Tips Sederhana Seputar Masakan Dan Makanan Di Dapur

Dapur adalah tempat yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita karena di sinilah tempat orang-orang memasak makanan untuk dimakan setiap hari. Nah tahukah Anda ada beberapa tips sederhana yang bermanfaat dan bisa langsung Anda praktekkan seputar masakan dan makanan di dapur. Apa saja itu?.

Tips Sederhana Yang Bermanfaat Seputar Masakan Dan Makanan Di Dapur

Beberapa tips ini sangat membantu memperlezat masakan Anda dan meringkaskan kebiasaan memasak Anda sehari-hari menjadi lebih mudah yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Suatu terobosan sangat kita butuhkan dengan melihat dan mengetahui segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Berikut beberapa tipsnya :

Mengatasi sup yang terlalu asin

Ketika Anda memasak sup dan tanpa sengaja terlalu banyak memasukkan garam kedalamnya, Anda tidak perlu panik dan tidak perlu juga harus membuangnya karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan kok, beberapa caranya yaitu :

Anda dapat mencelupkan sepotong kain katun tipis dan bersih yang telah diisi sedikit biji-bijian ke dalam panci sup dan didihkan. Biji-bijian itu bisa beras, jagung atau apa saja karena fungsi biji ini sebenarnya adalah untuk memberatkan kain sehingga mudah untuk dicelupkan. Kain akan menyerap kelebihan garam.

Tambahkan cairan. Ini adalah salah satu opsi yang paling mudah dan cepat. Anda hanya perlu menambah lebih banyak air, jus atau kaldu secara bertahap sampai konsentrasi asinnya berkurang. Pastikan Anda tidak menambah garam lagi kedalam sup.

Tambahkan gula. Tambahkan beberapa sendok teh gula atau bahan lain yang manis akan membantu mengurangi rasa yang terlalu asin.

Tambahkan pati atau zat tepung. Makanan seperti kentang, nasi, mie, dan pasta akan menyerap garam dan membantu mengentalkan sup. Anda dapat menambahkan kentang hanya untuk menyerap garam lalu kemudian mengeluarkannya. Potong kentang menjadi irisan tipis agar dapat penyerap asin secara maksimal.

Membuat daging sapi menjadi lebih lembut

Jika Anda bertujuan ingin membuat steak tanpa tenderloin yang enak dan lembut, Anda dapat melumuri daging sapi dengan mayones sebelum memasaknya. Anda akan mendapati daging steak sapi Anda menjadi lebih enak dan lembut.

Memanfaatkan sisa jagung rebus

Jika Anda mendapati terlalu banyak merebus jagung. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kembali jagung tersebut menjadi makanan lain yang tak kalah enak.

Anda bisa memipil jagung rebus tadi untuk dijadikan sebagai bahan salad sayuran, atau menjadikannya cemilan sehat dengan menambahkan susu dan keju atau dengan campuran bahan makanan lain.

Untuk menjaga rasa hidangan

Untuk membuat makanan Anda lebih nikmat dan kaya rasa Anda perlu memperhatikan bagaimana cara menghidangkannya. Jika Anda ingin menghidangkan makanan panas, panaskan juga terlebih dahulu piring hidangan Anda atau memanaskan masakan Anda dengan piring hidangan bersamaan.

Begitu pula jika Anda ingin menghidangkan makanan dingin. Mendinginkan piring sebelum menghidangkan makanan dingin atau memanaskan piring untuk hidangan panas dapat membantu memperkaya rasa makanan Anda.

Cara mudah memisahkan kuning telur

Sekarang ini telah banyak alat dapur yang bisa digunakan untuk memisahkan kuning telur dari putihnya. Tapi jika peralatan dapur Anda terbatas Anda tetap bisa kok melakukannya dengan mudah. Yaitu dengan menggunakan botol plastik air mineral biasa yang telah kosong.

Gunakan ujung botol tempat keluarnya air untuk menyedot kuning telur masuk kedalam botol, dengan cara menekan badan botol tepat diatas kuning telur dan lepaskan tekanan dengan hati-hati. Kuning telur tersebut akan masuk ke dalam botol tanpa ikut putihnya.

Menggunakan tangan. Cara yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan tangan. Letakkan telur ke jari tangan Anda dan saring pelan-pelan menggunakan jari Anda. Hasilnya kuning telur akan tertinggal di telapak tangan Anda sementara putihnya jatuh kebawah.

Membuat kentang tumbuk (mashed potatoes)

Ketika Anda ingin membuat kentang tumbuk Anda juga membutuhkan tambahan susu kedalam kentang tumbuk Anda untuk menghasilkan rasa yang creamy dan lezat.

Tips sederhana untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya adalah tambahkan susu yang telah dipanaskan kedalam kentang tumbuk Anda adalah lebih baik daripada dengan susu dingin.

Menjaga roti agar bertahan lama

Letakkan roti dalam freezer. Pembekuan akan memperlambat roti menjadi tidak cepat basi. Masukkan roti ke dalam wadah atau plastik kedap udara dan simpan dalam freezer. Ketika ingin dimakan Anda bisa memanaskan kembali roti dalam oven atau pemanggang roti. Ini akan mengembalikan gelatin pati dan membuat roti menjadi kenyal kembali. Roti bisa dibekukan selama dua hingga tiga bulan.

Sebaiknya Anda mengiris roti atau membagi roti menjadi beberapa bagian jika Anda tidak berniat menghabiskan roti dalam sekali makan. Jadi ketika Anda ingin makan roti cukup ambil beberapa bagian saja dari freezer. Mencairkan dan membekukan berulang-ulang tidak baik untuk kondisi roti.

Pilihan lain adalah simpan roti Anda dalam wadah plastik untuk makanan atau aluminium foil. Menyimpan roti Anda di atas meja dalam kantong plastik atau dibungkus dengan aluminium foil akan membantu agar roti tidak menjadi basi, tetapi mungkin membuat roti menjadi kurang garing. Jangan khawatir, memanggang roti akan membuat roti menjadi garing kembali.

Jangan menyimpan roti di lemari es atau kulkas. Roti yang didinginkan di dalam kulkas bukan di freezer akan membuat roti menjadi lebih cepat mengering dan lebih cepat basi hingga enam kali lipat daripada roti yang disimpan didalam ruangan. Kecuali jika Anda menggunakan roti komersial yang mengandung pengawet makanan tidak akan masalah jika disimpan di kulkas.

Menjaga kesegaran sayuran

Untuk menjaga kesegaran sayuran seperti seledri dan brokoli bertahan lebih lama, Anda dapat membungkusnya dengan plastik pembungkus untuk makanan atau aluminium foil yang disimpan di dalam tempat yang kering dan dingin. Atau disimpan di bagian tempat sayuran di kulkas.

Menyimpan sayuran di freezer dapat membekukan sayuran dan dapat mengubah teksturnya, meskipun pada umumnya masih mempertahankan rasa, nutrisi, dan manfaat kesehatan dari sayuran.

Menyegarkan kembali masakan panggangan

Ketika masakan panggangan tidak terhabiskan seluruhnya dan menyisakan sisa. Anda dapat menyegarkan kembali masakan panggangan tersisa yang telah disimpan di kulkas sebelumnya dengan memanaskannya kembali di wajan atau teflon tapi hindari memanaskan di microwave.

Mencegah alpukat agar tidak mudah berubah kecoklatan

Alpukat tidak akan mudah berubah warna menjadi kecoklatan jika waktu Anda memotongnya Anda menaburi alpukat dengan cuka sari apel lalu simpan dengan irisan bawang.

Bagaimana membuat pisau nyaman digunakan untuk memotong

Ketika menggunakan pisau sering gagangnya tergelincir atau terasa licin ditangan saat digunakan untuk memotong. Ada sedikit tips sederhana yang bisa Anda gunakan yaitu kencangkan pegangan pisau dengan beberapa karet gelang yang dililitkan sepanjang gagang pisau. Dengan demikian tangan Anda tidak akan mudah tergelincir lagi saat menggunakan pisau.

Pengganti mayones

Jika Anda kehabisan mayones atau tidak memiliki mayones namun ada krim asam di lemari es, maka Anda bisa membuat saus mayones sederhana sendiri dirumah. Selain krim asam, Anda membutuhkan kuning telur yang direbus dan sesendok makan mustard. Jadilah mayones sederhana yang bisa Anda gunakan untuk saus salad, saus pizza atau makanan lain.

Mengatasi bawang cincang tidak mudah layu

Anda akan tetap menjaga kesegaran bawang yang telah dicincang dengan menaruhnya dalam piring yang ditaburi garam. Anda juga bisa mencegah layu dengan membungkus bawang cincang dengan plastik khusus makanan atau mengolesinya dengan minyak sayur dan menyimpannya di dalam wadah tertutup rapat.

Menghilangkan bau pada piring

Jika piring atau wadah tempat makanan Anda menyimpan bau bawang atau bau amis ikan yang tidak bisa hilang, Anda dapat mencoba mencuci piring atau wadah tersebut dengan air dan cuka. Baunya pasti akan hilang.

Membuat kentang goreng lebih garing dan renyah

Jika Anda memasak kentang goreng, akan menjadi lebih enak dan renyah jika kentang setelah digoreng pertama kali ditiriskan dengan handuk kertas atau tisu kemudian lanjutkan dengan memasukkan kentang ke dalam microwave hanya untuk beberapa saat saja lalu goreng kembali. Hasilnya kentang goreng Anda jadi sangat renyah dan lezat.