Scrub Madu Dan Gula Untuk Kulit Cantik

Madu dan gula dapat Anda gunakan sebagai scrub untuk mempercantik kulit Anda terutama kulit wajah Anda. Madu telah kita kenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Gula berfungsi sebagai scrub yang bermanfaat untuk mengelupas kulit mati yang masih menempel di kulit Anda.

Bagaimana menggunakan gula dan madu untuk mengangkat kulit mati Anda? Dan ketahui manfaat yang bisa Anda dapatkan dari scrub ini.

Scrub Madu dan Gula Untuk Kulit Cantik Anda

Madu dan gula dikenal memberikan rasa manis kepada masakan dan minuman. Tapi tidak hanya itu jika digabungkan madu dan gula dapat menjadi scrub yang dapat mempercantik kulit Anda. Madu adalah bahan alami yang dihasilkan dari lebah ini dapat melembutkan, melembabkan dan penyembuhan kulit.

Bagaimana Cara Membuatnya

 

Cara membuatnya sangat mudah bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Anda hanya membutuhkan 1 sendok teh madu dan setengah sendok teh gula. Siapkan mangkuk kecil, tuangkan madu dan gula tadi dan aduk dengan menggunakan jari Anda. Boleh juga Anda tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang Anda sukai sebelum anda terapkan di wajah, misalnya minyak esensial lavender, zaitun atau lainnya.

Oleskan dengan lembut scrub madu dan gula di wajah Anda dan gosok dalam gerakan melingkar secara perlahan. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering perlu berhati-hati dan melakukan perhatian khusus terhadap kulit wajah Anda sebelum menerapkan ini.

Setelah Anda mengoleskan dan menggosoknya dengan lembut, diamkan scrub selama kurang lebih 20 menit lalu setelah itu bilas dengan air hangat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah Anda. Atau jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik Anda dapat menggunakan kain lap bersih khusus untuk wajah yang dibasahi dengan air panas dan aplikasikan ke wajah untuk membersihkan sisa scrub. Selanjutnya Tepuk wajah Anda untuk mengeringkan air dengan handuk bersih.

Gunakan scrub alami ini setidaknya seminggu sekali untuk membantu mengangkat sel kulit mati Anda. Rutin melakukan ini akan memperlihatkan hasil kulit Anda akan menjadi lebih lembut, halus dan sehat.

Manfaat Dari Scrub Ini

Madu memiliki anti bakteri dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit Anda. Tidak hanya itu madu juga mengandung antioksidan bermanfaat untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit, mengurangi noda hitam dan jerawat di wajah.

Gula dapat bertindak sebagai bahan yang dapat membantu membersihkan kulit dengan mengelupas kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit. Sehingga memberikan hasil untuk meremajakan kulit Anda.

Scrub Madu dan Gula Untuk Jenis Kulit Tertentu

Kulit berminyak

Scrub ini memerlukan penyesuaian dengan jenis kulit tertentu seperti kulit berminyak. jika Anda memiliki kulit wajah berminyak akan mendapatkan manfaat tambahan ketika Anda menambahkan putih telur pada scrub gula dan madu. Putih telur membantu menghilangkan kulit mati berlebihan sekaligus membantu mengurangi penumpukan minyak, tidak hanya itu juga dapat mengencangkan kulit dan meratakan warna kulit yang tidak sama.

Caranya tambahkan putih telur dari sebutir telur ke dalam campuran gula dan madu. Berhati-hati agar putih telur tidak terkena mulut atau masuk ke mulut Anda untuk menghindari resiko Anda terkena bakteri salmonella yang berasal dari putih telur mentah.

Menghilangkan kotoran berlebih dan kulit mati

Tambahkan oat ke dalam scrub gula dan madu Anda, ini akan membantu membersihkan kulit Anda dengan lebih bersih. Oat mengandung pembersih alami yang dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit. Oat yang dicampur dengan madu dan gula juga dapat memberikan efek pengelupasan kulit mati yang lebih baik dan ekstra lembut di kulit wajah.

Cara membuatnya Anda memerlukan tiga perempat cangkir oat atau gandum utuh, seperempat cangkir madu mentah dan seperempat sendok teh gula ditambah dengan seperempat cangkir jus lemon segar dalam mangkuk kecil. Masukkan secangkir air lalu aduk rata semua bahan tersebut.

Oleskan ke wajah Anda, pijat dan gosokkan dengan lembut pada gerakan melingkar. Biarkan scrub ini selama kurang lebih satu menit saja. Bilas dengan air hangat setelahnya.

Scrub Gula Dengan Bahan Lain Yang Bisa Anda Coba

Scrub gula dan minyak zaitun

Bahan scrub lain yang efektif untuk membersihkan kulit adalah minyak zaitun dan gula. Scrub ini dapat membuat kulit Anda menjadi halus dan lembut, serta sangat ideal untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak atau kulit berjerawat. Beberapa manfaat dari scrub ini adalah :

  • Menghilangkan kelebihan kulit mati
  • Menghilangkan komedo putih dan hitam
  • Menghapus minyak atau sebum berlebih dari pori-pori
  • Mencegah jerawat
  • Melembabkan
  • Membuka pori-pori tersumbat

Minyak zaitun sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, debu dan lainnya yang menempel dalam kulit. Minyak zaitun juga berisi sejumlah vitamin E yang akan membantu dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Sementara itu gula juga membantu melembabkan dengan bertindak sebagai humektan alami.

Cara membuatnya, gabungkan satu sendok makan gula atau gula merah dengan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk dua bahan ini dan terapkan pada wajah dengan gerakan melingkar kecil. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Scrub gula dan minyak almond

Scrub ini dapat digunakan di wajah dan seluruh tubuh Anda. Scrub gula dan minyak almond akan membuat kulit tubuh dan wajah Anda menjadi lembut dan kenyal, dan beberapa manfaat lainnya yaitu :

  • Meningkatkan tampilan dan nuansa kulit Anda
  • Mengangkat kulit mati dari seluruh tubuh
  • Membuka pori-pori tersumbat

Minyak almond dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV matahari. Cara membuatnya adalah siapkan satu mangkok, tuangkan satu cangkir gula merah dengan tiga cangkir minyak almond, setengan sendok teh vitamin E. Pastikan Anda mencampur semua bahannya dengan rata. Scrub ini aman digunakan pada seluruh tubuh Anda dan dapat disimpan dalam wadah tertutup hingga dua bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *