Perawatan Rumah Untuk Anda Yang Memiliki Batu Ginjal

Jika Anda memiliki masalah batu ginjal dan ingin melakukan perawatan rumah untuk menghilangkannya tanpa melalui proses operasi. Mungkin beberapa cara berikut ini dapat Anda coba. Namun tidak disarankan jika Anda memiliki masalah batu ginjal yang berat atau parah karena Anda harus pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Batu Ginjal

Setiap orang dapat mengembangkan batu ginjal dengan berbagai alasan yang berbeda. Batu ginjal dapat terbentuk ketika material yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material ini berasal dari sisa-sisa zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal seiring berjalannya waktu.

Bagaimana Mengetahui Anda Memiliki Batu Ginjal

Anda mungkin perlu mengetahui beberapa gejala yang menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah dengan batu ginjal. Gejala dari batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh secara alami.

Gejala batu ginjal mulai dapat dirasakan jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar ini akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter ketika buang air kecil sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka. inilah kenapa terkadang bisa terdapat darah pada urin.

Gejala lain yang bisa muncul bila batu ginjal bergesekan dengan ureter adalah nyeri ketika buang air kecil, sakit di bagian belakang dan samping, di bawah tulang rusuk, nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual, urin yang berwarna merah muda, coklat atau merah.

Rasa sakit yang dirasakan dapat cukup berat tapi biasanya hilang dan timbul. Anda harus pergi ke dokter jika merasa sakit yang begitu parah, Anda melihat darah dalam urin, atau Anda mengalami sakit demam dan menggigil.

Perawatan Rumah Untuk Penderita Batu Ginjal

Perawatan rumah untuk Anda yang memiliki batu ginjal ini tergantung pada ukuran batu ginjal Anda. Anda akan mendapatkan hasil dari perawatan rumah jika ukuran batu ginjal kurang dari 3 mm, dan setidaknya hanya 20 persen saja batu ginjal dapat dikeluarkan jika berukuran 8 mm. Jika batu berukuran lebih dari 1 cm maka Anda membutuhkan bantuan medis untuk menyingkirkannya.

Perawatan rumah untuk mengeluarkan batu ginjal itu adalah :

Minum banyak air

Minum banyak air akan membantu mengeluarkan batu ginjal. Anda mungkin harus minum 2,8 liter sehari untuk mendapatkan hasil. Jika Anda melihat urin terlihat jernih ini berarti Anda telah minum cukup air.

Lemon

Selain meningkatkan asupan air, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air minum Anda. Air lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu memecah batu yang berbahan kalsium dan membuat batu tersebut menjadi mudah keluar. Anda harus mengkonsumsi 125 ml air lemon murni dalam sehari selama setiap hari.

Mengurangi garam dan protein

Batasi mengkonsumsi garam dan protein seperti daging karena dapat meningkatkan garam kalsium di urin Anda. Sementara protein dapat meningkatkan tingkat oksalat, kalsium dan asam urat dalam urin. Protein dalam daging juga mengandung banyak belerang yang membuat masalah batu ginjal semakin buruk.

Mengkonsumi lebih banyak serat

Konsumsi serat lebih banyak berupa sayuran dan biji-bijian dalam menu makanan harian Anda. Serat bagus untuk membantu Anda mengeluarkan batu ginjal karena sebagian besar makanan kaya serat mengandung phytate yang berfungsi mengurangi kristalisasi dari garam kalsium dan juga dapat mencegah batu ginjal.

Tambahkan gandum, jagung, apel, buah-buahan berry, dan makanan kaya serat lainnya ke dalam makanan Anda.

Hindari minuman ringan

Jika Anda ingin mengatasi batu ginjal Anda harus menghindari minuman ringan seperti minuman bersoda atau berkarbonasi dan berkafein karena minuman tersebut memiliki kandungan asam fosfat yang dapat memperburuk keadaan Anda. Air mineral tetaplah lebih baik Anda konsumsi daripada minuman lain.

Olahraga

Anda dapat melakukan olahraga ringan sampai sedang secara teratur untuk mengatasi masalah batu ginjal Anda. Olahraga dapat membantu menjaga batu untuk bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk keluar bersama urin Anda. Pastikan Anda melakukan olahraga ringan secara konsisten. Berjalan kaki juga bisa Anda lakukan sebagai olahraga ringan sekaligus dapat mengurangi rasa sakit selama olahraga.

Prosedur Medis Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Ketika pengobatan rumah tidak memberikan hasil dan Anda memiliki ukuran batu ginjal yang lebih besar, maka Anda membutuhkan bantuan prosedur medis untuk mengeluarkan batu ginjal. Dokter akan merekomendasikan beberapa pilihan dan penanganan sesuai dengan kondisi tubuh Anda dan ukuran batu ginjal Anda.

Beberapa cara yang direkomendasikan dokter adalah :

Gelombang suara untuk memecah batu ginjal ukuran besar

Dokter melakukan prosedur ini yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) yang menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang kuat sehingga membantu memecahkan batu-batu. Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar 45-60 menit sampai selesai.

Prosedur ini mungkin akan menimbulkan beberapa efek samping seperti memar pada perut atau punggung, darah dalam urin, perdarahan di sekitar ginjal, dan rasa sakit sementara ketika batu melewati saluran kemih.

Membersihkan batu ukuran kecil dengan Scope

Dokter akan menggunakan tabung tipis dengan kamera untuk menyingkirkan batu ginjal atau ureter. Dengan alat khusus dokter akan memecah batu menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Kemudian batu ginjal akan terlewati dalam urin. Dokter Anda akan memberikan bius lokal atau umum selama melakukan prosedur ini.

Operasi

Mengeluarkan batu ginjal yang berukuran besar satu-satunya jalan adalah melalui operasi. Dokter akan melakukan operasi yang disebut percutaneous nephrolithotomy dengan menggunakan teleskop kecil yang berfungsi untuk melihat ke dalam ginjal dan kemudian memasukkan alat khusus melalui sayatan di punggung untuk mengangkat batu-batu ginjal.

Proses operasi ini dilakukan dengan pembiusan atau anestesi umum dan memungkinkan Anda harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari.

Memperlakukan kondisi

Selain pilihan-pilihan diatas, dokter juga dapat mempertimbangkan hal lain yang membuat Anda mengembangkan batu ginjal. Seperti misalnya Anda mungkin memiliki kelenjar paratiroid yang terlalu aktif sehingga meningkatkan kadar kalsium dan menghasilkan batu kalsium fosfat. Operasi kelenjar paratiroid dianjurkan dalam hal ini untuk mengeluarkan batu ginjal.