Sayuran Akar Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Kamu suka makan sayuran tidak?. Jika kamu kurang menyukai sayuran ada baiknya kamu mulai belajar untuk makan sayuran terutama sayur-sayuran akar. Karena sayuran akar sama seperti sayur-sayuran pada umumnya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu lho.

Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Sayuran Akar

sayuran akar telah memiliki manfaat penting dalam obat-obatan yang dikenal dalam masyarakat. Selain itu sayuran akar serba guna karena dapat diolah dengan berbagai cara, bisa dikukus, di jus, dipanggang atau bahkan bisa juga dimakan mentah. Sayuran akar ini juga mudah ditemukan dimana saja bahkan di seluruh dunia.

Banyak manfaat kesehatan dari sayuran akar yaitu,

Kaya serat

Sayuran akar memiliki jumlah serat yang tinggi dan dianggap sebagai makanan dengan indeks glisemik rendah meskipun mereka memiliki kandungan gula.

Serat sayuran akar juga mengandung polisakarida, yang menunjukkan beberapa kegiatan biologis yaitu termasuk antikarsinogenik, antikoagulan, merangsang kekebalan tubuh dan antioksidan.

kandungan tinggi serat dalam sayuran akar juga membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Manfaat lainnya adalah karbohidrat  sayuran ini lambat terbakar oleh tubuh yang berarti mereka tidak akan menaikkan gula darah. Bahkan dapat menurunkan resiko diabetes.

Sumber Vitamin A dan C

Vitamin A dan C bermanfaat melawan peradangan karena kandungan antioksidan karotenoid dalam sayuran ini. Beta karoten dalam vitamin A yang tinggi dapat ditemukan pada ubi jalar, wortel, bit dan akar sayuran lainnya.

Karbohidrat Kompleks dan Pati

Manfaat yang paling umum dari akar sayuran adalah memiliki karbohidrat kompleks dan pati. Mengkonsumsi jumlah karbohidrat yang tepat akan membantu kamu untuk merasa lebih baik. Sayuran akar dapat memberikan rasa manis tanpa membuat tubuh kamu mengandung banyak gula.

Antioksidan sebagai antikanker

Hampir semua akar sayuran mengandung antioksidan. Ubi jalar ungu mengandung anthocyanin, yang dapat menghentikan kerusakan dan degenerasi otak.

kesehatan kulit dan mata

Beta karoten dan vitamin C dapat membantu tubuh membangun sel-sel kulit, membantu melawan keriput, akibat sinar UV, bahkan kanker kulit. Ini juga membantu menangkal radikal bebas yang berakibat pada gangguan mata terutama karena usia seperti misalnya katarak.

Melawan kanker dan gangguan kognitif

Anti inflamasi yang terdapat pada sayuran ini seperti vitamin A dan C dapat bertindak sebagai pengobatan alami anti kanker. Selain itu juga dapat melawan gangguan kognitif karena mampu menurunkan resiko penyakit alzheimer, demensia dan penyakit Parkinson.

Menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Makanan tinggi serat mengandung serat yang mudah larut dan tak larut air yang penting untuk kesehatan jantung. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan membantu melindungi tubuh kamu dari penumpukan penyakit yang menyebabkan masalah jantung, serangan jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan hati dengan sejumlah tinggi kalium yang bermanfaat untuk tekanan darah yang sehat dan memperlancar sinyal saraf serta keseimbangan cairan.

Berikut beberapa sayuran akar yang bermanfaat besar bagi kesehatan kamu :

Ubi dan ubi jalar

Ubi jalar dan ubi merupakan pilihan yang paling populer karena mereka memiliki rasa yang enak dan mudah digunakan dalam berbagai menu makanan. Ubi jalar tinggi vitamin A dan sebagai salah satu sumber terbaik vitamin A di dunia. Juga tinggi kalium, vitamin B5 dan vitamin C.

Ubi mengandung lebih banyak kalium dari ubi jalar, tetapi ubi jalar rendah kalori dan mengandung lebih banyak antioksidan.

Wortel

Wortel selain mudah ditemukan juga mudah digunakan dalam berbagai menu makanan, bisa di masak, di jus atau bahkan bisa juga dimakan mentah. Antioksidan yang disebut karotenoid yang memberikan warna oranye pada wortel bermanfaat melindungi dan menjaga kesehatan mata dan kulit.

Nutrisi lainnya yang terdapat pada wortel adalah lutein, zeaxanthin, vitamin A, D, E, vitamin K, magnesium, kalium dan kalsium.

Lobak

Sayuran lobak mampu melawan kanker sama seperti brokoli, kubis, dan seperti sayuran lain, lobak mengandung fitonutrien disebut indole yang dapat mengurangi risiko kanker serta tinggi kalsium, magnesium, dan potasium, yang menjadi pilihan terbaik bagi kesehatan jantung.

 

Bit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu memulihkan otot dari latihan yang efektif. Hal ini karena bit mengandung nitrat, yang digunakan tubuh untuk pemulihan otot, meningkatkan sirkulasi darah dan untuk menurunkan peradangan.

Rutabaga

Rutabaga mirip dengan kubis dan lobak yang menawarkan beberapa manfaat yang sama seperti keduanya. Tinggi serat dan vitamin C kira-kira 47 persen dari asupan harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu mereka tinggi zat seng yang mempromosikan kesehatan dan kekebalan tubuh, fungsi otak, metabolisme dan perubahan suasana hati.

Kentang Yukon Putih

Kentang yukon putih baik untuk kesehatan. Kentang ini mengandung antioksidan dan nutrisi termasuk kalium yang penting bagi kesehatan tulang dan jantung. Selain itu, kentang dapat membantu mengurangi risiko rendah kalium yang lebih baik daripada pisang dan ubi jalar.

Kentang yukon putih merupakan sumber mangan yang juga penting untuk kesehatan tulang dan saraf.

Tidak ada salahnya kamu menambahkan sayur-sayuran akar ke dalam menu harian masakan kamu kan? selain banyak manfaatnya dijamin deh rasanya juga enak kok.