Bau Asap Di Rambut Anda? Hilangkan Dengan Cara Mudah Ini

Terkadang Anda pasti pernah mengalami situasi dimana rambut Anda yang sudah tertata rapi dan wangi dari rumah tiba-tiba harus tercemar dengan bau asap entah itu asap kendaraan atau asap rokok ketika diperjalanan. Siapa yang tidak jengkel akan hal itu?. Saya yakin semua orang pasti merasa kesal dan jengkel.

Nah disini saya akan membahas bagaimana cara menghilangkan bau asap dari rambut anda dengan mudah. Berikut ini cara-caranya.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Asap Di Rambut Anda

Bau asap yang menempel di rambut sering kali menjengkelkan dan sulit dihilangkan. Bahkan terkadang mencuci rambutpun masih meninggalkan sisa bau asap tersebut. Nah berikut ini ada beberapa cara mudah yang mungkin bisa anda coba untuk mengatasi atau menghilangkan bau asap di rambut Anda.

Gunakan parfum

Namun Anda harus ingat agar Anda tidak menggunakan parfum terlalu banyak pada rambut. Meskipun parfum dapat menutupi bau asap di rambut Anda.

Pilihlah parfum yang memancarkan wangi harum yang terasa bersih, segar dan ringan seperti wangi sabun atau wangi aroma pantai yang menyegarkan. Hindari parfum dengan wangi manis atau bunga.

Campuran jeruk dan air

Jika anda memiliki jeruk atau jeruk lemon, cobalah cara ini untuk mengeluarkan bau dari rambut Anda. Yaitu ambil buah jeruk atau jeruk lemon, kupas kulitnya dan letakkan dalam sebuah botol semprot yang berisi penuh dengan air.

Biarkan selama 15 sampai 20 menit sampai air menyerap aroma kulitnya. Setelah itu Anda bisa langsung semprotkan ke rambut Anda lalu keringkan rambut dengan angin atau pengeringan rambut yang dingin tanpa panas.

Baking Soda

Baking soda biasanya kebanyakan orang memiliki persediaan ini dirumah mereka. Selain berguna untuk memasak kue ternyata baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan bau rambut Anda. Caranya gabungkan secangkir air dengan dua sendok makan baking soda.

Setelah tercampur rata dan baking soda menyerap air dengan baik maka Anda dapat menuangkan sedikit cairan ini ke kepala Anda atau menyemprotnya dengan botol semprot. Cara ini dapat Anda coba meskipun Anda memiliki rambut panjang atau tebal.

Dryer Sheet atau lembar pengering

Dryer sheet mudah digunakan dan efektif menyingkirkan bau asap pada rambut juga masalah rambut lainnya. Ketika Anda berada di tempat umum dan tidak memiliki banyak waktu maka dryer sheet atau lembar pengering ini sangat berguna dan membantu Anda.

Anda hanya perlu menggosok lembar pengering tersebut ke sepanjang sikat atau sisir rambut Anda sebelum menyisir rambut. Aroma lembar pengering itu akan memblokir bau dengan menembus setiap helai rambut Anda sekaligus menjaga rambut Anda agar tidak mudah mengembang. Tentunya ini menjadi manfaat ganda buat Anda.

Cuka sari apel

Cuka sari apel telah kita kenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi siapa sangka cuka sari apel juga bermanfaat dalam menghilangkan bau di rambut Anda.

Cukup campurkan cuka sari apel dengan sampo favorit Anda. Gunakan seperti biasa ketika Anda keramas menggunakan sampo. Namun disini bukan berarti Anda menuangkan cuka sari apel ke dalam botol sampo Anda, bukan seperti itu. Akan tetapi campurkan sedikit sampo dengan cuka sari apel di dalam suatu tempat atau botol kecil yang bisa Anda gunakan hanya untuk sekali bilas saja.

Satu-satunya yang menjadi kelemahan dari cara ini adalah Anda akan mendapatkan bau yang kuat dalam menggantikan bau asap di rambut Anda. Segeralah Anda keringkan rambut Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir sebab cuka sari apel justru menambah kilau di rambut Anda dan memperlihatkan rambut sehat.

Menjemur rambut Anda

Percaya atau tidak, Anda dapat menyingkirkan banyak bau asap dari rambut hanya dengan sinar matahari. Geraikan rambut Anda di ruang terbuka, udara segar dan sinar matahari bekerja sama untuk menghilangkan dan menetralisir bau asap di rambut.

Menggunakan semprotan Febreze atau pengharum ruangan

Febreze dapat menghilangkan bau pada ruangan tapi ternyata ini juga dapat bekerja juga untuk mengharumkan rambut Anda. Semprot rambut Anda pada setiap sudut secukupnya saja jangan berlebihan. Biarkan udara mengeringkan rambut Anda dengan sendirinya.

Produk pewangi rambut

Jika Anda merasa tidak yakin menggunakan produk pengharum ruangan ke rambut Anda maka produk pewangi khusus untuk rambut bisa menjadi pilihan Anda. Parfum khusus untuk rambut sangat mudah dan ringkas digunakan, tinggal semprotkan pada rambut Anda di setiap sudutnya dan beres!.

Menggunakan sampo kering juga bisa kok. Terapkan sampo kering langsung ke rambut Anda lalu sisirlah rambut Anda setelahnya. Dengan begitu rambut Anda akan terlihat bersih dan bebas bau.

Atau Anda mungkin ingin mencoba cara yang satu ini yaitu menggunakan kondisioner yang digabungkan dengan air dan semprotkan ke rambut Anda. Rambut Anda pasti menjadi lebih lembut seketika dan baupun hilang. Jangan lupa untuk segera mengeringkan rambut Anda ya, sebaiknya menggunakan handuk bersih yang kering saja.

Hair dryer

Jika Anda berada dalam ruangan dan tidak sempat untuk mendapatkan udara segar diluar. Maka hair dryer adalah solusi lainnya. Harus diingat sebelumnya Anda mengubah terlebih dahulu hair dryer Anda ke pengaturan udara dingin bukan udara panas. Gunakan udara dingin hair dryer untuk mengeringkan rambut anda hingga bau asap tidak lagi tersisa di rambut Anda.

Minyak esensial

 

Minyak esensial adalah pilihan lainnya untuk rambut Anda. Konsentrasi tinggi aroma minyak esensial ini cukup hanya menggunakannya sedikit saja sudah dapat menuntaskan bau asap di rambut Anda. Letakkan beberapa tetes saja ke telapak tangan Anda, gosokkan kedua telapak tangan Anda lalu sapukan ke rambut Anda.

Harus diingat bahwa ketika Anda menggunakan semprotan rambut, parfum atau pengharum, hindari menggunakannya berlebihan atau dalam jumlah banyak. Sebab hal ini dapat membuat bau rambut Anda menjadi semakin aneh.