Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi

Semua perempuan umumnya pasti merasakan nyeri kram saat mengalami menstruasi. Sudah menjadi langganan perempuan setiap bulannya mengalami nyeri kram ini dan sering kali aktivitas sehari-hari menjadi terganggu karena rasa sakitnya yang membuat tidak nyaman. Belum lagi perubahan mood yang berubah-ubah akibat proses tubuh ketika menstruasi.

Namun ada beberapa cara yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi masalah nyeri kram haid ini. Apa saja itu? berikut selengkapnya.

Nyeri Kram Menstruasi

Kenapa setiap kali kita mengalami menstruasi perut terasa nyeri dan kram?. Alasannya adalah ketika kita mengalami haid, otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi. Selama menstruasi, otot rahim berkontraksi lebih intens dan semakin intens untuk mengeluarkan darah. Akibatnya terjadi ketegangan otot, ini yang dirasakan sebagai rasa nyeri.

Selain itu pada saat yang sama terdapat satu zat seperti hormon yang menimbulkan rasa sakit bahkan infeksi pada rahim yang disebut prostaglandin. Semakin banyak prostaglandin ini, maka semakin sakit kram yang Anda rasakan.

Bagaimana Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi

Obat penghilang rasa sakit

Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan rasa sakit kram akibat menstruasi adalah menggunakan obat penghilang rasa nyeri. Obat anti-inflamasi non-steroid biasanya dapat meredakan sakit ataupun nyeri dalam hal ini.

Ibuprofen dan Advil adalah dua pilihan yang sering digunakan. Anda boleh memilih untuk mengambil ibuprofen ketika terasa sakit namun dengan catatan Anda tidak mengkonsumsinya lebih dari 1600 mg sehari.

Mengambil obat penghilang nyeri ini hanyalah sebagai pilihan lain jika nyeri haid Anda terlalu intens. Anda perlu berhati-hati juga karena produk-produk yang dihasilkan untuk mengobati nyeri haid mungkin berisi asetaminofen yang memiliki dampak negatif yaitu dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda memilih menggunakan obat pereda nyeri adalah cara yang bijak.

Multivitamin

Pastikan Anda mencukupi tubuh Anda dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Bahkan sebelum Anda menghadapi siklus menstruasi setidaknya Anda harus mendapatkan vitamin E 500IUs setiap hari.

Beberapa penelitian ilmiah juga telah menunjukkan bahwa Anda akan merasa lebih baik dan kram terasa berkurang dengan mengkonsumsi vitamin B6, vitamin B1, dan suplemen minyak ikan. Jadi sangat penting agar Anda selalu memperhatikan asupan vitamin yang cukup untuk tubuh Anda.

Gaya hidup aktif

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kemungkinan wanita akan mengalami lebih kecil kram menstruasi jika selalu berolahraga secara teratur. Tapi ini bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau ditempat kebugaran untuk bisa menghilangkan nyeri.

Hanya berjalan kaki sekitar 30 menit adalah cara singkat dan mudah yang bisa Anda lakukan. Anda juga dapat mengurangi rasa sakit dengan melakukan latihan peregangan dan beristirahat. Beristirahat sambil mengangkat kaki Anda sedikit bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Melakukan yoga juga bisa membantu Anda atau mendapatkan pijatan dibawah punggung dapat merilekskan tubuh dan perut Anda.

Kompres panas

Anda mungkin akan merasa lebih baikan ketika meletakkan kompres panas pada perut bagian bawah yang terasa kram. Kompres dengan menggunakan bantal panas atau botol yang diisi air panas dan dibalut kain. Selain itu Anda tempatkan juga kompres panas ini di atas perut dan punggung bagian bawah.

Atau cara lain yang lebih mudah bisa Anda gunakan adalah kain atau handuk bersih yang telah direndam air panas lalu peras sampai airnya berkurang dan kemudian tempatkan di perut bagian bawah atau bagian yang terasa kram.

Jahe

Menggunakan jahe secara rutin dapat membantu mengurangi kadar prostaglandin yang mempengaruhi berkurangnya nyeri kram haid Anda. Jahe juga dapat mengurangi kelelahan dan membantu siklus menstruasi bulanan Anda menjadi lebih teratur.

Caranya adalah ambillah sepotong kecil jahe, parut dan masukkan ke dalam secangkir air. Didihkan selama 5 menit lalu saring. Ambil air jahe yang telah disaring itu dan tambahkan sedikit jus lemon atau air lemon dan juga madu. Aduk rata dan siap diminum perlahan selagi hangat.

Kemangi

Cara lain yang efektif adalah dengan menggunakan kemangi. Kemangi mengandung asam caffeic yang bersifat meredakan rasa sakit. Ambil beberapa helai daun kemangi dan hancurkan dengan menggunakan blender untuk mendapatkan ekstrak jus kemangi.

Selanjutnya Anda siapkan secangkir air hangat lalu tuangkan beberapa sendok teh jus kemangi tersebut kedalam air hangat lalu minum. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari untuk membantu meringankan nyeri kram.

Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, anti-pembekuan, dan antispasmodic, dapat membantu meredakan nyeri haid atau menstruasi. Selain itu dengan mengkonsumsi kayu manis Anda akan mendapatkan manfaat kalsium, serat, mangan dan besi dari kayu manis.

Caranya adalah, tambahkan seperempat sendok teh kayu manis bubuk pada secangkir air panas lalu diaduk. Diamkan selama sekitar 5 sampai 10 menit. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis dan mendapatkan manfaat madu. Minum ketika masih hangat. Anda dapat melakukan cara ini tiga kali sehari.

Teh Chamomile

Minum secangkir teh Chamomile dapat mengurangi kontraksi pada otot rahim dan mengendalikan kram menstruasi dengan sifat antispasmodic yang terdapat pada teh Chamomile.

Letakkan kantong teh Chamomile dalam cangkir dan tuangkan air mendidih diatasnya. Biarkan selama minimal 15 menit. Lalu angkat kantong teh Chamomile dan tambahkan sedkit madu dan air lemon didalamnya. Minum dua kali sehari untuk bantuan mengatasi kram.

Akupunktur

Ketika pengobatan lain dirasa kurang bekerja dengan baik maka boleh juga Anda mencoba pengobatan akupunktur untuk meredakan rasa sakit. Akupunktur bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendurkan sistem saraf pusat. Sehingga dapat meredakan nyeri kram di perut.

Meningkatkan minum air

Kembung selama mengalami menstruasi dapat membuat nyeri Anda menjadi lebih buruk. Maka akan sangat penting untuk meningkatkan asupan air untuk memastikan tubuh Anda tidak menahan air. Akan sangat baik jika Anda minum air hangat karena dapat membantu tubuh Anda meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot yang sempit.

Hubungi dokter

Cara terakhir adalah segera hubungi dokter jika semua cara sudah Anda coba namun tidak menunjukkan pengurangan rasa sakit sama sekali, atau Anda mengalami nyeri kram parah dan tak tertahankan yang disertai dengan gejala lain seperti kepala pusing berputar, merasa tidak berdaya, tangan dan kaki berkeringat dingin, mual, muntah dan lainnya.