Cara Mudah Basmi Kutu Kucing Di Rumah

Kebanyakan orang memelihara hewan peliharaan dirumah mereka. Kucing dan anjing adalah hewan peliharaan yang umum dipelihara orang-orang. Memelihara hewan juga harus dengan komitmen, tidak hanya sekedar memberinya makan tapi harus menjaga dan memperhatikan kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan Anda.

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing sangat rentan terkena kutu apabila kesehatan dan kebersihannya tidak terjaga. Kutu adalah hewan parasit yang sangat mengganggu, bahkan bisa mengganggu manusia juga. Kutu kucing sangat kecil dan dapat berpindah cepat dengan melompat. Ini juga dapat menggigit manusia.

Gigitan kutu kucing pada manusia sangat mengganggu karena meninggalkan rasa gatal yang sangat dan sulit untuk di sembuhkan. Bahkan jika kutu tidak segera dibasmi akan dapat menyebar dan berkembang biak menjadi petaka.

Jika Anda sedang kewalahan menghadapi serangan kutu kucing dirumah maka beberapa cara ini mungkin dapat membantu Anda.

Cara Mudah Basmi Kutu Kucing di rumah

Kutu kucing adalah masalah yang umum ditemui pada kucing peliharaan. Bahkan meskipun kucing terlihat sehat dan baik-baik saja tapi terkadang tidak dapat terhindar dari serangan kutu. Kutu dengan tubuh kecilnya dapat berkembang dan ditemukan hampir dimana-mana.

Suhu tubuh kucing yang hangat dan lembab sangat disukai oleh kutu sehingga membuat kutu berkembang biak dengan sangat cepat. Karena itulah kutu kucing sering sembunyi dan menggigit kucing yang membuat kucing Anda sering menggaruk badannya.

Untuk membersihkan kucing dari kutu yang membandel ada banyak pilihan obat yang tersedia bebas di toko hewan. Tapi obat-obatan untuk kutu kucing dapat memberikan efek samping bagi kucing kesayangan Anda.

Anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara sederhana dan pastinya lebih alami untuk mengatasi masalah kutu ini. Berikut beberapa caranya :

Gunakan sisir kutu

Sisir kutu sangat berguna untuk mengusir kutu kucing Anda. Gigi sisir kutu yang sangat rapat dan halus membantu menghilangkan hama kecil ini dengan menyisir daerah sekitar ekor, tengkuk, di bawah kaki dan bagian perut kucing Anda. Namun Anda perlu berhati-hati agar jangan sampai kutu kucing berpindah dan lompat kemana-mana.

Untuk itu Anda perlu melakukan hal ini sebelumnya yaitu tuangkan sabun cuci beraroma lemon dalam mangkuk yang berisi air hangat. Rendam sisir kutu dalam larutan tersebut lalu Anda sudah bisa mulai menyisir bulu kucing Anda. Lakukan cara ini setidaknya sekali dalam sehari selama setiap hari terutama setiap kali kucing Anda pulang dari luar rumah.

Setelah menyisir kucing Anda dengan sisir kutu, jangan lupa untuk selalu pastikan sisir kutu kucing Anda tidak ada tersisa telur, larva atau kutu disela-sela giginya. Rendam sisir kutu ke dalam air untuk benar-benar menghilangkan telur, larva atau kutu di sisir.

Setelah sisir bersih sebaiknya Anda segera memandikan kucing Anda agar lebih bersih. Perhatikan ketika memandikan kucing agar tidak memandikan kucing Anda pada suhu udara yang dingin.

Kalung anti kutu

Menggunakan kalung anti kutu pada kucing Anda dapat membantu melindungi kucing dari serangan kutu. Ada dua jenis kalung anti kutu untuk kucing yang beredar di pasar yaitu kalung anti kutu yang memancarkan gas beracun bagi kutu yang membunuh kutu sekaligus mengusirnya dari tubuh kucing Anda.

Sementara kalung anti kutu yang lain melepaskan zat yang meresap ke lapisan lemak pada kulit kucing yang mencegah kutu hinggap atau berkembang dalam tubuh kucing.

Jika Anda tidak ingin menggunakan kalung anti kutu yang menggunakan bahan kimia, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri dengan lebih alami. Yang Anda perlukan adalah katun atau nilon untuk dijadikan kalung. Campurkan 1 sendok teh vodka tanpa rasa dan 1 tetes minyak esensial geranium. Tuangkan di kalung dan biarkan kering. Pakaikan ke kucing Anda. Teteskan kembali secara teratur setiap minggu.

Hentikan penggunaan kalung jika terjadi reaksi alergi pada kucing Anda dan segera membawa kucing Anda ke Dokter hewan.

Sabun cuci piring cair

Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring cair untuk mengatasi kutu pada kucing dan disekitar rumah Anda. Sabun cuci piring cair juga dapat membasmi kutu secara keseluruhan. Ini sangat berguna untuk anak-anak kucing.

Caranya adalah isi setengah mangkuk dengan air hangat yang telah diberi sabun cuci piring cair dan letakkan wadah tersebut tepat dibawah cahaya lampu malam. Kutu yang tertarik terhadap cahaya hangat akan melompat kearah lampu namun akhirnya akan jatuh dan tenggelam kedalam air.

Anda dapat membersihkan mangkuk ini keesokan paginya. Ulangi proses ini setiap hari sampai kucing Anda tidak lagi berkutu.

Atau Anda dapat meletakkan atau mendudukkan kucing Anda dengan air hangat yang telah dilarutkan sabun cuci piring cair yang berbahan ringan atau dengan wangi lemon. Biarkan kucing Anda berdiam di wadah yang berisi larutan tersebut sekitar 5 sampai 10 menit. Kutu akan jatuh saat Anda membilas kucing Anda dengan menggunakan air sabun tersebut.

Anda dapat melakukan cara ini beberapa kali atau setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu atau dua minggu.

Cuka sari apel

Cuka sari apel sangat efektif menghilangkan kutu dari tubuh kucing kesayangan Anda. Kutu tidak menyukai bau dan rasa cuka sari apel sehingga kutu menghindari kucing yang berbau cuka sari apel ini. Dan Anda tidak perlu khawatir terhadap kucing Anda karena cuka sari apel tidak beracun bagi kucing.

Caranya campur cuka sari apel dengan air dalam perbandingan yang sama dalam botol semprot. Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan 2 atau 3 tetes minyak esensial lavender atau minyak cedar sebagai campurannya.

Semprotkan larutan ini ke bulu kucing Anda dan harus Anda ingat agar pastikan untuk menghindari penyemprotan di daerah mata, telinga dan hidung kucing Anda. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari.

Semprot juga larutan ini ke daerah-daerah rumah Anda yang hangat dan lembab, ke lantai, furnitur dan tempat lain yang Anda duga terdapat kutu. Lakukan setiap hari atau saat Anda perlukan.

Diatomaceous Earth

Diatomaceous Earth atau dikenal dengan DE dapat membantu mengatasi kutu kucing. Ini aman untuk kucing Anda jadi Anda tidak perlu khawatir. Taburkan bubuk DE tipis saja pada bulu kucing dan gosok secara menyeluruh ke badan kucing Anda. Pastikan agar bubuk ini tidak terkena mata, hidung dan telinga kucing Anda.

Anda juga bisa menaburkan bubuk DE ini ke seprai Anda dan furnitur rumah Anda. Gunakan sekali sehari pada kucing Anda dan seminggu sekali pada seprai atau furnitur rumah Anda.

Ingatlah agar Anda selalu memakai masker dan sarung tangan ketika akan menaburkan bubuk ini dan jangan menggunakan bubuk ini secara berlebihan pada kucing Anda.

Lemon

Asam sitrat dalam lemon atau jeruk nipis merupakan pembunuh kutu yang alami. Tidak hanya membunuh kutu tetapi juga beserta telurnya. Potong lemon atau jeruk nipis dengan 1 atau 2 irisan tipis lalu letakkan dalam panci yang berisi air dan biarkan mendidih di atas kompor. Matikan setelah mendidih dan biarkan semalaman. Besoknya Anda bisa memindahkan larutan ini ke dalam botol semprot.

Semprot larutan pada bulu dan kulit kucing Anda, tetap jangan lupa untuk menghindari semprotan ke daerah mata, telinga dan hidung kucing. Sisir dengan sisir kutu. Larutan ini juga dapat disemprotkan ke seprai atau tempat lain yang diduga terdapat kutu.

Garam

Air garam halus dapat mengeringkan tubuh kutu dan membunuh mereka. Juga membunuh telur, larva dan kutu dewasa keseluruhan. Garam menarik kelembaban dan kutu tidak suka tempat yang terlalu lembab.

Taburkan garam halus secara tipis dan merata pada karpet, lantai kayu dan daerah lain di rumah Anda. Diamkan selama 12 sampai 48 jam, lalu bersihkan secara menyeluruh. Lakukan teratur setidaknya selama seminggu.

Bersihkan rumah Anda secara teratur

Kutu dapat meletakkan telurnya dimana saja. Jadi salah satu cara terbaik untuk memberantasnya adalah dengan membersihkan rumah Anda secara menyeluruh dan teratur. Anda bisa menggunakan penyedot debu beberapa kali dalam seminggu untuk menghilangkan telur, larva dan kutu dewasa. Terutama daerah dimana kucing Anda suka berkeliaran dan beristirahat.

Cuci kain dan barang-barang yang digunakan untuk hewan peliharaan Anda dengan menggunakan air panas dan keringkan dibawah terik matahari. Termasuk juga bersihkan tempat-tempat atau kain yang suka ditiduri kucing Anda.

Tips

  • Bersihkan lantai dan dinding rumah Anda setiap hari.
  • Memotong rumput secara teratur untuk mencegah perkembangan kutu.
  • Mandikan dan sisir kucing Anda secara teratur dan jangan lupa untuk memeriksa apakah masih ada kutu pada kucing Anda setelah mandi.
  • Jangan terapkan perawatan topikal jika kucing Anda hamil.
  • Jangan biarkan kucing Anda makan bawang putih.
  • Jangan menggunakan perawatan topikal yang digunakan untuk anjing pada kucing Anda.