Perhatikan Hal Kecil Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menambah Berat Badan

Jika ditanya apa yang terbaik menurut kamu, memiliki tubuh yang kurus atau memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal?. Kalau saya pribadi sih memilih tubuh dengan berat badan yang ideal, karena kurus belum tentu sehat lho kawan. Tapi apapun pilihan kamu yang jelas kita semua pasti tidak ingin bertambah gemuk bukan?.

Nah tahu tidak hal-hal kecil kebiasaan kita sehari-hari juga mempengaruhi berat badan kita lho?. Percuma saja diet sehat jika kebiasaan sehari-hari kita malah berpotensi menambah berat badan kita, iya gak sih?.

Nih saya kasih tahu beberapa hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan sehari-hari kita ternyata bisa membuat kita bertambah gemuk. Apa saja itu?

Hal-hal Kecil Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Menambah Berat Badan

Makan dengan cepat

Penelitian menunjukkan, orang yang memakan makanannya dengan cepat lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Ini terjadi karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberi sinyal ke otak bahwa telah kenyang. Jadi makan dengan cepat cenderung membuat seseorang makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh karena tubuh belum sempat memberikan sinyal bahwa telah kenyang.

Cobalah untuk mengunyah makanan kamu dengan perlahan dengan mengambil porsi kecil di setiap suapannya.

Makan dengan piring besar

Ukuran piring juga mempengaruhi berat badan kamu, secara sadar atau tidak piring yang lebih besar membuat kamu mengambil makanan dengan porsi yang lebih besar pula. Porsi makan yang kebanyakan membuat kamu makan berlebihan bahkan ketika perut sudah terasa kenyang namun kamu tidak menyadarinya.

Sebaiknya mulailah untuk makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil dari yang biasanya kamu pakai. Jika sudah terbiasa tanpa kamu sadari kamu sudah menurunkan berat badan sendiri.

Kurang minum air putih

Penelitian menunjukkan bahwa 16-28% orang dewasa sering mengalami dehidrasi dan dengan resiko yang lebih tinggi pada orang tua.

Dehidrasi membuat kamu merasa haus, namun kamu bisa saja keliru menganggap rasa haus itu sebagai rasa lapar atau mengidamkan makanan. Dalam satu penelitian menemukan bahwa orang-orang yang minum dua gelas air sebelum sarapan dapat makan lebih sedikit kalori dari makanan daripada orang-orang yang tidak minum air.

Sebaiknya kita lebih baik minum air putih saja daripada minuman manis yang mengandung gula setelah makan agar mengurangi asupan kalori tambahan setelah kalori yang kita dapatkan dari makanan.

Tidak makan cukup serat

Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu bahwa serat yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Serat juga membantu mengendalikan nafsu makan.

Makan tambahan serat sebanyak 14 gram perhari dapat menurunkan asupan kalori hingga 10%. Ini berarti kamu bisa menurunkan berat badan kamu hingga 1,9 kg selama empat bulan. Perbanyak makan sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan ya.

Bersikap terlalu sosial

Yang dimaksud bersifat terlalu sosial disini adalah situasi sosial dimana kamu harus makan makanan bersama orang-orang tertentu. Misalnya berkumpul bersama rekan-rekan, kolega, atau teman-teman biasanya selalu ada acara makan bersama, nah disinilah yang sering menjadi masalahnya pasti kamu cenderung mengikuti makan seperti mereka.

Jika teman-teman kamu makan dengan porsi besar atau dengan makanan yang tidak sehat maka kemungkinan kamu juga mengikutinya.

Terlalu lama duduk

Orang dewasa biasanya telah banyak menghabiskan waktu dengan duduk selama 9 sampai 11 jam per hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak duduk lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Selain itu juga beresiko tinggi terhadap penyakit kronis dan kematian dini. Sebuah analisis dari 6 penelitian di Amerika menyebutkan hampir 600.000 orang dewasa yang duduk selama lebih dari 10 jam sehari seperti pada pekerja kantor memiliki resiko lebih tinggi sebesar 34% terhadap kematian dini.

Jika pekerjaan kamu menuntut kamu untuk duduk lebih lama sebaiknya kamu melakukan sedikit latihan olahraga ringan sebelum bekerja, waktu istirahat makan siang atau setelah pulang kerja dalam beberapa kali seminggu.

Kurang makan buah

Buah-buahan memiliki nutrisi yang bermanfaat dan rendah kalori yang baik bagi kesehatan tubuh dan baik menjaga berat badan kamu.

Ada beberapa tips yang bisa jadi pilihan kamu dalam mengkonsumsi buah-buahan, berikut tipsnya.

  • Kamu bisa menambahkan beberapa macam buah segar ke dalam            sarapan pagi oatmeal kamu, seperti buah pisang, kiwi, strawbery,          anggur atau buah favorit kamu.
  • Kamu bisa membuat salad buah dengan campuran sayuran segar          dengan toping minyak zaitun atau toping favorit kamu.

Kurang tidur

Nah ini bagi kamu-kamu yang sering begadang hati-hati ya jangan sampai waktu tidur kamu tidak kamu cukupi karena jika kurang tidur bisa menaikkan berat badan kamu lho. Kurang tidur berkaitan dengan berat badan, hal ini disebabkan banyak faktor seperti perubahan hormon, kurangnya olahraga atau latihan serta sering ngemil tengah malam akibat bergadang.

Satu penelitian menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68.000 perempuan di atas umur 16 tahun. Mereka menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam memiliki resiko lebih tinggi dari kenaikan berat badan daripada orang-orang yang tidur selama 7 jam atau lebih.

Lebih buruknya lagi kurang tidur menyebabkan timbunan lemak terutama di perut. Kelebihan lemak dapat beresiko penyalit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Makan di depan televisi

Kalau yang satu ini saya rasa hampir semua orang pernah melakukannya, benar tidak?. Saya sendiripun pernah melakukannya juga hehe. Makan sambil menonton televisi mengganggu fokus pada makanan kamu. Kamu jadi tidak menyadari berapa banyak makanan yang telah kamu makan selama menonton tv. Belum lagi kamu pasti memakannya dengan cepat makin menambah resiko bertambahnya berat badan kamu nih.

Jadi makan dengan fokus itu penting, sebaiknya sebelum menonton tv makanlah terlebih dahulu atau setelah menonton televisi.

 

Makan makanan yang tidak sehat di akhir pekan

 

Biasanya orang-orang mungkin bisa mengatur makan sehat selama seminggu karena rutinitas sehari-hari dengan komitmen pekerjaan mereka. Namun begitu di akhir pekan sering kali orang-orang menghabiskan waktu untuk makan di luar dan tergoda untuk makanan yang tidak sehat dengan porsi yang lebih banyak.

Sudah tentu hal ini mengakibatkan mereka mendapatkan kenaikan berat badan pada akhir pekan. Tapi kamu bisa memanfaatkan waktu luang di akhir pekan kamu untuk olahraga setelah bersenang-senang dengan makanan pilihan kamu.

Setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan ini ternyata membuat berat badan kita menjadi naik, kita bisa menghindarinya agar diet kita tidak menjadi gagal karena kebiasaan yang tidak baik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *