Jamur Tidak Hanya Baik Untuk Kesehatan Tapi Juga Kulit Dan Rambut

Jamur memiliki rasa yang lezat bila diolah menjadi masakan. Karena rasanya yang tak kalah dengan daging maka inilah salah satu alasan kenapa orang-orang sering menggunakan jamur sebagai sumber makanan nabati pengganti sumber hewani terutama untuk orang-orang yang menjalani diet vegetarian.

Jamur terdiri dari beberapa jenis yang boleh dimakan, tapi secara umum jamur memiliki rasa yang lezat juga memberi manfaat yang baik untuk kesehatan, kulit serta rambut. Berikut ini lebih jelasnya.

Manfaat Jamur Untuk Kesehatan, Kulit Dan Rambut

Ada beberapa jenis jamur yang boleh dimakan dan beberapa diantaranya sangat beracun jika dimakan, maka Anda harus berhati-hati dalam memilih jamur untuk menjadi santapan menu harian Anda.

Jamur sebagai salah satu sumber makanan yang baik dengan kandungan serat, asam lemak tak jenuh dan rendah kalori. Jamur juga kaya nutrisi vitamin B dan mineral seperti selenium, tembaga, dan kalium.

Jamur yang paling umum dikonsumsi adalah jamur kancing putih yang telah banyak dibudidayakan secara luas. Sering digunakan untuk bahan masakan serta saus. Di Cina, Korea dan Jepang jamur telah dikenal bermanfaat untuk pengobatan masalah kesehatan seperti alergi, arthritis, bronkitis, kanker perut, kerongkongan, dan paru-paru.

Manfaat Jamur Untuk Kulit

Makan jamur ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Ini karena jamur kaya akan vitamin D, selenium dan antioksidan yang mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Dalam industri kecantikan sekarang ini telah banyak menggunakan jamur untuk dijadikan krim dan serum kulit wajah yang berfungsi sebagai pelembab alami dan antioksidan kuat.

Beberapa manfaat jamur untuk kulit adalah :

Menghidrasi kulit

Asam hyaluronic dianggap sebagai pelembab tubuh yang membuat kulit kenyal dan kencang. Sehingga mengurangi keriput dan garis-garis halus pada kulit terutama kulit wajah yang dipengaruhi oleh usia.

Jamur memiliki kandungan polisakarida yang mempunyai manfaat sama dalam menghidrasi dan memberikan efek yang mengenyalkan pada kulit, sehingga kulit terasa lembut dan lentur.

Menyembuhkan jerawat

Kandungan vitamin D tinggi dalam jamur dapat berguna menyembuhkan jerawat bila diterapkan secara topikal pada kulit. Karena itulah beberapa produk perawatan kulit menggunakan jamur dalam bahan produknya untuk mengobati jerawat.

Pencerah alami

Beberapa jamur memiliki kandungan asam kojic sebagai pencerah alami kulit. Asam kojic menghambat produksi melanin pada permukaan kulit sehingga mencerahkan sel-sel kulit yang baru dibentuk setelah sel-sel kulit mati dikelupas.

Ini dapat menjadi alternatif pencerah alami yang aman daripada pencerah kimia beracun seperti HYDROQUINON yang beresiko menyebabkan kanker kulit.

Mencegah penuaan dini

Jamur juga mengandung sifat anti penuaan. Asam kojic dapat bekerja mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti bintik-bintik hitam atau flek hitam, perubahan warna kulit dan warna kulit tidak merata. Jamur menyehatkan kulit dengan meningkatkan pertahanan alami kulit dan memperbaiki tampilannya.

Merawat kondisi kulit

Sebagian besar masalah kulit disebabkan oleh peradangan dan adanya aktivitas radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Antioksidan dalam jamur beserta senyawa anti-inflamasinya bila digunakan secara topikal dapat meningkatkan penyembuhan dan melawan peradangan. Ekstrak jamur dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim, rosacea, dan jerawat.

Untuk Rambut

Memiliki rambut sehat tentu idaman semua orang tidak hanya pada wanita, pria juga pasti menginginkannya. Rambut sehat memerlukan nutrisi penting yang diberikan ke folikel rambut.

Kekurangan nutrisi serta beberapa faktor lain seperti perawatan kimia rambut yang keras, gaya hidup tidak sehat dan penyakit berkepanjangan dapat menyebabkan rambut menjadi tidak sehat dan berbagai masalah rambut lainnya.

Vitamin D, antioksidan serta mineral selenium dan tembaga adalah beberapa nutrisi yang diperlukan folikel rambut untuk rambut sehat. Jamur memiliki semua kandungan ini yang dapat diartikan jamur berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Mengurangi kerontokan dengan zat besi

Anemia adalah salah satu kondisi yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Anemia merupakan kekurangan zat besi dalam darah. Jamur salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi dapat berguna mengatasi kerontokan rambut.

Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah merah yang akan berdampak pada kekuatan rambut Anda.

Meningkatkan rambut sehat dengan zat tembaga

Jamur berisi kandungan zat tembaga yang bermanfaat untuk rambut. Zat tembaga memfasilitasi penyerapan zat besi yang diperoleh dari makanan. Ini akan mempengaruhi proses pembentukan melanin yaitu pigmen yang memberikan warna pada rambut Anda.

Karena jamur juga tinggi kandungan zat besi, maka zat besi dan tembaga akan bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kekuatan rambut.

Membantu mencegah ketombe dengan selenium

Jamur juga memiliki sejumlah besar kandungan selenium yang sangat penting untuk rambut sehat. Unsur hara ini merupakan antioksidan kuat yang dapat menyerang radikal bebas dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selenium kebanyakan ditemukan dalam protein hewani jadi untuk Anda yang vegetarian jamur ini dapat menjadi pilihan alternatif yang baik untuk mendapatkan manfaat selenium.

Selenium dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah timbulnya ketombe. Ini karena selenium dapat membunuh jamur yang ada dikulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Untuk Kesehatan

Membakar kolesterol

Jamur penuh dengan protein, serat, enzim, karbohidrat rendah dengan nol kolesterol dan lemak. Ini dapat membuat Anda terhindar dari kolesterol tinggi karena membakar kolesterol setelah proses pencernaan.

Mencegah kanker payudara dan prostat

Beta-glucans dan asam linoleat yang terkonjugasi dengan anti-karsinogen dalam jamur membantu mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Asam linoleat membantu menekan kadar estrogen pada wanita setelah menopause untuk mencegah kanker payudara. Sementara itu Beta-glucans membantu mencegah kanker prostat. Selenium juga sangat membantu menekan sel-sel kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kombinasi vitamin A, B dan C dalam jamur membantu membangun sistem kekebalan tubuh dengan lebih baik. Antibiotik kuat didalamnya membantu melawan infeksi. Antioksidan dalam jamur melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Baik untuk penderita diabetes

Jamur tanpa kandungan lemak, rendah karbohidrat, tinggi protein, enzim, vitamin, mineral dan serat. Hal ini merupakan diet ideal untuk penderita diabetes.

Enzim alami yang terdapat dalam jamur membantu memecah gula dan pati, juga meningkatkan fungsi kelenjar endokrin. Selain itu jamur dapat membantu penderita diabetes agar tidak mudah rentan terkena infeksi karena antibiotik alami dalam jamur.

Kandungan Vitamin

Vitamin D

Jamur adalah satu-satunya sayuran yang memiliki vitamin D yang disertai dengan kalsium, zat besi, kalium, tembaga dan selenium.

Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin berfungsi mengendalikan pelepasan energi yang berasal dari karbohidrat. Ini diperlukan untuk fungsi normal sistem saraf dan otak.

Vitamin B2

Vitamin B2 atau Riboflavin membantu meningkatkan kesehatan penglihatan dan mata yang baik. Selain itu dapat membantu mempertahankan sel darah merah yang sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin B2 juga membantu membuat kulit lebih sehat.

Vitamin B3

Vitamin B3 atau Niasin yang terdapat dalam jamur membantu mengendalikan pelepasan energi dari karbohidrat, lemak dan protein. Ini menjaga sistem saraf dan sistem pencernaan tubuh dalam kondisi yang baik.

Vitamin B5

Vitamin B5 juga dikenal sebagai Asam Pantotenat. Ini merupakan vitamin yang berperan penting terhadap sistem metabolisme tubuh. Asam Pantotenat ini membantu tubuh untuk memproduksi hormon.

Vitamin B6

Vitamin B6 ini membantu meningkatkan suasana hati. Vitamin B6 mengatur jam tubuh yang sangat penting untuk fungsi normal dan pengembangan otak. Vitamin ini juga mempengaruhi suasana hati agar tidak mudah depresi dan tidak terjadi perubahan suasana hati dengan cepat.

Vitamin B9

Vitamin B9 umumnya dikenal sebagai Folat. Vitamin B9 membantu pembentukan sel darah putih dan sel-sel darah merah di sumsum tulang. Folat juga penting untuk pertumbuhan tubuh yang sehat. Wanita hamil sangat disarankan mengkonsumsi Folat untuk membantu pertumbuhan yang janin yang sehat.

Vitamin H

Vitamin H atau Biotin merupakan sejenis vitamin B yang ditemukan di jamur. Penting untuk metabolisme karbohidrat dan protein. Memperkuat kesehatan jiwa dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa Jenis Jamur Dan Manfaatnya

Jamur Putih

Jenis jamur ini merupakan yang paling umum dan sering dikonsumsi oleh banyak orang. Karbohidrat khusus dalam jamur membantu menjaga kadar gula dalam darah. Juga membantu menurunkan berat badan dan melawan kanker prostat. Vitamin D dalam jamur membantu mencegah osteoporosis.

Beberapa manfaat kesehatan lainnya dari jamur putih adalah :

  • Mencegah penyakit jantung atau Aterosklerosis yaitu penebalan dinding arteri karena akumulasi plak.
  • Mengurangi risiko pembentukan plak dan peradangan pada sel-sel arteri.
  • Meningkatkan sel-sel khusus yang melawan patogen dan sel kanker.
  • Antioksidan tinggi.
  • Mencegah dan melawan kanker prostat.
  • Mengurangi resiko kanker payudara.

Jamur Shiitake

Lentinan dalam jamur Shiitake merupakan senyawa anti tumor alami yang membantu melawan sel kanker. Kandungan vitamin D bermanfaat melawan infeksi.

Reishi

Reishi adalah jamur kayu putih dan coklat dengan sifat anti-kanker, antioksidan, antibakteri, antivirus, dan sifat antijamur. Ini membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Maitake

Jamur maitake berasal dari Jepang yang berarti “jamur menari”. Jamur ini berisi banyak nilai gizi, serat dan juga lezat. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Juga kaya dengan zat besi dan protein.

Beberapa manfaat jamur maitake :

  • Mengendalikan gula darah.
  • Mengurangi tingkat tekanan darah.
  • Mencegah kanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  • Menurunkan berat badan.

Jamur Tiram

Kandungan anti-oksidan dalam kuantitas yang tinggi dalam jamur ini membantu melawan HIV.

Chanterelle

Jamur ini mengandung vitamin C dan D, potasium, antimikroba, anti jamur serta antibakteri.

Porcini

Jamur ini berisi senyawa Ergosterol yang menyerang sel-sel musuh dalam tubuh dikenal sebagai cytotoxicity. Ini dapat diartikan bahwa jamur ini membantu menyembuhkan peradangan dengan sifat anti peradangan.

Shinji

Jamur ini mengandung Beta-glucans yang membantu melawan sel-sel kanker. Beta-glucans juga membantu dalam mengendalikan dan mengatasi diabetes, asma sera alergi dengan membangun kekebalan tubuh.

Chaga

Jamur Chaga kaya antioksidan. Bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, penyakit perut dan parasit cacing yang terdapat dalam usus. Jamur ini juga mampu melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, hati, dan rahim.

Orang dengan gejala HIV/AIDS dapat membantu mereka mengurangi peradangan dengan mengkonsumsi jamur ini. Jamur Chaga biasanya dikonsumsi dengan teh.

Cordyceps

Jamur Cordyceps adalah jenis khusus jamur untuk obat yang membantu memperkuat tubuh dan pikiran. Seperti dengan jamur pada umumnya jamur ini juga membantu tubuh melawan sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga.

Jamur Cordyceps sering juga digunakan untuk meningkatkan ketahanan dan mengobati limfoma. Kebanyakan dokter dan ahli menyarankan bahwa jamur obat ini cukup membantu mengurangi gejala asma, gangguan pernapasan dan bronkitis.

Jamur ini dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk yang ditambahkan ke dalam teh atau ditambahkan dalam sup dan masakan sehat lainnya.

Jamur Ekor Kalkun

Jamur ekor kalkun sering digunakan untuk mengobati kanker. Jamur ini tumbuh di seluruh Amerika Utara. Diketahui bahwa jamur ekor kalkun dapat melawan dan menghilangkan kanker secara permanen.

Jamur Rooting Cauliflower

Penderita diabetes akan memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi jamur ini. Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa jamur ini memiliki sifat penyembuhan yang ampuh terhadap luka. Namun pengujian kepada manusia masih belum dilakukan untuk memastikan bagaimana manfaatnya pada manusia.

Berhati-hatilah ketika Anda mencoba memilih jamur jenis ini karena ada beberapa varietas dari jamur ini yang beracun.