Mari Tingkatkan Kesadaran Menjaga Kesehatan Usus Kita

Kita pasti tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk terutama bagi kaum perempuan benar gak nih. Biasanya kita lebih memikirkan untuk diet agar mendapatkan berat badan ideal.

Kita sering kali fokus pada pengaturan pola makan saja, tapi ada hal yang selama ini selalu kita lupa bahwa kita juga perlu menjaga kesehatan usus kita.

Usus yang sehat sudah pasti pencernaan pun juga sehat. Pencernaan yang sehat berarti pembuangan yang lancar sehingga berat badan tetap ideal. Berarti sangat penting sekali untuk memperhatikan kesehatan usus. Selain berdampak pada kesehatan pencernaan juga mempengaruhi kerja sistem tubuh kita.

Untuk itu mari kita menjaga kesehatan usus kita yuk, berikut dibawah ini penjelasannya.

Fungsi Sistem Pencernaan

Proses penceranan sudah dimulai bahkan sebelum makanan masuk ke dalam mulut lho. Ketika kita mengharapkan makanan, otak melepaskan sinyal hormon ke saluran cerna untuk menyiapkan pencernaan agar memproduksi enzim pencernaan.

Saluran pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, perut, hati, pankreas, kantung empedu, usus besar dan usus kecil yang kesemuanya itu terhubung seperti tabung panjang yang panjangnya sekitar 24 kaki.

Makanan yang masuk ke dalam mulut mulai dicerna oleh mulut, kemudian melewati kerongkongan lalu sampai ke perut untuk diproses lebih lanjut. Setelah itu dalam usus kecil makanan diproses dan melewati sampai ke usus besar yang akhirnya menjadi limbah. Tahukah kamu seluruh proses ini membutuhkan waktu hingga 40 jam lho.

Menjaga Usus Dan Pencernaan Sehat

Beberapa hal berikut ini untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan kamu.

Otak Kedua

Penelitan terbaru mengatakan bahwa flora usus begitu kompleks dan banyak mengatur fungsi tubuh yang sekarang ini disebut sebagai otak kedua. Otak kedua ini terdiri dari sistem saraf yang sangat kompleks yang membentuk saluran cerna. Kenyataannya usus sebenarnya memiliki lebih banyak neurotransmitter daripada otak.

Otak kedua atau sistem saraf enterik yang mengirim pesan terus-menerus ke otak pertama melalui saraf vagus. Karena hal ini flora usus yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan yang optimal.

Jika terlalu banyak bakteri buruk dalam usus yang berbentuk parasit, jamur dan bakteri jahat, maka dapat mempengaruhi berat badan dan kesehatan yang buruk.

Depresi Dan Kesehatan Usus

Sebagian besar neurotransmitter serotonin diproduksi di usus bukan di otak. Kesehatan usus sangat berpengaruh besar pada kesehatan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mikrobiota usus memiliki dampak penting pada suasana hati dan kesehatan emosional kita. Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Nah jika akhir-akhir ini kamu sering tidak dapat mengontrol emosi atau bahkan sering merasa depresi dan cemas, mungkin ada yang tidak beres pada usus kamu.

Kesehatan Usus dan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh ternyata bersumber pada usus kita. Usus kita bertindak sebagai pertahanan di garis depan melawan bakteri patogen yang bersinggungan dengannya. Lapisan pelindung usus adalah satu sel tebal yang jika penghalang ini rusak dan partikel mulai mengalir di dalam darah maka hal ini bisa menyebabkan tubuh mengalami penyakit.

Kesehatan Usus dan Tidur

Melatonin penting untuk tidur kita. Melatonin ini dihasilkan sebagian besar dalam usus kita bukan hanya berasal dari kelenjar pineal di dalam otak saja. Jadi ini adalah salah satu alasan mengapa kesehatan usus erat kaitannya dengan kualitas tidur.

Bagaimana Menjaga Usus Tetap Sehat

Sebelum beralih ke bagaimana menjaga usus kita agar tetap sehat, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana mengetahui sistem pencernaan kita telah bekerja dengan baik. Satu cara cepat dan mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat melalui kotoran kita.

Kotoran yang baik dapat dilihat dari :

– Buang air terjadi 1 sampai 3 kali sehari.
– Kotoran dapat keluar dengan mudah, yang artinya tidak keras namun juga        tidak terlalu cair.
– Penuh hanya dalam sekali keluaran, tidak setengah-setengah.
– Cukup substansial.
– Warna kotoran yang sehat adalah tidak terlalu gelap tapi juga tidak terlalu          terang, yang terbaik adalah berwarna coklat.

Cara terbaik untuk mendapatkan usus yang sehat dan pencernaan yang baik adalah melalui cara hidup kita dan makanan yang kita makan sehari-hari. Nah berikut ini beberapa tips dan kebiasaan yang bisa kamu perhatikan untuk menjaga usus kita tetap sehat.

Mengunyah Makanan Dengan Benar

Ketika kita makan kunyahlah makanan yang masuk ke dalam mulut kita secara perlahan dan lebih lama sampai makanan yang kita makan menjadi lunak atau benar-benar hancur. Makanan yang dikunyah dengan benar mengurangi stres pada esopagus, membantu perut mengeluarkan air liur yang mengandung enzim pencernaan untuk memetabolisme makanan.

Mengunyah dengan baik memudahkan pencernaan untuk memproses makanan dan mengurangi resiko gas atau perut kembung. Hal ini juga membuat usus lebih mudah untuk menyerap nutrisi dari makanan. Perhatikan juga bahwa kamu sebaiknya duduk ketika makan, makan sambil berdiri itu tidak baik.

Makan Dengan Tenang

Ketika kamu sedang stres, kadar kortisol dalam tubuh meningkat. Hal ini berakibat buruk bagi pencernaan. Cobalah untuk makan dengan tenang dengan menikmati makanan yang ada dihadapanmu. Makan dengan tenang membantu meningkatkan enzim pencernaan, memperlambat denyut jantung dan membuat otot lebih santai. Yang kesemua ini berdampak pada sistem pencernaan kamu.

Hindari Stres

Stres sangat berpengaruh pada kesehatan usus. Usus kita sangat rentan terhadap stres kronis dan bahkan akut. Perubahan biokimia yang terjadi di bawah tekanan memiliki dampak langsung yang signifikan pada fungsi pencernaan, dan stres kronis dapat menyebabkan perkembangan penyakit pencernaan.

Hidrasi

Salah satu penyebab utama yang dapat memperlambat pencernaan dan sembelit kronis adalah kekurangan air atau dehidrasi. Usus membutuhkan air untuk mengeluarkan limbah dari tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menahan cairan yang bisa menyebabkan perut kembung.

Membawa botol air minum kemanapun kamu pergi adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi.

Kafein

Jika kamu mempunyai masalah pada pencernaan maka kamu harus menghindari kafein. Kafein merupakan asam yang dapat meningkatkan keasaman dan sekresi pada lambung. Hal ini yang dapat mengiritasi lapisan usus dan menyebabkan sakit perut. Jumlah kafein yang berlebihan dapat menyebabkan ulkus dan gastritis.

Makan Dengan Variasi

Makan dengan berbagai macam variasi makanan membantu meningkatkan keragaman microbiome pada usus. Usus yang kaya dan beragam microbiome membuat kita menjadi sehat dan kuat. Makanan yang kita makan memberikan nutrisi untuk membantu menumbuhkan bakteri baik. Ketika kita konsumsi makanan yang bervariasi maka kita juga mendapatkan nutrisi yang bervariasi.

Ketika nutrisi yang kita konsumsi bervariasi, strain yang berbeda dari berbagai bakteri yang dihasilkan dari makanan bermanfaat menghasilkan flora usus lebih beragam. Kamu bisa dapatkan ini dengan makan beragam macam jenis sayuran.

Makanan Kaya Probiotik

Makanan kaya probiotik adalah makanan berfermentasi seperti asinan kubis, tempe, yogurt, miso, kecap, kimchi dan masih banyak lagi. Ini sangat baik untuk kesehatan usus.

Makanan lain yang bermanfaat baik untuk kesehatan usus :

  • Makanan Kaya Prebiotik
  • Makanan Kaya Polifenol
  • Makanan dengan Lemak Sehat
  • Makanan kaya Serat

Usus memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, tidak hanya untuk kesehatan pencernaan tapi juga menjaga kesehatan usus penting untuk keseimbangan kesehatan kita.