Mengurangi Rambut Rontok Dengan Biotin

Untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat dan indah tentunya memerlukan perawatan yang teratur. Dengan melakukan perawatan rambut secara alami, makan makanan yang mendukung pertumbuhan rambut sehat dan bila perlu ditambah dengan suplemen vitamin untuk rambut.

Jika kamu memilih menambah asupan suplemen untuk merawat rambut kamu, suplemen biotin mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Rambut rontok membutuhkan biotin agar menguatkan rambut. Bagaimana biotin dapat bekerja meningkatkan pertumbuhan rambut?. Berikut ini selengkapnya.

Apa Itu Biotin

Apa itu biotin?. Biotin adalah vitamin larut dalam air yang merupakan bagian dari keluarga vitamin B. Juga dikenal sebagai vitamin H. Biotin dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyerap nutrisi menjadi energi. Selain itu juga memiliki peran penting dalam kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Kerontokan rambut salah satunya bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapat cukup asupan biotin. Namun biasanya tubuh kita sudah cukup mendapatkan manfaat dari asupan biotin dalam makanan kita sehari-hari. Mungkin kita menginginkan manfaat tambahan dengan meningkatkan asupan biotin. Apakah dosis yang tepat diperlukan?, apakah ada efek samping dari penggunaan biotin?.

Biotin dan Pertumbuhan Rambut

Protein dasar yang dibutuhkan rambut adalah protein yang juga sama dibutuhkan oleh kulit dan kuku yaitu keratin. Biotin berfungsi meningkatkan infrastruktur keratin dalam tubuh. Namun peneliti masih mencari tahu apakah biotin benar-benar berperan dalam kesehatan rambut dan perawatan kulit.

Ada satu penelitian di tahun 2005, rambut wanita yang mengalami kerontokan dan mulai menipis diberi suplemen protein laut yang mengandung biotin atau pil plasebo dua kali perhari selama 90 hari. Hasilnya dapat terlihat bahwa wanita yang meminum suplemen protein laut yang mengandung biotin mengalami pertumbuhan rambut dan kerontokan berkurang.

Penelitian tahun 2012 juga menunjukkan hasil yang sama. Bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen mengandung biotin mengalami peningkatan pertumbuhan rambut setelah 90 sampai 180 hari.

Berapa Dosis yang Diperlukan

Asupan harian yang direkomendasikan berdasarkan panduan berikut :

Untuk usia 3 tahun, 10 mg sampai 20 mikogram
usia 4 sampai 6 tahun, 25 mikrogram
usia 7 sampai 10 tahun, 30 mikrogram
wanita hamil atau menyusui mungkin perlu tingkat biotin yang lebih tinggi.

Konsultasikan dengan dokter jika ingin meningkatkan dosis secara tepat.

Sumber Makanan

Sumber biotin bisa kamu dapatkan dari makanan berikut :

  • jeroan seperti hati atau ginjal
  • kuning telur
  • kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah
  • kedelai dan kacang polong
  • semua biji-bijian
  • pisang
  • kembang kol
  • jamur

Lebih baik makanan tersebut dihidangkan dengan sedikit mengalami proses atau minimal dan hindari panas tinggi sebab panas dapat mengurangi efektivitas biotin. Jumlah biotin dari beberapa makanan yang menghasilkan biotin bervariasi jadi sebaiknya kamu membaca informasi nilai gizi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Sumber dari suplemen

Jika kamu merasa perlu menambah asupan biotin selain dari makanan maka suplemen adalah jawabannya. Suplemen biotin tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet. Biasanya bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau toko khusus obat.

Efek Samping

Umumnya biotin tidak memiliki efek ssamping, namun mungkin ada sedikit efek samping kecil yang dirasakan oleh sebagian orang, yaitu :

  • mual
  • kram
  • diare

Kamu bisa mengurangi resiko efek samping dengan memilih asupan biotin melalui sumber makanan alami. Bicarakan ke dokter untuk mendapatkan asupan dengan dosis yang tepat dan mendapatkan pengarahan mengenai potensi resiko yang mungkin ditimbulkan. Atau kamu juga mengikuti instruksi atau keterangan yang terdapat pada tabel kemasan suplemen pilihan kamu.

Manfaat Lain

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari biotin

  • Mendukung metabolisme tubuh yang sehat
  • Mengurangi peradangan
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Membantu menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol buruk (LDL)

Peringatan

Tidak ada salahnya jika kamu ingin menambah makanan kaya biotin dalam menu harian kamu, namun kamu harus mengkonsultasikannnya ke dokter terlebih dahulu sebelum kamu menambahkan suplemen ke dalam konsumsi harian kamu. Dikhawatirkan biotin dapat memiliki interaksi yang tidak diketahui dengan kondisi masing-masing orang.

Dokter dapat memberi informasi lebih individu tentang dosis dan potensi akan adanya efek samping.

Biotin merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga setiap biotin tambahan yang masuk ke dalam tubuh akan keluar melalui urin kamu. Hal ini kemungkinan dapat membuat terjadinya potensi overdosis.

Dokter mungkin akan memeriksa berikut ini untuk mengkonfirmasi adanya overdosis yaitu :

-tingkat vitamin C rendah
-tingkat vitamin B-6 rendah
-kadar gula darah tinggi
-penurunan produksi insulin

Jika dokter menegaskan bahwa kamu mendapatkan asupan biotin terlalu banyak maka dokter akan mengurangi dosis yang dianjurkan.

Hasil

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik tentunya kamu harus konsisten dalam dosis asupan. Membutuhkan waktu selama beberapa bulan atau sekitar 90 hari, mungkin juga akan berbeda untuk sebagian orang.

Jika kamu meningkatkan asupan biotin melalui makanan alami diperlukan beberapa makanan kaya biotin sehari untuk mandapatkan cukup biotin.

Jika kamu memilih untuk mengambil suplemen biotin maka penting untuk mengkonsultasikan dan mendapat pengarahan dari dokter.

Diperkirakan bahwa semakin lama kamu mengkonsumsi dosis yang lebih tinggi, semakin baik hasil akan diperoleh.

Kesimpulan

Jika kamu mengalami penipisan rambut akibat rontok, biotin dapat membantu menumbuhkan kembali rambut kamu dan mengurangi kerontokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan biotin dapat meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan termasuk rambut sehat, berkilau, lebat dan kerontokan berkurang.

Untuk mendapatkan asupan biotin yang tepat perlu bicarakan ke dokter untuk menghindari kekhawatiran akan terjadinya kelebihan dosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *