Mengapa Minyak Jojoba Baik Untuk Perawatan Kulit Anda?

Berbagai macam bahan alami telah kita kenal dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit baik itu untuk kulit wajah maupun kulit tubuh. Seperti minyak zaitun, minyak pohon teh, minyak kelapa adalah beberapa bahan populer yang sering digunakan dan terbukti memberi manfaat untuk kecantikan.

Nah ada lagi minyak alami yang juga bermanfaat untuk kecantikan, yaitu minyak jojoba. Apa itu minyak jojoba? dan mengapa minyak jojoba baik untuk perawatan kulit Anda?. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Minyak Jojoba?

Minyak jojoba berasal dari tanaman jojoba yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini dapat berkembang pada iklim yang keras bahkan pada gurun padang pasir ganas sekalipun yang tidak dapat dihidupi oleh sebagian besar makhluk hidup. Tapi tanaman ini akan menghasilkan kacang yang berguna sebagai penyembuhan.

Tanaman kacang jojoba ini dapat dibuat menjadi minyak. Minyak jojoba yang cukup lembut untuk digunakan sebagai bahan campuran minyak esensial lainnya. Ada banyak bukti yang mendukung bahwa minyak jojoba murni dapat digunakan untuk kondisi kulit seperti kulit berjerawat, kulit kering dan lainnya.

Mengapa minyak jojoba baik untuk perawatan kulit? karena minyak jojoba dapat memberi manfaat untuk kecantikan kulit yaitu :

Manfaat Untuk Kecantikan Kulit

Pelembab alami

Minyak jojoba adalah sebagai bahan humektan, yang berarti bahwa bahan ini dapat bekerja melindungi kulit dan mencegah kulit kehilangan kelembaban. Minyak ini bermanfaat membantu mencegah infeksi bakteri, jerawat dan pembentukan ketombe.

Antibakteri

Minyak jojoba mengandung sifat antimikroba dan antijamur. Berdasarkan tes laboratorium ditemukan bahwa minyak jojoba dapat bekerja membunuh beberapa bakteri dan jamur seperti salmonella, infeksi E. coli dan candida tertentu.

Antioksidan

Minyak jojoba berisi vitamin E alami yang bekerja dengan baik sebagai antioksidan untuk kulit. Ini berarti minyak jojoba dapat membantu kulit melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan polusi dan racun yang dihadapi sehari-hari.

Noncomedogenic

Minyak jojoba merupakan zat botani yang sangat mirip dengan minyak atau sebum alami yang dihasilkan oleh kulit tubuh kita. Minyak ini cenderung dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi jerawat dan jika sudah berjerawat membuat jerawat menjadi kurang parah.

Hypoallergenic

Pada tingkat molekuler, minyak jojoba adalah seperti lilin. Meskipun begitu, lilin alami ini dapat diserap kedalam kulit dan memungkinkan menghasilkan segel yang menenangkan di permukann kulit. Tidak seperti minyak esensial botani lainnya, minyak jojoba ini biasanya tidak membuat iritasi pada kulit.

Membantu mengendalikan sebum

Minyak jojoba dapat mengatur produksi sebum karena minyak ini mempunyai karakter yang mirip dengan sebum alami yang dihasilkan oleh kulit. Ketika minyak jojoba diaplikasikan ke kulit hasilnya akan menenangkan kulit dan melembabkan kulit. Sehingga membuat folikel rambut dan keringat tidak perlu mengeluarkan sebum tambahan untuk hidrasi kulit.

Ini mungkin akan membuat kulit menjadi terlihat berminyak namun ini membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Meningkatkan sintesis kolagen

Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein dalam kulit, sendi dan bagian-bagian tubuh lainnya yang terbuat dari tulang rawan. Kolagen merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit.

Ketika kita bertambah tua maka tingkat kolagen akan semakin berkurang. Inilah yang memperlihatkan perubahan pada struktur wajah Anda seperti kerutan atau garis halus dan kekurangan elastisitas pada kulit.

Mempercepat penyembuhan luka

Minyak jojoba adalah bahan yang bermanfaat untuk merangsang penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat mendorong sel-sel kulit untuk meningkatkan penyembuhan setelah terjadi luka atau goresan.

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan kenapa minyak jojoba dapat berguna mengobati jerawat dan jerawat jaringan parut. Sifat penyembuhan dari minyak jojoba ini berkat kandungan vitamin E alaminya.

Membantu meringankan masalah kulit

Minyak jojoba memiliki kandungan anti-inflamasi dan sifat penyembuhan. Aplikasi minyak jojoba secara topikal dapat membantu meringankan kekeringan, gatal-gatal, pengelupasan dan gejala kulit yang terkait. Sehingga ini juga dapat membantu menyembuhkan orang-orang yang memiliki kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Meringankan sunburn atau kulit terbakar matahari

Minyak jojoba juga dapat bermanfaat sebagai tabir surya alami. Satu penelitian menunjukkan bahwa vitamin E ketika dikombinasikan dengan antioksidan lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dan minyak jojoba memiliki kedua kandungan tersebut yaitu vitamin E dan antioksidan.

Kerusakan akibat paparan sinar matahari dapat mengeringkan dan menyebabkan pengelupasan kulit. Minyak jojoba dengan kandungan vitamin E-nya dapat mengembalikan dan menambahkan kelembaban kulit yang hilang dan meningkatkan penyembuhan dari gejala sunburn.

Mengobati jerawat

Minyak jojoba dengan kandungan anti-inflamasi, antimikroba dan sifat penyembuhan alaminya mampu memberikan kelembaban. Sifat-sifat ini menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu menghindari timbulnya jerawat serta meningkatkan penyembuhan terhadap jerawat ringan.

Membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput

Stres oksidatif dapat memunculkan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Meskipun belum ada penelitian pasti yang menemukan bahwa minyak jojoba dapat mengatasi kerutan dan garis halus secara langsung, namun produk nabati lain yang mengandung antioksidan telah terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Ini berarti minyak jojoba yang juga memiliki kandungan antioksidan dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti masalah kerutan maupun garis-garis halus di kulit wajah.

Meminimalkan bekas luka

Vitamin E telah banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan kecantikan yang dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan jaringan parut. Jika Anda ingin mencoba vitamin E sebagai obat untuk membantu menghilangkan bekas luka, maka minyak jojoba ini bisa Anda gunakan.

Kandungan vitamin E-nya bermanfaat mempercepat proses penyembuhan dan meminimalkan bekas luka. Sifat penyembuhan alami dalam minyak jojoba yang dikombinasikan dengan hadirnya vitamin E, inilah yang berguna untuk meminimalkan munculnya bekas luka.

Cara Menggunakannya?

Minyak jojoba tidak perlu diencerkan sebelum digunakan dan dapat langsung diaplikasikan ke kulit Anda. Tapi perlu diingat bahwa sebelum menggunakan minyak jojoba Anda harus mencoba melakukan tes untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang terlihat.

Cara menggunakan minyak ini tergantung dari hasil seperti apa yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai lipbalm atau pelembab bibir untuk mengatasi bibir kering, pecah-pecah atau bisa juga Anda terapkan ke seluruh wajah sebelum tidur sebagai serum anti penuaan dini.

Minyak jojoba juga aman digunakan di daerah sekitar mata Anda, karena inilah minyak jojoba sering digunakan sebagai pembersih make up disekitar mata seperti eye shadow, eye liner atau blush on yang berbahan minyak.

Apakah Ada Efek Samping?

Minyak jojoba bersifat hypoallergenic, yang berarti minyak ini umumnya aman digunakan secara topikal. Namun hanya ada sedikit kasus dimana minyak jojoba dapat menyebabkan reaksi alergi. Gejala alergi ini termasuk ruam dan gatal-gatal.

Untuk menghindari adanya efek samping atau reaksi alergi pastikan Anda melakukan uji tes terlebih dahulu, yaitu dengan meletakkan beberapa tetes minyak jojoba ke lengan bagian dalam tangan Anda, tutupi daerah tersebut dengan perban dan tunggu selama 24 jam.

Setelah 24 jam dan perban dibuka tidak menunjukkan reaksi apapun seperti gatal-gatal, iritasi atau kemerahan maka Anda terbebas dari reaksi alergi sehingga Anda dapat menggunakan minyak jojoba ini tanpa rasa khawatir. Namun jika sebaliknya, memperlihatkan reaksi alergi yaitu ruam, kemerahan dan gatal-gatal maka Anda harus segera menghentikan penggunaan.

Anda dapat mendapatkan manfaat minyak jojoba ini sebagai pembersih, pelembab atau untuk perawatan wajah, kulit serta bibir. Biasanya dapat digunakan di semua bagian tubuh Anda dan tanpa perlu diencerkan.