Cara Untuk Mendapatkan Kulit Lembut Dan Lembab

Memiliki kulit lembut dan lembab adalah idaman semua wanita. Jangan khawatir andapun bisa memilikinya. Hanya melakukan perawatan rutin harian anda bisa mendapatkan hasil yang seperti anda inginkan. Apa saja perawatan yang bisa anda lakukan?. Berikut ini selengkapnya.

Cara Mendapatkan Kulit Lembut dan Lembab

Air panas dapat menghilangkan kelembaban kulit kita. Jadi jika anda senang mandi air panas sebaiknya anda menunggu air panas itu menjadi air hangat suam kuku. Dan cobalah untuk tidak sering-sering mandi air hangat.

Nah dibawah ini adalah cara-cara yang bisa anda praktekkan dirumah anda untuk mendapatkan kulit lembut dan lembab.

Melembabkan kulit setelah mandi

Jika kulit terasa kesat, kasar dan terlihat tidak bercahaya ini berarti kulit anda membutuhkan kelembaban. Aplikasikan lotion pelembab tubuh setelah anda selesai mandi.

Atau jika anda menginginkan kelembaban ekstra anda bisa mengaplikasikan minyak tubuh yang memberikan kelembaban pada kulit seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond. Lalu lanjutkan dengan menggunakan lotion.

Jika anda menggunakan minyak zaitun hindari keluar rumah agar tidak terkena sinar matahari langsung. Minyak zaitun jika terkena sinar matahari dapat membuat kulit anda kering dan terlihat seperti gosong. Akan lebih aman jika anda menggunakan minyak zaitun saat malam hari.

Untuk kulit wajah anda dapat menggunakan pembersih wajah dengan berbahan minyak.

Scrub wajah mingguan

Scrub wajah dan tubuh anda setidaknya seminggu sekali untuk mengelupas kulit mati sehingga memudahkan tubuh menyerap pelembab secara efektif. Anda dapat menggunakan scrub alami yang tersedia di dapur anda seperti scrub menggunakan garam atau gula kasar yang dicampur dengan minyak pelembab tubuh.

Menggosok lembut scrub ini pada saat kulit masih kering sebelum anda mandi. Diikuti dengan rutinitas mandi anda seperti biasa dan menggunakan pelembab setelah mandi. Ini dapat membantu meringankan kulit kering anda.

Humidifier

Tinggal di iklim tropis dan kering dapat menguras kelembaban kulit anda. Meletakkan humidifier di ruangan rumah anda dapat membantu meningkatkan kelembaban dan membuat kulit anda menjadi lembut.

Humidifier adalah alat untuk pelembab udara yang menyemprotkan uap air ke udara agar mengikat bakteri dan virus serta menyeimbangkan kelembaban pada ruangan dengan udara kering atau ruangan ber-AC.

Anda bisa menggunakan minyak esensial atau minyak aromaterapi khusus untuk humidifier. Selain melembabkan udara, menghilangkan virus dan bakeri, anda juga mendapat keuntungan lain yaitu menenangkan atau merilekskan pikiran anda.

Perawatan pada wajah

Jangan menggunakan sabun badan sebagai pembersih wajah anda, sebab sabun badan tidak memiliki kelembaban yang sama dengan wajah anda butuhkan. Sabun mandi mengeringkan kulit wajah anda. Jadi sebaiknya anda menggunakan pembersih khusus yang hanya diformulasikan untuk wajah saja.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  • Gunakan masker wajah sekali seminggu
  • Scrub wajah anda sekali atau dua kali seminggu
  • Tidak menggunakan sabun badan pada wajah
  • Lembabkan wajah anda dengan krim pelembab wajah
  • Hal yang sama juga berlaku pada tubuh yaitu memberikan pelembab tubuh
  • Pilihlah pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit

Perawatan kulit tangan

Tangan dan kaki adalah anggota tubuh lain yang berpotensi besar mengalami kekeringan. Kulit yang sangat kering dapat menimbulkan kulit bersisik dan gatal. Memakai pelembab sangat dianjurkan untuk kulit tangan dan kaki anda. Terutama ketika anda beraktivitas diruangan atau udara yang kering.

Pada malam hari sebelum anda beranjak tidur jangan sampai anda lewatkan menggunakan pelembab untuk tangan dan kaki anda.

Melembutkan tumit kering dan pecah-pecah

Untuk menjaga kaki anda tetap lembut, anda membutuhkan pelembab yang ekstra di malam hari. Meletakkan pelembab dengan tebal pada kaki anda dan menutupinya dengan kaus kaki bersih sebelum beranjak tidur dan membiarkannya sampai pagi.

Melembutkan bibir

Menjilat bibir anda tidak akan melembabkannya justru malah sebaliknya dapat membuat bibir anda menjadi kering. Bibir tidak dapat mempertahankan kelembaban lebih lama daripada bagian tubuh kita yang lain. Ini menyebabkan bibir cenderung lebih cepat kering.

Menggunakan lip balm adalah pilihan yang patut anda lakukan untuk membantu melembabkan bibir anda. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari.

Pil minyak ikan

Omega-3 yang terdapat pada minyak ikan dapat menenangkan kulit yang sangat kering. Berdasarkan penelitian, orang yang mengkonsumsi pil minyak ikan memperlihatkan hasil yang signifikan dalam beberapa minggu. Bahkan terlihat peningkatan kelembaban pada kulit, termasuk rambut dan kuku.

Tips Untuk Melembabkan Tubuh Anda

Cara terbaik untuk menerapkan pelembab adalah :

Oleskan produk pelembab pada saat kulit agak basah.

Tepuk-tepuk kulit anda dengan handuk bersih setelah mandi untuk mengeringkannya, hindari menggosok kuit anda dengan handuk, sebelum anda menerapkan lotion atau minyak.

Jika anda ingin kelembaban ekstra anda dapat menggunakan minyak keseluruh tubuh dilanjutkan dengan lotion pelembab. Sedikit tips untuk anda, tepuk lembut tubuh anda yang telah dilumuri minyak dan lotion dengan handuk sebelum anda memakai pakaian. Ini untuk menghindari kelebihan minyak yang dapat menempel di pakaian.

Bagi anda yang memiliki kulit wajah kering, anda dapat menggunakan minyak pada wajah anda. Minyak kelapa, minyak zaitun ekstra virgin, minyak almond adalah beberapa pilihan untuk wajah kering anda.

Pijat wajah anda dengan kain yang telah basah oleh minyak kelapa, minyak almond atau minyak zaitun dan usapkan pada wajah anda dengan gerakan melingkar. Ini dapat menyingkirkan kulit mati anda sekaligus melembabkan kulit anda pada saat yang sama.

Minyak selain berfungsi untuk melembabkan juga menghidrasi kulit kering dan sebagai anti penuaan dini. Mungkin wajah anda akan terasa sangat berminyak pada saat pertama kali pemakaian, untuk menguranginya anda dapat menghapus kelebihan minyak dengan kapas atau kain lembut.

Minyak bayi atau minyak wijen juga dapat melembabkan kulit wajah dan tubuh yang kering.

Lotion shea butter organik adalah pilihan bagus jika anda memilih menggunakan lotion sebagai pelembab.

Sabun antibakteri atau sabun cuci seringkali keras pada tangan sehingga membuat tangan kasar dan kering. Selalu gunakan pelembab setelah anda terkena sabun anti-bakteri. Bila perlu selalu siapkan pelembab di tas anda untuk menjaga tangan anda tetap lembab dan lembut kemanapun anda pergi.