Apa Yang Membuat Kita Menggigil?

Ketika kita bangun di pagi hari terkadang udara pagi yang dingin membuat tubuh kita menggigil, saat daya tahan tubuh menurun dan kita terkena demam juga bisa membuat tubuh menggigil. Kenapa tubuh kita bisa menggigil? dan apakah menggigil hanya karena suhu yang dingin dan karena tubuh sedang tidak fit ataukah ada sebab lain yang bisa membuat tubuh menggigil?.

Kenapa Kita Menggigil

Tubuh secara otomatis bereaksi dalam menanggapi setiap perubahan suhu seperti panas dan dingin, juga terhadap stres, infeksi dan kondisi lainnya tanpa kita sadari. Tubuh kita mengeluarkan keringat ketika merasa panas dan menggigil saat udara menjadi sangat dingin secara otomatis.

Ketika kita menggigil tubuh menjadi gemetar, ini terjadi karena otot-otot anda mengencangkan dan santai dalam pergantian yang cepat. Gerakan ini adalah respon alami tubuh untuk mencoba mendinginkan tubuh dan melakukan pemanasan. Lingkungan yang dingin, penyakit dan penyebab lainnya dapat membuat tubuh gemetar dan menggigil.

Penyebab

Ada banyak sebab yang membuat tubuh kita menggigil dan gemetar. Ketahui apa saja yang bisa memicunya :

Lingkungan Yang Dingin

Ketika suhu turun dibawah tingkat kenyamanan tubuh maka tubuh bereaksi dengan mulai menggigil. Menggigil meningkatkan produksi permukaan panas tubuh sekitar 500 persen yang artinya menggigil adalah bentuk reaksi tubuh untuk menghangatkan tubuh dari suhu dingin.

Menggigil hanya dapat menghangatkan selama beberapa jam saja, setelahnya otot anda akan kehabisan glukosa atau gula untuk bahan bakar dan akan merasa lelah untuk berkontraksi dan rileks.

Setiap orang memiliki ukuran suhu yang berbeda-beda untuk membuat tubuh mulai menggigil. Pada anak-anak misalnya, mereka tidak memiliki banyak lemak di tubuh untuk melindungi diri mereka dalam menanggapi suhu dingin. Berbeda dengan orang dewasa yang memiliki lebih banyak lemak tubuh.

Kepekaan tubuh seseorang terhadap suhu dingin juga dipengaruhi oleh faktor usia atau adanya masalah kesehatan. Misalnya seseorang yang memiliki tiroid kurang aktif atau hypothyroidism maka akan lebih mudah merasakan dingin daripada orang yang kondisi tubuhnya sehat.

Air atau angin yang menembus pakaian dapat juga membuat tubuh merasa dingin dan menggigil.

Setelah Anestesi

Seseorang yang telah mengalami anestesi mungkin merasa menggigil yang tak dapat dikendalikan ketika anestesi habis dan mendapatkan kesadaran kembali setelah operasi atau pembedahan. Belum diketahui mengapa itu bisa terjadi, namun hal ini terjadi kemungkinan karena tubuh telah mendingin.

Kamar operasi biasanya tetap dingin dan berbaring di ruang operasi yang dingin dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan suhu tubuh menurun. Anestesi umumnya juga dapat mengganggu pengaturan suhu normal tubuh.

Gula Darah Rendah

Penurunan kadar gula darah dapat memicu tubuh untuk menggigil. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh belum makan apapun untuk sementara. Seseorang yang memiliki diabetes juga akan mengalami mudah menggigil karena diabetes mempengaruhi kondisi tubuh dalam mengatur kadar gula darah.

Gula darah rendah juga dapat menimbulkan keringat, merasa pening atau jantung berdebar-debar. Kondisi ini tergantung pada masing-masing orang, jika tidak merasa menggigil atau gemetar.

Infeksi

Jika anda menggigil tetapi tidak merasa dingin ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mulai melawan infeksi bakteri atau virus. Menggigil juga cara tubuh memanaskan diri untuk membunuh bakteri atau virus yang telah menyerang sistem kekebalan tubuh. Menggigil sebenarnya gejala yang dapat mengarah pada demam. Demam adalah cara lain tubuh melawan infeksi.

Ketakutan

Terkadang menggigil tidak selalu berhubungan dengan kondisi kesehatan atau suhu disekitarnya. Lonjakan tingkat adrenalin juga dapat menyebabkan anda menggigil. Jika anda pernah begitu ketakutan sampai anda mulai gemetar, ini adalah tanda bahwa tubuh menanggapi dengan cepat peningkatan adrenalin dalam aliran darah anda.

Faktor usia :

Pada Bayi

Bayi tidak menggigil saat merasa kedinginan karena bayi memiliki respon regulasi suhu yang berbeda. Bayi melakukan pemanasan dengan membakar lemak dalam proses yang disebut thermogenesis. Ini mirip seperti hewan yang bertahan di cuaca dingin dan berhibernasi agar tetap hangat di musim dingin.

Jika bayi terlihat menggigil atau gemetar ini menandakan kadar gula darah pada bayi rendah. Bayi hanya membutuhkan energi karena lapar.

Pada Orang Tua

Pada orang tua, bergetar mungkin disangka gemetar. Bergetar dapat disebabkan beberapa hal salah satunya penyakit parkinson. Beberapa obat seperti simpatomimetik yang digunakan untuk asma juga dapat menyebabkan kegoyahan. Orang tua mungkin menjadi lebih sensitif terhadap udara dingin. Hal ini disebabkan sebagian penipisan lapisan lemak di bawah kulit dan penurunan sirkulasi.

Bagaimana Mengatasinya

Perawatan yang tepat untuk menggigil dan gejala lain bergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Pada lingkungan yang dingin

Jika penyebab seseorang menggigil adalah karena lingkungan yang dingin, maka diperlukan baju atau pakaian yang hangat dan tebal menutupi tubuh. Berada pada ruangan yang hangat atau mengatur penghangat ruangan. Minum secangkir teh atau kopi juga dapat membantu menghangatkan badan dari rasa dingin.

Infeksi

Jika menggigil akibat infeksi atau demam akibat tubuh melawan virus dan bakteri maka minum obat-obatan anti virus atau antibiotik adalah tindakan yang harus dilakukan. Membasuh kulit dengan menggunakan spons dan air hangat untuk membantu meringankan menggigil akibat panas tubuh meningkat. Hindari terkena air dingin.

Jika anda menggigil karena demam berhati-hati agar tidak terlalu panas dengan menggunakan selimut yang terlalu tebal. Menggunakan selimut yang ringan dan tidak tebal adalah lebih baik.

Gula Darah Rendah

Jika anda menggigil akibat gula darah rendah, maka anda perlu makan makanan yang tinggi karbohidrat, sehingga dapat mengembalikan gula darah anda menjadi normal.

Kapan Mencari Bantuan

Menggigil bisa disebabkan oleh beberapa hal, anda tidak boleh mengabaikannya. Jika anda sering mengalami menggigil meskipun udara tidak dingin maka sebaiknya anda segera ke dokter.

Jika Anda menggigil disertai dengan gejala lainnya, seperti demam atau flu atau keluhan lain, konsultasikan ke dokter anda segera. Semakin cepat anda mengidentifikasi penyebab anda menggigil maka semakin cepat gejalanya diatasi. Begitu juga jika anda melihat tangan atau kaki anda bergetar yang jelas tidak ada berhubungan dengan udara dingin, laporkan gejala ini ke dokter anda segera.