Beberapa Minuman Yang Baik Untuk Anda Di Pagi Hari

Ketika bangun di pagi hari banyak orang sering tidak menyadari bahwa tubuh telah tidur selama 7 sampai 8 jam yang berarti tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama itu pula, sehingga betapa pentingnya menghidrasi tubuh kembali ketika bangun tidur di pagi hari. Namun perlu Anda ketahui bahwa bagaimana kondisi kita sebelum tidur pada malam hari akan berpengaruh pada kondisi kita dipagi hari.

Menghidrasi tubuh dipagi hari dengan beberapa jenis minuman berikut dapat membantu Anda memulai hari dengan meningkatkan energi, metabolisme dan lainnya.

Minuman yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari

Minum air putih atau kombinasi

Kita semua tahu bahwa air putih sangat baik diminum ketika bangun pagi hari. Selain bermanfaat menghidrasi tubuh juga dapat mengeluarkan racun yang tersimpan di dalam tubuh dengan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Tapi Anda juga dapat mengkombinasikan air putih dengan buah, herbal atau bahan lain seperti infus water untuk memberi manfaat tambahan bagi kesehatan. Secangkir air dengan irisan lemon misalnya, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C dari buah lemon.

Minum air putih dengan sesendok cuka sari apel di pagi hari mungkin terdengar tidak biasa tapi bisa menjadi pilihan Anda. Minum air yang dicampur cuka sari apel telah terbukti dapat menurunkan gula darah dan membantu menurunkan berat badan. Studi tertentu juga menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu membunuh patogen dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat cuka sari apel ini Anda hanya membutuhkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air. Tapi harap berhati-hati jika Anda memiliki tekanan darah rendah atau masalah kesehatan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu.

Air kelapa

Minum segelas air kelapa di pagi hari adalah pilihan yang paling baik untuk menghidrasi dan menyegarkan tubuh. Anda pasti pernah mendengar bahwa air kelapa dikenal memiliki banyak nutrisi, mineral dan antioksidan yang sudah tentu bermanfaat untuk kesehatan. Pastikan Anda minum air kelapa murni atau tanpa pemanis buatan.

Meningkatkan metabolisme dengan minuman ini

Selain minum segelas air, infus water atau air kelapa, ada beberapa alternatif minuman lain yang bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk sistem metabolisme tubuh Anda di pagi hari, yaitu :

– Teh hijau

Teh hijau telah banyak dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu manfaat dari antioksidan ini adalah mendorong meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sekaligus membantu membakar lemak. Sangat baik untuk Anda yang ingin menjaga keseimbangan berat badan.

– Kopi anti peluru

Kopi anti peluru adalah minuman yang terbuat dari kopi yang ditambah mentega tawar. Jika Anda tidak memiliki masalah lambung dan tidak masalah meminum kopi, maka secangkir kopi anti peluru di pagi hari dapat membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme.

Ini karena kopi dan asam lemak rantai menengah dari minyak mentega memiliki efek pada metabolisme. Cobalah gunakan minyak kelapa untuk kopi anti peluru Anda. Dan pastikan Anda tidak meninggalkan sarapan pagi yang sangat bermanfaat untuk energi di pagi hari Anda.

Jus sayuran untuk meningkatkan energi

Kebiasaan tidur yang kurang cukup, mengkonsumsi kafein seperti kopi dan teh atau mengkonsumsi alkohol pada malam hari dapat membuat tubuh menjadi lelah ketika bangun di pagi hari.

Anda dapat meminum segelas jus sayuran segar untuk meningkatkan energi Anda. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale terbukti dapat meningkatkan energi. Hal ini karena nutrisi dalam sayuran terutama kandungan zat besi tinggi membantu memberikan oksigen ke dalam sel-sel tubuh yang langsung mengatasi kelelahan.

Yerba mate

Minuman teh yerba mate ini berasal dari Amerika Selatan. Yerba mate berisi antioksidan, asam amino dan vitamin yang tinggi. Semua kandungan senyawa aktif dalam yerba mate dapat meningkatkan energi Anda untuk sepanjang hari tanpa ada efek samping negatif.

Jus goji berry

Jangan sepele dengan bentuknya yang kecil, goji berry memiliki segudang nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan serta delapan asam amimo esensial yang terkandung didalamnya membuat goji berry termasuk ke dalam makanan yang paling bergizi di dunia.

Segelas jus goji berry di pagi hari akan mengisi tubuh Anda dengan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan menghasilkan energi untuk aktivitas sepanjang hari. Penelitian telah menunjukkan dengan minum jus goji berry akan memberikan beberapa manfaat yaitu :

  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan kinerja atletis
  • Fokus yang lebih baik
  • Menurunkan stres dan kelelahan

Teh jahe untuk perut sensitif

Jahe telah lama dikenal sebagai obat populer untuk berbagai masalah perut. Minum teh jahe di pagi hari dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut seperti mual, muntah dan diare. Untuk membuat teh jahe caranya adalah letakkan beberapa sendok makan jahe segar yang telah diparut ke dalam semangkuk air mendidih di atas kompor dan biarkan selama lima menit. Matikan api dan tunggu agak hangat lalu bisa Anda minum.

Jus lidah buaya untuk menenangkan perut

Sama halnya dengan jahe, lidah buaya juga telah dikenal luas berguna untuk menyembuhkan masalah kulit seperti luka, kulit terbakar sinar matahari dan ternyata juga dapat membantu mendinginkan atau menenangkan perut. Sifat anti-inflamasi dalam lidah buaya telah terbukti bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan pada saluran cerna dan mengurangi Sindrom Iritasi Usus.

Jus tomat dan Kaldu tulang untuk mengatasi mabuk alkohol

Jika Anda terlalu banyak minum alkohol pada malam hari, maka ketika bangun pagi Anda akan merasa kelelahan dan perasaan tidak nyaman lainnya. Minum jus tomat dan kaldu tulang di pagi hari adalah pilihan yang patut Anda coba.

– Jus tomat

Selain menghidrasi tubuh dengan baik, jus tomat juga terbukti secara ilmiah dapat membantu mengembalikan efek dari alkohol.

– Kaldu tulang

Kaldu tulang memiliki kandungan elektrolit, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setelah mengkonsumsi alkohol. Elektrolit yang terdapat dalam tulang kaldu yaitu magnesium, kalium dan kalsium sangat baik untuk menggantikan natrium dan kalium yang hilang akibat minum alkohol.

Smoothie untuk sarapan lengkap

Minuman di pagi hari yang sesuai untuk aktivitas Anda seharian adalah minuman yang memiliki cukup substansi seperti halnya sarapan yaitu smoothie. Anda dapat membuat minuman smoothie sederhana untuk sarapan pagi Anda. Salah satunya Anda dapat membuat smoothie tomat yang kaya vitamin jika Anda merasa tubuh kurang fit.

Smoothie buah dengan tambahan teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda sekaligus menyegarkan. Atau smoothie campuran buah dan sayuran yang kaya serat, vitamin dan protein bisa menjadi pilihan Anda.

Apakah Ada Minuman Di Pagi Hari Yang Perlu Dihindari?

Menjaga tubuh tetap terhidrasi di pagi hari bisa Anda lakukan dengan minum berbagai pilihan minuman sehat beberapa diantaranya seperti yang telah disebutkan diatas. Tapi apakah ada minuman yang harus dihindari waktu pagi hari?.

Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari minum soda atau minuman lain yang tinggi kadar gula di pagi hari. Selain itu minuman berenergi, alkohol dan kopi juga harus dihindari di pagi hari, terutama ketika perut masih kosong. Karena beberapa minuman tersebut dapat membuat tubuh menjadi sangat dehidrasi dan mengakibatkan kegelisahan di pagi hari.