Konsumsi 15 Makanan Ini Untuk Paru-Paru Sehat

Polusi udara sering kali tidak dapat kita hindari ketika kita melakukan aktivitas atau bekerja di luar rumah. Ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya kendaraan yang kita jumpai di jalanan yang membuat kemacetan lalu lintas sekaligus menciptakan polusi udara akibat asap kendaraan.

Tidak hanya itu polusi udara juga ditimbulkan dari asap bakaran sampah, asap dari pembakaran pabrik, atau asap rokok, semuanya berpengaruh buruk pada paru-paru kita. Kita mungkin tidak dapat menghindari polusi udara tapi kita bisa melakukan pencegahan yang mungkin dapat membantu seperti mengenakan masker penutup hidung dan mulut.

Selain itu, 15 makanan berikut ini jika salah satunya Anda konsumsi secara rutin juga membantu Anda untuk mendapatkan paru-paru sehat. Makanan apa saja itu?.

15 Makanan Untuk Mendapatkan Paru-Paru Sehat

Anda harus meningkatkan konsumsi makanan sehat yang disertai dengan pola hidup sehat juga untuk mencegah paru-paru Anda terserang penyakit atau gangguan pernapasan. Berikut makanan sehat yang baik untuk menjaga paru-paru sehat :

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan Alisin didalamnya, yaitu Phytonutrisi utama yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Alisin memiliki sifat antimikroba, antikanker, dan menurunkan tekanan darah. Para ilmuwan Cina menemukan bahwa konsumsi bawang putih memiliki efek positif pada pasien yang memiliki gangguan paru-paru dan kanker paru-paru.

Konsumsi 2-3 siung bawang putih setiap hari dalam bumbu masakan seperti kari, salad, dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari infeksi dan penyakit.

Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya seperti chard, kale dan lobak hijau sarat dengan vitamin dan mineral. Bayam diketahui mengandung phytochemical yang membantu mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan dan melawan kanker.

Satu porsi bayam setiap hari akan membantu meningkatkan imunitas Anda dan menjaga paru-paru Anda dalam kondisi baik.

Apel

Apel merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan dan fitokimia (seperti Catechin, asam klorogenat, dan phloridzin) yang membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskuler.

Anda bisa mengkonsumsi apel setiap hari untuk sarapan atau sebagai camilan.

Lemak ikan

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, ikan mas dan ikan haddock kaya asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Ini dikenal sebagai asam lemak tak jenuh ganda karena mengandung ikatan ganda lebih dari satu dalam struktur kimia mereka.

Asam lemak tak jenuh ganda memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, antikanker, antioksidan dan memberikan perlindungan pada jantung Anda. Mengkonsumsi ikan berlemak atau suplemen minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan termasuk kesehatan paru-paru Anda. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Jahe

Jahe telah dikenal sebagai salah satu obat alami rumahan yang terpercaya untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa jahe mengandung senyawa bioaktif yaitu gingerol. Senyawa ini yang menghasilkan rasa pedas pada jahe. Gingerol juga membantu mencegah asma, flu atau pilek, migrain dan hipertensi.

Cara terbaik untuk menggunakan jahe adalah dengan mengiris dan menumbuk satu inci jahe, tambahkan ke minuman sarapan pagi atau jus Anda.

Beri

Buah-buahan beri seperti stroberi, raspberry, cranberry, blackberry, dan blueberry semuanya mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia. Bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jantung, melawan berbagai jenis kanker dan kesehatan paru-paru.

Aprikot

Aprikot manis tidak hanya lezat tetapi juga sangat baik untuk melindungi paru-paru Anda. Hal ini telah ditemukan oleh para peneliti bahwa aprikot sebagai sumber makanan dengan kaya kandungan vitamin C, vitamin E, beta-carotene, dan Likopen.

Semua senyawa tersebut adalah antioksidan yang membantu mengikis radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Selain itu Aprikot juga memiliki sifat anti-Alergi, antimikroba, anti-peradangan, dan antikanker.

Brokoli

Brokoli adalah makanan dengan sumber terbaik sebagai obat penyembuhan. Para ilmuwan menemukan bahwa brokoli adalah sumber yang baik dari sulforaphane (SFN) yang memiliki antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan sifat antimikroba. SFN juga ditemukan dapat mencegah kanker paru-paru, perut dan payudara.

Jeruk grapefruit

Jeruk telah dikenal luas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk grapefruit merupakan sumber yang baik vitamin C, vitamin B6, Tiamin, asam folat dan magnesium yang bermanfaat. Tidak hanya itu juga berisi bioaktif flavone, naringenin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Konsumsi jeruk grapefruit setidaknya setengah buah pada waktu sarapan pagi dapat membantu membersihkan tubuh Anda dari racun dan mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

Tapi Anda harus konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan jeruk ini untuk mengobati masalah pernapasan karena pada beberapa kasus jeruk malah dapat memperburuk masalah.

Kunyit

Kunyit telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu meringankan berbagai masalah kesehatan. Bahan aktif kunyit yaitu kurkumin yang bertanggung jawab atas semua khasiat yang dapat ditawarkan oleh kunyit. Kurkumin sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba. Dengan memiliki sifat-sifat ini membuat kunyit ampuh untuk menangkal gangguan inflamasi, kanker dan obesitas.

Kacang-kacangan atau biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki dua kesamaan yaitu sama-sama sebagai sumber protein yang besar dan juga memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsi mereka akan mengurangi peradangan, kolesterol dan tekanan darah serta mengelola adiposity visceral.

Alpukat

Kaya akan vitamin E, K, B6, riboflavin, Asam Pantotenat, niasin dan sarat dengan asam lemak tak jenuh ganda yang mana vitamin-vitamin ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Ilmuwan menemukan bahwa mengkonsumsi alpukat dapat membantu mengurangi arthritis dan peradangan sendi.

Unggas

Ayam dan bebek adalah unggas yang paling banyak dikonsumsi. Unggas memiliki sumber besar protein. para ilmuwan menemukan bahwa diet makanan kaya unggas dapat mengurangi resiko kanker paru-paru sebesar 10%. Namun pastikan Anda mengkonsumsi unggas yang bebas hormon untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Paprika merah

Paprika merah adalah sebagai sumber besar likopena, vitamin C dan beta-karoten. Sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas. Sehingga organ-organ vital dalam tubuh kita termasuk paru-paru tetap terlindungi dari gangguan atau penyakit.

Cabai

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa capsaicin yang terdapat pada cabai yang menciptakan rasa pedas telah menawarkan manfaat sebagai antioksidan dan antikanker.