Berapa Banyak Buah Alpukat Yang Perlu Anda Konsumsi Dalam Seminggu?

Alpukat adalah buah dengan cita rasa berlemak dan manis yang sangat nikmat dimakan bila ditambahkan susu kedalam daging buahnya kemudian dikocok atau diaduk rata. Nah meskipun buah ini mengandung lemak tapi katanya kandungan lemak yang dimiliki alpukat adalah lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

Jadi berapa banyak buah alpukat yang baik kita konsumsi dalam seminggu?. Apa saja kandungan yang terdapat dalam alpukat selain lemak sehat?.

Apa Saja Yang Terkandung Dalam Buah Alpukat?

Kita menyadari bahwa mengkonsumsi buah setiap hari sangat penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral agar tubuh tetap sehat. Terutama manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah alpukat.

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah berapa banyak buah alpukat yang baik dikonsumsi? apakah makan buah alpukat terlalu banyak itu tidak masalah?. Apakah buah alpukat memiliki efek samping?.

Untuk mengetahui berapakah sebaiknya buah alpukat yang baik dikonsumsi, maka sebelumnya kita perlu mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat.

Lemak

Berapa banyak lemak yang terkandung dalam alpukat?. Alpukat memiliki lemak rata-ratra 15 gram lemak/100 gram daging alpukat. Asupan harian yang direkomendasikan konsumsi buah adalah 30 gram. Ini berarti anda harus mendapatkan lebih kurang 5 gram lemak jika anda makan banyak.

Bahkan emak dari satu telur utuh yang dimasak sekitar 5-6 gram itu masih tidak terlalu membuat gemuk jika untuk sekali makan. Maka tergantung dengan ukuran buah bahwa kita dapat mengkonsumsi 7 sampai 25 gram alpukat dalam sehari.

Beberapa orang yang menderita masalah kandung empedu dan hati mereka mungkin akan mengalami kesulitan untuk mencerna lemak sehingga mereka perlu menjaga asupan lemak yang rendah untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan seperti mual, muntah, sakit perut, terutama rasa nyeri di kuadran kanan atas perut.

Jika anda memakan terlalu banyak buah alpukat dapat memungkinkan anda untuk mengalami masalah atau gangguan pada perut karena kandungan lemak yang dapat menyebabkan heartburn yaitu sensasi terbakar di dada akibat asam lambung berlebih yang menjalar naik ke kerongkongan. Ini tentunya membuat sakit dan tidak nyaman.

Terkadang ketika kita makan buah pada saat perut masih kosong atau tanpa makanan yang bersifat penyerap seperti roti panggang, biskuit atau crakers, juga dapat membuat sakit perut.

Kalori

Rata-rata dalam sebuah alpukat diperkirakan memiliki asupan kalori sebesar 120-167 kkal. Kita biasanya hanya memakan buah alpukat 30 gram dari asupan harian yang direkomendasikan untuk umumnya semua varietas alpukat. Jika anda makan alupkat setiap hari dan tidak dapat menyeimbangkan kalori dari alpukat dengan makanan lain yang anda makan ini dapat mendorong anda untuk menaikkan berat badan.

Protein

Rata-rata dalam 100 gram alpukat dalam semua varietas memiliki 2 gram protein. Orang dewasa pada diet makanan 2000 kkal membutuhkan protein sekitar 50 gram sehari. Protein sangat diperlukan untuk membangun otot, membantu mensintesis neurotransmiter untuk otak, mengatur suasana hati, nafsu makan dan tidur. Juga berkontribusi untuk sistem kekebalan tubuh.

Protein yang berasal dari nabati seperti yang terkandung dalam buah alpukat lebih bermanfaat karena memiliki keuntungan tambahan dengan hadirnya serat, kalium, vitamin C, E dan B. Vitamin dan gizi yang ditawarkan dari buah ini sangat baik untuk kita konsumsi mengingat kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral.

Karbohidrat dan gula

Dalam 100 gram alpukat memiliki 8,53 gram karbohidrat dan 0,66 gram gula. Untuk kebanyakan varietas buah alpukat umumnya memiliki sekitar 8 gram karbohidrat dan gula dibawah 3 gram.

Dengan memakan setengah buah alpukat anda bisa mendapatkan sedikitnya 5,8 gram karbohidrat dan 0,2 gram gula untuk varietas lebih kecil (sekitar 136 gram berat buah) atau sebanyak 11,89 gram karbohidrat dan 3,68 gram gula untuk varietas alpukat yang lebih besar (304 gram).

Anda membutuhkan 275 gram karbohidrat per hari, dan masih aman dengan memakan setengah buah alpukat. Tapi apa yang anda makan dalam sehari tentu akan berpengaruh besar dengan tambahan karbohidrat yang diterima tubuh.

Serat

Diperkirakan untuk semua varietas alpukat untuk 100 gram memiliki 6,7 gram serat dalam makanan. Kandungan serat makanan merupakan aspek yang sangat penting untuk mengetahui apakah sebuah makanan baik atau buruk bagi anda. Rata-rata orang pada diet 2000 kkal membutuhkan sekitar 28 gram serat perhari, namun kebutuhan individu mungkin akan berbeda dengan individu lain.

Jika anda memiliki masalah gastritis mungkin anda akan mengalami gangguan dengan kandungan serat dalam buah alpukat. Anda harus berhati-hati mengkonsumsi alpukat dan tidak melebihi dari jumlah yang direkomendasikan yaitu 30 gram.

Jadi berapa banyak sebaiknya mengkonsumsi buah alpukat dalam seminggu?. Para ahli sepakat 30 gram buah alpukat sehari sudah cukup untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin dari buah. Kecuali jika anda memiliki alergi buah ini berarti anda harus menghindari mengkonsumsinya.

Untuk orang yang mengalami masalah perut iritasi atau kandung empedu, mereka akan lebih aman dengan makan hanya seperempat dari alpukat setiap hari tapi tidak lebih dari 2-3 buah alpukat dalam seminggu.

Jika Anda mengalami masalah perut, sakit kepala atau migrain, ruam, pembengkakan lidah, tenggorokan terasa bengkak, kesulitan bernapas, mual, muntah, diare atau tekanan darah rendah dari makan alpukat, ini berarti anda alergi alpukat dan harus menghindarinya sama sekali.

Konsensus umum adalah selama beberapa jumlah alpukat yang anda makan tidak menimbulkan efek samping atau reaksi merugikan apapun maka anda dapat memakan alpukat dengan banyak.

 

Apakah memakan buah alpukat dapat memberikan efek samping?. Nah, ini berarti anda perlu mengetahui beberapa efek samping dan kontraindikasi yang mungkin dapat ditimbulkan yaitu :

Efek Samping dan Kontraindikasi

Berat badan

Apa yang membuat alpukat dapat menaikkan berat badan adalah nilai energik yang relatif tinggi karena kandungan lemak alpukat yang tinggi. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan anda menambah berat badan. Maka sangat penting untuk anda menjaga dan menyeimbangkan asupan makanan lain yang anda konsumsi dalam sehari.

Asam refluks

Salah satu efek samping terbesar dari makan alpukat terlalu banyak adalah dapat menimbulkan asam refluks. Ini terjadi karena alpukat memiliki sumber berlimpah lemak (15 gr lemak/100 gr), meskipun lemak nabati namun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan asam refluks sama halnya ketika anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak lain.

Mual dan muntah

Jika anda mengalami mual setelah makan alpukat ini dapat menandakan anda intoleransi terhadap buah alpukat. Terutama bila anda mengalaminya berulang maka lebih baik menghentikan makan alpukat dan konsultasikan ke dokter untuk mengetahui alasan yang tepat mengapa anda merasa sakit setelah makan alpukat.

Kandungan lemak yang tinggi pada buah alpukat kemungkinan tidak dapat dicerna atau diolah dengan baik pada perut anda adalah penyebab utama mual bahkan muntah.

Gastritis

Bagi anda yang memiliki gangguan atau masalah gastritis buah kadang-kadang dapat memperburuk gejala. Efek samping ini telah dikaitkan dengan kadar lemak tinggi pada buah, serat tinggi konten, atau senyawa-senyawa lain yang dapat bertindak sebagai iritasi untuk perut.

Diare

Alpukat dikenal untuk membantu memudahkan atau melancarkan masalah dengan sembelit karena mereka memberikan jumlah serat makanan yang baik. Pada saat yang sama alpukat jika terlalu banyak dimakan dapat menyebabkan kram perut dan meningkatkan frekuensi buang air.

Intoleransi atau hipersensitivitas

Beberapa orang yang kemungkinan mengalami intoleransi atau hipersensitif terhadap buah dapat menimbulkan gejala seperti diare, ruam, mual, muntah, otak berkabut, kepala terasa ringan seolah akan pingsan.

Gejala ini dapat terjadi segera setelah makan atau bahkan setelah beberapa hari makan alpukat. Sangat penting untuk segera ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Reaksi alergi

Meskipun jarang tapi bisa saja terjadi. Gejala reaksi alergi ini dapat muncul segera setelah makan buah atau yang mengandung buah alpukat dan dapat terjadi dua hari setelahnya.

Ada 2 jenis alergi buah alpukat yaitu,

Alergi yang muncul dari mulut dan tenggorokan. Alergi ini memperlihatkan kesemutan atau rasa gatal ringan, gatal pada lidah, lidah dan tenggorokan bengkak.

Alergi lainnya adalah reaksi umum yang menghasilkan gejala seperti gatal-gatal atau urtikaria (gatal, berwarna merah atau putih, benjolan pada kulit), kesemutan tenggorokan, pembengkakan lidah, tenggorokan bengkak, mual, muntah, perut kram, tekanan darah rendah, kesulitan pernapasan. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut segeralah mencari perhatian medis.

Obat interaksi dan pembekuan darah

Dalam 100 g alpukat mengandung 120 mcg vitamin K, dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata 21 mcg (mikrogram). Sebuah alpukat dapat menyediakan 30% sampai 50% lebih banyak vitamin K, hal ini akan sangat buruk bagi siapa saja yang memiliki resiko pembekuan darah.

Vitamin K diketahui mendukung koagulasi darah normal, tetapi jika terlalu tinggi asupan cenderung dapat menyebabkan gumpalan darah di individu. Vitamin K dalam alpukat dapat berinteraksi dengan obat seperti warfarin dan mengurangi efektivitas.

Untuk ibu hamil tidak dianjurkan untuk makan buah alpukat selama kehamilan atau ketika sedang mengalami perawatan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diketahui.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *