Hati-hati Makanan dan Minuman Berikut Ini Dapat Menyebabkan “Heartburn”

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami rasa panas dan tidak nyaman di perut setelah selesai makan, bahkan rasa tidak nyaman itu kita rasakan menjalar sampai ke kerongkongan. Sensasi ini dinamakan dengan Heartburn atau disebut juga dengan mulas. Beberapa jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan rasa panas dan tidak nyaman diperut.

Apa itu Heartburn

Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada yang membuat tidak nyaman. Rasa nyeri ini disebabkan oleh asam dalam esofagus. Kondisi ini dapat memburuk ketika berbaring atau menunduk.

Heartburn juga merupakan gejala asam reflux yaitu suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Biasanya asam lambung tidak dapat naik ke kerongkongan karena adanya penghalang yang disebut esophageal sphincter. Namun pada orang yang mengalami asam refluks otot ini sering melemah. Ini adalah salah satu sebab mengapa orang dengan asam reflux mengalami sakit maag.

Makanan atau minuman yang kita konsumsi sangat mempengaruhi terjadinya asam ini. Berikut ini apa saja makanan dan minuman itu.

Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak seperti alpukat, keju dan kacang-kacangan dapat menimbulkan heartburn. Juga pada makanan yang digoreng yang mengandung tinggi lemak.

Makanan ini dapat memicu heartburn dengan dua cara yaitu :

Pertama, makanan tinggi lemak dapat mengendurkan esophageal sphincter bagian bawah, yang bertugas sebagai penghalang antara kerongkongan dan perut. Jika otot ini melemah maka asam lambung dapat naik dari perut ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn.

Kedua, makanan jenis ini merangsang pelepasan hormon cholecystokinin, yang juga mengendur di esophageal bagian bawah menyebabkan asam reflux.

Mint

Mint dan Permen seperti peppermint atau permen mint lain sering dianggap menenangkan kondisi pencernaan. Namun, ada beberapa bukti bahwa permen ini dapat menyebabkan heartburn. Satu penelitian menemukan bahwa dosis tinggi peppermint berhubungan dengan gejala asam reflux.

Para peneliti meyakini bahwa peppermint dapat menyebabkan heartburn dengan mengiritasi lapisan kerongkongan. Jika anda mengalami nyeri ulu hati setelah mengkonsumsi mint sebaiknya anda menghindarinya.

Jus jeruk

Temuan menyarankan bahwa sejumlah asam dalam jus jeruk mungkin dapat menyebabkan gejala-gejala sakit maag atau asam reflux, meskipun belum dapat dijelaskan dengan pasti namun hal ini berdasarkan penelitian terhadap beberapa orang yang mengalami heartburn setelah meminum jus jeruk.

Cokelat

Seperti makanan tinggi lemak, coklat juga menyebabkan esophageal sphincter bagian bawah mengendur yang memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn. Kandungan senyawa theobromine, kafein dan serotonin dalam coklat adalah faktor pemicunya.

Makanan pedas

Makanan pedas sudah sering kita dengar menyebabkan naiknya asam lambung. Senyawa capsaicin yang terdapat pada makanan pedas memperlambat proses pencernaan. Hal ini berarti makanan yang dimakan akan tinggal lebih lama di perut sehingga berisiko untuk heartburn.

Selain itu, makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan sehingga meradang dan ini dapat memperburuk gejala heartburn. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan pedas jika memiliki sakit maag.

Garam

Garam dapur atau makanan asin adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan asam refluks yang berisiko mengalami headburn. Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan asin setidaknya 3 kali seminggu memiliki resiko 50 persen lebih tinggi terhadap asam refluks daripada orang-orang yang tidak memakan makanan asin.

Bawang

Terutama bawang mentah dapat memicu untuk terjadi heartburn. Bawang dapat mengendurkan esophageal sphincter yang menyebabkan asam reflux dan gejala sakit maag. Bawang memiliki serat yang bisa berfermentasi menyebabkan sendawa, dimana sendawa dapat memperburuk gejala asam reflux dan menimbulkan masalah pada bagian pencernaan.

Alkohol

Minuman beralkohol dapat meningkatkan jumlah asam lambung yang menimbulkan risiko heartburn serta dapat mengendurkan esophageal sphincter bagian bawah. Konsumsi alkohol berlebihan juga dapat langsung merusak lapisan kerongkongan.

Kopi

Beberapa orang mungkin mengalami sakit maag ketika minum kopi. Di duga kandungan kafein yang bertanggung jawab atas meningkatnya asam reflux yang memicu heartburn. Jika minum kopi dapat menimbulkan rasa mulas atau panas maka sebaiknya anda menghentikan dan menghindari konsumsi kopi.

Minuman bersoda dan berkarbonasi

Penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat mengendurkan esophageal sphincter dan meningkatkan asam lambung hal ini merupakan dua faktor yang menimbulkan risiko untuk heartburn. Penelitian lain juga menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minuman berkarbonasi berisiko lebih tinggi mengembangkan gejala sakit maag.

Susu

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu dapat meningkatkan produksi asam lambung yang merupakan faktor penyebab risiko untuk heartburn. Para peneliti menemukan bahwa hubungan antara susu dan heartburn adalah berkaitan dengan kandungan lemak pada susu.

Setelah mengetahui beberapa makanan dan minuman yang dapat menimbulkan heartburn atau asam reflux, maka berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meringankan heartburn.

Makanan Yang Dapat Meringankan Heartburn

Jahe

Jahe adalah obat alami untuk mual dan muntah, diyakini bahwa jahe dapat membantu menurunkan asam reflux.

Pisang dan melon

Buah-buahan ini secara alami rendah asam reflux dan sering dianjurkan untuk mengurangi asam reflux.

Sayuran hijau

Sayuran hijau secara alami memiliki kandungan rendah lemak, rendah asam dan gula. Termasuk kacang hijau, brokoli, bayam dan seledri.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang beresiko rendah terhadap asam dan tidak menyebabkan sendawa atau asam reflux.

Biji-bijian dan kentang

Mengkonsumsi biji-bijian dan kentang memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit gastroesophageal refluks.

Kesimpulannya

Menghindari makanan yang dapat menimbulkan asam reflux agar tidak beresiko terkena heartburn. Terutama bagi anda yang memiliki penyakit maag atau lambung. Namun bagi sebagian orang mungkin tidak mengalami gejala asam ketika mengkonsumsi susu, kopi atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *