Jari Kaki Mati Rasa? Bisa Jadi Karena Pakai Sepatu Hak Tinggi

Bagi wanita sepatu sudah menjadi salah satu aksesoris yang penting untuk menunjang penampilan. Melihat wanita yang senang mengoleksi berbagai jenis sepatu dengan model dan warna yang berbeda-beda itu bukanlah hal yang tidak lazim lagi.

Dan mungkinkah Anda salah satu yang senang mengoleksi sepatu?. Sepatu model apa saja yang ada di lemari sepatu Anda?. Apakah Anda termasuk penyuka sepatu hak tinggi?.

Sepatu hak tinggi di mata wanita pasti mempunyai nilai tersendiri sebab sepatu berhak memperlihatkan kecantikan dan keanggunan wanita, setuju kan dengan saya?. Tapi ladies perlu kamu ingat bahwa selalu memakai heels atau sepatu hak tinggi itu dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang cukup memerlukan perhatian lho ladies.

Apakah Anda pernah merasa jari kaki mati rasa?. Coba perhatikan seberapa sering Anda menggunakan sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi dapat menyebabkan jari kaki menjadi mati rasa.

Nah di sini saya akan membahas penyebab kaki mati rasa setelah menggunakan sepatu hak tinggi dan bagaimana mengobatinya.

Jari Kaki Mati Rasa Karena Sepatu Hak Tinggi

Jari kaki mati rasa ditandai dengan sensasi rasa seperti terbakar dan kesemutan. Ini dapat terjadi karena pasokan darah menurun ke jari kaki. Ada banyak faktor mengapa jari kaki bisa mati rasa, bisa karena peradangan, infeksi, penyakit degeneratif, penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering, dan lainnya.

Beberapa wanita mengeluhkan jari kaki mereka mati rasa setelah menggunakan sepatu hak tinggi. Mengapa ini bisa terjadi?.

Mengapa Ini Terjadi?

Ketika Anda mengalami jari kaki mati rasa setelah menggunakan sepatu hak tinggi kemungkinan Anda menderita Neuroma Morton. Anda jangan merasa khawatir dulu, sebab kondisi ini tidak memperlihatkan masalah yang serius. Anda hanya perlu mengganti heels atau sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu yang lebih nyaman di kaki.

Neuroma Morton

Neuroma Morton adalah saraf bengkak. Jika saraf ini terus-menerus terganggu atau terjepit maka ini dapat memperbesar bengkak dan mengembangkan jaringan fibrosa, bahkan jaringan fibrosa tambahan ini dapat berkembang sebagai bekas luka.

Neuroma Morton biasanya berkembang diantara jari kaki kedua dan ketiga, sementara di lokasi lain kemungkinan jarang terjadi. Dan biasanya Neuroma Morton ini hanya terjadi pada salah satu kaki saja, sangat jarang terjadi di kedua kaki pada saat yang sama.

Sepatu hak tinggi dapat menggeser tulang kaki Anda ke posisi yang tidak normal sehingga meningkatkan resiko iritasi saraf dan mengarah pada pembentukan neuroma. Faktor kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat meningkatkan resiko Neuroma Morton.

Tanda-tandanya

Tanda-tanda dari Neuroma Morton yaitu sensasi rasa seperti terbakar, nyeri, mati rasa atau kesemutan. Rasa tidak nyaman ini dapat berkurang apabila Anda melepas sepatu hak tinggi Anda serta menggosok atau meregangkan kaki Anda. Namun jika tanda-tanda ini tidak berkurang bahkan setelah Anda mengganti sepatu yang nyaman dengan bertumit rendah, maka Anda perlu segera mencari bantuan medis.

Bagaimana Mengatasi Jari Kaki Mati Rasa?

Mengatasi kondisi ini tergantung kepada seberapa parah Neuroma dan tanda-tanda kesehatan secara keseluruhan, juga apakah memerlukan penanganan konservatif dan pembedahan Neuroma Morton.

1. Pengobatan alami

Pengobatan konservatif untuk membantu mengatasi atau mencegah mati rasa pada jari kaki adalah :

  • Memakai bantalan sepatu pelindung
  • Memakai sepatu yang nyaman dengan hak rendah
  • Memakai sepatu dengan ujung lebar dan berbentuk kotak
  • Menurunkan berat badan
  • Menyesuaikan jenis sepatu dengan aktivitas

2. Operasi

Pengobatan melalui bedah atau operasi untuk mengatasi Neuroma Morton akan direkomendasikan ketika berbagai pengobatan konservatif tidak dapat meredakan masalah mati rasa di jari kaki.

Pengobatan melalui bedah ini terdiri dari mengangkat saraf yang terkena di dalam bola kaki. Prosedur bedah yang lain adalah melepaskan ligamen ketat yang menyelimuti saraf.

Cara Menyembuhkan Nyeri Kaki Setelah Memakai Sepatu Hak Tinggi

Selain dapat menimbulkan mati rasa pada jari kaki, menggunakan sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman. Rasa sakit akan menjadi lebih parah jika tumit sepatu yang dipakai semakin tinggi dan tipis, serta dipakai dalam waktu yang terlalu lama.

Hal yang harus Anda lakukan setelah menggunakan sepatu hak tinggi adalah istirahatkan kaki Anda, kompres dengan es, dan posisikan kaki Anda terjulur lurus ke depan ketika duduk di atas kursi.

Berikut ini beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan :

Meregangkan kaki

Mengenakan sepatu hak tinggi membuat otot betis dan tendon Achilles menjadi ketat. Meregangkan kaki akan membantu merilekskan otot betis dan tendon Achilles Anda. Anda perlu melakukan latihan peregangan kaki secara teratur, salah satunya dengan gerakan latihan sederhana untuk pergelangan kaki Anda.

Rendam kaki dengan air hangat bermineral

Rendam kaki Anda dengan mineral seperti garam Epsom atau garam laut akan membuat kaki Anda menjadi rileks. Garam Epsom sebenarnya bukan benar-benar garam tetapi campuran mineral alami sulfat dan magnesium. Air hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah kaki dan membuka pori-pori kulit sehingga melegakan jari-jari kaki yang mati rasa.

Melembutkan kaki

Jika Anda memiliki kulit kaki yang kering, tumit belakang kaki Anda adalah bagian yang kering dan sensitif sehingga mudah mendapat lecet atau luka. Maka dengan melembutkan kaki Anda secara teratur menggunakan krim pelembab dapat membantu kaki Anda. Terutama sekali setelah Anda merendam kaki Anda dengan air hangat mengandung mineral.

Pijat kaki

Memijat adalah salah satu pilihan terbaik dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan mati rasa dan perasaan tidak nyaman pada kaki atau jari kaki Anda. Hal ini berguna meningkatkan aliran darah dan membantu mengecilkan pembengkakan di kaki.

Sepatu yang nyaman

Sebisa mungkin Anda menghindari memakai sepatu hak tinggi. Sebaliknya sepatu dengan hak rendah dan nyaman adalah lebih baik untuk Anda. Sepatu kets misalnya, bisa menjadi pilihan Anda yang dapat disesuaikan dalam berbagai outfit Anda. Yang paling penting adalah membuat kaki Anda terasa nyaman.

Tips

Jika Anda ingin menggunakan sepatu hak tinggi untuk saat-saat tertentu apalagi untuk pemakaian yang lama, pastikan Anda memilih sepatu hak tinggi yang baik.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda menghindari rasa sakit ketika menggunakan sepatu hak tinggi :

Pilihlah sepatu hak tinggi yang tepat. Jika Anda salah memilih model sepatu hak tinggi yang tidak tepat dengan ukuran kaki Anda ini akan membuat kaki Anda akan terdorong ke ujung sepatu yang menempatkan tekanan lebih besar pada jari-jari kaki.

Pilihlah sepatu yang terdapat bantalan yang tepat. Meskipun Anda menggunakan sepatu hak tinggi bukan berarti Anda mengabaikan fungsi bantalan sepatu yang tepat untuk sepatu Anda. Anda dapat memilih sepatu berhak dengan bantalan metatarsal silikon, terutama jika Anda banyak menghabiskan waktu dengan memakai sepatu hak tinggi.

Hindari tumit yang terlalu tinggi dan tipis. Sebaiknya Anda memilih tumit sepatu dengan hak yang tebal. Sebab tumit sepatu yang tinggi dan tipis memperbesar resiko terkena berbagai masalah kaki.

Memakai sepatu tinggi dengan ujung kaki terbuka, karena ini akan membantu meringankan tekanan pada kapalan.

Sebelum Anda membeli sepatu hak tinggi pastikan Anda memperhatikan lereng tumit. Pilihlah sepatu dengan kemiringan tumit yang tidak tajam maka jari kaki Anda akan jarang mengalami mati rasa.