Makanan Berfermentasi Baik Untuk Kesehatan Terutama Pencernaan

Tempe, makanan sehari-hari kita ini sangat bagus untuk kesehatan kita lho. Jadi bagi kamu yang favorit banget makan tempe saya acungin jempol deh hehee. Kita sudah tahu kalau tempe ini adalah termasuk ke dalam jenis makanan yang pembuatannya melalui proses fermentasi atau disebut juga makanan berfermentasi.

Nah makanan berfermentasi ini ada banyak banget manfaatnya lho, dan terutama sekali bermanfaat untuk pencernaan kamu. Berikut penjelasannya.

Makanan Berfermentasi Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Terutama Kesehatan Usus

Makanan berfermentasi sangat baik bagi kesehatan kita terutama untuk bagian sistem pencernaan kita. Selama fermentasi makanan pati dan gula menjadi asam laktat dan asam asetat oleh bakteri konversi. Proses ini menjaga makanan secara alami dengan menghasilkan fitonutrien berlimpah dari enzim untuk omega 3 serta berbagai strain probiotik. Ini dikenal dengan sebutan bakteri baik.

Makanan berfermentasi memiliki bakteri sehat di dalamnya yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan dan untuk usus yang sehat. Memiliki usus yang sehat lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Nah, ladies nih perlu diperhatikan kesehatan usus kamu supaya berat badan kamu tetap seimbang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan pencernaan terutama kesehatan usus, makanan berfermentasi juga bermanfaat untuk kulit sehat tampak bersinar dan meningkatkan kesehatan mental. Dengan bakteri baik dalam tubuh maka tubuh lebih baik dalam menyerap makanan sehingga tubuh kita bekerja lebih baik untuk menyingkirkan limbah serta racun melalui usus.

Usus yang sehat berarti pencernaan juga sehat, pencernaan yang sehat berarti tubuh yang sehat pula. Tapi tahukah kamu ada beberapa makanan berfermentasi dari seluruh dunia yang menawarkan keuntungan luar biasa untuk kesehatan kamu terutama kesehatan saluran pencernaan atau usus kamu. Mau tahu makanan berfermentasi apa saja dari seluruh dunia?. Berikut penjelasannya.

Makanan Berfermentasi Dari Seluruh Dunia Serta Manfaatnya

Tempe

Nah tempe ini sudah tidak asing lagi bagi kita rakyat Indonesia tercinta bukan?. Tempe kita kenal sebagai makanan berprotein tinggi bebas lemak yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe ini mengalami fermentasi secara organik. Biasanya kita gunakan dalam masakan sebagai pengganti daging.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, manfaat tempe ternyata ada banyak lho, apa saja itu? ini dia :

Tempe dapat mencegah beberapa penyakit degeneratif

Tempe dapat meningkatkan kadar HDL atau Kadar kolesterol baik dalam darah sehingga menjaga jantung tetap sehat

Mampu mencegah naiknya kadar gula dalam darah dan baik untuk penderita diabetes

Dapat mencegah anemia dengan menambah darah

Menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan mencegah osteoporosis

Antioksidan yang terdapat dalam tempe mampu menangkal radikal bebas

Mampu mengatasi gejala keracunan seperti keracunan logam berat

Tempe memiliki kandungan serat yang mampu mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker

Memiliki zat antibakteri untuk mencegah diare dan kolera

Menurunkan lemak dalam darah

Asinan kubis atau Sauerkraut

Asinan kubis ini bisa dijadikan lauk dan bisa juga lho ditambah dengan sayuran lain seperti wortel, lobak atau sawi putih. Membuat asinan ini tidak memerlukan banyak bahan kok, hanya perlu menyiapkan kubis, air dan garam.

Sauerkraut bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu untuk menurunkan berat badan, membantu mengurangi stres, menjaga kesehatan otak, meningkatkan kesehatan jantung, berkontribusi untuk tulang yang kuat dan mengurangi resiko terhadap kanker tertentu.

Yoghurt

Makanan berfermentasi ini dapat digunakan berbagai kudapan seperti salad dressing, toping eskrim, smoothie atau dimakan langsung juga tak kalah nikmatnya. Yoghurt juga sangat mudah kita jumpai di toko-toko atau supermarket terdekat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kamu, yoghurt juga bermanfaat bagi kecantikan kamu juga lho.

Yoghurt ini dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit kusam serta          membantu menghilangkan bekas jerawat.

Bagus untuk kulit, melawan radikal bebas, memperlambat proses penuaan dan mengencangkan kulit. Scrub yogurt berguna untuk menghilangkan kulit mati di permukaan kulit.

Memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan dapat memperbaiki rambut rusak.

Melembutkan tangan dan kuku.

Memutihkan gigi, dengan menggosok sedikit yogurt ke gigi kamu sekali sehari, jika kamu rutin melakukannya selama beberapa minggu gigi kamu akan terlihat lebih putih lho.

Kombucha

Kombucha adalah berupa teh jamur yang difermentasikan dan sering diberi bumbu berupa rempah-rempah atau buah-buahan yang sarat dengan bakteri sehat. Biasanya kombucha dibuat dengan teh hitam atau teh hijau. Kombinasi dari jamur dan bakteri ini menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat kombucha yang bisa kita dapatkan selain untuk membantu kesehatan pencernaan, juga bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung, mempertahankan kesehatan hati, mengatasi diabetes dan melindungi tubuh dari bahaya penyakit kanker.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang terbuat dari susu, penggunaannya sama seperti pada penggunaan yogurt.

Manfaat kefir selain baik untuk pencernaan adalah :

Meningkatkan kesehatan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh

Anti Candida atau jamur candida yang dapat menginfeksi kulit atau selaput lendir pada manusia.

Anti Kanker

Anti alergi

Kimchi

Kimchi adalah salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Pada dasarnya kimchi seperti Sauerkraut tapi versi Korea, dibuat dengan sayuran lebih banyak tidak hanya sekedar kubis dan dengan rasa yang lebih pedas.

Manfaat kimchi :

Mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh dan menjaganya agar tidak tinggi

Menurunkan berat badan

Anti penuaan dini

Mempertajam penglihatan

Membuat kulit lebih bercahaya

Membuat rambut sehat berkilau

Mencegah kanker perut

Mencegah terjadinya tukak lambung

meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dengan sifat antioksidannya

Tidak ada salahnya kamu juga mencoba beberapa jenis makanan berfermentasi ini kedalam menu makanan harian kamu. Selain itu makanan berfermentasi juga dikenal mempunyai daya tahan yang lebih lama. Jadi bisa kamu manfaatkan dalam waktu yang lebih lama.