Bingung Mengatasi Jerawat Pada Kulit Sensitif? Ini Tipsnya Untuk Anda

Anda memiliki kulit wajah sensitif? tentu harus berhati-hati jika ingin menggunakan kosmetik atau produk kecantikan apapun pada wajah Anda, sebab kulit sensitif sangat mudah iritasi.

Kemungkinan terkena jerawat juga bisa terjadi pada kulit sensitif sekalipun. Tidak ada yang menginginkan kulit sensitifnya diserang jerawat, tapi jika ini terjadi maka Anda perlu mengikuti tips-tips berikut untuk mengatasi jerawat pada kulit sensitif Anda.

Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Sensitif

Jerawat bisa saja muncul pada setiap jenis kulit, terutama pada kulit wajah berminyak. Namun kulit sensitif juga bisa terkena masalah jerawat ini.

Produk-produk untuk wajah yang mengobati jerawat mungkin menggunakan bahan aktif kimia yang efektif mengobati jerawat pada setiap jenis kulit, namun kebanyakan produk anti jerawat mungkin akan memberi dampak berbeda jika digunakan pada kulit sensitif.

Kulit sensitif akan mengalami reaksi yang buruk atau iritasi ketika menggunakan produk anti jerawat apabila digunakan secara sembarangan, selain itu tidak semua produk anti jerawat yang umum baik untuk kulit sensitif. Hal ini membuat semakin sulit menyembuhkan jerawat pada kulit sensitif.

Tapi jangan bingung dulu, disini ada beberapa tips yang perlu menjadi perhatian Anda bagaimana mengatasi jerawat pada kulit Anda yang sensitif. Berikut ini tips-tipsnya :

Gunakan pembersih wajah bebas sabun

Menjaga kebersihan wajah adalah hal penting terutama ketika Anda mengalami masalah jerawat. Untuk kulit sensitif sangat dianjurkan untuk selalu memilih pembersih wajah yang bebas sabun. Pembersih wajah bebas sabun aman untuk kulit sensitif, membantu membersihkan kulit tanpa membuat kulit sensitif menjadi iritasi.

Pembersih wajah bebas sabun memungkinkan Anda untuk mempertahankan pH kulit Anda dengan lembut juga menghindari pengelupasan akibat scrub yang keras.

Kulit sensitif lebih mudah iritasi ketika digosok dengan bahan yang keras atau kasar seperti scrub, bahkan dapat menyebabkan jerawat muncul lebih banyak.

Menggunakan toner atau penyegar bebas alkohol

Toner yang berbahan dasar alkohol sebaiknya Anda hindari sebab ini merupakan bahan yang keras pada kulit sensitif Anda. Toner bebas alkohol akan melembutkan, memurnikan dan mengencangkan kulit Anda tanpa bersifat keras pada kulit.

Jika Anda ingin menggunakan bahan alami, toner dari mentimun atau air mawar dapat membantu Anda mengatasi jerawat dan tentunya tidak sulit Anda dapatkan atau bisa Anda buat sendiri dirumah.

Micellar water

Beberapa produk make up atau kosmetik telah ada yang diciptakan khusus untuk kulit sensitif. Sehingga Anda tetap dapat menggunakan riasan meski memiliki kulit sensitif.

Nah ketika ingin membersihkan kulit wajah Anda dari sisa make up atau riasan sebaiknya hindari menggunakan pembersih wajah yang berbahan minyak, sebab minyak dapat memperberat kulit wajah Anda bahkan dapat menyebabkan ruam dan memperbanyak timbulnya jerawat.

Menggunakan Micellar Water dapat menjadi pilihan yang baik untuk menghapus make up Anda. Beberapa diantaranya ada yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Micellar Water menghapus semua make up atau riasan di wajah Anda dengan lembut dan tidak khawatir menimbulkan iritasi.

Menghindari paparan sinar matahari

Menghindari terkena sinar matahari langsung terutama pada terik matahari berlaku untuk semua jenis kulit. Namun efek dari paparan sinar matahari dapat menjadi lebih buruk pada kulit sensitif.

Akumulasi melanin terjadi sangat cepat dan dapat menyebabkan ruam yang parah dan noda. Solusinya adalah menggunakan tabir surya yang ringan dengan SPF tinggi serta non-komedogenik.

Menghindari keluar rumah ketika matahari sedang terik, menggunakan topi, payung atau penutup kepala untuk melindungi wajah agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari.

Menghindari produk wajah yang beraroma atau mengandung wewangian

Produk wajah yang mengandung wewangian atau beraroma sama sekali tidak cocok untuk kulit sensitif. Malah dapat mengiritasi kulit sensitif. Maka Anda harus teliti memeriksa label kemasan produk kecantikan atau perawatan kulit wajah sebelum membelinya.

Jika Anda tetap ingin membelinya cobalah untuk melakukan tes sedikit pada kulit Anda untuk melihat apakah ada menimbulkan reaksi atau tidak.

Menghindari produk berbahan botani

Bahan-bahan alami botanikal baik untuk perawatan kulit pada sebagian besar jenis kulit. Tapi mungkin tidak akan cocok untuk kulit sensitif. Kenapa? produk-produk yang mengandung ekstrak botani, esensi herbal dan minyak esensial dapat menimbulkan iritasi sehingga tidaklah cocok untuk jenis kulit sensitif.

Maka sebaiknya Anda tidak menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan ini.

Gunakan dosis yang paling ringan Benzoil peroksida

Benzoyl peroksida sering terdapat dalam produk yang digunakan untuk mengobati jerawat, karena memberi efek mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekas luka atau bekas jerawat.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif tidak cocok menggunakan Benzoil peroksida ini pada dosis yang tinggi. Untuk itu agar Anda dapat menggunakannya dengan aman sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter kulit.

Namun umumnya untuk kulit sensitif boleh menggunakan Benzoil peroksida dengan dosis ringan yaitu 2,5% dan maksimal 10% dari itu. Juga jangan menambahkan produk perawatan lain pada daerah yang diolesi Benzoil peroksida atau Retinol, karena terlalu banyak untuk kulit Anda.

Biarkan bekerja pada kulit wajah dengan mendiamkannya selama 4 sampai 5 jam lalu bersihkan kulit wajah Anda.

Menjauhi vitamin C

Ini mungkin terdengar aneh bukan?. Anda sering mendengar bahwa vitamin C sangat bagus untuk tubuh dan kulit tapi ternyata tidak cocok untuk kulit sensitif yang berjerawat.

Vitamin C adalah produk yang keras jika diterapkan pada kulit sensitif yang bahkan dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah. Jika Anda ingin menggunakan vitamin C untuk mencerahkan wajah sebaiknya Anda menggunakan alternatif lain yang lebih ringan seperti asam kojic yang aman tanpa mengiritasi kulit.

Menggunakan pelembab yang menenangkan

Kulit wajah sensitif juga membutuhkan pelembab seperti halnya dengan jenis kulit lainnya. Namun apa yang perlu Anda ingat adalah bagaimana memilih jenis pelembab wajah yang tepat.

Cobalah untuk menggunakan pelembab wajah yang lembut, bebas minyak dan non-komedogenik. Ini dapat membantu mengurangi seksresi sebum dan memudarkan noda.

Pilihlah produk berbahan gel jika krim tidak sesuai dengan Anda. Hindari menggunakan pelembab terlalu banyak karena itu juga dapat berlebihan bagi kulit.

Melakukan kegiatan membersihkan wajah secara rutin setiap hari sesuai dengan tips-tips ini akan membantu Anda menghilangkan jerawat dengan kulit sensitif Anda.