Mau Mendapatkan Manfaat Kecantikan Untuk Kulit Secara Maksimal Saat Tidur? Lakukan Kebiasaan Ini

Anda menginginkan kulit wajah dan tubuh Anda tetap sehat dan segar?. Mungkin Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan sebelum tidur Anda. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa kecantikan kulit yang alami dipengaruhi oleh beberapa faktor dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah tidur.

Kurang cukup tidur dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, masalah konsentrasi bahkan kulitpun ikut mendapatkan dampak negatifnya juga. Kulit Anda dapat menjadi tidak sehat, tidak bercahaya dan menunjukkan gejala penuaan dini yang salah satunya adalah munculnya keriput di wajah.

Nah jika Anda mengikuti beberapa kebiasaan sebelum tidur ini, Anda akan memberi nutrisi dan pemulihan pada kulit sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan kulit yang kembali sehat dan bercahaya.

Dapatkan Kecantikan Kulit Secara Maksimal Saat Tidur

Tidur Dapat Mempengaruhi Kulit

Tidur malam yang tidak nyenyak atau tidak cukup waktu dapat berdampak negatif pada kulit Anda. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa kurang cukup tidur satu malam saja dapat menyebabkan :

  • Kelopak mata menggantung
  • Mata bengkak
  • Lingkaran gelap di bawah mata
  • Kulit menjadi terlihat pucat
  • Muncul lebih banyak garis-garis halus dan keriput di wajah
  • Memunculkan lebih banyak kulit kendur di sudut mulut

Ini berarti pengaruh buruk dari tidur yang tidak cukup dalam semalam dapat menimbulkan masalah pada kulit dalam jangka panjang. Untuk itu Anda harus memahami bahwa :

Pertama, tidur adalah waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh Anda sendiri. Terutama pada epidermis Anda yang sama halnya juga dilakukan pada otak dan otot-otot dalam tubuh Anda.

Selama tidur kulit meningkatkan aliran darah, membangun organ tubuh dengan kolagen dan perbaikan sel akibat paparan sinar UV matahari, mengurangi keriput dan bintik-bintik penuaan.

Kedua, tidur adalah waktu dimana ketika wajah berhubungan dengan unsur-unsur yang ada disekitarnya untuk waktu yang lama terutama ketika Anda mendapatkan tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Kebiasaan Sebelum Tidur Yang Membantu Mengistirahatkan Kulit

Berikut ini adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu kulit Anda beristirahat :

Tidur malam yang cukup

Hal terbaik untuk memulai kulit Anda beristirahat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan adalah mencukupi waktu istirahat tidur malam Anda sesuai dengan yang direkomendasikan yaitu selama tujuh atau delapan jam setiap malam. Jika Anda kurang cukup memenuhi waktu tidur akan menghasilkan dampak negatif secara signifikan yaitu :

  • Kulit lebih cepat menua.
  • Kulit tidak cepat pulih dari stres lingkungan seperti terkena paparan sinar matahari.
  • Kualitas kulit yang tidak sehat.

Membersihkan wajah sebelum tidur

Betapapun sibuknya Anda dengan rutinitas seharian bahkan mungkin sampai malam, namun jangan lupakan untuk selalu membersihkan wajah Anda sebelum tidur.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tidur juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Dapatkah Anda bayangkan ketika Anda tidur kulit wajah Anda memperbaiki sel-selnya namun kulit wajah dalam keadaan kotor, berdebu, pori-pori tertutup make-up?. Ini tentu dapat merusak usaha sel kulit tubuh Anda untuk memperbaiki diri.

Membersihkan wajah setiap malam bahkan lebih penting daripada membersihkan wajah ketika pagi. Anda tidak perlu terlalu menggosok keras kulit wajah Anda ketika membersihkannya. Cukup dengan pembersih wajah yang berbahan lembut untuk menghilangkan kotoran, make up dan minyak pada wajah.

Anda tentu tidak ingin memiliki pori-pori tersumbat dan iritasi selama semalaman bukan?. Karena jika Anda membiarkan wajah Anda tidak dibersihkan sebelum tidur di malam hari dapat menyebabkan :

  • Pori-pori membesar
  • Kulit kering
  • Ruam
  • Infeksi
  • Peradangan
  • Jerawat

Gunakan pelembab wajah dan minum segelas air sebelum tidur

Tahukah Anda, tidur juga dapat mengeringkan kulit Anda?. Terutama sekali jika Anda berada pada lingkungan dengan kelembaban rendah. Maka oleh sebab itu sebaiknya Anda menggunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda sesudah membersihkan wajah Anda sebelum tidur.

Serta jangan lupa untuk menghidrasi kulit Anda dengan minum air putih sebelum tidur dapat membantu melembabkan kulit Anda terutama kulit wajah dalam waktu semalaman.

Tidak harus menggunakan produk mewah yang sering Anda lihat di iklan televisi, cukup dengan krim tebal atau minyak yang dapat membantu melembabkan kulit Anda saat tidur.

Atau Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk melembabkan kulit wajah Anda. Jangan lupa ketika Anda akan mengoleskan petroleum jelly, membersihkan tangan terlebih dahulu untuk mencegah kotoran dan bakteri menempel ke kulit setelah Anda bersihkan sebelumnya. Masker untuk tidur malam juga dapat membantu mengunci kelembaban wajah Anda.

Tidur terlentang atau gunakan sarung bantal yang lembut

Bagaimana posisi wajah Anda ketika tidur penting untuk kesehatan kulit wajah Anda. Tidur pada permukaan seprai yang berbahan kapas kasar dapat mengiritasi kulit Anda.

Menekan wajah Anda selama berjam-jam pada satu tempat juga dapat menimbulkan kerutan pada kulit wajah. Meskipun kerutan juga bisa disebabkan oleh ekspresi wajah yang kita tampilkan setiap hari, tidur telungkup atau tidur hanya satu sisi juga ikut mempengaruhi timbulnya kerutan di wajah.

Jadi apa yang mungkin perlu Anda ubah adalah kebiasaan tidur Anda, dengan tidur terlentang Anda akan mendapatkan manfaat lebih selain baik untuk kulit wajah Anda.

Tapi jika Anda lebih suka tidur menyamping, cobalah untuk menggunakan bantal yang lembut di kulit. Bantal satin atau bantal sutra dapat meminimalkan iritasi kulit dan tekanan yang mengurangi kerutan serta garis-garis halus.

Meninggikan posisi kepala

Meninggikan posisi kepala saat tidur terbukti dapat membantu mengatasi masalah pada tidur seperti mendengkur, asam lambung dan nasal drip yang mengganggu kualitas tidur Anda juga membantu menjaga kulit Anda.

Selain itu juga dapat membantu mengurangi kantong mata dan lingkaran di bawah mata dengan meningkatkan aliran darah dan mencegah pengumpulan darah. Meninggikan kepala Anda yaitu dengan cara menambahkan bantal tambahan atau menyangga kepala beberapa inci dari tempat tidur.

Menjauhi sinar matahari ketika Anda tidur

Tubuh dan kulit Anda membutuhkan tidur dengan cahaya yang sangat sedikit atau dalam ruangan yang gelap. Tidur di saat matahari pagi telah bersinar yang terkena ke wajah Anda atau saat tidur siang dapat menimbulkan efek merusak pada kesehatan dan penampilan kulit Anda juga.

Selain itu, tidur di ruangan yang terang dapat mengganggu kualitas tidur dan ritme tidur Anda. Anda mungkin dapat mengatasinya dengan menempatkan tirai anti tembus pandang pada jendela kamar Anda atau pastikan bahwa tempat tidur Anda tidak berada pada garis dimana cahaya matahari masuk ke dalam ruangan kamar Anda.

Tidur Sehat Untuk Mendapatkan Kulit Sehat

Perawatan kulit yang mahal dan segala macam bentuk perawatan kulit yang ditawarkan oleh salon kecantikan, tidak akan dapat banyak membantu jika Anda mengabaikan betapa pentingnya kualitas tidur yang baik.

Apa yang perlu menjadi perhatian utama Anda adalah bukanlah perawatan kulit yang mahal untuk memperbaiki kulit menjadi sehat dan awet muda, tetapi bagaimana Anda menjaga kualitas tidur yang baik, pola makan yang sehat dan seimbang, pola hidup sehat serta mengendalikan stres adalah faktor yang mempengaruhi keindahan dan kecantikan kulit Anda secara alami.