Apa Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Keju Biru

Anda penggemar keju?. Apakah anda pernah mencicipi keju biru?. Keju biru ternyata memiliki banyak sekali manfaat sama seperti keju-keju lainnya. Tapi apakah manfaat keju biru ini bila dibandingkan keju lainnya?. Mengapa keju ini bisa berwarna biru?. Tetap disini ya, berikut ini selengkapnya.

Apa Itu Keju Biru?

Keju biru memiliki aroma yang khas, tajam dan pedas yang belum tentu disukai oleh semua orang. Tetapi jika anda pernah mencicipinya kemungkinan besar anda tidak akan pernah bisa melupakan rasanya apalagi menolaknya.

Keju biru ini berasal dari negeri Italia. Diolah dari fermentasi susu sapi. Kenapa keju ini berwarna biru? penyebabnya adalah jamur penisilin berwarna biru kehijau-hijauan yang ditambahkan pada keju ini. Rasa yang dihasilkanpun menjadi sedikit pedas dan tajam bila dibandingkan keju-keju lain.

Nama lain keju ini adalah keju Gorgonzola. Gorgonzola adalah nama daerah di Italia tempat keju ini berasal.

Disebut-sebut bahwa rasa dari keju ini bergantung pada lama pematangannya, semakin lama waktu pematangannya maka semakin tajam rasa yang dihasilkan keju tersebut.

Keju biru diperkaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Selain itu keju biru juga memiliki kalsium, vitamin B12, fosfor, seng, selenium, vitamin A, folat, vitamin D, magnesium, kalium, dan sedikit karbohidrat. Masih ada lagi, keju biru juga memiliki sejumlah kecil vitamin K, dan vitamin B3.

Manfaat Keju Biru

Keju biru memiliki banyak manfaat dan layak untuk anda makan. Nah ini dia manfaat apa saja yang bisa anda peroleh dari keju biru ini :

Meningkatkan kesehatan tulang

Kita tahu kalsium sangat penting sebagai nutrisi untuk kesehatan tulang dan

jaringan dalam tulang kita. Kalsium dari keju biru ini berguna untuk membangun tulang yang kuat terutama untuk anak remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Untuk orang dewasa juga membutuhkan kalsium untuk mendukung tulang kuat mencegah dari keroposan tulang. Tubuh kita juga menggunakan kalsium untuk kegunaan lain dalam tubuh yaitu sebagai pemeliharaan saraf dan fungsi otot.

Juga baik untuk kesehatan gigi

Kalsium juga membantu kesehatan gigi. Mengkonsumsi produk susu seperti keju untuk memperoleh protein dan kalsium serta rendah gula sangat baik untuk menghindari kerusakan gigi.

Keju biru sama seperti keju-keju lainnya juga membantu mulut menghasilkan air liur melawan efek asam yang menyerang gigi dan menyebabkan kerusakan gigi, gusi dan gigi berlubang. Kalsium dan fosfat membantu memulihkan kandungan mineral gigi yang terkikis oleh bakteri asam.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Keju biru mengandung bakteri Lactobacillus yaitu probiotik yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Probiotik meningkatkan bakteri baik di usus yang memberi perlindungan efektif terhadap penyebab infeksi mikroba.

Kesehatan usus

 

Bakteri Lactobacillus yang terdapat dalam keju biru juga bermanfaat bagi orang-orang yang sering mengalami gas di perut, sakit perut, kembung dan kesulitan buang air besar.

Memungkinkan sebagai anti inflamasi

Proses pematangan keju menghasilkan pembentukan zat yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Keju biru mungkin membantu orang-orang yang memiliki kondisi peradangan seperti arthritis rematik.

Namun bagi orang yang memiliki rheumatoid arthritis menghindari dari mengkonsumsi keju biru karena dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh mereka dan dapat beresiko keracunan makanan atau infeksi dari jamur keju biru yang mungkin memiliki anti-inflamasi.

Memiliki antioksidan

Keju biru berpotensi memiliki antioksidan yang telah dieksplorasi dalam penelitian yang mengevaluasi konten fenolik dan potensi penghambat enzim dalam keju biru. Peneliti menyimpulkan bahwa keju biru memiliki aktivitas antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Hal ini menjadikan keju biru sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Membantu membangun kesehatan otot

Protein diperlukan untuk membangun dan memelihara otot serta jaringan otot. Keju biru merupakan salah satu cara yang lezat dikonsumsi untuk mendapatkan protein anda. Sebab keju biru memiliki kandungan protein yang baik bagi kesehatan otot.

Meningkatkan fungsi neurologis

Vitamin B12 dalam keju biru membantu pembentukan sel darah merah yang normal, DNA sintesis dan fungsi neurologis. Tubuh yang kekurangan vitmain B12 dapat menimbulkan masalah-masalah neurologis seperti mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki, anemia, merasa lemah, kehilangan nafsu makan dan berat badan serta konstipasi.

Peringatan

Jangan mengkonsumsi keju biru secara berlebihan sebab keju biru juga mengandung natrium, kalori dan lemak yang tinggi sehingga dapat berbahaya bagi tubuh. Kandungan lemak yang terdapat pada keju ini sebesar 8,15 gram dalam 1 ons saja.

Natrium atau garam sebesar 325 mg per ons, dan 100 mg kalori. Sangat penting untuk memperhatikan asupan kalori makanan yang anda makan bersama dengan keju biru ini.

Keju biru menawarkan beberapa manfaat tambahan pada tubuh jika anda menyeimbangkannya dengan variasi makanan bernutrisi lainnya. Nikmati keju biru anda dengan porsi yang cukup tidak berlebihan dan tentunya menjadi lebih menyenangkan.