Suka Mengunyah Es? Ketahui Kenapa Ini Tidak Baik Untuk Kamu

Ketika cuaca panas tiba pasti membuat kita merasa gerah dan berkeringat. Kita pasti mencari apa saja yang bisa membuat kita untuk terlepas dari rasa gerah dan panas. Seperti misalnya mandi, mendekat ke kipas angin, menghidupkan pendingin udara, minum minuman dingin atau makan es krim.

Nah kita sering kali memilih untuk minum minuman dingin atau makan es krim benar kan?. Yah kalau di udara panas tidak ada salahnya juga untuk makan es krim. Tapi apakah kamu suka mengunyah es batu?. Meskipun cuaca tidak panas namun keinginan untuk memakan es batu selalu ada, apakah kamu mengalaminya?.

Nih ada hal yang perlu kamu ketahui dari kebiasaan kamu yang suka mengunyah es batu. Simak terus ya.

Mengunyah Es Batu Tidak Baik Untuk Kesehatan

Jika kamu suka memakan es batu mungkin ada yang tidak beres di tubuh kamu, kondisi ini bisa menunjukkan gangguan kesehatan yang mendasarinya. Pagophagia adalah sebutan dari kondisi medis yang berarti kondisi impulsif untuk makan es.

Hasrat untuk memakan es dapat menunjukkan tanda kekurangan gizi atau gangguan makan. Hal ini mungkin sepele namun dapat membahayakan kualitas hidup kamu. Memakan atau mengunyah es juga dapat menyebabkan masalah gigi seperti kerusakan enamel gigi dan pembusukan gigi.

Penyebab

Beberapa kondisi gangguan kesehatan yang menyebabkan seseorang untuk memiliki hasrat tinggi kebutuhkan terhadap es, yaitu :

Anemia Defisiensi Besi

Keinginan makan es kompulsif ini salah satu bentuk gejala umum dari anemia defisiensi besi. Anemia terjadi ketika darah tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Sel darah merah bekerja untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tanpa oksigen yang cukup mengakibatkan mudah merasa lelah dan napas pendek.

Orang yang mengalami anemia defisiensi besi tidak memiliki cukup zat besi dalam darah mereka. Sebab zat besi sangat penting untuk membangun sel-sel darah merah yang sehat. Tanpa itu sel-sel darah merah tidak mampu membawa oksigen dengan cara yang seharusnya.

Beberapa peneliti percaya bahwa mengunyah es dapat memicu efek tubuh mengirim lebih banyak darah ke otak pada orang yang mengalami anemia defisiensi besi. Lebih banyak darah di otak berarti lebih banyak oksigen di dalam otak. Lonjakan oksigen ini dapat menyebabkan meningkatnya kewaspadaan dan kejelasan pikiran.

Para peneliti mengadakan penelitian kecil dimana peserta diberi tes sebelum dan sesudah makan es. Para peserta dengan anemia defisiensi besi secara signifikan lebih baik setelah memakan es sedangkan peserta tanpa anemia tidak memiliki pengaruh.

Pica

Pica adalah gangguan makan dimana seseorang secara kompulsif untuk memakan satu atau lebih makanan yang tidak memiliki kandungan gizi atau sesuatu yang bukan jenis makanan. Contohnya es, tanah liat, kertas, abu,  sabun atau kotoran. Pagophagia adalah subtipe dari pica. Meliputi kondisi impulsif terhadap makan es, salju atau air es.

Orang dengan gangguan pica memiliki keinginan untuk makan es bukan karena masalah gangguan fisik seperti anemia, tetapi lebih ke arah gangguan mental. Pica sering terjadi bersama dengan kondisi kejiwaan lainnya dan cacat intelektual. Ini dapat dikembangkan selama masa kehamilan.

Diagnosis

Bagaimana mendiagnosis penyebab keinginan makan es?. Jika ada hasrat dan kompulsif untuk makan es selama lebih dari satu bulan maka segeralah pergi ke dokter anda terutama jika anda sedang hamil. Kekurangan vitamin dan mineral selama kehamilan dapat menyebabkan masalah serius. Sebaiknya jelaskanlah kepada dokter jika anda memiliki hasrat untuk makan apa saja yang tidak biasa selain es.

Kemungkinan anda akan menjalani beberapa tes darah untuk memeriksa kekurangan zat besi. Dokter anda akan mencari penyebab yang mendasar dari gejala dan masalah anda.

Akibat

Jika anda memiliki hasrat yang serius kompulsif makan es, kemungkinan anda akan memakan es lebih banyak dari yang anda sadari. Orang-orang yang mengidap pagophagia bahkan bisa makan beberapa nampan atau kantung es setiap hari. Adapun masalah yang dapat ditimbulkan akibat gangguan ini yaitu :

Masalah gigi

Gigi tidak dikondisikan untuk dapat memakan beberapa nampan es setiap hari, ini akan membuat gigi menjadi mudah rusak dan menghancurkan enamel pada gigi. Enamel gigi adalah bagian terkuat dari gigi. Membentuk lapisan terluar setiap gigi dan melindungi lapisan dalamnya dari kerusakan.

Jika enamel gigi terkikis maka gigi akan menjadi sangat sensitif terhadap zat-zat yang panas dan dingin. Resiko menimbulkan lubang pada gigi juga meningkat secara signifikan.

Komplikasi akibat anemia

Jika anemia defisiensi besi tidak diobati segera dapat menjadi parah dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan yaitu :

  • Masalah jantung, yaitu pembesaran jantung dan gagal jantung.
  • Masalah selama kehamilan seperti kelahiran prematur dan berat lahir bayi yang rendah.
  • Gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik pada bayi dan anak.

Komplikasi akibat pica

Pica merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan sejumlah komplikasi pada kesehatan. Banyak dari orang dengan gangguan pica ini memerlukan darurat medis. Meskipun es tidak menimbulkan kerusakan internal tapi benda selain makanan bisa menyebabkan kerusakan internal.

Jika seseorang memiliki pagophagia maka orang tersebut mungkin memiliki keinginan yang tidak dapat dikendalikan untuk makan zat-zat lain selain makanan.

Meskipun tergantung pada apa yang dimakan namun secara umum pica dapat berdampak pada masalah internal seperti :

  • Masalah usus
  • Penyumbatan usus
  • Usus berlubang atau robek
  • Keracunan
  • Infeksi
  • Tersedak

Bagaimana Mengatasinya

Jika anda memiliki hasrat yang luar biasa besar dan parah maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Jika diketahui anda memiliki anemia defisiensi besi maka suplemen zat besi dapat segera menyingkirkan hasrat anda.

Namun jika anda memiliki pica anda membutuhkan pengobatan yang mungkin sedikit lebih rumit. Terapi bicara mungkin berguna terutama bila dikombinasikan dengan antidepresan dan obat-obatan anti kecemasan.

Jika anda mengalami nyeri rahang atau sakit gigi konsultasikan dengan dokter anda untuk membantu anda menghindari kerusakan serius pada rahang dan gigi anda.

Kesimpulan

Keinginan atau makan es kompulsif menyebabkan sejumlah komplikasi dan dapat mengganggu kehidupan anda sehari-hari di lingkungan rumah, sekolah atau kerja. Merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele. Harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Namun jika anda hanya memakan es sedikit dan tidak menjadi ketergantungan atau berlebihan mungkin itu masih wajar dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *