Akibat Yang Terjadi Jika Tubuh Anda Kekurangan Karbohidrat

Nasi merupakan makanan pokok kita sehari-hari. Kita tentu sudah tahu bahwa nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan sangat bermanfaat untuk memberikan energi yang diperlukan tubuh terhadap aktivitas kita setiap hari.

Sayangnya karbohidrat tinggi sering dianggap sebagai penyebab dari berbagai masalah kesehatan. Inilah pemicu timbulnya diet makanan dengan mengurangi bahkan menghindari makanan berkarbohidrat.

Nah apa jadinya jika anda melakukan diet ketat dengan menjauhi makan nasi atau makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi?. Apa akibat yang ditimbulkan pada tubuh anda jika kekurangan karbohidrat?.

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Karbohidrat

Karbohidrat sebenarnya sangat bermanfaat pada tubuh kita, yaitu memberikan energi pada tubuh, sebagai zat pembangun, meningkatkan daya tahan tubuh dan kewaspadaan.

Namun sering kali kita mendengar dampak yang tidak sehat ketika kita mengkonsumsi karbohidrat berlebih. Hal ini membuat kita khawatir dan melakukan diet ketat menghindari karbohidrat.

Padahal menghindari karbohidrat justru mengganggu keseimbangan nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Berikut ini apa saja akibat yang ditimbulkan karena kekurangan karbohidrat :

Ketidakseimbangan berat badan

Karbohidrat dapat menyimpan air dalam tubuh tergantung pada jenis makanan yang anda makan, karena menyimpan air inilah yang menambah berat badan anda. Jika anda mengurangi konsumsi karbohidrat mungkin berat badan anda menjadi menurun karena tubuh membersihkan diri dari kelebihan air yang disimpan oleh karbohidrat dari makanan. .

Namun ini hanya memberikan efek sementara saja sebab tubuh yang kurang karbohidrat akan lebih mudah merasa lapar. Apalagi jika anda melakukan diet mengurangi karbohidrat ini dengan sembarangan. Anda berpotensi kehilangan kontrol dalam mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Sehingga anda lebih mudah tergoda untuk memakan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Konstipasi

Mengurangi karbohidrat sering berarti anda meningkatkan jumlah protein dan lemak dari makanan yang anda makan. Sehingga asupan serat sering kurang terpenuhi. Serat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan, jadi kekurangan serat membuat sistem pencernaan anda menjadi tidak sehat dan dapat menimbulkan konstipasi atau susah buang air besar.

Mudah lelah

Karbohidrat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan otak. Tubuh kita menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen yang mudah diserap oleh aliran darah dan menjadi sumber energi tubuh dan otak kita. Jika kita kehilangan karbohidrat maka otak akan memerlukan beberapa waktu untuk menyesuaikan. Akibatnya tubuh akan merasa mudah lelah atau kelelahan karena kekurangan energi.

Selain itu kekurangan karbohidrat juga membuat anda tidak dapat berpikir dengan jernih. Anda akan sering mengalami kesulitan untuk fokus saat berpikir.

Nafas tidak sedap

Salah satu efek samping yang umum dari kekurangan karbohidrat adalah nafas tidak sedap. Karena anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat maka tubuh anda membersihkan diri dari berat kelebihan air. Sehingga mengakibatkan mulut menjadi terasa kering.

Tidak hanya itu, ketika anda menghindari atau mengurangi karbohidrat, tubuh anda akan memasuki keadaan yang disebut ketosis. Ketosis adalah tubuh mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi bukan dari karbohidrat. Sehingga ketosis dikeluarkan melalui nafas anda dan menyebabkan bau.

Diabetes

Karbohidrat olahan yang mengandung tinggi natrium dapat meningkatkan pelepasan insulin (yang menyeimbangkan kadar gula darah anda). Jika anda mengurangi atau menghindari karbohidrat dapat menyebabkan pankreas menghasilkan insulin lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Sehingga meningkatkan resiko timbulnya diabetes tipe 2. Tapi jika anda mengurangi konsumsi karbohidrat olahan akan mengurangi kemungkinan diabetes.

Mudah lapar

Tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi karena kekurangan karbohidrat. Sehingga menimbulkan perasaan mudah lapar dan tidak puas terus menerus. Tapi jika anda menggantikan kekurangan karbohidrat dengan makanan sehat dan bergizi atau makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, maka anda akan lebih cepat puas dan merasa kenyang lebih lama.

Terkena Flu

Gejala flu seperti sakit kepala, mual dan kelelahan bisa juga disebabkan karena tubuh dehidrasi akibat kekurangan karbohidrat. Anda dapat mengatasinya dengan memenuhi tubuh anda asupan cairan yang cukup, yaitu minum air putih setidaknya 8 gelas perhari. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Kerontokan rambut

Rambut rontok dapat terjadi akibat dari setiap perubahan pola makan. Terutama ketika anda membatasi asupan gula dan karbohidrat. Ini biasanya terjadi sekitar tiga bulan setelah anda memulai pola makan baru yang tidak seperti biasa. Namun ini hanya bersifat sementara dan tidak berlangsung dalam jangka panjang.

Berkurangnya sistem imunitas tubuh

Kekurangan karbohidrat berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Sistem imunitas adalah sistem yang mengendalikan dan menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Asupan karbohidrat yang tidak mencukupi melemahkan sistem imunitas tubuh yang memudahkan anda untuk terserang penyakit.

Selain itu kekurangan karbohidrat juga dapat meningkatkan pengeluaran cairan dan vitamin C dari tubuh.

Mengurangi massa otot

Pembentukan energi memerlukan karbohidrat sebagai bahan baku utamanya, jika tubuh kekurangan karbohidrat maka secara otomatis tubuh menggunakan lemak serta asam amino yang ada dalam tubuh .

Kondisi ini mempengaruhi massa otot menjadi berkurang yang membuat tubuh terlihat lebih kurus karena kehilangan berat badan. Namun ini tidak sehat bagi tubuh karena perkembangan otot menjadi tidak baik.