Daun Kari Berguna Untuk Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan

Daun kari atau sebutan lainnya adalah daun salam koja memiliki wangi khas yang sering digunakan pada masakan kari. Mungkin karena inilah daun ini lebih dikenal sebagai daun kari. Masyarakat Asia sering memanfaatkan daun kari sebagai bumbu masakan berempah seperti masakan berbumbu, bumbu minyak, sup dan lainnya.

Kalau Anda pecinta masakan berbumbu yang menggunakan daun kari, ini merupakan kabar baik untuk Anda. Karena daun kari menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk Anda.

Apa manfaat kesehatan yang diperoleh dengan makan daun kari?.

Manfaat Kesehatan Daun Kari

Daun kari yang memiliki aroma khas ini kaya akan sejumlah vitamin yaitu vitamin A, B, C dan B12, juga berisi kalsium, protein, asam amino, fosfor, zat besi dan serat.

Daun kari juga mengandung antioksidan, antibakteri, antikarsinogenik, antimikroba, antidiabetes. Namun manfaat yang paling besar untuk kesehatan adalah kandungan alkaloid didalamnya.

Anda bisa mendapatkan manfaat daun kari untuk kesehatan dengan menggunakan daun kari mentah atau yang kering. Minyak atsiri daun kari juga memberikan manfaat yang sama. Berikut manfaat daun kari untuk kesehatan :

Mengendalikan diabetes

Untuk Anda yang menderita diabetes sangat baik memasukkan daun kari dalam masakan Anda, sebab daun kari bermanfaat menjaga dan mengendalikan kadar gula darah Anda agar tidak naik.

Dengan melindungi dan merangsang sel pankreas dalam memproduksi insulin yang pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah. Daun kari juga dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat yang berguna untuk mengurangi resiko stres oksidatif.

Suatu penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes tahun 2006 yang diterbitkan Pharmazie, International Journal of farmasi Sciences, menemukan bahwa daun kari dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Food and Nutritional Sciences menyoroti sifat hipoglikemik dalam bubuk daun kari yang dapat mengendalikan puasa kadar glukosa darah dan postprandial antara penderita diabetes.

Anda dapat mengatasi kadar gula darah dengan mengunyah beberapa lembar daun kari yang lembut ketika perut masih kosong dipagi hari. Atau menambahkan bubuk daun kari dalam salad, sup atau masakan Anda.

Menurunkan kadar kolesterol LDL

Kolesterol LDL atau sering dikenal sebagai kolesterol jahat dapat diturunkan dengan mengkonsumsi daun kari setiap hari. Ini karena daun kari kaya antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol yang membentuk LDL.

Daun kari juga membantu tubuh meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh yang pada akhirnya melindungi tubuh Anda dari kondisi penyakit jantung, aterosklerosis yang menyebabkan kematian dini.

Penelitian yang dilakukan pada tikus obesitas tahun 2006 diterbitkan oleh American Journal of Cina Medicine mengatakan bahwa alkaloid karbazol yang terdapat dalam daun kari bekerja melawan kenaikan berat badan dan mengurangi kolesterol tubuh secara keseluruhan.

Menghilangkan radikal bebas

Daun kari kaya alkaloid karbazol yang memiliki sifat antioxidatif. Senyawa ini bekerja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat oksidatif dimana ini merupakan radikal bebas penyebab terbentuknya berbagai penyakit.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2003 mengatakan bahwa daun kari merupakan sumber yang baik antioksidan.

Dengan memasukkan daun kari dalam menu makanan harian Anda membantu mencegah penuaan dini, berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker dan penyakit kardiovaskular.

Membantu menurunkan berat badan

Daun kari membantu membersihkan tubuh dengan menghilangkan racun berbahaya dalam bentuk limbah ekskretoris yang dibuang melalui urin dan kotoran. Daun kari juga membantu membakar lemak yang tidak diinginkan dan karbohidrat dalam tubuh.

Penelitian tahun 2006 yang dilakukan pada tikus obesitas oleh American Journal of Cina Medicine menunjukkan alkaloid karbazol dalam daun kari bekerja mengurangi berat badan dan kolesterol total dalam tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka

Daun kari memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan sekaligus mengurangi resiko infeksi. Daun ini dapat mempercepat proses penyembuhan terhadap luka, ruam dan termasuk juga luka bakar.

Satu hal lagi yang menarik bahwa daun kari juga dapat mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research tahun 2010 menunjukkan bahwa daun kari kaya sifat anti-inflamasi atau anti peradangan.

Anda dapat membuat daun kari mentah yang ditumbuk dan menjadi seperti pasta dan tempelkan pada luka, ruam dan luka bakar. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga luka sembuh.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Daun kari dapat berguna untuk memperkuat akar rambut dan beberapa nutrisi dalam daun kari juga berguna untuk membantu tubuh memperbaiki akar rambut yang rusak. Vitamin B6 yang terdapat di daun kari berfungsi untuk mencegah rambut rontok.

Untuk mengaplikasikan ke rambut Anda caranya adalah mencampur sedikit bubuk daun kari dengan minyak rambut lalu oleskan ke kulit kepala Anda. Biarkan semalaman, besok paginya bilas rambut Anda. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk melihat pertumbuhan rambut.

Ada cara lain yang bisa Anda coba yaitu campur segenggam daun kari ke dalam 1 mangkuk yoghurt lalu oleskan pada rambut sambil didiamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan rambut Anda dengan air hangat. Gunakan cara ini cukup seminggu sekali.

Mengurangi rambut beruban

Daun kari membantu meningkatkan pigmentasi gelap pada rambut yang membantu menghitamkan rambut dan mengurangi rambut beruban.

Daun kari yang dicampur dengan minyak kelapa dapat berguna sebagai tonik yang bagus untuk menghitamkan rambut. Yang perlu Anda lakukan adalah panaskan segenggam daun kari segar dalam 1 sendok makan minyak kelapa hingga menjadi layu.

Saring minyaknya dan oleskan ke rambut Anda sambil dipijat lembut. Biarkan selama 30 sampai 45 menit sebelum membilasnya. Anda dapat melakukan cara ini setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Melancarkan pencernaan

Ketika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti misalnya diare, sembelit, perut kembung atau bergas dan sakit perut, Anda dapat percayakan pada daun kari untuk menyembuhkan masalah pencernaan Anda.

Daun kari baik untuk sistem pencernaan, dapat bekerja sebagai pencahar ringan yang membantu mengatur gerakan usus. Selain itu juga membantu merangsang enzim pencernaan untuk menjaga sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah pencernaan, campurkan 1 sendok teh bubuk daun kari ke dalam segelas buttermilk. Minum ketika perut masih kosong sekali sehari. Atau bisa juga Anda memakan daun kari mentah yang lembut pada perut kosong sekali sehari juga.

Mengurangi stres

Stres memang sulit untuk dihindari. Stres dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dengan cara yang buruk. Tetapi meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa mengendalikannya.

Ketika Anda merasa stres, daun kari dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Terutama aroma daun kari berguna sebagai aroma terapi yang menenangkan untuk mengobati kecemasan dan depresi.

Anda dapat menggunakan minyak atsiri daun kari sebagai aromaterapi. Teteskan 2 atau 3 tetes minyak esensial daun kari di sarung bantal tempat tidur Anda sebelum pergi tidur. Atau letakkan beberapa tetes minyak esensial dalam air mandi sebelum Anda pergi mandi.

Mengurangi Morning Sickness

Bagi Anda wanita hamil pada trimester pertama mungkin akan sering mengalami rasa mual, tidak perlu khawatir sebab daun kari dapat membantu Anda. Daun kari meningkatkan sekresi pencernaan yang membantu mengurangi mual, muntah dan morning sick. Aroma daun kari yang banyak membantu disini.

Caranya adalah :

– Ambil 1 atau 2 sendok teh jus dari daun kari segar, masukkan ke dalam mangkuk.
– Tambahkan 1 sendok teh air jeruk nipis dan sedikit gula merah.
– Aduk rata dan minum larutan ini untuk mengatasi morning sick.
– Anda dapat menggunakan cara ini seperlunya.

Tidak hanya dapat mengatasi morning sick, tapi larutan ini juga dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit karena haid, mabuk atau penyakit gonorea.