Manfaat Kesehatan Yang Anda Dapatkan Dengan Mengkonsumsi Stroberi

Buah stroberi berasal dari benua Amerika memiliki bentuk yang menarik dengan warna merahnya nan menggoda, ada juga stroberi yang berwarna putih dengan bintik-bintik merahnya yang juga tak kalah menggoda. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini.

Buah dengan sedikit rasa manis namun didominasi rasa asam ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita jika dikonsumsi dengan rutin lho. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buah stroberi segar daripada yang berupa ekstrak. Nah manfaat apa saja yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah ini?.

Manfaat Kesehatan Dengan Mengkonsumsi Buah Stroberi

Memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral

Vitamin, mineral dan serat semuanya dimiliki oleh stroberi namun memiliki kandungan kalori yang rendah. Stroberi juga sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang hebat seperti asam ellagic, quercetin, dan antosianin. Berikut kandungan nutrisi dari stroberi :

  • Vitamin C: 97,6 mg
  • Mangan: 0.64 mg
  • Folat: 40 mcg
  • Kalium: 254 mg
  • Magnesium: 22 mg
  • Fosfor: 40 mg
  • Vitamin K: 3.7 mcg
  • Kalsium 27 mg

Melawan penurunan kognitif

Stroberi memiliki berbagai fungsi biomedis yang dapat membantu meringankan beberapa stres oksidatif dalam tubuh Anda yang dipengaruhi oleh faktor usia. Antioksidan dalam buah beri ini dikenal dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Ini sangat bermanfaat melindungi otak Anda dari masalah degeneratif memori.

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi flavonoid seperti buah-buahan beri atau stroberi bisa memperlambat penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Anthocyanidins dan antioksidan lain di dalamnya turut bertanggung jawab untuk efek ini.

Mengelola diabetes

Mengkonsumsi stroberi secara teratur dapat menjadi pilihan bagi orang-orang yang menderita diabetes karena kandungan seratnya tinggi. Sifat anti-inflamasi dalam stroberi melawan peradangan dan indeks glikemik (GI) yang rendah dapat dikonsumsi sebagai bagian dari diet GI yang rendah pada penderita diabetes. Atau dapat dikatakan mengkonsumsi stroberi dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 2.

Penelitian menemukan bahwa buah yang memiliki fisetin berpotensi mengurangi komplikasi diabetes seperti neuropati atau penyakit ginjal. Stroberi berisi lebih banyak fisetin daripada buah lain seperti apel dan kesemek.

Melindungi jantung

Jika Anda mencari makanan yang dapat melindungi jantung maka stroberi dapat menjadi pilihan yang tepat. Stroberi mengandung antioksidan dapat membantu menghambat oksidasi kolesterol LDL dalam tubuh.

Tidak hanya itu stroberi juga dapat mengurangi risiko pembentukan bekuan darah (trombosis) dan meningkatkan fungsi sistem sirkulasi dengan meningkatkan fungsi endotel vaskular. Semua kombinasi ini menurunkan resiko serangan jantung atau stroke.

Konsumsi tiga porsi atau lebih stroberi dalam seminggu dapat membantu melindungi fungsi jantung agar tetap sehat dan mengurangi risiko serangan jantung. Stroberi juga mengandung quercetin yang merupakan zat anti-inflamasi atau anti peradangan. Penyakit jantung salah satunya disebabkan oleh penumpukan aterosklerosis atau plak di arteri yang membuat peradangan.

Asupan quercetin yang terdapat pada stroberi bisa membantu mengurangi pembentukan plak di arteri Anda sehingga mengurangi resiko Anda terkena masalah jantung.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Stroberi dapat menyeimbangkan efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Kalium merupakan suatu vasodilator yang membantu mengendurkan pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah. Selain itu mengurangi kekakuan pembuluh darah yang membantu orang-orang dengan masalah hipertensi.

Kesehatan tulang

Kalium, magnesium dan vitamin K terkandung dalam buah stroberi. Mengkonsumsi buah stroberi bisa melindungi diri Anda dari osteopenia atau melemahnya tulang.

Meringankan alergi

Jika Anda mengalami alergi dan peradangan maka memakan stroberi setiap minggu bisa membantu meringankan masalah Anda. Quercetin dalam stroberi merangsang sistem kekebalan tubuh dan menghambat pelepasan histamin.

Mengurangi peradangan

Menurut salah satu penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi stroberi 16 buah atau lebih dalam seminggu memiliki tingkat protein C-reaktif lebih rendah yaitu salah satu indikator peradangan. Peradangan seperti itu terkait dengan arthritis serta penyakit jantung. Sehingga stroberi menjadi obat yang potensial untuk melindungi Anda dari penyakit Arthritis dan jantung serta masalah peradangan.

Kesehatan mata

Stroberi merupakan buah yang bagus untuk kesehatan mata Anda. Vitamin C di stroberi memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi mata Anda dari pengembangan katarak. Antosianin juga membantu mencegah penyumbatan arteri yang bisa menghalangi pasokan oksigen pada retina dan menyebabkan masalah mata.

Meningkatkan kesehatan usus

Serat yang terkandung dalam stroberi baik untuk kesehatan usus Anda. Serat membantu perkembangan bakteri baik dalam usus Anda yang akan berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Makanan berserat juga dikenal membantu meningkatkan frekuensi buang air pada mereka yang memiliki masalah dengan sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Stroberi yang mengandung vitamin C tinggi sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C dikenal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memicu produksi antibodi.

Vitamin C ketika diambil dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu mengurangi durasi flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Bahkan bisa membantu meningkatkan hasilnya dan mengurangi kejadian infeksi seperti diare, malaria, dan pneumonia.

Anti penuaan

Beberapa potong stroberi, madu dan krim dapat Anda gunakan untuk kulit yang tetap lembut dan kenyal. Oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk atau kain bersih dan lembut. Atau mengiris stroberi dingin dan langsung tempelkan pada wajah dapat menyegarkan kembali kulit Anda.

Asam ellagic membantu mencegah kulit kendur dengan meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet A (UVA) dan penyakit lain. vitamin C dalam buah stroberi bila digunakan secara topikal, dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi terhadap radiasi UVA dan UVB serta meringankan bintik-bintik atau hiperpigmentasi.

Berpotensi sebagai anti kanker

Asam ellagic tampaknya dapat membantu menangkal atau melawan kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kandung kemih, payudara, dan kulit. Asam ellagic menyerang kanker dengan sifat antioksidannya, juga membantu menonaktifkan beberapa zat karsinogen di dalam badan. Bahkan memperlambat reproduksi sel-sel tumor.

Stroberi juga dapat membantu melindungi Anda dari kanker kerongkongan dan menurunkan resiko terkena kanker kolorektal.

Mengurangi resiko bayi cacat lahir

Apakah Anda sedang hamil? ataukah istri Anda sedang hamil?. Konsumsi buah stroberi untuk mendukung kesehatan dan kehamilan yang baik dengan folat dari buah stroberi. Wanita hamil membutuhkan vitamin ini terutama untuk perkembangan bayi yang sehat dan normal.

Folat mempengaruhi perkembangan otak dan tulang belakang pada bayi sehingga dengan memenuhi asupan folat akan mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Buah beri atau stroberi dapat meningkatkan kadar serum folat dan bermanfaat untuk orang-orang yang kekurangan folat.