Nyeri Leher Berhubungan Dengan Sakit Kepala

Bangun tidur pagi hari tiba-tiba leher terasa nyeri dan kaku bahkan disertai sakit kepala. Apakah hal ini pernah terjadi pada anda?. Apakah anda pernah bertanya apakah nyeri leher ada hubungannya dengan sakit kepala yang anda alami?. Artikel berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan anda.

Nyeri Leher dan Sakit Kepala

Sakit di leher dan sakit kepala sering dihubungkan dengan kaku pada leher, herniated disc serviks, atau saraf tulang belakang yang terganggu sehingga menyebabkan sakit kepala.

Sakit atau nyeri leher dapat menyebabkan rasa sangat tidak nyaman di leher bahkan di kepala. Jika anda mengalami nyeri yang terasa tajam menusuk di bagian belakang tengkorak atau dibelakang satu mata anda, mungkin ada masalah yang mempengaruhi saraf serviks anda.

Nyeri di leher dan sakit kepala juga dapat menjalar ke tulang belakang yang menyebabkan sakit punggung tengah atau kelemahan pada bahu anda. Leher kaku adalah hasil dari nyeri leher yang mempengaruhi jangkauan gerak tubuh bagian atas dan kepala.

Anatomi Leher

Leher terdiri dari 7 vertebra yang membentuk bagian atas tulang belakang atau tulang belakang leher. Encyclopedia Britannica mengatakan bahwa bagian belakang leher juga berisi saraf penting yang membentuk bagian dari sumsum tulang belakang. Serta otot-otot trapezius di belakang leher.

Masalah apapun dengan cakram di leher, ligamen, otot-otot leher, atau vertebra serviks dapat menjadi sumber rasa sakit di belakang kepala di dasar tengkorak Anda dan dapat menyebabkan sakit kepala.

Bagaimana Nyeri Leher Menyebabkan Sakit Kepala

Ada banyak faktor penyebab kaku pada leher, sakit leher dan sakit kepala. Perpecahan dalam cakram serviks dapat mendorong pada saraf akar tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri tajam di kepala, leher dan tulang belakang bagian tengah.

Kondisi degeneratif disc serviks juga dapat menyebabkan sakit leher membakar dan sakit kepala bagian belakang kepala.

Menurut dokter dari Harvard Medical School, sakit kepala serviks dapat terjadi akibat masalah dengan kulit kepala atau otot dan sendi leher. Sehingga menyebabkan sakit kepala terasa seolah-olah kepala anda sedang diperas.

Atau sakit leher dan kepala yang terasa berdenyut-denyut disebabkan oleh pembuluh darah di leher atau kepala berfungsi tidak normal. Masalah-masalah di leher dan kepala dapat menyebabkan rasa sakit kepala dengan berbagai tingkat intensitas.

Gejala

Nyeri leher di dasar tengkorak kepala dan sakit kepala tidak hanya satu-satunya gejala yang ditimbulkan dari ketegangan otot leher atau cakram serviks hernia. Dr William C. Shiel ahli rheumatology menjelaskan bahwa gejala lain sakit kepala dan leher disebabkan oleh :

  • Kaku pada leher dan masalah pergerakan leher.
  • Sakit pada bahu yang disebabkan saraf bahu terjepit.
  • Kelemahan dalam salah satu lengan atau peradangan tulang belakang leher.
  • Sensasi kesemutan di atas bahu dan lengan bagian bawah.
  • Memar atau bengkak akibat cedera pada leher dan punggung.

Penyebab Umum

Kaku leher

Beberapa jenis kerusakan tulang belakang atau saraf di leher dapat menyebabkan kaku leher yang mengakibatkan sakit kepala dan leher karena otot-otot tegang. Dr Conrad Melissa Stöppler mengatakan bahwa leher kaku juga dapat terjadi akibat kerusakan atau masalah dengan struktur atau organ yang terdapat pada leher.

Meningitis dapat memicu kaku leher, sakit kepala parah yang berdenyut dan demam tinggi secara tiba-tiba.

Bantal atau kasur yang tidak nyaman

Bangun di pagi hari anda mendapatkan nyeri leher dan sakit kepala yang menyebabkan kaku leher. Bisa jadi ini terjadi karena bantal atau kasur yang tidak sesuai atau tidak nyaman. Posisi tidur yang salah juga mendukung nyeri tulang belakang dan leher.

Tips untuk mencegah sakit kepala, leher dan punggung ketika bangun pagi :

  • Tidur dengan menyamping di sisi kanan untuk mendukung kurve tulang belakang anda.
  • Memilih bantal busa yang mendukung tulang belakang dan leher anda.
  • Tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi dan keras.

Ketegangan sakit kepala

Penyebab lain dari sakit kepala dan nyeri leher adalah ketegangan otot di dasar tengkorak kepala. Stres, kecemasan atau kurang tidur merupakan penyebab ketegangan otot yang menimbulkan sakit kepala.

Gejala lain yang berhubungan dengan ketegangan sakit kepala :

  • Kesulitan tidur
  • Merasa lelah sepanjang hari
  • Mudah marah
  • Meningkatnya kepekaan terhadap cahaya atau fotofobia

Untuk meringankan sakit kepala karena ketegangan anda dapat mencoba menggunakan obat alami minyak esensial.

Saraf terjepit

Saraf terjepit di daerah serviks tulang belakang dapat menyebabkan nyeri leher tajam yang terasa menusuk kepala Anda. Serabut saraf sensorik banyak terletak di sumsum tulang belakang di daerah servik atas tulang belakang.

Gejala lain saraf terjepit :

  • Nyeri dan kaku di bagian belakang leher
  • Rasa nyeri yang menjalar ke bahu dan/atau punggung
  • Sensasi berdenyut di belakang kepala
  • Sakit kepala ketika menggerakkan leher

Herniated disc serviks

Sebuah disk pecah dalam tulang belakang leher dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di bagian belakang leher dan kepala. Cakram lembut di antara vertebra pada tulang belakang bagian atas dapat menjadi rusak dan tulang belakang menonjol. Ini dapat menekan saraf yang menyebabkan nyeri tajam dan menusuk seperti listrik di sepanjang saraf.

Tekanan pada saraf menyebabkan rasa sakit dan nyeri ketika anda bergerak menekuk leher anda atau kesemutan di lengan dan kaki.

Radang sendi atau Arthritis

Kondisi degeneratif tulang belakang seperti arthritis dapat menjadi penyebab lain untuk sakit kepala bagian belakang atau leher. Terkadang sakit kepala yang anda alami adalah penyebab sekunder dari masalah tulang belakang anda, contohnya kondisi osteoarthritis tulang belakang atau fibromyalgia.

Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster menyebabkan sakit pada leher dengan gejala sakit kepala parah yang datang tiba-tiba dan hanya mempengaruhi satu sisi kepala saja. Sakit kepala cluster adalah salah satu sakit yang paling menyakitkan dari berbagai jenis sakit kepala manapun.

Sakit kepala ini menimbulkan rasa sakit dibelakang satu mata disertai keluar cairan dari hidung, mata merah atau berair. Juga menimbulkan rasa sakit di leher, wajah dan bahu.

Sakit saraf oksipital

Sakit di dasar tengkorak bagian belakang kepala secara berulang bisa disebabkan oleh oksipital neuralgia. Bagian atas dari leher dan bagian belakang kepala berisi saraf oksipital yang dapat sangat menyakitkan bila mengalami gangguan.

Orang-orang yang mengalami sakit kepala ini mengatakan bahwa mereka merasa sakit berdenyut dibelakang kepala yang sangat mengganggu.

Gejala lain sakit saraf oksipital :

  • Nyeri yang menjalar dari bagian belakang kepala sampai ke dahi
  • Kepekaan terhadap cahaya atau suara
  • Nyeri ketika menggerakkan leher

Virus Herpes Simpleks

Virus herpes simplex 2 dapat menyebabkan rasa sakit pada saraf yang mempengaruhi bagian belakang leher dan menyebabkan sakit kepala. Jika anda mengalami sakit kepala yang berulang, nyeri dan kaku bagian belakang leher dan demam adalah beberapa gejala awal herpes simpleks tipe 2.

Meredakan Nyeri Tanpa Obat

Ada beberapa cara efektif untuk mengurangi nyeri leher dan sakit kepala yang dapat anda lakukan di rumah, yaitu :

Heat pack atau bantalan panas

Heat pack yang ditempatkan pada tengkuk leher di dasar tengkorak kepala dapat membantu mengendurkan otot-otot kaku dan mengurangi iritasi pada sakit sendi. Panas ini juga berguna untuk mengurangi sakit arthritis dan memudahkan anda menggerakkan leher anda.

Bantalan panas dapat menghentikan kejang otot di leher yang menyebabkan sakit kepala. Namun dalam beberapa kasus bantalan es juga dapat bekerja lebih baik untuk sakit kepala karena ketegangan dan sakit kepala cluster.

Pijatan lembut

Memijat bagian belakang leher dengan lembut dapat membantu merilekskan otot-otot leher anda, melepaskan tekanan dari saraf terjepit dan membantu mengurangi nyeri kepala.

Daerah yang direkomendasikan untuk dipijat agar menghilangkan rasa sakit dengan cepat adalah memijat daerah antara bahu, leher atas dan belakang kepala. Ini membantu melancarkan sirkulasi darah ke daerah yang bermasalah dan meringankan sakit tanpa menggunakan obat.

Minyak esensial juga bisa menjadi pilihan anda sebagai minyak pijat. Anda dapat menggunakan minyak esensial peppermint, minyak lavender dan minyak kayu putih yang efektif untuk meringankan sakit kepala dan migrain.

Latihan peregangan

Latihan peregangan sederhana adalah cara lain untuk menyingkirkan kaku dan nyeri leher yang menyebabkan sakit kepala. Ini juga membantu menguatkan leher dan mencegah cedera yang dapat mengakibatkan penonjolan tulang leher dan sakit kepala parah.

Berikut latihan peregangan sederhana ini :

  • Duduk di kursi dengan punggung lurus.
  • Memutar bahu anda ke belakang dan ke depan ulangi 10 kali.
  • Memijat bahu anda bersama tulang belikat, menahan posisi selama beberapa detik dan lepaskan. Ulangi kembali 10 kali.
  • Meletakkan tangan di belakang kepala, menahan kepala dan mendorong kepala anda ke tangan anda. Tahan selama 30 detik.
  • Memiringkan kepala ke salah satu sisi kanan atau kiri semampu yang anda bisa tanpa menyebabkan rasa sakit. Ulangi 10 kali disetiap sisi.

Terapi fisik

Terkadang sakit kepala kronis dapat diatasi dengan terapi fisik. Terapi fisik atau manipulasi tulang belakang dapat membantu menyingkirkan sakit kepala dan leher yang menyiksa. Serta meringankan gejala yang menyertainya seperti kesemutan di lengan, sensasi terbakar di bahu atau tulang belikat.

Hubungi Dokter

Jika anda mengalami sakit kepala dan sakit leher atau kaku leher parah dan berulang maka anda harus segera menghubungi dokter untuk penanganan dan diagnosis yang tepat.

Beberapa hal berikut ini juga menjadi tanda-tanda bahwa anda harus segera pergi ke dokter :

Rasa sakit di leher atau kepala terus menerus setelah beberapa minggu setelah anda menggunakan pengobatan rumah.

Rasa sakit di leher yang menjalar ke salah satu lengan atau kedua lengan yang menyebabkan mati rasa.

Nyeri di leher akibat cedera serius atau trauma.

Leher kaku yang disertai demam, nyeri leher parah dan sakit kepala.

Jika batuk atau menggerakkan Kepala anda dapat meningkatkan rasa sakit di sebelah atau di bagian atas kepala anda.

Jika anda memiliki gejala saraf lain seperti kejang, kesulitan bicara, atau pengelihatan yang buram.

Anda mengalami mata merah yang menyakitkan disertai sakit kepala.