Jauhi Makanan Dan Minuman Ini Untuk Menghindari Penuaan Dini

Siapa sih yang ingin mengalami penuaan dini? saya yakin tidak seorang pun menginginkannya. Berbagai usaha dilakukan untuk menjaga tubuh terutama wajah untuk tetap sehat, segar dan kencang. Dari cara-cara yang alami sampai menggunakan bantuan obat-obatan dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan wajah yang awet muda.

Tapi tahukah kamu, kalau kamu makan makanan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan itu juga mempengaruhi kulit kamu jadi terlihat cepat tua lho.

Makanan Dan Minuman Yang Mempercepat Penuaan Kulit

Bagaimana kulit seseorang itu tergantung bagaimana kepribadian orang itu juga. Kebanyakan orang-orang mulai memberi perhatian kepada kulit wajahnya saat menganjak pubertas karena di masa ini kulit wajah menunjukkan perubahan yang jelas. Timbulnya jerawat adalah salah satu perubahan yang terlihat mencolok saat mengalami pubertas.

Berbagai macam produk kecantikan kulit yang bisa didapatkan untuk mendapatkan kulit sehat seperti yang diinginkan, bisa berbentuk herbal, produk spa, serum dan produk lainnya.

Biasanya produk-produk kecantikan itu memiliki harga yang bervariasi. Tapi tidak sedikit orang-orang rela memilih produk yang paling mahal untuk mendapatkan kulit yang seperti diinginkan.

Beberapa orang lebih cepat mengalami kerutan atau garis halus di wajah meskipun belum berumur 30 tahun, hal ini kemungkinan karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara untuk merawat kulit. Penelitian mengamati bahwa makanan yang buruk berperan besar terhadap penuaan dini.

Apa yang dikonsumsi mempengaruhi kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Kulit dapat merefleksikan kesehatan tubuh kita lho. Jadi terkadang kita sering menghabiskan biaya yang mahal hanya untuk mendapatkan kulit yang awet muda tapi kita sering lupa untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Memilih makanan yang sehat itu sangat penting, tidak hanya bagi kesehatan dan daya tahan tubuh tapi juga untuk kesehatan kulit.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi penuaan pada kulit kamu.

Makanan yang mengandung tinggi gula

Kandungan gula tinggi dapat mengakibatkan radang yang buruk bagi kesehatan dan tubuh. Asupan gula yang tak terkendali sangat merugikan pankreas kamu yang dapat berakhir pada diabetes juga mempengaruhi kulit kamu. Proses mencerna gula dalam tubuh dapat membuat ginjal bekerja sangat keras dan efeknya dapat terlihat pada kulit dengan menunjukkan gejala penuaan kulit seperti kerutan, garis wajah dan lainnya.

Mengkonsumsi daging olahan

Kebiasaan mengkonsumsi daging olahan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Daging olahan ini seperti pepperoni, sosis, ham adalah beberapa contohnya. Daging olahan terutama yang dalam bentuk kemasan banyak mengandung senyawa kimia seperti pengawet, pewarna bahkan mungkin juga mengandung penyedap. Kesemua ini seperti yang kita tahu itu berdampak buruk bagi kesehatan termasuk kesehatan kulit kamu.

Jika kamu tetap ingin memakan daging dan tidak membawa dampak buruk bagi tubuh kamu lebih baik kamu memakan daging segar yang bukan olahan. Tapi perlu diingat bagaimana kamu mengolah daging segar pun juga perlu diperhatikan. Salah satunya mengurangi konsumsi minyak ketika memasak daging.

Gorengan atau makanan yang mengandung banyak minyak

 

Seperti yang barusan saya sebutkan di atas, konsumsi minyak berlebih selain tidak baik bagi tubuh juga berdampak pada kulit. Makanan dengan mengandung banyak minyak menyebabkan kemerahan pada kulit sampai peradangan kulit yang dampaknya kulit terlihat lebih tua dari yang seharusnya.

Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan dengan proses memasak yang memakai minyak yang banyak. Tidak ada salahnya makan sedikit gorengan tapi dengan catatan menggunakan minyak yang sedikit. Supaya kamu bisa makan gorengan favorit kamu dengan lebih aman dan sehat lebih baik kamu bisa buat sendiri gorengan favorit kamu. kalau memasaknya sendiri tentu kamu akan memperhatikan kualitas dan kebersihan masakan kamu kan?.

Makanan yang asin

Nah ini nih yang mungkin sulit untuk dihindari. Saya sendiri juga penyuka asin tapi yah gak sampai terlalu asin juga sih. Tapi rasa asin yang kita jumpai pada masakan mungkin tidak akan sampai berlebihan. Yang perlu kamu waspadai adalah makanan dalam kemasan kaleng atau dalam kemasan lain seperti makanan instan. Karena makanan kaleng atau makanan instan mengandung jumlah garam yang tinggi didalamnya yaitu kandungan natrium yang tinggi.

Kandungan natrium ini yang dapat mempercepat timbulnya keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Alkohol

Minuman beralkohol tidak hanya dapat mengakibatkan tubuh dehidrasi tapi juga memiliki pengaruh negatif pada tingkat vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dan antioksidan memiliki peran penting dalam produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen inilah yang membuat kulit sehat dan elastis. Jika kulit kekurangan kolagen maka dapat terlihat kulit keriput, kehilangan elastisitas dan tanda-tanda penuaan lain.

Sebaiknya hindari jauh-jauh minuman beralkohol dan perbanyak minum air putih. Teh herbal atau jus segar bisa juga jadi pilihan yang menyehatkan untuk kamu. Selain menyegarkan dan menyehatkan juga membuat kamu awet muda.

Makanan dan minuman lain yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit adalah 

  • Minuman berenergi
  • Daging merah
  • Kopi

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat perlu untuk kamu perhatikan makanan dan minuman yang biasa kamu konsumsi. Dengan menjauhi makanan dan minuman yang saya sebutkan diatas ditambah dengan makanan sehat dengan gizi seimbang serta olahraga maka kamu bisa menjaga kulit wajah kamu tetap sehat, segar dan awet muda tentunya.