Apa Saja Manfaat Lemon Untuk Kita?

Vitamin C sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh saat musim pancaroba. Apa sih yang biasanya kamu lakukan untuk mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuhmu?. Apakah kamu minum suplemen vitamin C? atau kamu perbanyak makan buah?.

Saya rasa tidak ada yang dapat menggantikan kebaikan alami dari buah, setuju?. Meskipun suplemen vitamin C itu sudah melingkupi semua kebutuhan vitamin C kita dan lebih efisien. Namun vitamin C alami yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan segar itu jauh lebih sehat dan bermanfaat tentunya.

Bicara soal buah, ada banyak buah yang tinggi kandungan vitamin C nya. Terutama buah-buahan citrus . Nah kali ini saya mau membahas buah lemon. Buah lemon tinggi kandungan vitamin C dan kaya antioksidan. Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah lemon ini. Apa saja itu? simak terus ya.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan

Vitamin C untuk meremajakan kulit

Vitamin C yang tinggi dalam lemon berfungsi meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit elastis dan mencegah keriput. Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik di wajah.

Menghilangkan jerawat

Lemon memiliki kandungan zat alami yang disebut asam askorbat yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan vitamin C nya membantu mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang menyamarkan bekas jerawat.

Sebagai zat Astringent alami

Astringent ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan kotoran sampai ke dalam pori-pori. Pembersih wajah untuk menghapus riasan make-up tidak selalu membersihkan wajah dengan sempurna, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai pembersih riasan make-up kamu.

Caranya, kamu bisa mencampur air perasan lemon dengan sedikit air lalu celupkan kapas ke dalam air lemon dan usapkan merata ke wajah kamu. Jangan lupa untuk membasuh wajah kamu dengan air hangat ya.

Mengurangi stretch mark

Senyawa asam dalam air lemon membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Ini membantu untuk mengurangi munculnya stretch mark.

Melembutkan tumit retak dan kasar

Kamu bisa menggunakan air lemon untuk melembutkan tumit kamu. Dengan merendam kaki kamu dalam larutan air lemon dicampur air hangat. Caranya menambahkan setengah gelas air lemon ke dalam air di panci ukuran sedang. Rendam kaki kamu selama 10 menit kemudian menggosok kaki kamu dengan sikat kaki untuk mengangkat sel kulit mati. Setelahnya bilas lah kaki kamu dengan air bersih.

Menghilangkan ketombe

Air lemon dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala kamu dan mengurangi produksi minyak serta menghentikan jamur penyebab timbulnya ketombe. Jika kamu menggunakan air lemon untuk membasuh rambut kamu sebaiknya kamu menghindari aktivitas di bawah sinar matahari setelahnya jika tidak ingin rambut kamu jadi pirang.

Menguatkan kuku

Lemon juga bermanfaat untuk menguatkan kuku kamu lho. kamu bisa lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur. Rendamlah kuku kamu dalam air lemon selama sekitar 5 menit lalu kemudian bilaslah dengan air hangat, jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering. Untuk hasil yang lebih optimal kamu bisa oleskan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa ke kuku kamu.

Hindarilah pemakaian cat kuku jika kamu menerapkan cara ini, agar hasilnya kuku kamu lebih kuat.

Mencerahkan ketiak dan siku yang gelap

Untuk mencerahkan kulit gelap pada siku caranya usapkan irisan lemon segar pada siku kamu dengan gerakan memutar pada kedua siku kamu. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan pada ketiak kamu. Kamu bisa usapkan selama sekitar 1 menit saja, lalu bilas dengan air hangat.

Kamu harus melakukannya cukup sehari sekali saja, bila kamu lakukan secara rutin kamu bisa melihat hasilnya sekitar 6 minggu.

Memutihkan gigi

Lemon memiliki senyawa atau agen pemutih yang kuat dapat membuat gigi kamu lebih putih dalam waktu singkat. Gosoklah irisan lemon segar ke gigi kamu dan diamkan sekitar 2 menit. Kemudian berkumurlah dengan air bersih. Lihatlah hasilnya selama 10 sampai 12 hari.

Manfaat Lemon Untuk Lingkungan Rumah

Lemon tidak hanya memberi manfaat untuk kecantikan kita saja tapi dapat bermanfaat untuk lingkungan rumah kita juga lho terutama bagian kulitnya. Nih berikut ini apa saja kegunaan lemon untuk lingkungan rumah kita.

Pembersih alami ramah lingkungan

Selain cuka, lemon juga dapat berfungsi untuk membersihkan peralatan rumah tangga terutama alat-alat dapur. Membersihkan peralatan dapur kamu sehingga bebas dari minyak. Untuk membuatnya kamu perlu mencampurkan kulit lemon dengan cuka kedalam sebuah wadah kaca atau toples besar. Biarkan selama dua minggu.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama tapi hasilnya kamu bisa menggunakan campuran cuka dengan kulit lemon ini untuk membersihkan peralatan apa pun yang berminyak. Tinggal kamu tuangkan ke dalam botol lalu semprotkan ke peralatan kamu yang ingin dibersihkan.

Membersihkan lubang pembuangan sampah wastafel dapur

Lubang pembuangan sampah di wastafel dapur sering kali mudah kotor dan meninggalkan bau yang tidak sedap. Untuk membersihkan wastafel kamu sekaligus menghilangkan baunya kamu bisa menggunakan kulit lemon untuk membersihkannya dan membuatnya berbau segar.

Membersihkan sisa noda kopi pada teko

Kamu bisa menambahkan kulit lemon atau irisan lemon segar yang dicampur dengan es dan garam kasar ke dalam teko kopi kamu dan menggosoknya dengan lembut, atau jika kamu punya teko khusus untuk proses pembuatan kopi yang bisa berputar maka kamu bisa membiarkannya berputar untuk membersihkannya.

Lemon ini membantu menghilangkan setiap bintik-bintik noda kopi yang tidak dapat dibersihkan oleh sabun pembersih.

Menjauhkan hewan peliharaan dari tanaman

Hewan peliharaan terutama kucing sering kali bermain-main dengan tanaman kita sehingga dapat merusak tanaman kita. Untuk mengantisipasi hal ini kamu bisa menggunakan lemon. Kamu bisa meletakkan beberapa irisan kulit lemon di dalam pot tanaman kamu.

Dijamin kucing kamu pasti tidak akan dekat-dekat dengan tanaman kamu karena lemon beracun bagi kucing dan baunya pun tidak disukai oleh kucing.

Menyalakan api

Untuk kamu yang suka petualangan di alam mungkin sudah pernah tahu ini, atau mungkin kamu belum tahu bahwa kulit lemon dapat digunakan sebagai alat untuk menyalakan api.

Keringkan kulit lemon ke dalam oven sampai kering dan berwarna keemasan. Setelah kering baru deh bisa kamu gunakan untuk menyalakan api.

Menyegarkan Rumah

Kulit lemon yang tidak terpakai dapat digunakan untuk menyegarkan aroma disekeliling rumah lho. Kamu hanya meletakkan kulit lemon dalam wadah terbuka dan membiarkan aromanya mengisi rumah kamu dengan kesegaran lemon.

Kamu juga bisa menambah sensasi aromanya dengan menambahkan kayu manis atau herbal lain untuk memberi aroma kesegaran yang kamu suka.

Penangkal hama

Untuk menghindari tanaman kamu dari gangguan semut atau serangga lain gunakanlah lemon sebagai penangkal hama secara alami. Aman digunakan bagi lingkungan. Caranya rebuslah kulit lemon selama beberapa menit, setelah dingin tambahkan sedikit cairan sabun cuci piring lalu tuanglah air rebusan kulit lemon ini kedalam botol semprot. Semprotkan di tanaman yang kamu inginkan untuk mengusir hama.

Lemon Untuk Memperkaya Masakan Kamu

Manisan kulit lemon

Setelah kamu memakan buah lemon jangan buang kulitnya. Karena kamu bisa menjadikan kulit lemon ini menjadi permen kulit lemon atau manisan kulit lemon. Bisa untuk disantap begitu saja dan bisa juga dijadikan hiasan dekorasi kue kamu atau fruit cake buatan kamu atau sebagai campuran untuk memperkaya rasa dan aroma kue kamu.

Menambah citarasa masakan

Jika kamu memanggang ayam atau daging masukkanlah irisan lemon ke dalam masakan panggangan ayam kamu. Kamu akan mendapatkan rasa yang lebih lezat dan daging masakan kamu juga lebih lembut dan lembab.

Selai jeruk lemon

Buah dan kulit lemon bisa kamu jadikan selai yang manis dan enak dengan aroma khas lemon yang menggugah selera. Mengenai resepnya saya tidak sampaikan disini tapi bisa kamu cari di internet ya.

Lemon bermanfaat sekali buat kita bukan?. Nah, jika kamu beli buah lemon jangan buang kulitnya ya. Kamu bisa gunakan untuk beberapa hal yang saya sebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *