Ingin Tahu Bagaimana Merawat Sweater Agar Awet? Cek Disini

Saat memasuki musim hujan, udara tentu menjadi lebih dingin. Kita pasti membutuhkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh dan melindungi kita dari udara dingin.

Jacket dan sweater adalah jenis pakaian yang selalu menjadi pilihan di saat-saat seperti ini. Nah bicara mengenai sweater apakah Anda memiliki sweater kesayangan dirumah? dan ingin menjaganya agar tetap awet?.

Tetap disini ya karena berikut ini ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar sweater Anda tetap awet.

Cara Merawat Sweater Agar Awet

Sweater merupakan pakaian dengan bahan yang sangat lembut dan halus, ini membuat sweater membutuhkan perawatan dan perhatian yang benar untuk membuatnya tetap awet serta dapat bertahan lebih lama sehingga Anda bisa memakainya kapan saja ketika Anda membutuhkannya.

Berikut ini cara merawat sweater dengan benar.

Menghilangkan pilling dengan benar

Apakah Anda melihat ada sesuatu yang mengganggu seperti misalnya timbulnya pilling di sweater favorit Anda?. Pilling adalah serat berbentuk bola yang terlihat pada selembar kain.

Pilling biasanya muncul dan sering terlihat pada bagian kain yang sering mengalami gesekan, ini sering terlihat di sekitar siku, di bawah ketiak, lengan baju namun bisa juga terjadi di bagian manapun pada sweater Anda.

Anda mungkin terganggu dengan kehadiran pilling ini dan bingung bagaimana menghilangkannya, tapi Anda tidak perlu khawatir Anda bisa kok menghilangkannya dengan mudah. Caranya adalah pegang sweater dengan satu tangan dan potong pillnya satu persatu dengan menggunakan pisau cukur.

Atau Anda dapat menggunakan pill remover manual. Hindari menarik pilling yang timbul dipermukaan sweater Anda karena ini akan membuat tampilannnya menjadi lebih buruk.

Mengatasi jahitan yang keluar dari sweater

Sweater terdiri dari benang yang dirajut menjadi sebentuk pakaian, terkadang karena sering digunakan beberapa benang jahitan di dalam sweater tampak keluar dari sweater.

Salah-salah ini bisa beresiko membuat sweater kesayangan Anda menjadi rusak. Jika ini terjadi pada sweater Anda masih bisa diatasi kok walaupun tidak bisa diperbaiki sepenuhnya.

Bagaimana caranya? Anda bisa mencoba untuk memasukkan kembali atau mengaitkan kembali benang jahitan yang terlihat keluar. Tapi sebelumnya Anda harus membalikkan sweater Anda, yaitu bagian luar dibalik menjadi kedalam kemudian masukkan hook chrochet atau kait merenda lalu tusukkan ke dalam bagian benang yang keluar dan tarik dengan hati-hati.

Bersihkan rambut, ketombe dan serat pada sweater secara teratur

Sikat rambut untuk anak-anak yang lembut atau sikat gigi dengan bulu lembut dapat membantu Anda membersihkan kotoran atau apapun yang menempel pada kain sweater Anda.

Tapi perlu Anda ingat bahwa jangan menggosok sweater Anda dengan keras meskipun bulu sikatnya sangat lembut, hal ini dapat menyebabkan kain menjadi kendur atau longgar dan menciptakan pilling atau serat-serat bola pada kain. Anda tentu tidak menginginkannya bukan?.

Anda harus tahu kapan menyucinya dan bagaimana menyucinya dengan benar

Mencuci sweater bukanlah hal yang mudah karena sulit untuk membersihkan kain lembut pada sweater tanpa harus merusaknya. Jika Anda ingin mencuci sweater dengan tangan sebaiknya Anda mengisi air untuk rendaman dengan air dingin dan tambahkan sedikit deterjen lalu rendam sweater Anda dan biarkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Mengeringkannya harus dengan lembut yaitu dengan cara meremas sweater untuk menghilangkan air yang menyerap, ingat bukan memerasnya.

Gulung sweater dengan handuk seperti menggulung sushi untuk menyerap semua air yang tersimpan. Terakhir, keringkan dengan cara meletakkannya di rak jemuran handuk dan biarkan kering karena angin dan tidak langsung dibawah sinar matahari.

Bahan pakaian dari kapas, sutera atau kasmir biasanya perlu dicuci setelah dua atau tiga kali pemakaian. Sedangkan wol atau polyester dapat dicuci setelah lima kali pemakaian.

Tetapi pastikan juga Anda mencuci sweater sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tercantum dalam label, hindari sering mencuci sweater Anda kecuali sweater memiliki noda, keringat atau terkena tumpahan sesuatu.

Menghemat agar tidak sering mencucinya

Mencuci sweater tidak boleh sering-sering untuk menjaganya tetap awet dan tahan lama. Karena itu Anda perlu berhemat atau menjaga sweater Anda tetap bersih ketika dipakai.

Ada cara untuk membuat Anda menjadi kurang sering mencuci sweater yaitu menggunakan t-shirt sebelum memakai sweater. T-shirt berguna untuk menghalangi sweater bersentuhan langsung dengan kulit, yang mengurangi sweater terkena keringat, bau badan dan minyak pada kulit.

Tahukah Anda bahwa deodoran juga dapat membuat sweater kehilangan bentuknya dan mengubah warnanya. Maka Anda harus berhati-hati menggunakan sweater.

Menjadikan kain sweater yang gatal menjadi lembut kembali

Sweater dengan kain yang gatal ketika dipakai adalah hal yang buruk. Bagaimana menjadikan kain sweater menjadi kembali lembut dan nyaman dipakai? yaitu menambahkan pelembut pakaian pada kain sweater yang masih dalam rendaman air ketika mencucinya.

Anda juga dapat menambahkan kondisioner rambut pada kain yang direndam pelembut pakaian sekitar satu cup kondisioner untuk menambah kelembutan.

Pastikan Anda menghindari kondisioner dan sampo 2 in 1 dan masker rambut yang berat. Cukup gunakan kondisioner standar yang menghidrasi daripada formula lain yang digunakan untuk memberi penebalan atau volume.

Selalu menyimpan sweater dengan benar di lemari pakaian

Jangan pernah menyimpan sweater Anda dengan menggantungnya. Menggantung sweater Anda pada gantungan pakaian akan menyebabkan sweater Anda merenggang dan menyebabkan bekas di bagian bahu yang tidak sesuai dengan postur tubuh ketika Anda memakainya.

Sebaiknya simpan sweater Anda dengan cara menggulungnya atau melipatnya di dalam rak laci. Melipatnya dengan cara yang benar yaitu meletakkan bagian depan pada permukaan yang datar dan lipat setiap bagian lengan atau jahitan lengan secara diagonal di punggung sweater, kemudian lipat secara horizontal menjadi dua bagian atau gulung dari tepi bawah ke arah kerah.

Mengepak sweater Anda dengan benar

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengemas sweater dengan benar saat Anda menyimpannya kembali. Tapi sebelum menyimpannya kembali ada beberapa hal yang harus Anda pastikan.

– Anda harus membersihkan sweater Anda dengan benar kemudian lipat dan letakkan didalam tas atau tempat penyimpanan pakaian yang mengalirkan udara atau tidak kedap udara. PIlihan lain adalah menyimpannya dalam kotak yang terbuat dari kanvas atau katun yang dapat mengalirkan udara masuk.

– Anda dapat menambahkan kantung yang berisi lavender atau bunga alami lain yang menebarkan aroma wangi untuk mencegah serangan binatang kecil sekaligus membuat sweater Anda tetap berbau segar.

– Jangan lupa untuk tidak meletakkan sweater Anda di dalam kantong penyimpanan yang tertutup rapat atau kedap udara karena ini dapat memungkinkan sweater Anda berubah menguning atau berjamur.