Ingin Memiliki Rambut Sehat? Kuning Telur Bisa Dijadikan Solusi

Telur adalah makanan yang lezat dan dapat disajikan dengan berbagai cara olahan masakan. Sangat lezat juga bila dikombinasikan dengan berbagai jenis masakan. Baik itu digoreng, direbus atau sebagai campuran salad, masakan berkuah, tumisan dan berbagai macam olahan masakan lainnya.

Selain itu telur juga memiliki manfaat lain yaitu dapat mendukung rambut sehat terutama kuning telur. Berikut ini manfaat kuning telur untuk keindahan rambut dan bagaimana menggunakannya.

Manfaat Kuning Telur Untuk Rambut

Kuning telur adalah bagian telur yang berwarna kuning dan berbentuk bulat. Telur memiliki kandungan nutrisi dan protein, biotin, folat, vitamin A dan vitamin D. Nutrisi yang alami dalam telur dapat digunakan untuk mendukung rambut sehat, indah dan berkilau.

Kuning telur diyakini dapat mengatasi rambut rontok, rambut rapuh, atau bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Stres oksidatif dari lingkungan, panas dari hair dryer, penggunaan produk-produk styling rambut, perawatan kimia, makanan yang tidak sehat, adalah yang dapat membuat batang rambut mengalami kekurangan atau bahkan kehilangan protein.

Kuning telur membantu melawan kerusakan rambut

Kuning telur kaya vitamin yang dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan dan melembabkan rambut yang kering.

Merangsang pertumbuhan rambut sehat

Kuning telur memiliki vitamin A dan E, biotin, zat besi dan folat. Ini adalah nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut sehat. Zat besi yang terdapat dalam kuning telur penting untuk produksi sel-sel baru dalam tubuh, meskipun kandungan zat besi dalam kuning telur dalam jumlah kecil tetapi menggunakan kuning telur secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Membantu rambut tumbuh lebih cepat dan kuat

Menerapkan kuning telur di kulit kepala memberikan nutrisi dan vitamin pada akar rambut. Sehingga rambut baru akan tumbuh lebih kuat dan lebih cepat, menjadikan rambut tidak mudah rentan terhadap kerusakan. Rambut yang tidak mudah rontok akan terlihat tebal dan lebih cepat mengalami pertumbuhan.

Menghilangkan rambut kering dan keriting

Menggunakan kuning telur pada rambut dapat membantu melawan rambut kering dan keriting, terutama jika mencampurnya dengan sedikit mayones.

Membantu menyingkirkan kutu

Mencampur kuning telur dengan air jeruk nipis dapat membantu membasmi kutu di rambut kepala. Caranya adalah balur seluruh rambut dengan campuran kuning telur dan air jeruk nipis lalu bungkus rambut anda dengan shower cap atau pembungkus rambut. Biarkan selama setidaknya 6 sampai 7 jam. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Mengurangi ketombe dan gatal di kulit kepala

Menambahkan minyak mimba dengan telur atau kuning telur efektif mengatasi kulit kepala yang kering dan gatal.

Putih telur juga memiliki kandungan protein yang tinggi, riboflavin, niasin, magnesium, natrium dan kalium. Putih telur maupun kuning telur keduanya sama-sama bagus untuk pertumbuhan rambut.

Bagaimana Menggunakannya

Masker untuk rambut kering dan keriting

Anda bisa menggunakan kuning telur dan mencampurnya dengan minyak zaitun untuk menerapkannya ke rambut sebagai masker rambut. Anda juga dapat menggunakan telur utuh mentah sebagai pelembab untuk mengobati rambut kering.

Aduk kuning telur atau telur utuh yang dicampur dengan minyak zaitun sampai rata lalu dengan menggunakan sarung tangan atau bisa juga dengan sikat halus mengoles campuran telur tadi ke rambut anda secara merata. Pastikan seluruh rambut anda telah dilapisi oleh telur tadi. Biarkan selama kurang lebih satu jam lalu bilaslah dengan air bersih dan dingin (bukan air es).

Masker rambut untuk menambah kelembaban rambut

Masker telur atau kuning telur yang dicampur madu dapat menambah kelembaban rambut. Jika anda memiliki rambut panjang anda bisa menggunakan 2 atau 3 kuning telur dengan 1 sendok makan madu. Aplikasikan ke rambut dan kulit kepala lalu biarkan kering, setelah itu bilaslah dengan sampo yang ringan untuk membersihkan sisa kuning telur yang mungkin terselip di antara rambut anda.

Masker telur untuk pertumbuhan rambut

Jika Anda ingin menggunakan telur untuk mempercepat pertumbuhan rambut, anda hanya perlu mencampur kuning telur dengan satu sendok makan minyak almond dan terapkan ke seluruh rambut anda sebagai masker rambut.

Menu makanan

Selain dapat digunakan sebagai masker rambut ada cara yang praktis dan lezat yang bisa jadi pilihan anda untuk mendapatkan manfaat telur ini yaitu sebagai menu makanan harian anda. Misalnya makan telur pada waktu sarapan dapat meningkatkan gizi untuk tubuh dan memberi protein, vitamin B dan folat pada rambut.

Suplemen

Anda bisa mencoba suplemen yang berisi protein kuning telur untuk mendapatkan nutrisinya dengan cara yang lebih praktis tanpa harus repot untuk menjadikan sebagai masker. Tapi belum ada penelitian ilmiah yang dapat memastikan ini terbukti efektif. Meskipun begitu tidak ada salahnya anda mencobanya karena suplemen ini masih aman dikonsumsi.

Apakah Ada Efek Samping

Menggunakan telur untuk rambut sebagai masker misalnya diketahui berisiko rendah dalam memberikan efek samping. Namun jika anda memiliki alergi terhadap telur mungkin lebih baik untuk menghindarinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menggunakan telur sebagai perawatan rambut mungkin memerlukan waktu beberapa minggu dan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang tampak nyata. Perawatan dengan telur ini sangat murah dan juga mudah untuk dilakukan, jadi siapapun bisa mendapatkan rambut yang indah dan sehat ala perawatan telur.