Cara Mudah Menghilangkan Bulu Atau Rambut Halus Yang Tidak Diinginkan Di Tubuh

Tumbuhnya bulu atau rambut halus di beberapa tempat dalam tubuh adalah hal yang normal namun bagi sebagian orang merasa terganggu dengan bulu atau rambut halus yang tumbuh di tempat-tempat tertentu dalam tubuh.

Misalnya bulu tangan, bulu kaki, bulu ketiak dan biasanya dalam hal ini wanita lebih merasa terganggu dengan hadirnya bulu-bulu ini dibandingkan laki-laki.

Anda mungkin dapat menjumpai produk-produk yang membantu menghilangkan bulu halus atau rambut halus yang dijual bebas di pasar. Tapi produk itu mengandung bahan kimiawi yang beresiko menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Disini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda praktekkan dirumah Anda tanpa khawatir iritasi akibat bahan kimia. Tetap disini ya untuk mengetahui cara-caranya.

Cara Menghilangkan Bulu Atau Rambut Halus Yang Tidak Diinginkan Di Tubuh

Alasan mengapa beberapa orang merasa tidak nyaman dengan bulu-bulu di tubuh adalah karena estetika atau mengganggu penampilan. Namun beberapa bulu memang lebih baik dibersihkan atau dihilangkan karena baik untuk kesehatan dan kebersihan tubuh seperti bulu di ketiak dan di bagian sensitif wanita dan pria.

Penyebab Rambut halus Atau Bulu Tumbuh

Pertumbuhan rambut yang tidak normal atau tidak diinginkan dalam istilah medis dikenal dengan hirsutisme. Masalah ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Berdasarkan jurnal dermatologi India, hirsutisme mempengaruhi pada 5 sampai 10 persen wanita. Wanita dengan rambut hitam lebih cenderung memiliki banyak rambut daripada wanita yang memiliki pigmentasi rambut lebih terang atau rambut pirang. Hal ini juga cenderung diwarisi dalam keluarga.

Tapi masalah tumbuh banyak rambut ini juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh atau pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu.

Misalnya masalah kesehatan seperti Sindrom Ovarium Polikistik, ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dalam tubuh. Kanker atau tumor kelenjar adrenal atau indung telur juga bisa menjadi penyebabnya, tapi kasus ini sangat jarang.

Cara Menghilangkannya

Rambut-rambut halus atau bulu dapat tumbuh di area wajah, tangan atau lengan, kaki, ketiak dan area intim wanita maupun pria. Meskipun banyak produk yang tersedia di pasar untuk membantu menghilangkan rambut halus di tubuh namun tidak sedikit produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan resiko efek samping seperti iritasi.

Jika Anda lebih ingin menggunakan cara alami yang tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan resiko iritasi, Anda dapat menggunakan beberapa caranya dibawah ini :

Gula dan Madu

Anda dapat membuat lilin atau wax sendiri dirumah untuk mengangkat bulu atau rambut halus yang pastinya lebih aman dan lebih murah yaitu dengan campuran gula dan madu.

Gula berguna sebagai agen eksfoliasi yang sangat baik. Saat mengangkat sel-sel kulit mati gula juga menghilangkan kelebihan rambut. Ditambah dengan khasiat madu yang menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan melembabkan kulit. Madu juga mampu mengurangi resiko infeksi, iritasi atau ruam pada kulit.

Kombinasi keduanya akan memberi manfaat ganda yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda tanpa harus menyakitkan.

Caranya :

– Masukkan 3 sendok makan gula dan 1 sendok makan madu dalam mangkuk yang aman microwave, atau Anda dapat memanaskannya dengan cara biasa yaitu di atas kompor dengan api kecil.
– Panaskan campuran ini selama beberapa detik dalam microwave sampai gula benar-benar larut sepenuhnya.
– Keluarkan campuran dari microwave atau dari api kompor dan tambahkan 1 sendok teh air lemon lalu aduk rata.
– Tunggu sampai campuran terasa tidak terlalu panas atau masih sedikit hangat.
– Oleskan campuran yang masih sedikit hangat ini pada daerah yang ditumbuhi bulu yang tidak diinginkan.
– Taruh campuran madu dan gula yang telah dicairkan tersebut diatas waxing strip, tekan di bagian kulit yang bermasalah lalu tarik ke arah berlawanan dari pertumbuhan rambut.
– Setelah itu bersihkan kulit dengan air dingin, tepuk ringan kulit Anda dengan handuk atau kain bersih untuk mengeringkannya, lalu gunakan pelembab ringan.

Sugaring

Sugaring adalah teknik lain yang efektif untuk menghilangkan rambut halus atau bulu di tubuh Anda, ini juga bagus untuk menghilangkan rambut halus diwajah Anda juga.

Caranya :

– Letakkan seperempat gelas air dalam panci dan panaskan di atas kompor.
– Ketika air sudah panas tambahkan 2 gelas gula dan seperempat gelas jus lemon atau air lemon.
– Aduk rata dengan menggunakan spatula.
– Tunggu sampai mendidih, kecilkan api dan biarkan campuran mendidih kembali sampai berubah warna menjadi kuning.
– Angkat panci dari kompor dan dinginkan.
– Taburkan bedak bayi dikulit yang ditumbuhi rambut lalu oleskan campuran yang telah berbentuk pasta kental ini.
– Letakkan campuran di atas waxing strip, aplikasikan ke kulit berbulu dan biarkan selama beberapa menit.
– Kemudian tarik strip yang menempel dikulit dengan arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut.

Anda boleh melakukannya ketika dibutuhkan tapi tidak dianjurkan jika dilakukan lebih sering. Sisa campuran itu bisa Anda simpan di wadah kedap udara dan dapat Anda pergunakan kembali ketika dibutuhkan.

Putih telur

Putih telur berguna untuk mengangkat rambut halus atau bulu yang tidak Anda inginkan terutama rambut halus disekitar wajah. Putih telur bekerja sebagai bahan yang sangat baik digunakan untuk masker pengelupasan sel-sel kulit mati sekaligus mengangkat kotoran dan rambut halus di wajah.

Berikut caranya :

– Kocok putih telur dari 1 butir telur.
– Tambahkan satu sendok makan gula dan setengah sendok makan tepung jagung lalu aduk rata.
– Setelah tercampur rata, oleskan campuran pada bagian tubuh yang ditumbuhi bulu.
– Biarkan kering selama 15 sampai 20 menit lalu kelupas atau gosokkan putih telur yang telah menempel di kulit Anda tersebut.
– Setelah itu cuci bersih daerah kulit tersebut dengan air.
– Anda bisa mengulangi kembali proses ini bila diperlukan.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa cara ini kurang efektif pada bulu atau rambut yang sangat tebal.

Pepaya

Enzim papain dalam pepaya membantu menghentikan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dengan memecah folikel rambut dari tempat tumbuhnya rambut.

Selain itu papain membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Satu penelitian tahun 2007 yang diterbitkan oleh International Journal of Pharmaceutics bahwa papain krim memberi efek menghilangkan rambut secara signifikan yang lebih tinggi daripada papain gel dalam menghilangkan bulu pada hewan percobaan yaitu tikus.

Pepaya yang telah dipotong tersebut dibuang kulitnya dan menggiling dagingnya sampai berbentuk pasta halus.

– Campurkan 2 sendok makan pasta pepaya tadi dengan setengah sendok teh bubuk kunyit.
– Oleskan pasta pepaya ini pada daerah yang ditumbuhi bulu.
– Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.
Anda dapat mengulangi cara ini paling tidak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil.

Tepung Gram

Tepung gram dapat Anda gunakan untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di tempat yang tidak Anda inginkan. Sifat tepung gram yang sedikit kasar bekerja sebagai agen pengelupasan kulit yang bagus.

Selain itu tepung gram juga dapat menyerap kotoran yang menyumbat pori-pori kulit Anda, membantu melonggarkan rambut di folikelnya serta menghilangkan rambut tambahan yang dapat muncul.

Caranya :

– Masukkan satu sendok makan tepung gram dan seperempat sendok teh bubuk kunyit dalam sebuah mangkuk.
– Campur sedikit susu ke dalamnya atau sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta kental.
– Oleskan pada area tubuh Anda yang ditumbuhi bulu dan tunggu sampai kering.
– Setelah kering gosok pasta yang telah kering di kulit Anda dengan menggunakan jari tangan Anda yang telah dibasahi air, jangan lupa untuk menggosoknya dengan arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut Anda.
– Bilas kulit dengan air dingin.

Anda dapat melakukan cara ini secara teratur dua kali dalam seminggu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bulu atau rambut halus yang tumbuh di daerah yang tidak diinginkan, tidak sulit bukan membuatnya?.