Berikut Tanda-tanda Terlalu Banyak Asam Di Dalam Perut Anda

Orang-orang yang aktif pasti selalu dikelilingi oleh aktivitas yang padat. Sering kali aktivitas padat dapat memicu stres, jadwal makan menjadi tidak teratur dan berbagai masalah lain. Ketika Anda tidak mampu mengatasi stres dalam kesibukan sehari-hari maka ini dapat mengakibatkan Anda beresiko tinggi terkena asam lambung.

Produksi asam yang berlebihan di lambung dapat mengakibatkan pengikisan pada dinding lambung secara perlahan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan panas dibagian perut, hal ini sering juga disebut dengan maag.

Untuk itu Anda perlu mengetahui tanda-tanda jika terlalu banyak asam di dalam perut Anda dan pengobatan rumahan apa yang bisa Anda lakukan. Agar Anda terhindar dari resiko atau gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari produksi asam lambung yang tinggi.

Tanda-tanda Terlalu Banyak Asam Di Dalam Perut

Asam lambung adalah cairan yang dikeluarkan dibagian pencernaan dengan mengandung asam klorida. Asam lambung ini bekerja untuk mencerna makanan yang Anda makan dan pada saat yang sama membantu membunuh bakteri berbahaya yang masuk ke dalam sistem pencernaan Anda.

Terlalu banyak asam dalam perut dapat menyebabkan hyperacidity yaitu kondisi dimana menurunnya tingkat pH di perut Anda yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi.

Berikut ini tanda-tandanya :

Gejala ringan

Produksi asam berlebihan akan mendorong produksi gas yang terakumulasi dalam perut dan menyebabkan masalah seperti perut kembung dan sakit perut. Gejala-gejala ini cukup serius sehingga dapat membuat Anda merasa tidak nyaman sepanjang waktu. Gejala lainnya adalah bersendawa, kembung dan heartburn.

Asam reflux

Asam reflux juga disebut penyakit gastrointestinal reflux disease (GERD) atau penyakit gastrointestinal reflux. Asam reflux mengacu pada kondisi dimana asam lambung bergerak naik ke kerongkongan.

Anda akan lebih meningkatkan terkena resiko asam reflux dalam perut jika Anda banyak makan makanan yang asam. Gejalanya adalah kembung, perut kembung, sakit perut dan lainnya.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda segeralah mencari bantuan medis karena asam dapat menyebabkan korosi pada kerongkongan yang meningkatkan resiko ulserasi.

Ulkus

Terlalu banyak asam dalam perut juga dapat menyebabkan ulkus lambung. Anda akan mendapatkan kondisi ini ketika terlalu banyak asam yang merusak lapisan perut. Jika Anda tidak melakukan pengobatan terhadap ulkus ini akan menyebabkan perdarahan dan perforasi lambung.

Hal ini berbahaya dan dapat mengancam jiwa jika ulkus mengalami komplikasi ketika isi perut mulai bocor ke rongga perut. Anda membutuhkan perhatian medis segera ketika ini terjadi.

Pastikan Anda konsultasikan dengan dokter jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, maka dokter akan memberikan perhatian medis yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi serius.

Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung Tinggi?

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling umum :

Susu

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa minum segelas susu sebelum tidur adalah menyehatkan. Tapi ternyata itu dapat memicu produksi asam lambung selama Anda tidur.

Dan ini diperburuk dengan fakta bahwa susu memiliki efek rebound yang memicu sekresi asam dan membuat Anda mengalami heartburn atau asam naik ke kerongkongan pada saat tengah malam.

Kafein

Asupan kafein yang berlebihan atau dengan dosis yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Merokok

Merokok melemaskan sfingter esofagus bagian bawah yang mendorong lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam. Selain itu juga mengiritasi lapisan lambung dan dapat mennyebabkan beberapa komplikasi lainnya.

Alkohol

Ketika Anda meminum alkohol, maka lapisan perut Anda akan terganggu dan meningkatkan produksi asam lambung. Ini akan menyebabkan masalah pencernaan lain dari waktu ke waktu.

Makanan

 

Konsumsi makanan pedas atau berminyak berlebihan adalah salah satu alasan mengapa Anda memiliki terlalu banyak asam di perut. Makanan yang kaya serat memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga perut Anda akan terus menghasilkan asam sampai semua makanan tercerna.

Begitu juga jika anda tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu yang tepat dan kesenjangan waktu telat makan terlalu besar yang dilakukan secara berturut-turut juga dapat memicu produksi asam lambung berlebih di perut.

Stres

Stres kronis dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, yaitu salah satunya produksi asam lambung yang meningkat. Karena orang yang mengalami stres sering mengabaikan waktu makan atau makan tidak teratur tanpa mereka sadari.

Infeksi bakteri

Produksi asam lambung yang tinggi bisa saja terjadi ketika Anda mengalami infeksi bakteri, terutama jika disebabkan oleh bakteri H. pylori.

Kanker perut

Kondisi ini membutuhkan diagnosa dan pengamatan yang tepat oleh dokter sehingga benar-benar ditemukan masalah sebenarnya. Jika ditemukan Anda memiliki kanker perut maka ini juga dapat meningkatkan produksi gastrin yang meningkatkan produksi asam lambung.

Pengobatan Yang Dapat Anda Lakukan

Jika Anda mengalami terlalu banyak asam lambung maka pergi ke dokter adalah yang terbaik untuk Anda lakukan agar mendapatkan pengobatan dan saran yang tepat dari dokter.

Namun ada juga beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda coba yaitu.

Pisang

Dengan mengkonsumsi buah pisang dapat membantu Anda mengurangi asam lambung. Ini terutama karena pisang kaya akan kandungan kalium. Senyawa tertentu dalam pisang dapat membantu perut Anda menghasilkan lendir yang dapat melindungi lapisan perut Anda.

Anda dapat memilih pisang yang sudah matang untuk mengatasi tingkat keasaman yang buruk karena pisang masak mengandung lebih banyak potasium.

Cengkeh

Makan cengkeh membantu membatasi produksi asam lambung terutama karena cengkeh dapat meningkatkan sekresi saliva yang membantu menetralkan asam lambung. Cengkeh juga membantu meningkatkan pencernaan dengan lebih baik.

Jahe

Konsumsi jahe secara rutin dapat membuat sistem pencernaan Anda dalam kondisi sempurna. Hal ini juga membantu tubuh menyerap nutrisi penting. Terutama jahe sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit maag karena maag meningkatkan sekresi lendir.

Daun kemangi

Daun kemangi memiliki senyawa karminatif yang dapat memberikan efek menenangkan pada sistem tubuh Anda. Inilah alasannya kenapa daun kemangi sering digunakan untuk membantu meringankan dari gas, keasaman tinggi, dan mual dengan cepat.

Kayu manis

Kayu manis memiliki manfaat besar bagi kesehatan sistem pencernaan Anda terutama karena kayu manis bertindak sebagai antasid. Ini sangat efektif terhadap kembung dan perut kembung.

Buttermilk

Buttermilk memiliki asam laktat yang membuat buttermilk menjadi pengobatan rumahan yang efektif untuk mengatasi asam lambung.