Kenali Beberapa Fakta Pada Puting Payudara

Bagi kaum wanita harus mengenali tubuh dengan baik. Misalnya mengenai bagian tubuh wanita yang sensitif seperti puting pada payudara. Hal ini penting untuk mencegah tanda-tanda yang mengarah pada penyakit tertentu atau penyakit berbahaya yang umum menyerang wanita yaitu kanker payudara.

Bentuk-bentuk puting payudara pada wanita itu berbeda-beda lho ladies dan tidak semua perbedaan pada puting menandakan penyakit, jadi yuk kenali bentuk puting payudara. Berikut ini jenis-jenis puting pada payudara dan beberapa faktanya.

Puting payudara dapat digunakan untuk mendiagnosis kesehatan wanita

Kesehatan wanita dapat didiagnosis dari puting payudara. Warna adalah faktor utama yang pertama sekali diperhatikan . Puting merah seperti stroberi adalah warna alami puting wanita. Jika mengalami perubahan warna yang bukan karena kehamilan atau faktor bawaan segeralah konsultasikan ke dokter.

Terdapat 4 sampai 8 jenis puting pada wanita

Puting wanita ada yang datar, menonjol, terbalik atau dengan beberapa klasifikasi yang berbeda. Seorang wanita bisa saja memiliki satu payudara dengan puting menonjol dan yang satunya lagi dengan puting terbalik, suatu kombinasi jenis puting dapat terbagi hingga menjadi delapan jenis.

Puting bukanlah areola

Puting terletak di bagian pusat payudara wanita dan terhubung ke kelenjar susu yang menjadi tempat susu dihasilkan. Areola adalah daerah berwarna gelap disekitar puting.

Puting terbalik atau masuk ke dalam adalah normal

Puting yang terbalik atau masuk kedalam bukan menonjol keluar mempunyai fungsi yang sama seperti puting biasa. Mungkin kamu memiliki satu puting yang terbalik dan yang satunya lagi tidak. Kemungkinan puting kamu yang terbalik akan bisa muncul di kemudian hari.

Puting terbalik akan berganti dan muncul keluar setelah melahirkan dan menyusui bayi, kamu tidak perlu khawatir karena ini tidak akan mengganggu ketika kamu menyusui bayi. Stimulasi atau suhu dingin secara sementara dapat menyebabkan puting menjadi menonjol. Pembedahan dan tindikan dapat mengkonversi puting kamu dari puting terbalik menjadi menonjol.

Dua puting pada satu areola

Hal ini disebut dengan puting ganda atau puting mendua. Tergantung pada sistem duktus, puting ganda mungkin mampu menghasilkan susu untuk bayi. Namun ketika menyusui, bayi mungkin sulit menyesuaikan dengan mulutnya.

Puting yang ditumbuhi rambut

Apakah kamu memiliki benjolan kecil-kecil yang tampak pada sekitar areola dan puting? itu adalah folikel rambut. Tidak hanya pada wanita, pria juga ada yang memilikinya. Folikel rambut inilah yang membuat rambut bisa tumbuh di sekitar puting. Rambut yang tumbuh di area ini mungkin akan terlihat lebih gelap daripada rambut lain ditubuh kamu.

Tinggi puting rata-rata pada wanita adalah seukuran kumbang kecil (lady bug)

Pada tahun 2009 satu penelitian mengenai puting wanita dan areola menunjukkan hasil bahwa diameter areola sekitar 4 cm yang sedikit lebih kecil daripada bola golf. Dengan diameter areola seperti ini berarti lebar puting sekitar 1.3 cm dan tinggi puting sekitar 0.9 cm (ini seukuran kumbang kecil atau lady bug).

Nyeri puting

Ibu menyusui seharusnya tidak mengalami rasa sakit saat menyusui. Namun hal ini sering terjadi pada ibu menyusui dengan berbagai alasan penyebabnya. Bisa jadi karena masalah posisi ketika menyusui. Wanita juga bisa mengalami rasa sakit pada puting ketika mengalami gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) atau gejala seperti :

  • alergi
  • gesekan akibat bra olahraga
  • kanker puting langka

Puting dapat mengalami perubahan ukuran

Hal ini sering terjadi pada masa kehamilan dan dapat terjadi beberapa kali. Satu penelitian pada tahun 2013 pada 56 orang wanita hamil menunjukkan bahwa puting mereka mengalami pertumbuhan dalam panjang dan lebarnya. Lebar areola mereka juga mengalami peningkatan secara signifikan.

Kondisi langka tanpa memiliki puting

Suatu kondisi langka dimana seseorang terlahir tanpa memiliki puting terutama pada wanita. Kondisi ini disebut dengan athelia. Untuk mengobati athelia harus menggunakan rekonstruksi payudara melalui operasi.

Memiliki beberapa puting sekaligus

Memiliki beberapa puting sekaligus disebut puting supernumerary. Diperkirakan 1 dari 18 orang telah memiliki supernumerary. Diketahui ada seseorang yang memiliki tujuh puting di tubuhnya, dua adalah normal yaitu di payudara dan yang lima lagi adalah tambahannya yang bisa muncul di daerah tubuhnya yang lain yaitu di kaki.

Jaringan yang tumbuh itu sama dengan jaringan pada puting payudara yang memiliki lemak, folikel rambut, kelenjar dan semuanya. Bahkan ada kasus yang dilaporkan dimana seorang wanita memiliki jaringan payudara penuh dan puting yang terletak di pahanya, yang lebih ajaibnya bahkan menghasilkan susu setelah ia melahirkan.

Puting bisa luka, lecet dan retak

Dalam satu penelitian di Brazil, 32 persen perempuan melaporkan mengalami retak puting karena menyusui dalam bulan pertama setelah melahirkan. Tapi jika kamu mengalami puting yang lecet, merah, gatal, terkelupas maupun luka meskipun kamu tidak sedang menyusui kemungkinan olahraga dan akibat pemakaian bra yang tidak sesuai menjadi penyebabnya.

Gantilah dengan menggunakan bra yang tepat terutama saat berolahraga. Untuk melindungi puting kamu dari lecet. Kamu juga bisa mengoleskan petroleum jelly ke puting kamu untuk menjaganya agar tidak mudah lecet.

Dapat berubah warna

Puting dapat mengalami perubahan warna karena suhu, kehamilan dan waktu. Ini bisa membuat puting menjadi lebih gelap.

Operasi payudara dapat mempengaruhi sensitivitas puting

Operasi pembesaran payudara telah populer belakangan ini. Namun perlu diketahui bahwa operasi payudara dapat berisiko mengalami hilangnya sensasi pada puting. Satu penelitian dari tahun 2011 ditemukan pada survei 75 persen wanita yang telah operasi payudara mengalami perubahan dalam sensasi dan 62 persen mengalami rasa sakit saat disentuh.

Pada ibu menyusui payudara dapat secara spontan mengeluarkan susu

Untuk beberapa ibu dapat terjadi kondisi dimana payudara secara spontan mengeluarkan susu ketika mereka mendengar bayi orang lain menangis atau berpikir tentang bayi mereka.

Puting tidak hanya menarik bagi laki-laki tetapi juga bagi perempuan

Satu penelitian di Universitas Nebraska menemukan bahwa wanita dan pria mengikuti pola mata serupa ketika melihat wanita. Mereka dengan cepat melihat payudara dan bagian seksual lainnya sebelum melihat ke area lain dari tubuh.

Laporkan ke dokter bila keluar cairan abnormal pada puting

Jika kamu mendapati puting kamu mengeluarkan cairan yang abnormal pada kedua atau salah satu payudara ini bisa menjadi indikator masalah kesehatan seperti hipotiroidisme dan kista atau hal-hal lainnya yang lebih serius. Terutama jika ada terlihat keluarnya darah maka kamu harus segera menemui dokter.

Nah. ladies sudah tahu kan beberapa fakta mengenai puting. Jangan lupa untuk memakai pakaian dalam atau bra yang sesuai dengan kegiatan kamu ya. Untuk olahraga ada juga bra khusus yang bisa jadi pilihan kamu.  Ini diperlukan untuk menghindari lecet pada puting.