Manfaatkan Gelatin Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit Anda

Gelatin merupakan suatu bahan yang sering digunakan untuk membuat jelly atau agar-agar. Tapi selain untuk itu gelatin juga dapat memberi manfaat untuk menyehatkan kulit dan rambut Anda.

Gelatin adalah kolagen turunan berupa protein yang diekstrak dari kolagen hewan yaitu ikan, sapi dan babi. Gelatin dari sapi lebih umum digunakan karena lebih halal dan lebih banyak dikonsumsi di negara kita.

Namun tetap saja Anda perlu berhati-hati dan harus selalu memeriksa dengan teliti kandungan gelatin dalam label produk jika Anda ingin menggunakan gelatin yang halal.

Mengkonsumsi gelatin menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit Anda serta beberapa manfaat lainnya, berikut apa saja manfaat gelatin.

Manfaat Gelatin Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut Dan Kulit Anda

Agar-agar, permen lunak, jelly, es krim adalah beberapa makanan yang mengandung gelatin. Gelatin juga digunakan sebagai bahan pembuat kapsul dalam industri farmasi dan sebagai salah satu bahan kosmetik.

Meskipun Anda mungkin jarang mengkonsumsi makanan mengandung gelatin, tapi tidak ada salahnya Anda mengetahui manfaat yang diberikan oleh gelatin ini untuk kesehatan Anda. Berikut manfaat gelatin untuk Anda :

Melindungi lapisan usus

Sering mengkonsumsi makanan berminyak dan makanan cepat saji dapat mengiritasi bahkan dapat merusak lapisan usus Anda. Dengan mengkonsumsi gelatin berupa bahan makanan seperti misalnya agar-agar, dapat menempel pada usus dan membentuk lapisan pelindung pada usus. Sehingga ini dapat mencegah iritasi dan memungkinkan penyembuhan.

Menguatkan tulang dan sendi

Nyeri sendi dan Osteoporosis adalah masalah yang umum di derita oleh manusia dewasa. Namun masalah ini dapat dikurangi atau bahkan disembuhkan dengan mengkonsumsi gelatin secara rutin.

Karena gelatin merupakan sumber yang kaya akan kolagen untuk membentuk jaringan ikat. Selain itu gelatin juga memiliki beberapa kandungan mineral didalamnya yaitu salah satunya kalsium dan magnesium.

Kalsium dan magnesium adalah zat yang dibutuhkan tulang dan sendi Anda untuk sehat dan kuat. Gelatin membantu memperlambat kerusakan tulang dan membantu menyehatkan sendi tulang. Konsumsi agar-agar akan sangat membantu mengurangi masalah sendi atau radang sendi (arthritis) yang Anda derita.

Detoksifikasi hati

Gelatin terdapat kandungan glisin didalamnya yang membantu membersihkan atau mendetoksifikasi hati Anda. Ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat dan juga memperlihatkan kulit yang bercahaya.

Gelatin membantu menyehatkan hati yang juga akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Stretch Marks

Mengkonsumsi agar-agar secara teratur dapat membantu Anda mencegah timbulnya stretch mark atau guratan pada kulit dimana ini paling banyak diderita oleh wanita yang sedang hamil. Namun wanita yang tidak sedang hamil dan pria juga kemungkinan bisa mengalami stretch marks.

Gelatin meningkatkan elastisitas kulit dan kekencangan kulit. Anda dapat menggunakan agar-agar sebagai menu makanan tambahan Anda setiap hari disamping juga menggunakan krim stretch marks untuk hasil yang lebih optimal.

Mempertahankan kulit terlihat awet muda

Gelatin membantu menciptakan kulit yang sehat, kencang dan meminimalkan garis-garis halus atau kerutan. Ini karena gelatin mampu bekerja meningkatkan regenerasi sel yang membuat kulit menjadi lebih sehat, mengurangi timbulnya kerutan dan mengurangi kulit kendur.

Sehingga ini menjadikan kulit Anda mempertahankan keremajaannya dan terlihat awet muda.

Mengencangkan kulit

Cegah bentuk kulit kendur dengan menggunakan masker gelatin dan air. Masker akan bekerja mengecilkan pori-pori serta memperlihatkan kulit terlihat kencang dan ketat. Juga membantu mengurangi sekresi sebum yang pada akhirnya ini juga bermanfaat mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat.

Menghilangkan komedo

Agar-agar bekerja sebagai bahan yang dapat mengangkat atau menghilangkan komedo. Tidak hanya komedo tapi juga komedo hitam dan sel-sel kulit mati dapat diangkat dengan cara lembut tanpa membuat kulit iritasi atau kemerahan.

Ini dapat berguna sebagai pengganti scrub yang keras sehingga dapat mengiritasi kulit wajah. Atau bisa sebagai pilihan yang baik untuk mengangkat komedo dan sel-sel kulit mati bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif.

Menghilangkan rambut halus di wajah

Threading atau waxing wajah sering kali menyebabkan iritasi pada kulit yang ditandai dengan kemerahan, peradangan dan ruam. Serta dapat menyakitkan.

Gelatin dapat menjadi solusi bagi Anda untuk menghilangkan rambut halus di wajah tanpa menimbulkan iritasi dan rasa sakit. Gunakan masker agar-agar atau masker gelatin yang dicampur dengan bubuk kunyit untuk membantu mengangkat dan menghilangkan semua rambut halus pada wajah.

Kulit wajah Anda akan terasa halus, lembut dan bersih dari rambut-rambut halus dan tentunya tanpa rasa sakit.

Menguatkan rambut

Rambut terdiri dari protein, maka jika rambut kekurangan protein hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok dan beresiko menimbulkan kebotakan.

Tambahkan agar-agar gelatin dalam makanan selingan Anda secara teratur yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sehat sekaligus memelihara rambut Anda agar tidak mudah rontok.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan gelatin pada sampo sulfat alami Anda untuk membuat sampo kaya protein milik Anda sendiri. Gunakan sampo ini seminggu dua kali untuk mengurangi rambut rontok.

Gel rambut buatan sendiri

Banyak wanita yang ingin mempertahankan gaya rambutnya dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang justru beresiko membuat rambut menjadi kering bahkan bercabang karena bahan kimia bersifat panas.

Tapi ada cara alami yang menyehatkan untuk mempertahankan gaya rambut Anda seperti yang Anda inginkan dengan cara menggunakan gel rambut gelatin buatan Anda sendiri.

Bagaimana cara membuatnya?. Caranya adalah tambahkan satu sendok bubuk gelatin ke dalam segelas air bersama dengan beberapa tetes minyak lavender dan satu sendok makan gel lidah buaya. Oleskan ke rambut Anda yang telah Anda tata, ini dapat menahan rambut Anda agar tetap ditempatnya, tidak mudah mengembang dan membuat rambut terlihat berkilau.