Sumber vitamin

Jus bayam sarat dengan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda terhadap vitamin A yang direkomendasikan sehari-hari cukup dengan hanya mengkonsumsi 1 ons bayam saja.

Vitamin A sangat penting untuk tiroid yang sehat, kekebalan tubuh dan pengelihatan. Bayam tidak hanya mengandung vitamin A saja tapi juga ada beberapa nutrisi lain seperti seng, serat, niasin, vitamin B6, C, E, K, kalsium, magnesium, protein, besi, folat, tembaga, tiamin, kalium, mangan dan fosfor.

Menurunkan tekanan darah

Jus bayam memiliki tingkat kalium yang tinggi sehingga bermanfaat dalam membantu orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Kalium dapat menghilangkan efek negatif natrium dalam tubuh. Serta mengatur tingkat natrium dalam tubuh dan mencegah tekanan darah tinggi.

Secara umum sayuran hijau seperti bayam dan kale adalah termasuk kedalam makanan yang baik dikonsumsi untuk orang-orang dengan masalah kesehatan tekanan darah tinggi.

Menjaga berat badan tetap seimbang

Kandungan tinggi serat pada bayam sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga berat badan Anda tidak mudah naik serta mampu mengurangi resiko terjadi sembelit.

Asupan serat yang direkomendasikan harian untuk pria adalah 38 gram dan untuk wanita 25 gram. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup serat setiap hari maka dengan minum jus bayam dapat membantu Anda serta membuat Anda lebih cepat kenyang dan bertahan lama.

Kesehatan tulang

Tulang yang sehat sangat membutuhkan asupan kalsium setiap hari. Jus bayam menyediakan 12 persen kebutuhan kalsium yang direkomendasikan setiap hari. Tidak hanya tulang tapi begitu juga dengan kesehatan gigi. Gigi membutuhkan kalsium untuk tetap kuat dan sehat.

Dengan mengkonsumsi asupan kalsium sesuai dengan jumlah direkomendasikan setiap hari, turut membantu Anda mengurangi resiko terkena osteoporosis. Serta membantu menjaga kontraksi otot dengan melindungi transmisi saraf dan pembuluh darah.

Meningkatkan pertumbuhan sel darah merah

Jus bayam memiliki peringkat tinggi yang efektif untuk membantu tubuh membangun sel darah merah. Kandungan vitamin K dalam bayam juga membantu mempertahankan dan menjaga kadar darah merah, ketebalan darah serta kemampuan pembekuan darah.

Kesehatan rambut dan kulit

Manfaat lainnya dari jus bayam adalah memperkuat rambut dan meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin A, C dan zat besi dalam bayam membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan pengelihatan, vitamin A dibutuhkan tubuh sebagai bahan utama untuk menghasilkan sebum atau minyak alami di rambut Anda.

Sementara itu zat besi berfungsi mengurangi resiko rambut rontok dengan membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Kesehatan pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bayam memiliki kandungan serat yang tinggi membantu melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan. Bayam juga dapat membantu Anda untuk tidak makan berlebihan karena serat membuat perut Anda cepat kenyang lebih lama, menghindari sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada orang dewasa. Manfaat jus bayam dengan tinggi folat atau asam folat membantu mengurangi resiko terkena stroke, mencegah penebalan dinding arteri dan membantu mempertahankan elastisitas pembuluh darah serta arteri.

Jus bayam bermanfaat penting dalam mencegah serangan jantung dan pemulihan. Tingkat tinggi nitrat dalam jus bayam juga dikenal mampu mempercepat waktu pemulihan terhadap masalah jantung. Bahkan ada satu penelitian yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi bayam hingga 9 ons sayuran kaya kandungan nitrat untuk mencegah masalah jantung.

Melawan berbagai penyakit

Mengkonsumsi jus bayam secara rutin membuat tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit. Nutrisi yang kaya pada bayam membantu mengatur kadar alkali atau basa dalam tubuh yang mana ini dapat mengobati radang sendi. Vitamin C bayam juga membantu menyembuhkan penyakit gusi berdarah.

Bayam juga mengandung klorofil dan flavonoid yang membantu tubuh melawan sel kanker. Ini sesuai dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bayam mampu menurunkan resiko kanker hingga 34 persen terutama kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

Vitamin K dapat ditemui dalam bayam. Bahkan secangkir daun bayam segar dapat memenuhi hingga 200 persen kebutuhan harian vitamin K Anda. Vitamin K ini penting untuk mencegah tulang keropos, selain itu terdapat juga kandungan mineral seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor yang juga membantu menguatkan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Tips

Anda dapat menggabungkan jus bayam dengan campuran lain yang terdiri dari buah, atau sayuran lain untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda :

Anda bisa mencampur jus bayam Anda dengan mentimum, daun selada, wortel atau peterseli.

Anda bisa juga menambahkan rempah-rempah dan herbal yang dapat menambah cita rasa jus bayam. Rempah-rempah lainnya yang dapat menambah rasa berbeda yaitu mint atau jahe.

Menambahkan buah-buahan seperti apel, nenas dan pisang untuk diblender dengan bayam dapat memberikan rasa manis secara alami.

Beberapa orang ingin menambahkan susu untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan halus pada jus bayam selain untuk mendapatkan nutrisi tambahan.