Kamu Akan Mendapatkan Manfaat Ini Dengan Tertawa

Jika kamu sedang menghadapi persoalan-persoalan yang sulit, coba deh kamu mencari cerita-cerita lucu atau menonton film yang lucu atau apapun deh yang bisa membuat kamu tertawa. Karena tertawa dapat mengurangi tekanan pikiran kamu dan mengurangi tingkat stres kamu. Kalau pikiranmu bisa lebih tenang sudah tentu kamu bisa mencari solusi dari masalah kamu dengan lebih baik kan?.

Tertawa ada banyak manfaatnya bagi kita lho. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik nih. Berikut penjelasannya, di simak ya.

Manfaat Tertawa

Ketika hidup terasa sulit maka tertawalah, hal ini dapat meringankan stres dan tekanan dalam diri kita. Sehingga tubuh terhindar dari penyakit.

Secara mental dan fisik ada banyak manfaat dari tertawa, yaitu :

Membuat perasaan menjadi Lebih baik

Humor dapat membantu kita tetap berpikir positif saat menghadapi situasi yang sulit. Pikiran positif membuat kita merasa kuat dan mampu mengurangi tingkat stres. Sehingga
dengan tertawa dapat membantu kita merasa lebih baik.

Saat menghadapi masalah sulit cobalah untuk tertawa seperti misalnya melihat hal-hal yang lucu, itu lebih baik daripada banyak mengeluh. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, malah dapat memperburuk masalah yang berakibat pada stres dan gangguan kesehatan.

Tertawa dapat membuat rileks dengan begitu kita dapat memikirkan solusi dengan pikiran yang tenang terhadap masalah yang dihadapi.

Mengurangi stres

Tertawa dapat mengurangi tingkat hormon stres, yaitu hormon kortisol dan epinerfin (adrenalin) dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ilmu pengetahuan lebih lanjut menunjukkan bahwa setelah tertawa otot dapat menjadi rileks selama 45 menit.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan membayangkan cerita lucu atau kenangan lucu dapat mengurangi neurologis indikasi stres. Sehingga dapat dikatakan tertawa merupakan strategi tepat untuk mengatasi stres dan menjadi terapi tebaik untuk stres.

Memperkuat hubungan

Tertawa juga dapat mempererat hubungan lho. Tertawa dapat menghubungkan kita dengan orang lain. Tertawa bersama orang lain meningkatkan kualitas interaksi sosial bersama teman, rekan kerja, kenalan kita bahkan dengan kekasih hati.

Ada pepatah mengatakan tawa itu dapat menular. Jika kita sering menceritakan humor dan tertawa maka orang-orang disekitar kita juga ikut tertawa dan ikut merasakan manfaat dari tertawa. Ini dapat membuat orang lain menjadi lebih bahagia.

Membakar kalori

Ingin menurunkan berat badan dengan cara yang mudah dan menyenangkan? siapa sih yang tidak mau, maka tertawalah. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat membakar 50 kalori dalam 15 menit. Tertawa lepas selain mebuat hati senang ternyata juga bisa membakar kalori tanpa harus pergi ke gym.

Manfaat tertawa dapat dikategorikan dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Manfaat jangka pendek

Para ahli mengatakan menikmati tawa bersama teman-teman maupun orang terdekat memberikan manfaat yang sama dengan berolahraga ringan. Hal ini mempengaruhi terhadap peningkatan denyut jantung, mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Serta membantu untuk membakar kalori sekitar 50 kalori selama kita tertawa 15 menit.

Tertawa juga dapat membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh, sehingga mengurangi kecemasan. Mengurangi stres berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita. Jika sistem kekebalan tubuh diperkuat maka tubuh menjadi lebih mampu melawan kuman dan virus.

Manfaat jangka panjang

Mengelola rasa sakit

Orang yang hidup dengan gangguan kesehatan yang kronis dan menyakitkan seperti osteoarthritis atau rheumatoid arthritis membutuhkan tertawa sebagai cara yang bagus untuk mengelola rasa sakit.

Para ahli mengatakan sebanyak 60 persen dari orang-orang yang hidup dengan berbagai macam bentuk rasa sakit pada setiap hari dapat mengurangi rasa sakit secara alami dengan tertawa karena tertawa memicu pelepasan endorfin suatu zat yang menciptakan perasaan senang.

Tawa juga dapat membantu mengatasi dan mematahkan siklus pada sakit kejang, sehingga melegakan rasa sakit.

Meningkatkan suasana hati

Tertawa dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik juga mengangkat semangat kita. Ini membuat hari-hari kamu lebih cerah dan bahagia sehingga tidak mudah depresi.

Mengelola diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah. Hal ini tentu juga dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa yang bermanfaat untuk semua orang.

Meningkatkan kesejahteraan

Orang-orang yang senang tertawa bersama teman-teman atau orang tercinta seperti keluarga dan kekasih memiliki kesejahteraan yang tinggi dan lebih bahagia daripada mereka yang penyendiri dan terisolasi.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk lebih banyak tawa setiap hari

  • Bergaul dengan orang-orang yang mempunyai selera humor yang          bagus
  • Bermain dengan orang yang lebih muda
  • Membeli buku kumpulan lelucon dan mulai membacanya sedikit demi      sedikit setiap hari
  • Menonton video lucu atau video kelucuan hewan-hewan di youtube        atau di sosial media
  • Melihat meme lucu di sosial media
  • Mengadopsi hewan peliharaan dengan tanggung jawab tentunya
  • Mengoleksi beberapa film komedi favorit kamu
  • Dan banyak cara lainnya

Jadi, mari kita menyisihkan waktu untuk tertawa bersama teman-teman dan orang tercinta kita setiap hari disela-sela aktivitas kita. Jangan lupa tertawa ya teman!.