Beberapa Bahan Yang Dapat Digunakan Sebagai Pengganti Santan

Beberapa orang ingin mengurangi atau bahkan menghindari penggunaan santan dalam menu makanan harian mereka. Berbagai alasan yang menjadi penyebabnya, beberapa orang menghindari santan karena menghindari asupan lemak untuk mengurangi berat badan, ada juga beralasan karena ingin menghindari kolesterol, sebagian lagi ada yang mengalami alergi dengan santan dan berbagai alasan lainnya.

Nah buat Anda yang ingin menghindari santan namun dapat tetap makan dengan nikmat, mungkin beberapa bahan berikut ini dapat menjadi pilihan Anda. Apa saja itu?.

Santan Kelapa

Santan kelapa sebenarnya memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Dalam santan kelapa terdapat manfaat kesehatan sebagai anti-karsinogenik, anti-mikroba, anti-bakteri dan anti-virus. Asam Laurat yang terkandung di santan kelapa dapat meningkatkan kesehatan otak dan pembangunan tulang.

Sementara itu santan kelapa juga memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Inilah yang dikhawatirkan karena dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti kenaikan berat badan, kolesterol tinggi yang menyebabkan penyumbatan pada arteri, bahkan dalam kasus yang jarang santan kelapa dapat menyebabkan reaksi alergi.

Bagi orang yang menderita alergi makanan terutama alergi kacang pohon sangat disarankan untuk berhati-hati mengkonsumsi santan kelapa. Karena oleh badan pengawas obat dan makanan di Amerika kelapa juga dianggap termasuk dalam pohon kacang.

Kebanyakan orang yang alergi terhadap kelapa juga menunjukkan reaksi terhadap protein dalam buah tapi bukan dalam minyak. Alergi minyak kelapa dapat mengancam kesehatan namun ini adalah kasus yang jarang terjadi.

Beberapa Bahan Yang dapat Menggantikan Santan

Jika Anda tidak memiliki santan kelapa atau Anda ingin menghindari penggunaan santan kelapa karena alasan tertentu, maka beberapa bahan dibawah ini dapat menjadi pilihan Anda sebagai penggantinya. Meskipun akan ada sedikit perubahan rasa pada hasil akhir masakan Anda.

Susu Berbumbu

Ini adalah pilihan pengganti santan yang populer karena menghasilkan tekstur dan rasa yang lembut dan gurih seperti krim. Anda dapat membuat susu berbumbu ini dengan menghangatkan susu dalam panci dan tambahkan pala, cengkeh, kayu manis, kari atau paprika sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Pastikan Anda memanaskan susu cukup sampai rempah-rempah menyerap ke dalam susu dan mendapatkan kekentalan seperti yang diinginkan.

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah pengganti lain yang juga umum digunakan dan dapat dengan mudah Anda temukan. Bisa berbentuk cairan atau bubuk yang lebih tahan lama dan dapat disimpan dalam suhu ruang. Salah satu keuntungan dari susu kedelai adalah memiliki lebih sedikit kalori daripada santan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Susu kedelai kaya akan protein dan memiliki rasa yang netral sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak suka susu. Susu kedelai juga padat gizi, kandungan riboflavin, vitamin D dan kalsiumnya cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan harian Anda. Tidak hanya itu vitamin B 12 dalam secangkir susu kedelai dapat memenuhi 50% kebutuhan harian yang Anda perlukan.

Yogurt

Yogurt memiliki konsistensi krim yang mirip dengan santan bila dibuat sebagai saus. Jika Anda menginginkan konsistensi yang lebih tebal maka yogurt Yunani adalah pilihan yang tepat. Menggunakan yogurt sebagai pengganti santan akan membawa manfaat bagi kesehatan karena yogurt mengandung kalori sedikit namun kaya vitamin, mineral dan protein.

Susu Kacang

Ada beberapa jenis susu kacang, dan yang paling umum dijumpai adalah susu almond. Rasa kacang dari susu almond sangat mirip dengan rasa lemak dari santan. Pastikan agar Anda memasaknya dengan sedikit gula. Anda dapat menambahkan sedikit gelatin atau tepung jagung untuk membuat teksturnya menjadi lebih kental.

Tahu Sutera

Untuk Anda yang memperhatikan asupan makanan dalam diet Anda maka tahu sutera dapat digunakan sebagai pengganti santan yang hebat. Haluskan tahu sutera dan masukkan ke dalam krim sebagai campuran sebelum Anda menambahkannya ke dalam resep masakan Anda sebagai pengganti santan.

Minyak dan air

Santan kelapa telah menambahkan lemak atau minyak dan cairan ke dalam setiap jenis hidangan apapun. Maka Anda dapat menggabungkan minyak dan cairan ke dalam resep masakan Anda untuk mengganti penggunaan santan. Contohnya Anda dapat menggantikan 1 cangkir santan dengan seperempat cangkir minyak dan tiga perempat cangkir air. Cara ini juga sering digunakan dalam pembuatan kue.

Alternatif Lain

Heavy cream

1 cangkir santan dapat diganti dengan heavy cream. Anda akan mendapatkan rasa dan tekstur yang istimewa.

Krim keju rendah lemak

Gunakan setengah cangkir krim keju rendah lemak yang dicampur dengan setengah cangkir susu skim.

Susu Evaporasi

Anda dapat menggantikan secangkir santan dengan secangkir susu cair evaporasi.

Susu kental atau Condensed Milk

Tigaperempat cangkir susu kental dapat menggantikan 1 cangkir santan kelapa.

Pengganti Bumbu Lain Yang Berbahan Dasar Kelapa

Terutama jika Anda alergi pada produk berbahan kelapa atau Anda hanya tidak menyukai rasa santan maka ada beberapa alternatif yang bisa menjadi pilihan Anda.

Pengganti tepung kelapa

Jangan lupakan rasio perbandingan sebagai bahan pengganti tepung kelapa. Anda harus mengingat bahwa rasio itu sangat penting, jadi Anda tidak bisa asal menambahkan misal dengan perbandingan 1 : 1.

Ini karena tepung lain tidak dapat menyerap air dengan banyak seperti tepung kelapa. Pastikan Anda menggunakan dengan takaran yang tepat atau dapat disesuaikan dengan resep masakan Anda.

Bahan yang paling umum digunakan sebagai pengganti tepung kelapa dalam memanggang dan membuat roti adalah : almond, hazelnut, dan tepung kacang lainnya. Untuk membuat saus krim Anda lebih kental gunakan pati tapioka dan bubuk garut untuk mendapatkan hasil kekentalan yang diinginkan.

Pengganti parutan kelapa

Coba Anda gunakan bahan lainnya yang manis seperti kismis, cranberry kering dan buah-buahan kering lain untuk memberikan kekenyalan yang manis dan Anda sukai untuk menggantikan parutan kelapa.

Buah-buahan dan kacang-kacangan adalah alternatif yang bagus untuk rasa manis dan memberikan kekenyalan serta kerenyahan dari parutan kelapa.

Getah Kelapa / Gula Kelapa

Banyak orang keliru menggunakan gula kelapa, karena mereka menganggap itu sehat. Padahal gula kelapa yang terbuat dari getah pohon kelapa adalah masih dalam kategori gula.

Namun ini tidak akan menjadi mimpi buruk sebab masih banyak bahan pengganti lainnya untuk menggantikan gula kelapa. Anda dapat mencoba dengan gunakan madu, sirup gula, pemanis buatan atau pemanis lainnya. Pastikan Anda mengingat agar masakan yang Anda makan memiliki rasa manis yang tepat.