Bagaimana Mendapatkan Kulit Putih Alami?

Kulit sehat putih alami adalah dambaan banyak orang. Zaman sekarang tidak hanya wanita saja yang menginginkan kulit putih tetapi para pria juga menginginkannya. Tak heran begitu banyak klinik kecantikan yang mulai bermunculan sehingga dengan mudah dapat kita temukan.

Meskipun beberapa orang mungkin memiliki alasan yang berbeda mengapa mengunjungi klinik kecantikan dan karena itu juga tidak semua orang hanya ingin mendapatkan kulit putih. Tapi sebenarnya Anda bisa kok mendapatkan kulit Anda menjadi lebih putih tanpa harus pergi ke klinik kecantikan lho.

Anda hanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam melakukan rutinitas kecantikan setiap hari untuk mendapatkan kulit putih yang diinginkan.

Bagaimana Mendapatkan Kulit Putih Alami?

Sering terkena paparan sinar matahari dapat membuat kulit Anda menjadi lebih gelap. Terkadang ada hal-hal lain yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih gelap seperti misalnya efek samping dari penggunaan obat tertentu, pola makan yang tidak seimbang, kondisi medis tertentu bahkan stres atau depresi.

Anda dapat menemukan beberapa produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit yang dijual bebas di pasar, tapi produk-produk seperti itu terkadang mengandung banyak bahan kimia yang dapat beresiko negatif pada kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang.

Untuk menghindarkan resiko buruk terhadap kesehatan akan lebih baik jika Anda memilih menggunakan bahan-bahan alami atau setidaknya produk yang mengandung sedikit bahan kimia pada bahan-bahan pembuatannya. Dengan penggunaan secara rutin untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan

Batasi terkena paparan sinar matahari

Sebenarnya sinar matahari itu sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena tubuh akan memproduksi vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang dan fungsi tubuh lainnya dengan bantuan sinar matahari.

Tapi ini bukan berarti tidak masalah jika Anda terkena paparan sinar matahari selama seharian penuh. Terlalu banyak terkena sinar matahari beresiko mendapatkan berbagai masalah kulit seperti kulit menjadi lebih gelap, kulit terbakar matahari, bahkan kanker kulit.

Ketika Anda harus beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam terkena sinar matahari dan dilakukan setiap hari maka Anda harus selalu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF tinggi. Hal ini bertujuan untuk menghalangi sinar UV matahari dan mencegah penyakit kulit dan kulit gelap.

Menggunakan topi juga bisa menjadi pilihan Anda untuk melindungi wajah dan rambut dari paparan sinar matahari berlebihan. Kenakan pakaian yang menutupi tubuh Anda dari terkena paparan sinar matahari langsung dengan bahan kain yang adem dan nyaman dipakai.

Pengelupasan kulit

Pengelupasan atau eksfoliasi kulit adalah kebiasaan yang penting untuk Anda lakukan dalam menyingkirkan sel kulit mati pada kulit terutama pada wajah Anda. Ini akan membantu mencerahkan kulit Anda.

Pilihlah scrub yang tidak terlalu kasar untuk dioleskan di kulit terutama pada wajah Anda. Scrub alami yang biasanya digunakan adalah garam atau gula.

Ketika Anda mengaplikasikannya lakukan dengan gerakan melingkar dan usapkan dengan lembut, untuk mencegah kerusakan di daerah kulit Anda. Atau sikat kulit Anda dengan menggunakan sikat lembut dan kering untuk mengangkat sel kulit mati.

Menggunakan pelembab

Salah satu cara untuk memutihkan kulit adalah dengan menggunakan pelembab wajah. Pelembab harus digunakan untuk mencegah kekeringan pada kulit yang merupakan penyumbang utama kulit gelap.

Pilihlah krim pelembab yang tidak mengandung alkohol karena dapat meningkatkan kekeringan pada kulit.

Atau akan lebih baik jika Anda memilih pelembab alami yang terbuat dari minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba atau minyak almond.

Pengobatan alami rumahan

Pengobatan alami dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah juga dapat membantu mencerahkan kulit Anda. Bahkan bahan alami ini lebih efektif, aman dan lebih ramah dikantong. Berikut ini beberapa bahan pengobatan alami rumahan :

Madu

Anda pasti tidak asing lagi dengan madu yang dikenal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bahkan kecantikan. Madu dapat memutihkan sekaligus melembabkan kulit Anda. Antibakteri pada madu membantu mencegah kerusakan kulit dan aman digunakan bagi kulit sensitif.

Oleskan madu secukupnya pada wajah Anda seperti menggunakan masker wajah, ini Anda lakukan sebelum membersihkan wajah Anda pada malam hari. Mungkin akan terasa sedikit lengket tapi ini pasti membuat kulit Anda tampak lebih putih dan bercahaya.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C, membantu meningkatkan pertumbuhan sel normal kulit dan berguna sebagai agen pemutih alami. Lemon juga berisi asam sitrat yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Anda bisa mencampur 1 sendok makan jus lemon dengan 2 sendok makan madu dan oleskan pada kulit lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati menggunakan lemon ke wajah Anda sebab kemungkinan lemon dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk mengurangi resiko iritasi gunakan jus lemon sedikit saja dan lihat reaksinya. Jika terjadi reaksi iritasi segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter.

Sebaiknya Anda memilih waktu pada malam hari ketika memakai lemon untuk mencegah reaksi iritasi jika terkena sinar matahari. Dan jangan gunakan lemon pada luka terbuka.

Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat sebagai pencerah kulit yang baik. Asam laktat bekerja secara efektif mencerahkan warna kulit yang tidak merata dan mengatasi tanda-tanda pigmentasi dan jerawat di kulit. Dengan menggunakan yogurt Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu kulit Anda akan terasa lebih lembut.

Bagaimana menggunakan yogurt? caranya campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan setengah sendok makan kunyit. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pepaya

Pepaya selain menyehatkan juga dapat mencerahkan kulit secara alami. Ini karena enzim penghancur protein yang terdapat pada buah pepaya. Pepaya juga dapat melawan masalah jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu pepaya dapat digunakan sebagai bahan untuk eksfoliator atau pengelupasan kulit dan pelembab kulit alami yang membuat kulit menjadi lebih lembut dan bersinar.

Caranya : campurkan 1 sendok makan pepaya yang telah dihaluskan dengan setengah sendok makan jus lemon untuk membersihkan dan mencerahkan kulit. Diamkan pada wajah Anda sekitar 20 menit sebelum membersihkannya dengan air.

Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan antioksidan yang baik. Sangat penting dalam melindungi kulit dari radikal bebas, kerusakan serta meningkatkan warna kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan air lemon. Terapkan pada wajah dan leher lalu bersihkan setelah mendiamkannya selama 30 menit.

Susu

Susu memiliki kandungan vitamin A, B3 dan nutrisi lain yang dapat mengurangi kerusakan kulit serta membantu mencerahkan kulit. Nutrisi dalam susu dapat melepaskan sel-sel kulit berpigmen di dalam tubuh.

1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air lemon untuk menjadikannya sebagai pasta. Oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bersihkan.

Untuk memutihkan kulit selain melakukan langkah-langkah perawatan kulit dan pengobatan alami penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dihindari untuk mencegah iritasi kulit.

Hindari produk-produk yang banyak mengandung bahan kimia terutama bahan berbahaya, selalu perhatikan bahan-bahan pada label kemasan, selektif dalam memilih produk pencerah wajah yang sesuai dengan jenis kulit, Sebaiknya lebih memilih menggunakan bahan alami yang lebih aman dan ramah dikantong juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *