Hentikan Pendarahan Dengan Cepat

Terkadang ditengah-tengah aktivitas kita sehari-hari kita bisa saja terkena luka goresan ringan atau bahkan luka berat yang mengeluarkan banyak darah. Misalnya ketika kita mau memasak makanan, saat sedang memotong sayuran dengan pisau tanpa sengaja tangan kita terkena goresan pisau.

Atau ketika kita bekerja di kantor yang berurusan dengan menggunakan banyak kertas, bisa saja tangan kita tergores bagian tipis kertas yang tajam. Kita tidak bisa menghindari apa yang sudah terjadi.

Jika yang terjadi hanya pendarahan dari luka ringan maka Anda tidak perlu terlalu khawatir dan Anda pasti dapat mengatasinya dengan mudah. Lalu apa yang perlu Anda lakukan jika yang terjadi Anda mengalami luka berat berakibat keluarnya banyak darah?.

Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah “Jangan Panik”. Panik hanya akan membuat Anda memperlambat pertolongan mengobati luka Anda.

Nah apa saja yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghentikan pendarahan dengan cepat terutama pendarahan berat?. Berikut ini adalah apa yang perlu Anda lakukan.

Bagaimana Hentikan Pendarahan Dengan Cepat

Pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan

Dalam banyak kasus, tubuh kita memiliki sistem penyembuhan sendiri untuk menghentikan pendarahan dengan cukup cepat. Namun berbeda ketika Anda mendapatkan luka yang mengeluarkan banyak darah, maka Anda harus mencoba beberapa cara seperti :

  • Gunakan sabun dan air untuk mencuci tangan Anda secara menyeluruh.
  • Jika mungkin, menggunakan sarung tangan medis adalah lebih baik tapi jika tidak Anda juga dapat menggunakan beberapa lapis kain bersih untuk menerapkan tekanan pada daerah yang terluka atau bagian yang mengeluarkan darah.
  • Pastikan Anda langsung menekan ke bagian yang luka dan menjaganya agar berada pada posisi lebih tinggi dari tubuh Anda.
  • Menggunakan tangan telanjang jika Anda tidak menemukan apapun untuk menerapkan tekanan pada luka.

Menghentikan Pendarahan

Setelah melakukan pertolongan pertama, Anda perlu belajar bagaimana menghentikan pendarahan dengan cepat dengan langkah sederhana ini :

  • Sangat penting untuk berbaring dan menjaga bagian tubuh yang terluka berada pada posisi lebih tinggi dari tubuh Anda.
  • Anda dapat menyingkirkan atau menghapus setiap benda yang terlihat di luka, tapi jangan mencoba untuk menghapus atau mengambil benda yang sulit untuk disingkirkan.
  • Potong pakaian disekitar luka Anda dan lepaskan setiap perhiasan apapun yang Anda kenakan. Misalnya Anda akan mengalami kesulitan ketika jari Anda terluka parah dan Anda akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan cincin atau perhiasan lain setelah daerah yang terluka mulai membengkak.
  • Menerapkan tekanan atau langsung menekan pada daerah yang terluka selama 15 menit penuh. Tetap posisikan daerah yang terluka pada posisi yang lebih tinggi dari tubuh Anda. Jangan mencoba untuk melihat luka setiap beberapa menit. Sebab Anda tidak boleh melewatkan tekanan semenitpun.
  • Jika kain yang Anda gunakan untuk menerapkan tekanan tampaknya mengeluarkan darah dari luka, maka Anda perlu mengambil kain baru lagi dan menambahkannya pada kain tersebut, harap diingat jangan mengganti kain yang sebelumnya.
  • Sambil menekan luka untuk mengurangi pendarahan periksalah apakah ada benda di luka atau sekitar luka dan jangan berikan tekanan langsung pada benda tersebut.
  • Tidak perlu menggunakan torniket jika Anda hanya memiliki luka ringan. Untuk menghentikan pendarahan ringan cukup dengan menekan bagian yang terluka selama beberapa menit.

Pengobatan Untuk Mengurangi Pendarahan Dirumah

Menerapkan tekanan pada bagian yang luka biasanya merupakan langkah besar untuk menghentikan pendarahan. Tapi terkadang Anda perlu melakukan sesuatu yang lain juga. Di bawah ini ada beberapa cara untuk menghentikan pendarahan dengan apa yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Menggunakan es

Menerapkan es pada luka dapat membantu menghentikan pendarahan dalam waktu yang cukup singkat terutama pada luka ringan. Mendinginkan daerah luka adalah cara terbaik karena es mempercepat proses pembekuan sehingga aliran darah terhenti lebih cepat. Selain itu juga lebih mengurangi rasa sakit.

Es dapat membantu mengecilkan atau menyempitkan arteri yang pecah dan pada akhirnya membuatnya menutup. Tapi harus diingat agar Anda tidak menggunakan es langsung pada luka terbuka.

Apa yang dapat Anda lakukan adalah bungkus beberapa biji es batu berbentuk kotak yang biasa tersedia di freezer kulkas Anda dengan handuk bersih dan terapkan pada luka Anda.

Kantong teh

Mungkin kita kurang menyadari bahwa kantong teh ternyata sangat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Anda dapat menggunakan kantong teh yang ada dirumah Anda apakah itu kantong teh hijau atau kantong teh biasa tidak masalah sebab semuanya akan memberikan hasil yang sama.

Basahkan kantong teh yang ada dirumah Anda dengan air dan letakkan di atas luka Anda. Tekan dengan lembut dan menahannya selama 10 menit untuk menghentikan pendarahan.

Bubuk kopi

Menghentikan pendarahan juga bisa dengan menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi bekerja dengan mempercepat proses pembekuan darah. Tapi cara ini tidak bisa digunakan pada luka atau cedera serius. Bubuk kopi dapat memberikan manfaat yang baik jika digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka goresan kecil.

Cuka putih

Sifat astringen yang terdapat pada cuka putih dapat membantu menghentikan pendarahan dengan cepat. Astringen akan mengkonstriksi arteri yang pecah dan mempercepat proses penyembuhan pada saat yang sama.

Cuka putih juga dapat meningkatkan pembekuan darah yang menghentikan keluarnya darah terus menerus dari luka. Rendam kapas dalam cuka putih dan terapkan langsung pada luka terbuka Anda. Ini pasti akan menimbulkan rasa menyengat pada luka Anda tapi ini dapat menghentikan pendarahan dan mempercepat penyembuhan.

Air dan garam

Anda dapat menggunakan larutan air dan garam untuk membersihkan luka dan menghentikan pendarahan. Caranya ambil air dalam mangkuk kecil dan campur dengan 1 sendok makan garam didalamnya. Lalu tuangkan larutan ini ke luka. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk luka di dalam mulut.

Tepung jagung atau tepung maizena

Menggunakan tepung maizena dengan benar juga dapat membantu menghentikan pendarahan dengan cepat. Tepung maizena mampu mempercepat proses pembekuan dan membantu luka Anda menjadi cepat kering.

Caranya ambillah beberapa sendok tepung jagung dan taburi sebagian pada luka berdarah Anda. Anda baru dapat membersihkannya setelah pendarahan terhenti. Cukup hanya sekali saja menerapkannya pada luka Anda sudah dapat menghentikan pendarahan dari memar dan luka kecil yang Anda alami.