Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Hanya Dengan Satu Batang Rokok

Orang-orang yang merokok selalu saja dapat kita jumpai dimana saja. Apakah kamu salah satunya? saya harap tidak ya. Tapi jika kamu adalah salah satu orang yang merokok saya sarankan sebaiknya mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk kamu ini.

Selain merugikan kesehatan orang lain yang tidak merokok, juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kamu.

Apa yang terjadi pada tubuh kamu jika kamu merokok walaupun hanya menghisap satu batang rokok saja?. Nih saya beritahu penjelasan selengkapnya.

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Dengan Menghisap Satu Batang Rokok?

Kepulan asap dapat menyebabkan asma

 

Merokok pada dasarnya dapat mensimulasikan asma. Gejala utama asma adalah bronkospasme, terjadi ketika otot-otot yang melapisi saluran pernapasan tiba-tiba mempersempit. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas dan terengah-engah dalam penderita asma bahkan jika yang pertama kali merokok.

Asap rokok yang terhisap masuk lebih dalam ke paru-paru yang dapat berbahaya bagi paru-paru. Lendir di paru-paru bekerja untuk menahan apapun yang masuk ke paru-paru termasuk asap dan racun. Tetapi terlalu banyak cairan dapat mempertebal paru-paru sehingga bernafas terasa lebih sulit akibat lapisan lendir yang menutupi saluran kecil dalam paru-paru.

Rokok membuat jantung bekerja lebih keras secara langsung

Begitu seseorang mulai merokok, asap mulai mengganggu cara lemak tumbuh dan dipecah dalam tubuh. Sehingga pada saat yang sama jantung mulai bekerja lebih keras.

Nikotin yang terdapat pada rokok dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memecah low-density lipoprotein (LDLs) dengan benar, jadi lemak buruk ini leluasa berada di dalam aliran darah dimana mereka dapat berkumpul dan menyebabkan plak dalam pembuluh darah.

Memacu asam lambung

Sedikit saja nikotin langsung dapat memacu asam lambung yang mengganggu perut. Rokok dapat menginduksi asam reflux dengan seketika. Keberadaan nikotin mampu mengurangi lapisan pelindung dari perut sementara perut menghasilkan peningkatan jumlah asam.

Saat nikotin masuk ke perut, perut menjadi kurang mampu menyerap mikronutrien seperti vitamin C dan E dan asam folat akibat peningkatan proses asam. Kekurangan vitamin C dan E serta asam folat dapat berakibat seseorang merasa cepat lemah dan bahkan depresi.

Asap rokok beserta kandungan nikotin di dalamnya dapat menaikkan tekanan di hidung dan telinga. Sinus dilapisi rambut-rambut kecil untuk menjaga paru-paru bersih dari dahak. Asap rokok setelah masuk ke hidung melalui rambut-rambut kecil aktif ini memungkinkan akan menghasilkan lendir di sinus, hal ini juga membuat kamu rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Akhirnya kamu dengan cepat mengalami pilek yang kemudian berkembang menjadi sakit kepala dan hidung tersumbat.

Bagi remaja, merokok beresiko tinggi terhadap penyakit psikosis.

Psikosis adalah masalah kesehatan mental yang ditandai dengan gangguan hubungan dengan realitas. Gejalanya mungkin termasuk halusinasi, delusi atau perasaan paranoia.

Remaja yang menghisap rokok atau ganja berada pada risiko lebih tinggi mengembangkan gejala penyakit psikosis berdasarkan penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA psikiatri.

Para peneliti dari University of Bristol telah mensurvei mengenai penggunaan Rokok pada remaja dan menemukan bahwa orang-orang yang merokok pada usia muda lebih mungkin mengalami gejala psikotik bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Beresiko penyakit jantung dan stroke

Hanya dengan sebatang rokok sehari bisa berdampak pada risiko penyakit jantung dan stroke. Laki-laki yang merokok satu batang rokok sehari 74 persen lebih mungkin memiliki penyakit jantung dan kemungkinan lebih dari 30 persen terkena stroke daripada laki-laki yang tidak pernah merokok sama sekali.

Perempuan yang merokok sebatang setiap hari beresiko dua kali lebih besar menderita penyakit jantung dan 46 persen lebih besar untuk penyakit stroke dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok.

Resiko ini untuk perokok berat tentu lebih besar dari perokok yang lebih sedikit. Mengurangi jumlah konsumsi rokok lebih baik daripada merokok dengan jumlah yang banyak. Meskipun akan jauh lebih baik untuk menghentikan konsumsi rokok.

Sebagai contoh, orang yang merokok satu bungkus sehari memiliki resiko dua kali resiko penyakit jantung. Resiko 58% lebih tinggi untuk perokok laki-laki yang merokok selama 5 batang sehari dan 48% lebih tinggi bagi laki-laki yang merokok hanya satu batang sehari.

Demikian juga bagi perokok perempuan yang merokok selama 5 hari berturut-turut memiliki 43% resiko terkena penyakit jantung, sedangkan perempuan yang merokok satu batang sehari saja memiliki 31% resiko penyakit jantung.

Laki-laki yang merokok selama 20 hari beresiko 64% lebih mungkin menderita stroke dan untuk perempuan dua kali lipat lebih beresiko daripada laki-laki untuk terkena stroke.

Tidak ada batas aman untuk perokok, baik sedikit atau banyak tetap saja tidak bisa menghindari resiko terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit jantung dan stroke. Mengurangi jumlah rokok hanya bisa berpengaruh pada mengurangi jumlah resikonya saja.

Itu karena rokok dapat menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur, penggumpalan darah, penebalan dan pengerasan dinding arteri dan meningkatkan tekanan darah.

Merokok juga dapat menyebabkan banyak jenis kanker, yaitu kanker tenggorokan, kanker mulut, rongga hidung, esofagus, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim serta leukemia myeloid akut.
Penderita kanker prostat lebih memungkinkan untuk meninggal akibat merokok daripada penderita yang tidak merokok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *