Waspadai Tanda-tanda Yang Menunjukkan Kerusakan Hati

Dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ yang semuanya memiliki peranan penting dalam sistem tubuh manusia serta untuk metabolisme tubuh. Jika salah satu organ penting tersebut mengalami kerusakan tentu akan berakibat pada gangguan kesehatan. Dengan kata lain Anda akan jatuh sakit.

Salah satu organ tubuh yang sangat penting adalah hati. Hati merupakan organ tubuh manusia yang kompleks dengan salah satu fungsinya mengontrol gula darah dan membunuh kuman. Jika hati mengalami gangguan atau kerusakan, hal ini akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Maka oleh sebab itu Anda perlu mewaspadai tanda-tanda yang menunjukkan kerusakan pada hati. Sehingga Anda dapat mencegah kerusakan menjadi lebih parah. Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan kerusakan hati untuk Anda waspadai.

Waspadai Tanda-tanda Yang Menunjukkan Kerusakan Hati

Hati kita terletak pada kuadran kanan atas dari perut atau dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma dan sebagian dilindungi oleh tulang rusuk.

Hati memiliki berbagai fungsi yaitu untuk membersihkan darah, menyimpan energi, menguraikan hemoglobin, memproduksi protein, memproduksi cairan empedu, dan masih banyak lagi. Betapa pentingnya fungsi hati kita sampai kita tidak akan bisa hidup tanpa memiliki hati.

Maka Anda, saya dan kita semua tentunya harus menjaga hati agar jangan sampai rusak atau mengalami gangguan. Waspadai tanda-tanda awal yang umum berikut ini :

Sakit Perut

Salah satu tanda-tanda awal kerusakan hati adalah sakit pada perut dan Anda akan merasakan mual serta muntah. Seseorang yang menderita kerusakan hati pada tahap awal sering merasa mual terus-menerus, hal ini disebabkan hati mengalami penurunan kemampuan untuk membersihkan tubuh dari racun. Mual juga disebabkan oleh metabolisme berkelanjutan dan perubahan dalam pencernaan.

Jika Anda mendapati gejala-gejala tersebut dan tidak tahu kenapa maka segera pergi ke dokter.

Kelelahan dan kelemahan

Selalu merasa lelah dan lemah jelas menunjukkan salah satu masalah dini pada hati. Ketika hati tidak dalam kondisi baik menyebabkan tubuh harus bekerja lebih keras dan membuat seseorang akan memerlukan istirahat yang lebih banyak.

Hal ini karena peningkatan racun dalam aliran darah yang tidak dapat dibersihkan oleh hati karena hati tidak bisa menyingkirkan racun dengan benar.

Nafsu makan berkurang

Ini terjadi karena kurangnya produksi empedu yang membantu mencerna lemak dalam makanan. Ketika makanan tidak dicerna dengan benar maka ini dapat menyebabkan tidak nafsu makan yang akan berujung kepada penurunan berat badan secara drastis. Anda harus pergi ke dokter jika mengalami tidak nafsu makan dalam jangka waktu yang panjang.

Masalah pencernaan

Peran hati sangat penting dalam pencernaan karena hati memproduksi empedu yang membantu memproses nutrisi lebih baik dan diserap oleh usus kecil. Jadi jika hati gagal bekerja dengan baik maka akan mengakibatkan gangguan pencernaan dan diare.

Jika empedu tidak diproduksi dengan benar, Anda dapat mengalami sindrom iritasi usus, intoleransi makanan berlemak, intoleransi alkohol, perut kembung, sembelit dan batu empedu. Segera pergi ke dokter jika masalah pencernaan semakin parah.

Perubahan warna urin

Jika Anda sudah cukup minum selama seharian namun urin Anda terlihat berwarna gelap, kemungkinan ini adalah salah satu tanda-tanda awal kerusakan hati. Urin akan berwarna gelap seperti terlihat berwarna coklat, berwarna seperti amber, atau oranye. Ini karena mengalami peningkatan kadar bilirubin dalam aliran darah.

Bilirubin yang menjadi tinggi karena hati tidak dapat menyingkirkan bilirubin dan diekskresikan melalui ginjal. Urin terlihat gelap mungkin juga karena dehidrasi, efek samping karena minum antibiotik, mengkonsumsi suplemen vitamin B, infeksi saluran kemih, kekurangan enzim atau kelainan ginjal.

Perubahan warna kotoran

Jika empedu tidak cukup diproduksi akibat hati yang rusak akan terlihat perubahan pada warna kotoran atau tinja. Kotoran dapat menjadi berwarna kuning pucat, berwarna tanah liat, atau berwarna abu-abu. Jika kotoran Anda mengalami perubahan warna seperti yang disebutkan dan sering terjadi sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk memeriksa hati Anda.

Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah warna kuning yang terlihat pada lidah, ujung jari dan mata. Penyakit kuning merupakan kondisi dimana peningkatan bilirubin dalam aliran darah dan jaringan tubuh yang biasanya akan dieskresikan dalam empedu. Bilirubin dibangun ketika sel-sel darah merah yang sudah tua dipecah dalam hati. Inilah yang menyebabkan kulit berubah menjadi kuning.

Penyakit kuning dapat berarti Anda juga memiliki masalah dengan pankreas atau kantong empedu. Anda harus mengunjungi dokter secepatnya jika Anda mengalami gejala ini.

Perubahan Abdomen

Jika Anda merasakan sakit atau kram di bagian perut, terutama kembung, ini dapat berarti Anda memiliki Asites dan hati yang rusak. Asites adalah salah satu tanda dini dari kerusakan hati, pada dasarnya ini dapat diartikan bahwa cairan telah terbentuk di dalam rongga perut. Kondisi itu dapat terjadi jika ada kerusakan pada hati atau sirosis hati.

Seseorang akan sering mendapatkan hipertensi portal yang merupakan tekanan darah tinggi dalam pembuluh darah di perut yaitu tekanan darah tinggi di arteri dan vena perut dari penyakit hati. Namun Anda juga beresiko mendapatkan Asites dari gangguan lain yang tidak berkaitan dengan hati. Harus mencari perhatian medis jika mengalami gejala ini.

Retensi cairan

Retensi cairan menandakan gejala awal dari kerusakan hati, terutama di pergelangan tangan dan kaki. Ini mirip dengan Asites hanya saja cairan terbentuk dalam jaringan luar di ekstremitas bawah.

Ada banyak penyebab lainnya yang menghasilkan retensi cairan, yaitu termasuk didalamnya masalah ginjal, ketidakseimbangan hormon, gagal jantung, serta penyakit limfatik.

Gangguan kulit

Kulit akan menjadi lebih sensitif ketika hati mengalami gangguan yaitu kulit sering gatal dan berserpihan serta menjadi hipersensitif terhadap sentuhan. Ditandai dengan meningkatnya memar dan visibilitas pembuluh darah dalam tubuh.

Anda dapat menjaga kulit Anda tetap lembab dengan menggunakan lotion, tapi masalah gatal-gatal dan sensitivitas kulit akan lebih baik ketika masalah hati telah diidentifikasi dan diatasi.

Rasa sakit di sekitar hati

Biasanya terdapat rasa sakit di kuadran kanan atas dari rusuk dimana hati terletak. Ketika hati rusak, bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri di daerah tersebut.

Pendarahan usus, diare dan sembelit

Hati menciptakan faktor pembekuan, tanpanya Anda akan mengalami pendarahan pada usus dan berhubungan dengan diare serta konstipasi atau sembelit.

Selain tanda-tanda yang telah disebutkan diatas, gangguan hati juga dapat menyebabkan masalah dalam keseimbangan hormon seks sehingga laki-laki dapat mengembangkan payudara, dan wanita (juga pria) dapat menderita kehilangan libido. Konsultasikan ke dokter atau segera pergi ke dokter ketika Anda mendapati ada yang tidak beres atau keluhan yang berlangsung terus menerus.