Ketahui Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Secangkir teh hangat di pagi hari dapat membangkitkan semangat dan memberikan kesegaran tersendiri di dalam tubuh. Apalagi jika anda menambahkan daun mint ke dalam minuman teh hangat anda. Wangi daun mint berpadu dengan kehangatan teh memberikan sensasi berbeda yang membuat tubuh menjadi rileks dan segar.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai manfaat mint. Apa saja itu?.

Manfaat daun Mint

Kaya nutrisi

Mint mengandung cukup banyak nutrisi, diantaranya kalori, serat, vitamin A, zat besi, mangan dan folat. Mint sering ditambahkan ke dalam berbagai resep masakan dan biasanya dalam jumlah kecil. Sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk kesehatan mata dan pengelihatan.

Mint juga sebagai sumber antioksidan yang kuat terutama bila dibandingkan dengan bumbu dan rempah lainnya. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif yaitu jenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meringankan gejala Sindrom iritasi usus besar (Irritable Bowel Syndrome)

Sindrom iritasi usus besar adalah gangguan pencernaan yang umum terjadi. Gejala ini ditandai dengan masalah pencernaan seperti sakit perut, gas, kembung dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Untuk sindrom ini perlu penanganan medis yang disertai dengan obat. Tapi mengambil manfaat dari obat herbal dari mint juga bisa berguna. Minyak peppermint mengandung senyawa yang disebut menthol diduga dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar melalui efek relaksasi pada otot-otot pencernaan.

Terutama lebih bermanfaat dengan menggunakan kapsul minyak peppermint daripada daun mint mentah.

Meringankan gangguan pencernaan

Mint diyakini efektif meringankan masalah gangguan pencernan seperti sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya. Gangguan pada pencernaan biasanya sering terjadi ketika makanan terlalu lama berada di dalam perut sebelum sisa makanan tersebut keluar melewati saluran pencernaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan akan lebih cepat melewati perut ketika mengkonsumsi minyak peppermint bersama makanan yang dimakan, sehingga meredakan gejala gangguan pencernaan.

Meningkatkan fungsi otak

Menghirup aroma minyak esensial dari tanaman mint diyakini dapat memberikan manfaat kesehatan termasuk meningkatkan fungsi otak. Satu penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma minyak peppermint selama lima menit menghasilkan perbaikan signifikan dalam memori.

Penelitian lain juga menemukan bahwa mencium bau minyak ini saat mengemudi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustasi, kecemasan dan kelelahan. Meskipun demikian masih memerlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui bagaimana mint bekerja meningkatkan fungsi otak.

Mengurangi rasa sakit ketika menyusui

Ibu menyusui sering mengalami rasa sakit dan puting retak yang dapat membuat menyusui jadi sulit dan menyakitkan. Penelitian menunjukkan menerapkan mint di kulit dapat membantu meringankan rasa sakit yang berkaitan dengan menyusui.

Dengan cara mengoles mint ke daerah sekitar puting setelah selesai menyusukan. Biasanya bisa digunakan minyak esensial atau bisa juga mencampurnya dengan gel atau air.

Satu penelitian menunjukkan bahwa menerapkan minyak peppermint setelah menyusui lebih efektif daripada menerapkan ASI yang dikatakan dapat mencegah puting dan areola retak penyebab rasa sakit pada puting.

Mengurangi gejala flu

Banyak obat bebas yang dijual di pasar untuk mengobati pilek dan flu mengandung menthol, yang mana menthol ini adalah senyawa utama yang terkandung dalam mint atau minyak peppermint.

Menthol secara efektif dapat melegakan hidung tersumbat dan meningkatkan aliran udara serta pernafasan. Membuat orang yang sedang mengalami pilek merasa lebih mudah bernapas melalui hidung mereka. Hal ini tentu membantu bagi orang-orang yang terkena flu.

Mengurangi nafas tidak sedap atau nafas bau

Permen karet mint dan permen mint adalah salah satu pilihan kita ketika mencoba menyegarkan nafas atau menyingkirkan bau setelah makan makanan tertentu yang dapat mempengaruhi bau mulut.

Para ahli sepakat bahwa produk yang berbahan mint dapat menyembunyikan nafas yang bau selama beberapa jam namun tidak dapat mengurangi bakteri atau senyawa lain yang menyebabkan bau nafas.

Minum teh peppermint atau mengunyah daun mint segar juga dapat mengurangi bau nafas dan membunuh bakteri.

Mudah ditambahkan kedalam menu makanan harian

Daun mint dapat dipadukan dengan menu makanan kita sebagai makanan penutup, salad, minuman yang menyegarkan dan masih banyak lagi. Teh peppermint sangat populer digunakan untuk memberikan efek menenangkan.

Minyak mint dalam betuk kapsul juga dapat digunakan untuk dihirup sebagai aromaterapi bahkan dapat juga diterapkan di kulit. Jika anda ingin menggunakan mint untuk tujuan kesehatan sangat penting terlebih dahulu anda mencari tahu berbagai penelitian terkait bagaimana mint telah digunakan dalam hal kesehatan.

Menambah aroma makanan

Mint sebagai tambahan yang lezat dan sehat untuk banyak jenis makanan dan minuman. Mint yang dipadukan dalam makanan sebenarnya bertujuan untuk menambah ciri khas dan aroma yang menyegarkan pada masakan tertentu.

Meningkatkan nafsu makan

Banyak yang mengaku lebih kecanduan jika makanan yang disajikan mengandung mint. Rasa yang diberikan daun mint ini sangat menentramkan dan memberikan efek nyaman bagi yang menikmatinya. Sehingga daun mint dapat dikatakan meningkatkan nafsu makan.

Meskipun mint lebih sering kita temui ditambahkan ke menu makanan, penelitian menunjukkan manfaat kesehatan mint terutama bila digunakan dalam bentuk kapsul atau kapsul minyak. Dengan cara diterapkan pada kulit atau dihirup melalui aromaterapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *