Cara Alami Untuk Menurunkan Kolesterol

Pola makan yang tidak sehat sering memicu ketidakseimbangan dalam tubuh yang berakibat pada timbulnya penyakit. Beberapa penyakit serius menjadi populer sekarang ini yang rata-rata diakibatkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti penyakit kanker, jantung, stroke dan lain-lain.

Kolesterol tinggi adalah salah satu kondisi yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Kolesterol tinggi dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan menu harian serta olahraga secara teratur. Menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan cara alami, berikut selengkapnya.

Fungsi Kolesterol

Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh yaitu menjaga dinding sel fleksibel dan diperlukan untuk menghasilkan beberapa hormon yang dibutuhkan tubuh.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika kolesterol menjadi terlalu banyak atau kolesterol berada di tempat yang salah sehingga dapat menciptakan masalah.

Kolesterol tidak larut dalam air dan membutuhkan molekul-molekul lipoprotein untuk membawa kolesterol, lemak dan vitamin untuk larut dalam darah.

Lipoprotein terdiri dari beberapa jenis dengan memberikan efek yang berbeda pada kesehatan. Low-density lipoprotein (LDL) dapat menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Ini sering juga kita dengar sebagai kolesterol jahat.

High-density lipoprotein (HDL) sebaliknya, membantu membawa kolesterol dari dinding pembuluh darah dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh LDL. Kita kenal sebagai kolesterol baik.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Jahat

Fokus pada lemak tak jenuh tunggal

Dibandingkan dengan lemak jenuh, lemak tak jenuh memiliki setidaknya satu ikatan kimia ganda yang mengubah cara mereka terhadap penggunaannya dalam tubuh. Makanan dengan tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal mampu mengurangi kadar kolesterol yang berbahaya (LDL) namun tetap menjaga kadar kolesterol sehat (HDL) dengan lebih baik.

Secara keseluruhan lemak tak jenuh tunggal itu sehat karena lemak ini mengurangi kolesterol LDL berbahaya, meningkatkan kolesterol baik HDL dan mengurangi oksidasi berbahaya.

Sumber makanan lemak tak jenuh tunggal :

  • Buah zaitun dan minyak zaitun
  • Minyak kanola
  • Kacang pohon seperti almond, walnut,pecan, hazelnut dan kacang mete
  • Alpukat

Lemak tak jenuh ganda terutama omega-3

Lemak tak jenuh ganda memiliki beberapa ikatan rangkap yang membuat perilaku berbeda dari lemak jenuh dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh ganda mengurangi kolesterol buruk atau LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Lemak tak jenuh ganda tampaknya juga mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Lemak tak jenuh ganda terutama omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 terdapat pada makanan laut dan suplemen minyak ikan. Lemak omega-3 ditemukan dalam jumlah tinggi pada ikan berlemak seperti salmon, makarel, herring dan tuna laut, untuk tingkat yang lebih rendah dapat ditemukan dalam kerang dan udang.

Sumber omega-3 lainnya adalah biji-bijian dan kacang pohon tetapi bukan kacang tanah.

Menghindari lemak trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi oleh proses yang disebut hidrogenasi. Hal ini dilakukan untuk membuat lemak jenuh dalam minyak nabati lebih stabil sebagai bahan makanan. Mentega dan margarin terbuat dari sebagian minyak terhidrogenasi.

Lemak trans sebagian hidrogenasi ditangani secara berbeda di dalam tubuh dibandingkan dari lemak lainnya dan tidak dalam cara yang baik. Meningkatkan LDL yang tidak baik dan menurunkan HDL yang bermanfaat sebanyak 20 persen.

Menghindari produk yang terdapat dalam label kemasannya mengandung minyak sebagian hidrogenasi (partially hydrogenated oil), sebab itu merupakan lemak trans.

Mengkonsumsi serat larut

Serat larut adalah sekelompok senyawa dalam tanaman yang larut dalam air dan tidak dapat dicerna dengan mudah. Bakteri menguntungkan yang hidup di usus dapat mencerna serat larut. Bakteri ini membutuhkan serat larut sebagai nutrisinya yang juga baik untuk usus.

Bakteri baik yang disebut probiotik mampu mengurangi lipoprotein yang berbahaya yaitu LDL dan VLDL. Beberapa sumber makanan terbaik dengan serat larut adalah kacang-kacangan, kacang polong dan lentil, serta biji-bijian dan gandum.

Suplemen serat seperti psyllium juga merupakan sumber serat larut yang aman dan murah.

Olahraga

Olahraga adalah yang terbaik bagi kesehatan jantung. Tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran dan membantu mengurangi obesitas namun juga dapat mengurangi LDL yang berbahaya dan meningkatkan HDL yang bermanfaat.

Dalam satu penelitian menemukan bahwa olahraga latihan ketahanan yang dikombinasikan dengan aerobik selama dua belas minggu menurunkan LDL berbahaya dan kelebihan berat badan pada perempuan.

Bahkan olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan juga dapat meningkatkan HDL yang baik bagi tubuh. Olahraga secara intens dan lebih lama akan semakin meningkatkan manfaatnya.

Menurunkan berat badan

Makanan mempengaruhi cara tubuh untuk menyerap nutrisi dan menghasilkan kolesterol. Penurunan berat badan memberikan manfaat ganda pada kolesterol dengan meningkatkan HDL bermanfaat dan menurunkan LDL yang berbahaya.

Tidak merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Salah satunya dengan mengubah cara tubuh menangani kolesterol. Sel kekebalan tubuh pada perokok tidak mampu mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh ke darah untuk dibawa ke hati.

Kerusakan ini dipengaruhi oleh tar yang terdapat pada tembakau bukan pada kandungan nikotin. Sel-sel kekebalan tubuh yang disfungsional ini berkontribusi untuk meningkatkan resiko arteri tersumbat pada perokok.

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengatasi efek berbahaya ini.

Menggunakan alkohol dalam moderasi

Jika digunakan dalam moderasi, etanol pada minuman beralkohol meningkatkan HDL dan mengurangi resiko penyakit jantung. Alkohol juga meningkatkan ‘pengangkutan kolesterol terbalik’ yang berarti kolesterol dikeluarkan dari dinding darah dan pembuluh darah kemudian dibawa kembali ke hati.

Hal ini mengurangi resiko tersumbatnya arteri dan penyakit jantung. Meskipun demikian terlalu banyak alkohol malah dapat mengganggu hati dan meningkatkan resiko ketergantungan. Batas yang direkomendasikan adalah hanya boleh minum dua kali untuk pria dan satu kali untuk wanita dalam sehari.

Sterol dan stanol

Tanaman stanol dan sterol adalah kolesterol versi tanaman. Karena menyerupai kolesterol dan diserap dari makanan seperti kolesterol. Namun karena bagian kimia yang berbeda dari kolesterol manusia maka tidak memberikan kontribusi pada penyumbatan arteri.

Sebaliknya tanaman sterol dan stanol ini mengurangi kadar kolesterol dengan menyaingi kolesterol manusia. Sejumlah kecil tanaman stanol dan sterol secara alami ditemukan dalam minyak nabati dan juga beberapa ditambahkan ke dalam minyak sayur dan pengganti mentega tertentu.

Suplemen

 

Suplemen minyak ikan dan serat larut meningkatkan kolesterol baik dan kesehatan jantung. Ada suplemen lain yang juga memiliki manfaat yang sama yaitu koenzim Q10.

Koenzim Q10 adalah senyawa kimia dari makanan yang membantu sel menghasilkan energi. Hal ini mirip dengan vitamin A. Tambahan Q10 dalam bentuk suplemen mungkin memiliki manfaat ke tubuh. Contohnya bermanfaat mengobati gagal jantung. Meskipun ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kesimpulannya adalah bahwa kita bukan hanya berfokus pada penurunan kolesterol jahat tetapi sebaiknya juga meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Karena tubuh juga membutuhkan kolesterol dalam tingkat tertentu.