Pilihlah Makanan Ini Untuk Mendukung Tulang Yang Sehat

Kesehatan tulang perlu untuk menjadi perhatian Anda sejak dini, Anda tentu tidak menginginkan dimasa tua nanti Anda mengalami masalah dengan kesehatan tulang bukan?. Anda membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membantu mendukung kekuatan dan kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi beberapa pilihan makanan berikut ini Anda dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tulang Anda.

Makanan Untuk Mendukung Kesehatan Tulang Anda

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang Anda seperti kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh kesehatan tulang, lainnya adalah magnesium, protein, asam lemak omega-3 serta vitamin A, C, dan K juga diperlukan untuk kesehatan tulang.

Berikut ini beberapa pilihan makanan untuk membantu mendukung tulang kuat dan sehat, yaitu :

Jeruk atau jus jeruk

Anda pasti sudah mengetahui bahwa jeruk adalah buah yang kaya dengan vitamin C. Vitamin C ini diperlukan tubuh untuk membentuk kolagen dan berkontribusi pada kesehatan tulang juga. Jeruk juga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang normal dan diferensiasi sel. Anda dapat menggunakan jeruk dengan dimakan langsung atau membuatnya menjadi minuman jus yang menyegarkan.

Susu

Ya susu memang sudah tidak asing lagi bermanfaat untuk kesehatan tulang. Ini karena susu merupakan sumber kalsium tinggi yang membantu membuat tulang menjadi kuat. Tahukah Anda dengan secangkir susu dapat memberi asupan kalsium sepertiga dari kebutuhan kalsium harian Anda. Selain kalsium, susu juga diperkaya dengan beberapa vitamin seperti vitamin D dan vitamin A yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Jika Anda menginkan kalsium tapi tidak ingin menambah kalori atau lemak, pilihlah susu dengan kandungan rendah kalori atau bebas lemak.

Keju Parmesan

Keju Parmesan baik untuk tulang Anda karena mengandung kalsium. Satu sendok makan keju permesan parut dapat memberi 63 miligram kalsium, ini merupakan jumlah kalsium cukup banyak yang tidak ditemukan dalam bebeberapa makanan yang mengandung kalsium.

Keju permesan juga sebagai sumber protein yang baik dan dengan sedikit vitamin A. Kalori dalam satu sendok makan keju permesan hanya 21 kalori dan ini dapat dikatakan tidak buruk.

Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang juga dimiliki oleh berbagai jenis sayuran. Bayam dikatakan baik untuk tulang karena tinggi kalsium dan beberapa vitamin seperti vitamin A, C dan K. Bayam rendah akan kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi bayam karena tidak akan membuat Anda menambah berat badan.

Tidak salah jika bayam menjadi makanan yang wajib dalam menu makanan semua orang. Sebaiknya Anda memilih menggunakan daun bayam segar dan organik.

Kacang mete

Kacang mete juga baik untuk tulang Anda. Sebenarnya kacang mete memiliki sedikit kalsium dan vitamin K tapi apa yang membuat kacang mete menjadi baik untuk tulang Anda adalah kandungan magnesium dan mineral lainnya yang terdapat dalam kacang mete ini serta beberapa protein nabati yang sehat dalam kacang mete sangat baik untuk kesehatan tulang dan tubuh.

Buah kiwi

Buah kiwi memberikan vitamin C sangat tinggi dan kaya magnesium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang. Beberapa nutrisi dan vitamin dalam buah kiwi seperti kalsium, vitamin A dan K, bermanfaat untuk kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Satu hal lagi buah kiwi juga rendah kalori.

Anda dapat menikmati buah ini dengan mengkombinasikannya pada makanan lain, misalnya menambahkan beberapa irisan buah kiwi dalam satu porsi yoghurt. Selain rasanya yang lezat juga Anda akan mendapatkan manfaat lebih banyak untuk kesehatan secara keseluruhan.

Susu kedelai

Susu kedelai dan juga kacang kedelai adalah sumber yang baik dan lengkap terhadap protein dan asam lemak omega-3. Biasanya susu kedelai juga diperkaya kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang Anda. Anda sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai tanpa penambahan gula untuk menghindari kalori yang terdapat dari gula.

Jus tomat

Jus tomat atau buah tomat segar kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, vitamin A dan C, serta mengandung beberapa jumlah kalsium dan sedikit vitamin K. Jus tomat juga bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Paprika

Paprika baik untuk tulang karena berisi tinggi vitamin C dan A serta beberapa jumlah vitamin K. Selain itu paprika rendah kalori, sumber baik vitamin B dan serat. Anda dapat memilih menggunakan paprika merah, kuning atau oranye karena dapat memberi manfaat yang sama.

Keju cheddar

Keju pada umumnya sebagai sumber kalsium dan protein yang baik namun tinggi lemak dan kalori sehingga Anda perlu mengecek dan memperhatikan berapa banyak yang Anda konsumsi. Tapi sepotong keju cheddar terdapat hampir 200 miligram jumlah kalsium. Selain itu keju cheddar juga memiliki vitamin A dan sejumlah magnesium.

Yoghurt

Yoghurt tinggi kalsium dan protein. Bahkan dalam satu gelas yoghurt plain atau tanpa rasa tambahan memiliki kandungan sekitar 450 mg kalsium dan protein sebesar lebih dari 12 gram. Yoghurt yang dapat Anda temukan di pasar tersedia dengan berbagai varian rasa tambahan, sebaiknya Anda selalu memperhatikan kandungan isi dalam label kemasan, hindari yang mengandung gula tambahan.

Yoghurt plain akan lebih nikmat dan memberi tambahan manfaat ketika Anda tambahkan dengan irisan berbagai buah dan madu.

Asparagus

Asparagus sangat tinggi magnesium dan kalsium yang merupakan sumber vitamin A, C dan K. Juga sebagai sumber yang baik protein namun rendah kalori. Dalam satu mangkuk asparagus yang telah dimasak mengandung sekitar 40 kalori. sedikit tips, pilihlah asparagus dengan ujung lebih kecil karena mereka menghasilkan rasa dan tekstur yang lebih lembut.

Kale

Kale adalah sayuran silangan yang berhubungan dengan kembang kol dan brokoli. Kale merupakan salah satu jenis makanan yang kaya vitamin dan mineral, juga tinggi kalsium, vitamin A, C dan K yang baik untuk mendukung kesehatan tulang. Cobalah untuk memasak kale yang masih muda karena kale muda akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut.