Khasiat Kantong Teh Untuk Mata

Punya persediaan kantong teh dirumah kamu? Ada kabar bagus buatmu. Kantong teh telah dikenal luas memiliki berbagai manfaat, salah satunya membantu mengatasi masalah pada mata kamu lho.

Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat ganda dirumah kamu, bisa dijadikan minuman yang menyegarkan dengan mendapatkan manfaat teh dan bisa juga untuk membantu mengatasi masalah pada mata kamu.

Apalagi kantong teh lebih murah dan mudah ditemukan sehingga lebih efisien. Berikut ini apa saja khasiat kantong teh untuk mata kamu.

Khasiat Kantong Teh Untuk Mata

Penggunaan kantong teh pada mata diketahui memiliki berbagai manfaat. Kantong teh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata, bengkak dan kemerahan. Juga dapat berfungsi untuk mengobati iritasi, styes dan mata merah (konjungtivitis).

Kantong teh dapat menjadi pilihan yang terjangkau dan alami yang bisa kamu coba, mudah ditemukan dan tidak sulit untuk dicoba dirumah. Kamu bisa melakukannya sambil bersantai dirumah sambil mendengarkan musik favorit kamu misalnya. Hanya dengan menempelkan kantong teh ke mata kamu dengan beberapa kali per hari sampai gejala mereda.

Bagaimana Menggunakannya

Kamu hanya memerlukan dua kantong teh yang telah dicelupkan ke dalam air hangat atau air panas seperti biasa kita membuat teh. Lalu angkat kantong teh dari air hangat tersebut dan peras air yang masih ada dalam kantong teh.

Biarkan kantong teh untuk dingin atau bisa juga kamu mendinginkannya ke dalam kulkas selama sekitar 10 sampai 20 menit. Setelah itu barulah bisa kamu tempelkan ke mata tertutup kamu selama 30 menit.

Gunakan ujung jari kamu untuk memberikan tekanan lembut pada mata kamu atau memijat daerah sekitar mata dengan lembut. Untuk hasil yang lebih menenangkan kamu bisa menambahkan irisan timun yang dingin dari kulkas dan letakkan diatas kantong teh yang juga telah didinginkan di kulkas.

Jenis Teh

Ada beberapa jenis teh yang dapat menjadi pilihan kamu untuk mengobati masalah mata. Sangat dianjurkan menggunakan teh organik untuk menghindari bahan kimia yang tidak kita inginkan.

Teh hitam, teh putih dan teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu mengobati masalah mata. Teh herbal menenangkan dan menyejukkan yang dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak dan iritasi pada mata.

Berikut teh herbal populer yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mengobati masalah pada mata kamu :

  • Rooibos (semak merak)
  • Chamomile
  • Lavender
  • Eyebright (Euphrasia)
  • Kalendula
  • komprei
  • Adas
  • fenugreek (kelabat)

Mengobati Masalah Mata

Peradangan

Kantong teh dapat mengurangi masalah mata meradang atau bengkak. Kafein dalam teh hitam dan teh hijau memberikan efek positif pada mata bengkak dan juga dapat membantu menjaga kekencangan kulit daerah mata. Kafein mengkonstriksi pembuluh darah dalam jaringan sensitif disekitar mata sehingga membantu mengurangi bengkak dan peradangan.

Teh hitam dan teh hijau juga mengandung antioksidan yang disebut flavonoid dan tanin yang memiliki efek anti-inflamasi. Tanin dapat membantu mengencangkan kulit dan mengeluarkan cairan untuk meringankan keadaan bengkak menjadi lebih baik. Teh hijau mungkin lebih efektif karena kandungan flavonoidnya yang lebih tinggi.

Jadi menggunakan kantong teh hitam atau teh hijau sebagai kompres dingin efektif untuk mengobati kantong mata atau kantong hitam di bawah mata. Teh hijau juga berguna untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus disekitar mata.

Teh herbal eyebright (euphrasia), rooibos, chamomile, adalah beberapa jenis teh herbal yang juga terbukti mampu mengurangi peradangan.

Konjungtivitis (mata merah muda)

Beberapa jenis teh dapat digunakan untuk meringankan gejala mata merah seperti teh kalendula, chamomile dan teh Adas. Meski hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung penggunaan teh ini untuk perawatan dengan kondisi ini. Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan, mengurangi pembengkakan dan iritasi seperti mata merah.

Teh eyebright atau euphrasia memiliki sifat antimikroba untuk mencegah bakteri, membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Teh hijau juga dapat mengurangi peradangan.

Mata kemerahan

Teh chamomile, rooibos dan teh hijau dapat efektif dalam mengobati dan menyegarkan mata sakit atau merah. Sifat-sifat anti-inflamasi teh ini dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan yang disertai iritasi pada mata.

Lingkaran gelap

Mengurangi lingkaran gelap di daerah mata dengan kantong teh hitam atau teh hijau yang telah didinginkan adalah pilihan yang bisa anda coba. Karena kandungan kafein dalam teh membantu mempersempit pembuluh darah dan aliran darah di sekitar mata.

Stye

Teh hitam dalam kantong celup dapat berguna untuk mengobati stye karena tinggi kandungan tanin. Sifat antibakteri dan analgesik teh hitam membantu mengurangi peradangan dan iritasi.

Sementara itu teh chamomile juga dapat digunakan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit yang teriritasi. Meskipun bukti ilmiah masih terbatas mengenai penggunaan chamomile untuk kesehatan kulit.

Rosasea

Sifat anti-inflamasi teh hijau, teh herbal lavender dan chamomile membantu mengurangi gejala rosasea. Dengan menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Kamu juga bisa menggunakan kantong teh ini pada bagian tubuh lainnya selain di mata, namun pastikan agar kamu berhati-hati agar tidak menimbulkan iritasi tambahan.

Mata kering

Kamu bisa menggunakan kantong teh hitam yang hangat, eyebright (euphrasia) atau kantong teh lavender di mata kamu untuk mempertahankan kelembaban dan mengurangi kekeringan. Sifat yang menenangkan yang terkandung dalam teh ini dapat meringankan iritasi atau sensitivitas yang kamu alami.

Memar pada mata

Untuk mengurangi memar pada mata kamu juga bisa menggunakan kantong teh hitam atau teh hijau agar tidak mengalami peradangan. Pembengkakan dan memar akan berkurang karena kandungan tanin dalam teh ini. Juga dapat membantu mengendalikan perdarahan internal. Lavender dan chamomile bermanfaat dalam membantu menenangkan setiap iritasi kulit sekaligus pereda nyeri.

Resiko

Selalu berhati-hati ketika menggunakan kantong teh di mata kamu karena daerah mata adalah sangat sensitif. Beberapa hal dibawah ini adalah hal-hal yang penting untuk kamu ingat mengenai penggunaan teh kantong.

  • Mencuci tangan dan wajah dengan bersih dan secara menyeluruh sebelum menggunakan teh kantong.
  • Mengahpus make up sebelum menerapkan teh kantong.
  • angan pernah menggunakan teh kantong yang masih panas.
  • Menghentikan penggunaan jika menimbulkan rasa sakit atau iritasi tambahan.
  • Hindari kantong teh yang menggunakan staples.
  • Gunakan kantong teh yang tidak dikelantang.
  • Hindari agar cairan atau tetesan air teh tidak mengenai mata.
  • Melepas lensa kontak saat mengompres mata dengan kantong teh.
  • Hindari menggosok atau menyentuh mata.

Beberapa tips untuk kesehatan mata

  • Perbanyak istirahat dan meningkatkan asupan cairan ke tubuh agar tetap terhidrasi.
  • Melindungi mata kamu dari sinar matahari yang terik dengan memakai kaca mata hitam dan topi.
  • Menjaga agar tangan dan wajah tetap bersih.
  • Membuat gaya hidup sehat dan sederhana, makanan yang sehat, olahraga dengan teratur dan menghindari atau mengurangi stres.

Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan kamu.

Jika gejala masalah pada mata menjadi parah, bertambah iritasi, tidak nyaman atau tidak menunjukkan perubahan dalam beberapa hari maka harus segera pergi berobat ke dokter. Istirahat yang lebih banyak mungkin diperlukan untuk mengurangi masalah pada mata.